Penyebab Menurunnya Penjualan New Vixion Selain "Asap"…

NVA vs New CB150r okt-sept 2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan oktober 2015 kemarin, menurut data aisi, distribusi new cb150r (ncb) naik hingga mengungguli distribusi new vixion advance (nva). Kalau bulan september nva unggul sampai 20 unit dibandingkan ncb, maka bulan oktober berbalik ncb unggul 9 ribu dibandingkan nva. Perubahan komposisi marketshare adalah biasa, akan tetapi khusus untuk motor sport 150cc, perubahan ini sungguh sangat mencolok, seperti sebuah anomali.

Menurut Mohammad Masykur, asisten general manager marketing PT YIMM: 

“Namanya jualan biasa naik atau turun. Kalau ditanya kenapa turun, ya karena banyak faktor. Kalau faktor alam itu kayak kabut asap berpengaruh besar karena diler tak melakukan aktivitas penjualan. Lalu kita semua tahu kondisi pasar automotif belum stabil,”

“Biasanya setiap akhir tahun, kami menjaga asupan ke diler jangan sampai berlebih. Pembeli ingin motornya hadir dengan tahun berikutnya, jadi memang cenderung turun,”

Kesimpulan sementara dari pernyataan pembesar marketing yamaha ini adalah : penyebab menurunnya penjualan nva, adalah :

  1. Menurunnya aktivitas penjualan di daerah yang terkena “asap”
  2. Pengaturan distribusi di akhir tahun, agar tidak menumpuk di diler.

Tapi menurut motogokil, ada penyebab lainnya yaitu :

  1. Masuknya nmax ke tanah air, memberikan pilihan yang logis bagi rider yang sudah cukup mapan, punya penghasilan sendiri, kondisi tubuh yang sudah tidak mendukung untuk naik motor sport. Dengan harga nmax yang hampir sama dengan nva, tentunya rider yang sudah berumur lebih senang naik nmax, karena bisa lebih santai dan lebih berdaya guna serta tetap kencang. Terlihat dari data aisi distribusi nmax naik sekitar 2 ribu-an.
    • nmax sept-okt 2015
  2. Adanya bocoran yang menunjukkan bahwa yimm akan merilis motor baru, yaitu mt15. Yang mana penampkannya sangat dan jauh berbeda dibandingkan nva. Bagi rider yang berjiwa fighter, memilih nva akan menuntut banyak ubahan, agar berjiwa street fighter, daripada repot mending menunggu rilisnya mt15.
    • spyshot mt15 all
  3. Honda yang membanjiri pasar sport 150 dengan motor bermesin dohc, sehingga liwat iklan di berbagai media, masyarakat mulai “engeh” dengan dohc. Bagi orang yang faham mesin, penggunaan sohc dan dohc untuk motor harian, perbedaannya tidak signifikan. Tapi bagi orang awam, sesuatu yang lebih besar, lebih banyak, kesannya lebih baik dibandingkan yang lebih kecil dan lebih sedikit. Misalnya dua silinder lebih bagus dibandingkan dengan satu silinder, begitu pula dohc lebih bagus dibandingkan sohc. Mesin dohc lebih besar lebih gagah dibandingkan sohc dan lain sebagainya.
    • NVA vs New CB150r okt-sept 2015

Ya begitulah kira-kira analisis motogokil, mengenai penurunan distribusi nva. Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

17 Komentar

  1. alasan ke-2 udah di edit itu.
    kemaren ane baca di oto plus karna overstock di dealer..tp udah di edit juga ane liat barusan…wakakak

  2. yang bener overstok kang, sport yang numpuk digudang dealer
    1. CBSF old, sumpah kang sampe berdebu
    2. NVA, gak biasanya sampe makan tempat matic.

  3. Logis juga kalau mereka menahan beli nva , Dari sini berarti konsumen 150cc ternyata sebagian besar membaca blog dibandingkan membaca media online lainya. Sebab kemunculan dan spy shoot MT 15, disebarkan melalui blog. Bukan tabloid online…
    Dan kali ini Honda berhasil membius konsumen segmen sport.dimana sebagian besar yg diinginkan adalah 150cc yg irit, tampilan gahar, ban gambot, fitur lumayan yg sebelumnya hanya ada di yamaha,
    Good job Honda, kalau Hinda Lokalin PCX dengan harga mepet nmax. Yamaha harus putar otak dan ganti direktur.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan