Yamaha Menunggu Loyalitas Penuh dari FBY

 

Jpeg
Ex Diler Yamaha Wendit Malang Jawa Timur

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kabar sedih bro n sis semua, sebuah diler besar yamaha yang paling dekat dengan rumah ane tutup. Padahal diler ini sangat ane andalkan jika ingin servis dan cari sparepart buat nvl dan nmax, masih ingat kan diler yang pernah ane tulis di sini dan di sini ? Bahkan ane pernah dibantu oleh mekanik dari diler ini dengan datang ke rumah, ketika nvl ngadat/mogok.

Dan mungkin perasaan yang sama yang rasakan oleh pengguna yamaha di sekitar diler tersebut. Karena diler yang terdekat masih lumayan jauh, sekitar 6 km. Dan ada sedikit yang mengusik perhatian, kok ada mobil transportasi honda di situ ? Ternyata….tempat yang disewa diler yamaha telah diduduki oleh diler besar honda di area malang. Cukup tragis, dimana di tempat yang sama yamaha harus minggir untuk mempersilahkan honda menempati lokasi tersebut, padahal diler yamaha wendit ini cukup besar dan lengkap.

Sepertinya apa yang tersirat pada distribusi aisi yang sering ditulis para blogger, benar-benar menjadi kenyataan. Market share yang dikuasai yamaha (sport) saja tumbang, apalagi dengan yang lain (matic dan bebek). Dan parahnya hal ini terjadi di malang, jawa timur, yang merupakan daerah pasar yamaha terbesar di Indonesia……, apalagi di daerah-daerah lainnya.

Salah satu daerah yang juga mengalami kemacetan distribusi motor yamaha adalah sumatera selatan. Hal ini terlihat dari banyaknya stok yang masih menmpuk di gudang, belum tersalurkan ke diler-diler (mungki stok di diler masih banyak). Sampai-sampai salah seorang (mungkin karyawan yang ada di sana) mengeluh :

” uda mau masuk taun baru stok masih byk…”

Berikut ini penampakannya

yimm stock palembang

Pertanyaannya adalah : “Kok bisa ya atpm sebesar yimm mengalami nasib seperti ini ? ”

Menurut motogokil, yamaha terlalu fokus ke motor sport, balapan (lokal, nasional dan regional) dan juga motogp. Sehingga kurang memperhatikan apa yang diperlukan oleh masyarakat umum/awam tentang motor yang murah, sederhana, dan berdaya guna. Kondisi ini mirip seperti suzuki ketika memasuki masa kebangkrutannya, dimana kiss begitu perhatian dengan roadrace tapi kurang memberikan sentuhan bagi pengguna awam nya.

Perhatikanlah berapa banyak usaha yang dilakukan yimm dalam memenangkan kejuaraan. Dan memang hasilnya sangat memuaskan, yamaha mendominasi di hampir semua ajang tersebut. Bayangkan pula berapa besar dana yang harus dikeluarkan untuk mensukseskan perebutan gelar di ajang-ajang balap tersebut. Akhirnya sumberdaya terfokuskan ke sana, sedangkan untuk inovasi untuk motor yang merakyat malah jauh berkurang. Sayangnya (menurut sinyalemen motogokil), turunnya penjualan yamaha yang menyebabkan tutupnya beberapa diler, disebabkan karena sebahagian besar rakyat Indonesia pengguna motor buta akan ajang balap tersebut. Sehingga prestasi yang direbut dengan dana sangat besar kurang signifikan efeknya terhadap prestasi penjualan motor daily use.

Penurunan penjualan juga disebabkan oleh kurangnya loyalitas dari fby. Karena banyak fby yang kemudian beralih ke tetangga, meminang motor honda atau yang lainnya. Dan banyak juga fby (yang mengaku smart) kurang mampu memberikan pencerahan yang bersifat promosi untuk meningkatkan animo positif masyarakat terhadap produk yamaha (yimm).

Kalau kata fbr (fans berat rossi) :

” Rossi mau menang atau kalah fbr tetap akan mendukungnya “

Harusnya fby mengatakan :

” Apapun produknya dan apapun permasalahannya, fby akan membeli produk yamaha. Agar yamaha tetap eksis di Indonesia “.

Dan itulah yang dilakukan arek-arek malang terhadap arema. Ketika terpuruk aremania berusaha memotivasi dan membantu agar arema tetap eksis. Dan terbukti sampai sekarang masih tetap eksis dan power full.

Ditunggu nih loyalitas fby dalam membantu yimm agar kembali mampu memberikan perlawanan terhadap ahm. Sehingga suasana permotoran nasional tetap dinamis dan berwarna. FBY bisa mencontoh semangat fbr atau aremania dalam hal mendukung idolanya. Dan pada akhirnya konsumen mendapatkan banyak pilihan untuk motor yang dibutuhkannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

61 Komentar

    • Sama aja om.
      Saya punya teman kerja di dealer ahm.
      Dia juga mengeluh dikit lagi ganti tahun tapi motor-motor NIK 2015 masih banyak digudang dealer.
      Sampe akhirnya dealer bikin promo buat ngabisin stok motor NIK 2015.

  1. Prinsip ekonomi, lagipula yg punya dealer itu bebas mau kontrak atpm mana aja ( honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki ).
    Sekalian aja buat artikel “Suzuki menunggu Loyalitas para FBS”… Hihihihi..

  2. apa ini indikasi para pemilik dealer yamaha atau yang beli/ customer sdh mulai nggak percaya dengan produk yamaha indonesia seperti halnya nasib suzuki indonesia? atau orang indonesia sekarang beli sepeda motor untuk investasi ke depan kalau dijual lagi, kalau harga turunnya jauh, ya pasti ditinggalkan, masih ingat nasib honda cs1?

  3. Menurut ane mungkin konsumen kususnya saya atau mungkin semua sudah pada tau seperti apa kwalitas motor ymmi seperti apa
    Hanya mantan mantan fby yang tau ?????…..

  4. sedih jg liat gudang masih penuh sesak gitu, jadi prihatin sm nasib yimm dan kroco2nya.
    ayo fby, jangan murtat jd fbh. tetaplah jd fb yg smart.
    ga ada ente, blog jd sepi.

  5. memang harus seperti itu tugasnya fanboy. lebih baik banyak mempromosikan produk kebanggaanya tanpa mencela produk tetangga, makin banyak yg simpati. dijamin produk yg dibanggakannya bakal tambah laris. IMHO

  6. Imho… Produknya kurang sesuai dengan selera pasar, udah gitu kurang mendengar suara konsumen. Ban matic masih geol, lampu belum led, mesin sport 150cc dohc belum terealisasi, dll…

  7. Santai aja Yimm ngak akan bangkrut. Dealer mungkin iya.

    Kalo mau bantuan dealer Pendekatan emosional kaya gini ngak mempan.
    Apalagi harus beli produk. Coz Pointnya belum dapet apa alasannya harus beli produk yamaha.
    Irit, powerfull, nyaman, kualitas, aftersales atau apa? Itu yg musti diangkat.
    versi standard, mesin yamaha banyak yg belum optimal.

  8. Itu saking budegnya YIMM
    sudah byk keluhan mesin ngebul, ada yg jbol krn khabisan olie, ehhh ttp fitur nya itu dipertahankan, mlh petingginya bilang wajar semua motor jk dgber 8000rpm yg ngebul, itu koplakk masa kalah sama GL lansiran 97 dgber sampek 10rb rpm waras2 saja, bangga dg diasil cyl nya, stelah byk yg jbol bingung mau colter, stlah tahu gk bisa colter pada kecewa semu tuh pelanggan..blm lagi shock yg sgede gaban, dpt gedenya doang tp mudah patah, byk tuh para senter body yg mnolak untuk center as shock dpn vixi series, byson jg krn mreka byk yg pengalaman diluruskan malah patah, jgn bangga gedenya doang tp prhatikan kualitasnya

  9. Trus untungnya jadi FBH apa??? Jadi makin kaya?
    Makin ganteng? Makin cantik? Makin sukses?
    FBH lucu MS di banggain konsumen biasa ya tinggal pilih mana yang suka , eh yang punya Apple sering banggain MS ga’ ya ? Kampungan banget! makan tu MS !!
    Hoexxx….suoorr !!! Hak..hak..hak

  10. tenang, yamaha indonesia sahamnya dimiliki oleh ymh jepang langsung.
    dan ymh sahamnya dikuasai oleh pemegang MS r4 terbesar di dnuia.

    jadi nasibnya ngak akan kaya SIS

  11. Memangnya tiap tahun fby beli/ganti/tukar tambah motor versi baru?
    Motor sport hanya untuk senang2 (hobi), memangnya semua orang beli motor untuk senang2 saja?
    Banyak yg butuh motor untuk kegiatan ekonomi (kerja, jualan dll), “praktis” itu kuncinya, segmen bebek & matik nggak bisa diremehkan.

  12. Orang udah pada pinter pak dosen, mna yg berkualitas mana yg nggk. Aq salut sama suzuki waktu dulu. Cuma kalah marketing trus pada gulung tikar. Kalo honda menang di mesin dan rangka. ampuh memang. Yamaha cuman bagus d cat sama body. Besinya mah gampang peyang. Kloa suzuki bagus semua. Cuman sperpatr yg ampun mahalnya..

  13. Diler di daerah sulsel yang kecil udah tutup semua di ganti sama diler besar yang nyatu ama servicesnya…..btw yang ane amati bentuk dilernya mirip” ruang tunggunya itu loh manja abis :v :v …..motor di service kita nonton di balik kaca ahahaha

  14. nah itu ada diskon 2.3 juta (ipan pertamax) kalo mo beli pigson? fby pada beli gih, kan katanya sohc superior?

    oh tidak, fby kan katanya kaya kaya, mereka pada naik kelas, naik kelas ke r25? tuh mumpung ada diskon 4.5 juta. what? tetep gak laku juga?

    jadi yang kemaren kemaren ngaku ngaku kaya ternyata …….

  15. Maaf pak gokil yg hebat .
    Ahm menguasai pasar di indonesia..
    Apakah laba dibanding rasio modal ahm lebih tinggi di banding YIMM?
    Sebagai contoh ..warung A modal 1 jt
    Laba 10 jt/ tahun
    Warung B modal 250 rb laba 3 jt
    Kelihatan mana yg superiorkan ?
    Menurut aku kalo modalnya aja berkali kali lipat yo mesti harus omzet nya top..ya kan?

    • Kalau masalah itu, kurang faham, karena tidak tahu keluar masuknya uang di ahm dan yimm
      yang jelas jika ane punya usaha, kemudian untungnya lebih besar dari rival, maka usaha ane secara relative akan lebih berkembang daripada rival dengan ditandai semakin banyaknya produk atau outlet/cabang

    • Mestinya linier.

      Dapat dilihat dari industri kartu kredit di indonesia.

      Bank Mandiri dengan ngasih diskon di buanyaaaak merchant selaku market leader credit card keuntungan dia kalau dibandingkan per ratio mungkin kecil.

      Tapi secara total portofolio Mandiri punya laba credit card paling tinggi di indonesia.

      Sementara bank lain.. ah sudahlah

      Any question?

    • jangan salah bro ade..
      Invest modal YIMM juga besar..terlebih saat memutuskan membangun plant baru di tahun 2011 menaikkan kapasitas produksi sampe 4 juta unit/ tahun karena pede menyamai penjualan AHM di tahun 2010

      Ternyata eh ternyata, makin kesini makin nyungsep, perhitungan bisnis buyar semua.

      Ingat, plant yg nganggur pun tetap memunculkan cost/ biaya perawatan dan penyusutan

  16. Orang pemimpinya fby mbah darmo sdah mampus kabrnya ke tabrak Honda beat .hukum karma berlaku kan mbah darmo sering menjelekan jelkan Honda beat.nanti sbntr lg tinggal yim nya yg akan punah .dsar rata 2 fby gde cocot bosok doang trus di BC produk2 ahm semakin di BC semakin laris

  17. Kuaaaapoook. Sooookoooor. Makanya jadi pabrik jgn sombong. Sok banget. balap motor aja pake curang gunain titanium. Habis luuh tuh dana. buangkruuut. soooookor……

    Dan kayake efek rossi pake yamaha balap pake sikil. Moncroot koe liiik….

  18. Kami sebagai FBY harapannya sih didengarkan sarannya. Walau bisa jadi berbagai aneka masukan dari kami. Contoh simple Mio series bannya mbok ya dibesarin. Atau permintaan V-Ixion DOHC, juga minta penerus Scorpio. Well… semoga ke depan bisa naik lagi penjualan. Karena konsumen Indonesia yang masuk segmen Yamaha, menginginkan motor yang Kencang. So… ketika berbagai blog memberitakan inferioritas V-Ixion dibanding NCB, berbondong-bondong pula konsumen pindah merk.

    • Mio soul gt bluecore 125 sudah bagus om, ane sudah pakai sebulan lebih nih. Konstruksi jauh berbeda dgn mio lama, ban belakang 100/70 ban depan 80/80 kena lobang alhamdulillah ga geol. Jd sudah berkembang maju. Tp cara marketingnya harus lebih dewasa aja.

  19. Apakah matic Yamaha yg bannya kecil(kecuali NMax sama Soul GT 125 X-Ride) Vixi yg gtu2 aja adalah contoh korban karena terlalu fokusnya yamaha kedunia balap sehingga mereka2 terlantarkan? Apakah yimm terlalu fokus ngurus sport sehingga segmen lain terabaikan??

  20. Pindah ke pakis sam…bln kmrn adik ane beli nmax abs di sales wendit tp stocknya di yamaha pakis. Wendit itu anak cabang Jagung Suprapto, jd skarang da pindah ke pakis (info dari salesnya)

  21. Gmn mau bantu yimm?la wong yimm budeg bukan main.konsumen minta motor model ini dan itu tp keluarnya ndak sesuai dengan harapan…

  22. Masih mending masdiyar saya pengguna r15 saat terjadi kecelakaan di daerah pangkalan buun, saya langsung tunjuk deler yamaha saya keluhkan deler tersebut tentang perbaikan motor saya malah dikasih muka sinis, nasi sudah menjadi bubur padahal awlnya pengen ngambil ninja rr mono mana stang, masih bengkong baut kurang, lampu pengganti yang baru udah ngembun, hah….. sabar sabar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan