Salah Satu Kondisi Horor Owner NVL : " Aki NVL Drop (Soak) di Tengah Jalan "

Jpeg
Ganti Aki NVL

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tadi pagi ane dapet pengalaman agak menyebalkan. Apa pasal ? NVL titanium gold di tengah jalan tiba-tiba ngambek, nggak mau nyala alias mogok. Indikator MIL terlihat berkedip, jiahhh aki drop, ane sudah hapal, dan nggak bakalan hidup walau di kick (slah) sampai gempor.

Jpeg
mil aki nvl tekor

Yang bikin nyesek, motor mogok di tengah jalan, pagi-pagi, mana mau kerja. Dulu pernah kejadian seperti ini tapi masih mending karena mogok di tumah [artikel]. Karena hampir semua orang sibuk nganter anak sekolah dan ngantor, susah minta bantuan, bengkel juga masih pada tutup. Cukup mengherankan, karena tadi saat berangkat normal-normal saja, tidak ada tanda-tanda aki drop, mil juga tidak menyala. Mikir…..gimana nih, masa ane dorong nvl sampai rumah sejauh 12 km ???

Eh teringat dulu waktu dapet hibah vario injeksi 110, bisa hidup tanpa aki [artikel], barangkali vario150 juga biasa. Dalam pikiran, masa yang lebih atas kelasnya (high end) kalah sama yang low end. Ya sudah telpon orang rumah yang kebetulan lagi keluar juga, bawa vario150.

Begitu dateng, langsung aki vario150 ane bongkar (copot), kemudian vario150 di kick-starter, dan….grenggg, nyala bro.

Jpeg
Vario150 bisa nyala tanpa aki

Ok lanjutkan dengan tuker aki vario150 ke nvl, dan sebaliknya. Dan ternyata aki vario150 lebih tinggi dibandingkan aki nvl (aki vario150 serinya gtz6v dan aki nvl gtz5s). Jadi ketika aki vario150 dipasang di nvl, karet pengikat nggak sampai (kurang panjang) dan jog nggak bisa terpasang sempurna. Nggak masalah yang penting nvl bisa nyala dan bisa pulang ke rumah.

Sampai di rumah aki dikembalikan ke motor masing-masing.

Jpeg
Kembalikan aki vario150

Untuk motor injeksi bahaya juga jika tidak menggunakan aki, meskipun bisa. Karena aki juga berfungsi sebagai penstabil tegangan yang keluar dari regulator. Menurut motogokil regulator menghasilkan voltase di atas 12 volt, sedangkan peralatan listrik termasuk ecu membutuhkan 12 volt. Sehingga jika aku rusak atau dicopot dalam waktu lama, maka komponen-komponen lainnya akan terganggu (rusak).

Yang menjadi perhatian pada kasus di atas adalah :

  1. Hati-hati dengan nvl yang jarang dipakai (kebetulan nvl nganggur 3 hari).
  2. Sebelum jalan tes dulu dengan electric starter, kalau sanggup berarti aki masih ok.
  3. Jika umur aki sudah 2 tahun, mending segera persiapkan penggantinya
  4. Pasang capacitor bank (kebetulan saat mogok tadi pagi pas ketika cap-bank dicopot)
  5. Kalau terpaksa pinjem aki vario saudara, tetangga atau kenalan terdekat (mungkin motor lain juga bisa, ane belum nyoba)

Semoga pengalaman ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

35 Komentar

  1. tapi punya teman ane aki soak kok masih bisa hidup bro ,viksen old tapi.
    cuma kalau habis di cuci saka ngadat kalau di buka joknya,,

  2. Harusnya ada gejala2 susah distater sebelumnya pak? (Pengalaman punya 2 makhluk si gitu)
    Mirip grobak sejuta umat buapak saya
    Mogok juga ditengah jalan XD
    Padahal aki baru 2.5 taun yg kardusnya bilang 3-3.5 tahun

    Entah itu 2 pabrik beda spesies satu ide atau gimana

  3. Bukan hanya nvl om,matic yamaha lainnya juga akan mengalami nasib yang sama jika akinya mati,maklum motor kualitas abal-abal

  4. cap bank..ane dah buktiin ampuhnya..sebelumnya dlm 2 tahun ane dh ganti aki kering 2x..stlh pasang cap bank,3 tahun ini lancar jaya.

  5. Pengalaman nih ya, Dulu aku pernah lihat bakul aki bekas tukar tambah. Dia buka tu aki di graji, nah ternyata didalam aki aluminiumnya yg menghubungkan ke arus + korosi dan sampai putus. Sama bakulnya cuman di sambung di las dg tehnik khusus. Dan aki kembali normal sperti sediakala.
    Dan bakulnya bilang “nggak ngedrop mas, cuman putus, tapi di dalem”

  6. saya pernah ngalamin tpi bukan nvl, di mio GT waktu itu malem2 jam 11an waktu pulang kerja, mana jauh dri rumah sekitar 10km, d engkol2 jg percuma gk bisa nyala, alhasil minta tolong temen buat stut sampe rumah, sempet bingung juga sih, kebetulan ad cs1 di rumah, pas tuker aki cs1 langsung hidup motornya,keknya mesin yamaha ymjet-fi series gk d lengkapin capasitor bank kek mesin pgm-fi series y, terus saya mikir, itu d pasangin engkolan buat apaan y? apa cuma sebagai pemanis?

  7. bakar ae wes motore om, kalok cuman nyusahin wae. ganti motor laen yg gak nyusahin, motor gak di rawat terus nyusahin ya wajar, motor di rawat baek2 terus nyusahin ya namanya kurang ajar

    • namanya juga mahluk, pasti ada ajalnya
      membakar barang berguna adalah perbuatan mubadzir, alias perbuatan syaithon
      nvl masih enak dan bagus, masih banyak gunanya, mending dijual daripada dibakar
      siapa mau maharin ???

  8. motor vario 125 saya adalah generasi awal vario 125 injeksi (beli bulan maret 2012) dan sampai skrg syukurlah blm pernah ganti aki. odometer udh 58 ribuan lebih.

    kalau urusan aki, saya percaya yuasa dibanding GS. dan aki vario 125 saya adalah yuasa heheheh (dulu udah ngomong ke delaer kalo aki harus yuasa pada saat pembelian)

    btw motor nganggur paling lama adalah 10 hari dan langsung nyala begitu pakai elektrik starter. engkol hampir pasti nganggur/sangat jarang dipakai

  9. Matic yamaha versi YM-Jet FI, aki soak ga bisa nyala, pernah bantu jumperin pake aki motor lain dan nyala, eh jumper nya di lepas langsung mati lagi, kiproknya ga kuat ya…. kalo mx king saya coba lepas aki masih bisa hidup mesinnya

  10. njmx 135 baru ganti aki sekitar sebulan – dua bulan. eh seminggu yang lalu malah mati total. lampu di panel speedo gak nyala sama sekali. Masa aki baru sudah ngedrop ( soalnya hari- hari sebelumnya, lampu panel speedometer redup, tapi lampu penanda kerusakan gak nyala). coba starter kaki sambil mainin gas gak bisa hidup. paginya, kunci kontak ke posisi on lampu panel speedometer menyala tapi sangat redup. buat nyalain sein gak kuat. coba starter lagi masih gak bisa nyala. Anehnya coba starter di siang hari baru bisa hidup. Terus bawa ke bengkel buat cas akinya. Beda sama revo, aki ngedrop starter kaki mudah nyalanya.

  11. dari ovi pake cap bank, terus nvl gak pake cap bank.
    dari ovi blok mesin 3c1 aman2,nvl 1pa ngebul boros oli.
    dongograde kata embekha.. kekekek..

  12. Tetangga sya jg prnh gtu.. mtrnya soul gt tahun 2013.. bru ditinggal 2 hari tu mtr gk bisa nyala, di paksa engkol smpe di diemin sbntar gak mau nyala smpe akinya soak + lampu injeksi nyala.. parah mtr bru 2 tahun juga

1 Trackback / Pingback

  1. All New CBR150R Juga Ngadat Mesinnya Kalau Jarang Dipakai. Tapi… | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan