Dengan New CB150R SE, Honda Ingin Menghabisi NVA

new cb150r se vs reguler

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah rilisnya all new cb150r special edition (ncb150rse), upgrade yang terlihat hanyalah di sekitar penampilan. Dan upgrade pada sisi ini (menurut motogokil) sudah tepat, karena untuk bersaing dengan rival terberatnya, yaitu nva (new vixion advance), memang penampilan ncb150rse bisa dibilang agak kalah. Meskipun cukup sederhana upgrade yang diberikan, akan tetapi akan ampuh dalam menghilangkan kesan “kurang” jika dibandingkan nva.

Sekarang mari kita lihat, seberapa besar pengaruh dari upgrade yang diberikan pada ncb150rse terhadap peningkatan kualitas penampilan dan style nya…

Upgrade yang pertama adalah “konde” yang masih tampak jelas di atas headlamp ncb150r. Jika dibandingkan dengan nva, jelas lebih bagus nva. Oleh karena itu pemberian visor pada bagian ini, dapat menghilangkan kelemahan tersebut.

ncb150r se vs nva headlamp comp

Bahkan sekarang penampilan headlamp ncb150rse lebih bagus dibandingna nva. Karena pada nva masih terdapat dudukan plat nomor, sedangkan pada ncb150rse tidak ada. Memang hal ini masih bisa disiasati dengan sedikit modifikasi menggunakan pangkon plat nomor satria, akan tetapi harus tambah biaya dan tambah pekerjaan.

Kemudian upgrade tampilan di bagian frame, dengan meningkatkan kesan “eye catching” pada bagian tubularnya. Sehingga kelemahan pada bagian dimensi frame (dibandingkan deltabox) tidak terlalu terperhatikan. Jika pada frame ncb150r yang berwarna hitam, frame kurang terekspos, sehingga justru size tubular dan kesemrawutan bagian engine yang terlihat, maka pada ncb150rse, justru frame yang terlihat lebih kekar dan keren.

ncb150r se vs nva frame comp

Upgrade selanjutnya pada bagian warna engine dan under cowl. Pada ncb150r engine berwarna hitam pada umumnya dan tidak terdapat undercowl, sehingga kalah ganteng jika dibandingkan nva. Nah dengan menambahkan warna emas pada engin dan pemberian under cowl pada ncb150rse, maka kekurangan penampilan tersebut dapat dieliminir, bahkan dihilangkan.

ncb150r se vs nva engine comp

Dan yang terakhir adalah perubahan warna velg dari hitam menjadi merah. Untuk masalah dimensi ncb150r sudah lebih gagah dibandingkan nva. Sehingga untuk bagian belakang hanya menambah efek eye catching saja. Justru pada bagian depan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan bagian belakang. Karena selain meningkatkan efek eye catching juga memberikan pengguatan view sehingga penampilan diameter batang sok yang sedikit lebih kecil dibandingkan nva, menjadi kurang menarik untuk diperhatikan.

ncb150r se vs nva front wheel comp

Dan memang itulah kekurangan dari ncb150r yang kemudian diperbaiki pada versi special edition nya. Bisa jadi peluncuran ncb150rse ini merupakan serangan lanjutan dari honda untuk melumat nva. Ketika bulan oktober kemarin sudah melampaui nva, maka bulan ini serangan dilanjutkan dengan lebih kuat lagi. Ibarat musuh sudah terhuyung terkena uppercut, mumpung masih sempoyongan sikat sekalian dengan straight.

way to ko

Tapi namanya usaha bisa berhasil, bisa juga gagal, sudah ada yang mengatur, yaitu Allah SWT. Sekarang calon konsumen motor sport naked 150cc yang diuntungkan, tinggal pilih nva, new cb150r atau new cb150r se. Atau mungkin malah ingin menunggu m-slaz (xabre) yang tahun depan akan rilis.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

31 Komentar

  1. Gak berani angkat jempol klo buat cat” an nya ahm … hahaaaa
    klo mau yimm bisa cat deltabox nya pake GOLD sm sprti cover crankcase, ganteng maneh!
    😀
    just bedak vs bedak aja kok.

    • Masa sih cat ahm jelek? Sedikit cerita ya kebetulan ane pengguna old cbsf. Bagian tanki ane g pernah pake tankpad tapi cat masi tetep mulus, temen kantor ane punya nvl dan ga pake tankpad jg tapi uda baret2 apa tau, nah disini keliatan kualitas cat sebenernya bukan berarti finishing lebih glossy bakal lebih baik dari finishing biasa2 aja, tapi di liat kekuatan dari pernis yg melindungi cat itu sendiri. Terbukti ahm ga maen2 soal itu.

      Kalo masi ada yg bilang cat ahm masi abal2 mungkin itu bbrp tahun lalu. Skg uda boleh diadu sama yamaha dan yang penting kulaitas mesin ahm ane kasi jempol di banding yamaha. Meskipun ada yg bilang nanggung, lemot tapi mesin2 keluaran ahm terkenal badak jg. Pengalaman nvl temen ane contohnya. Baru beberapa bulan settingan gas nya uda ga stasioner padahal uda di cek di beres balik2 lagi, sedangkan old cbsf ane uda ada setahun kali ga di servis ke bengkel masi aman2 aja.

      Nah disini ane jg bukan sales, ini review ane sebagai user yg uda 3 tahun pake old cbsf.

  2. Bukannya mem BC, tp sungguh pas lihat langsung si ncb150 kelihatan finishing plastik & catnya (maaf) sprti produk viar.. Ane trtarik ncb150 itu lampu LED rem blkng & lampu sein LED..itu udh sukses ! Lainnya, sorry to say..msh dibawah expectasi, apalagi skrg dohc ya..bs dibilang overstroke.
    Kalo NVA, prmasalahan mesin yg ngebul tipis itulah yg kentara meski bisa di akali sm penggunaan ring seher 3CI ( OVI ).. Kalo finishing plastiknya ? Wah, jgn tanya..sejak th 2007 tuh msh tebel gak burem.. Apalagi purna jualnya msh tinggiii !

    • namnya juga produsen, bagaimanapun ingin untung sebesar2nya, kalau perlu dengan modal sesedikit2nya
      kalau ahm sudah keluar dana banyak di sektor engine, ya pasti yang lain harus dikorbankan untuk mengimbangi harga vixion
      kalau semuanya mau dibikon ok, mau dikasih harga berapa ?

      tinggal konsumen saja
      yang memilih mau keluar dana untuk upgrade engine pilih vixion
      yang memilih mau keluar dana untuk upgrade plastik dan cat pilih cb

      • bukan gitu om,, mslhnya kn semua produsen ada divisi nya. Tiap divisi kan ada standar nya yg baik. Ane saranin divisi QC nya ahm pada bawa minyak kayu putih deh, buat rubtest. Masak pake minyak kayu putih aja udah luntur (ini ane praktek sendiri, cz udh kebiasaan dulu punya yamaha klo ada kotoran bandel dibersihin pake minyak kayu putih) 😀

    • emang cat nya ahm jueleeeeeekk bro!
      jangan kan yg di atas..
      CBR Repsol aja gak karuan kualitas cat nya.. heran ane,, gimana itu QC nya yah?

  3. Xabre muncul, sfa langsung nongol pak dosen. Sma” usd +heatlamp ‘nyleneh’ . Harga d pepetin cbr wae wes cukup.. (Tpi aq masih mendamba sonic pake mesin cbr250jomblo) hhh

  4. Ane setujuh kalo dibilang kualitas finishing (cover, dsb) dari produk AHM sangat kurang… Salah satu penyebabnya mungkin begini bro, ane pernah berkunjung (kebetulan ada proyek) ke salah satu vendor terbesar AHM untuk cover dan sejenisnya. Ane lihat kualitas barang half finish dan bahkan finished productnya sangat kurang… Ane saat itu terheran-heran koq bisa pabrikan sebesar Honda pake Vendor dan hasil produknya, apakah Honda ga pernah audit ke vendor tsb?.. Yg pasti kalo memang Honda atau AHM mau berbenah, mungkin salah satunya bisa audit mereka.

  5. Menurut pendapat saya. Secara keseluruhan desain ncb150 diatas nva walaupun headlamp ncb ketinggian klo di liat2. Desain nva masih kurang terutama di sektor velg,cakram,ama spatbor yang dipotong,selebihnya mantap. Klo soal engine pilih ncb. Soal finishing dan ketebalan bodi nva menang dibanding ncb

  6. mmg skrg kualitas cat produk AHM banyak menurun, beda dg jaman astrea Prima dulu. kmrin pas di cucian motor, ane bandingkan antara motor ane pulsar135 thn 2010 dg verza 2014 milik org kampung sebelah, weh ternyata pusar ane kok catnya lebih kinclong gitu… kalo yg verza dah burem, padahal pulsa rne dah 75rb km, 5 tahun menembus belantara jalanan penuh kereta-kuda besi antara magelang-jogja 60km PP

  7. NCB vs NVA
    gk ada yg lbh bagus tuh drpd UPPERCUT M Tyson itu, dulu bolos sekolah gara2 ingin lihat prtarungan M Tyson, sampai saat ini blm pernah ada petinju cukup melepaskan 5 pukulan yg bisa bikin KO, apalagi yg di KO dg 5 pukulan sipemegang juara kelas berat WBA Michael Spink. bahkan ada yg d KO cuma dlm 3 pukulan 50detik stelah bel rounde 1

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan