[MotoGP] Ketika Race Director Sudah Tidak Dipercaya Lagi….

rossi vs rd fim

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa jam yang lalu Valentino Rossi mengajukan kasusnya ke Court of Arbitration for Sport (CAS). Hal ini dilakukan karena rossi merasa diperlakukan tidak adil dengan pinalti  3 point yang diberikan race director (RD). Dengan diajukannya kasus ini ke CAS, berarti rossi telah melakukan naik”banding” dalam usaha membatalkan pinalti 3 yang diberikan rd padanya, karena terlibat kasus “sepang clash”.

Berikut ini press release resmi yang dikeluarkan CAS :

The CAS press release can be seen below:

“Italian MotoGP rider Valentino Rossi has filed an appeal at the Court of Arbitration for Sport (CAS) against the FIM Stewards’ decision to impose 3 penalty points on his record following an incident with another rider during the Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix race held on 25 October 2015.

“The FIM Race Direction found that Mr Rossi deliberately ran wide in order to force the other rider off line, resulting in contact causing the other rider to crash out of the race. For this breach of the FIM Road Racing World Championship Grand Prix Regulations (the FIM Regulations), the FIM Race Direction imposed 3 penalty points on the rider’s record.

“Mr Rossi immediately appealed such decision to the FIM Stewards who dismissed the appeal and confirmed the penalty imposed by the FIM Race Direction. Since Valentino Rossi already has 1 penalty point from an earlier incident, this decision brings him to a total of 4 penalty points. On the basis of the FIM Regulations, a rider with 4 penalty points must start the next race from last grid position.

“In his appeal to the CAS, Mr Rossi seeks the annulment of the penalty, or at least a reduction from 3 points to 1. Together with his appeal, Mr Rossi has filed an urgent application to stay the execution of the challenged decision in order not to lose his place on the starting grid at the next, and last, event of the season which will be held in Valencia/Spain on 6-8 November 2015.

“An arbitration procedure is in progress. A decision on Mr Rossi’s request for a stay is expected to be issued no later than 6 November 2015.”

The CAS is an independent organisation which settles disputes in sport. It is in no way connected to the FIM (or Dorna) and is granted “exclusive authority to impose a definitive settlement” by the MotoGP rules. [sumber :crash.net]

Tentunya kita tahulah, jika di suatu persidangan, seseorang “merasa” diperlakukan tidak adil, maka ia berhak untuk naik banding ke persidangan yang lebih tinggi (sudah biasa). Dengan demikian secara tidak langsung orang ini sudah tidak percaya dengan apa yang diputuskan oleh sidang sebelumnya. Atau ia merasa sidang pertama telah salah dalam mengambil keputusan.

Dan begitu pula yang terjadi dengan rossi yang naik banding, mengajukan kasusnya ke CAS. Ia berharap bahwa CAS akan bisa membatalkan pinalti 3 point yang diberikan rd (fim) kepadanya. Artinya secara tidak langsung, ia merasa diperlakukan tidak adil, bahkan ia sempat melontarkan pernyataan berikut :

“…keputusan tersebut seperti momotong kaki saya dan membuat marquez menang.”

Dan di dalam persidangan yang akan diadakan di CAS, siapa yang rossi lawan ? Lawannya tidak lain adalah para pengurus FIM, khususnya race director.

Motogokil jadi senyum-senyum kecil dan kecut. Bagaimana tidak, sebelumnya motogokil sering dihujat terkait dengan kritik terhadap kelakuan rossi di argentina, belanda dan malaysia. Kemudian banyak bully-an yang datang ke motogokil, karena motogokil tidak percaya dengan apa yang diputuskan rd jika terkait dengan rossi. Lha kok sekarang rossi sendiri yang tidak percaya dengan keputusan rd. Bahkan sampai naik banding ke CAS segala.

Kalau kata fbr atau fby, langkah tersebut hebat, berani melawan fim. Langkah cerdas yang bisa membatalkan, mengurangi hukuman atau minimal menunda hukuman. Dan jika hal tersebut berhasil, maka peluang rossi untuk juara dunia akan terbuka lebar. Yang jelas dimata pendukungnya rossi tetap benar, termasuk melawan FIM (kususnya RD). Mungkin mereka lupa bahwa sudah berapakali rd membantu rossi, tidak memberikan hukuman sedikitpun terhadap beberapa insiden yang terjadi sebelumnya.

Dan motogokil sementara ini, belum pernah denger marquez, stoner, pedrosa, lorenzo dan yang lainnya mengajukan banding sampai ke CAS. Umumnya mereka hanya protes ke rd (FIM) dan ketika FIM menetapkan keputusannya, mereka bisa menerima, meskipun dengan rasa tidak puas. Mungkin semuanya memilki filosofi seperti yang dikatakan rossi sebelumnya, yaitu :

Valentino selalu bilang, ‘Inilah balapan dan seharusnya seperti inilah balapan, kita harus bertarung

Jadi kalau ada pembalap menantang duel, ya dilayani. Kalau tidak mau, silahkan ditinggalkan (ngacir duluan). Atau kalau merasa inferior ya ngalah mundur ke belakang. Banyak netizen pendukung rossi yang menganggap lorenzo dan marquez pecundang, padahal mereka termasuk pembalap yang tidak pernah menuntut fim sampai ke CAS. Nah sekarang sudah tahu, siapa pembalap yang pecundang.

Pelajaran yang bisa diambil yang terkait dengan rossi dan rd adalah,

Jika keputusan rd menguntungkan, maka dengan senang hati diterima sambil sedikit menyalahkan rivalnya.

Tapi jika keputusan rd merugikan, maka lawan, kalau perlu naik banding ke mahkamah yang lebih tinggi. Tentunya juga sambil menyalahkan rival, bahkan dengan asumsi kesalahan yang berat.

Betul begitu ??? Kalau salah silahkan beri tanggapan yang bagus dan msuk akal.

Semoga malam minggu ini semakin hangat, dengan diskusi yang mencerahkan.

Wassalamu’alaikum wR wB

106 Komentar

  1. Mantab.. Saya suka blog ini Krn trully apa adanya.. jurdil.. dulu Saya jg 46 holic.. setelah kejadian dia melintas gravel dan menjatuhkan mark wah.. hilang semua respect k dia. Kalo dia sampe bisa lepas dari hukuman.. mgkin Saya Akan absen melihat GP sampai beliau gantung helm.. Krn balapan Sdh Tidak bermutu..

  2. wkwkwkwkw masalah nendang lagi…….gak kesundul aja kakinya rossi sering lepas dari footstep apalagi disundul helm :v :v :v

  3. wakakakaka lucu

    ada ya blogger dendaman

    di bully kan karena ente sendiri

    yang kasus NMAX VVA entar dendam lagi ga pak?

    wakakakakaka :v

  4. kalo putusan nya masih tetep rossi kena penalti dan memulai start gp valencia dari urutan paling belakang .ada baiknya rossi melakukan sidang pra peradilan ala indonesia wkwkwkwkwkwkwkwkwk

  5. Keliatan banget ambisi rossilit.
    Boleh saja ambisi,tp lihat rossi skarang yg super lemot gak layak jd jurdu.
    Rossilit berani berbuat curang dan preman sirkuit tp gak berani mengakui.
    Brarti ROSSI BANCI GAK PUNYA MALU

  6. Begitulah.. fanatisme seringkali membutakan..membodohkan.. baahhhh.. (come onnnn..) ndang pensiun wae Mbaahh.. bikin telenovela.. wis pinter bikin gosip dan rumor..opini.. (catet ya FBR) semua yg dibilang 46 msh wilayah azas praduga bla2.. sedangkan yg dia perbuat d bbrp race Sdh terlihat jutaan pasang Mata! Mikiiiirrr..

  7. “Valentino selalu bilang, ‘Inilah balapan dan seharusnya seperti inilah balapan, kita harus bertarung“
    Dulu berani bilang ke Stoner “This is Race Casey”
    Seharusnya semua saatnya bilang “This is Race rosi”

  8. Haha iyo iki pak dosen kaya’e dendam kesumat sama rossi dan fbr 😀
    just wait and see pak dosen. Klo dikabulkan blm tntu jg rossi bsa jurdun. Tenang woles pak, peluang rossi kecil bingit koq jika melihat track record hohe dan rossi di valencia. Kalo pun rossi nyampe jurdun yo wis sing sabar y boss. Masih ada tahun depan buat pembuktian siapa yg layak jurdun.
    Btw aki aki tua dah mau pensiun jgn diolok oloklah bisa kualat ente 😀

    • Ah dendam apaan pak dosen sama rossi dan fbr, biasa aja. Dibullly di dunia maya mah malah seneng dia, traffic blog makin banyak. dibully di dumay mah ga ngefek sama kehidupan sehari2..mending pak dosen lah bisa nulis blog dan dibaca byk orang, daripada fansboy2 itu yg ga bisa lakuin apa2 ketika mio atau produk se merk”di-bully” pak dosen.

    • tahu nggak apa yang diucapkan oleh rider paling kalem dan paling netral, yaitu Pedrosa :
      “Rossi selalu berada di posisi paling depan untuk menyuarakan keselamatan pembalap. Bahkan terkadang ia meminta kepada para rider MotoGP untuk tidak tampil terlalu agresif di lintasan. Tapi ucapannya itu justru menjadi boomerang buat dirinya sendiri”
      sumber :sports.sindonews.com

      • Beda kan ? Penilaian pebalap dg.pebalap lain, bahkan pedrosa pun bisa menilai pebalap yg udah alm di sepang dg tidak mau salaman saat diajak salaman?

        Masalah bumerang itu adl kesimpulan anda bukan pedrosa

        *Dan sang dosen pun masih dendam

          • kenapa ente nyinyir sama pak dosen?? cinta ente ditolak sama pak dosen??? ya iyalah pak dosen bukan homo wkwkwkk … kamu seperti idolamu yg suka ngangkang ngangkat kaki ke motor lain minta di tusbolllll ….

  9. Pak Dosen,,,, jenengan sing tenang mawon. nanti kalo sudah saatnya mark pun akan dapat perlakuan yg sama dengan apa yg didapat rossi sekarang jika rossi sudah pensiun dan mark dapat menjadi ikon motogp. sy rasa lebih tepat mark yg jadi ikon motogp daripada rossi. jika sudah dapat jadi ikon gp sy rassa dorna pun akan menjaga aset tersebut. kenapa dorna selalu membela rossi ( jika memang benar) karena rossi yg mampu membawa gp itu besar. toh rossi udah cukup tua jika terus berlaga di gp. nanti dorna pasti akan cari ikon baru, yaitu mark dan akan menjaga aset tersebut. itu pendapat sy jika anda setuju monggo tidak pun gpp mau jenengan kontra silakan.

    • he he he
      kan ane sudah bilang di artikel yang lalu bahwa para rider (termasuk marquez) adalah wayang, dan dorna dalangnya dst….

      makanya ane selama ini santai saja, hanya menikmati adanya kehangatan suasana hiburan di sana (motogp), anggap saja nontong ketoprak
      dan seharusnya tidak berpengaruh ke kehidupan ane, dan juga kita semua

      oleh karena itu ane sungguh kepingin bertemu (kopdar) dengan para komentator garis keras di kalangan fansboy, bukan untuk meneruskan debat di dunia nyata, akan tetapi menjalin silaturahim. Barangkali minimal bisa ngopi2 bareng.

      • Ah mana berani komentator garis keras kopi darat, mereka omdo! Kaum cupu di dunia nyata, berasa berarti di dunia maya. Kaum begini mah, kaum pecundang pak Dosen…

  10. skrg fbr bikin opini , klo ga di sundul ma mm kaki vr ga akan nendang , pdhl dah jelas2 vr yg sengaja melebar memotong jalur mm , msh untung cuman kesundul coba klo smpe ketabrak bisa tamat dua duanya ,,,

  11. Makanya seperti yg sy bilang diatas. mark akan dapat apa yg didapat rossi sekarang kelak. itu tinggal tunggu waktu sj. anda pun tahu dari moto gp berapa banyak yg bisa diraup. karena gp adalah bisnis. makanya pelaku bisnis melakukan berbagai skenario agar bisnisnya tetap njengat terus.

  12. Nganu pak Dosen, Mas Rossi lg usaha, mosok salah sich! kan ga lg berdemokrasi! kan demokrasi itu sekumpulan org pintar yg merasa benar mengalahkan org bodoh yg memang benar!

  13. ya semoga pak Dosen tetap sehat selalu dan terus ngeblog sampe pak Dosen bosen. dan sy pun berharap demikian supaya ttp bisa bertamu disini walaupun lebih sering beda pendapat sm pak Dosen. dan semoga pak Dosen g bosen atas kunjungan sy. dan nanti sypun ingin membaca artikel yg demikian tentang mark ketika mark dapat perlakuan yg sama seperti yg didapat rossi sekarang. sy harap pak Dosen tetap berdiri ditengah tengah dalam ngeblog.

  14. Ane bukan fby,fbh,atau fbmotogp,atau fbr,fbm,fbl,dll. Ane hanya pecinta otomotif,seperti halnya ane pecinta sepakbola. Ane hanya mau berpendapat, bahwa sudah hak setiap orang mencari keadilan, entah itu ke wasit kalo sepakbola, atau ke RD kl moto gp. Misal tdk puas ya ke yang lebih tinggi lagi protesnya, la wong terpidana mati aja bisa PK berkali2 kok. Udah..ga usah berdebat kusir…sport is entertainment, sama kaya film, semakin banyak artis top,semakin banyak seru-seruan semakin larissss… ga percaya? Tu…valencia nanti tiketnya sudah sold out padahal baru race mgg depan…

  15. Yup, paling ga suka kelakuan Rossi pas nyikat Markes di Argentina, dan diving untuk potong jalan di Assen….
    Kelakuan curang khas Rossi…., giliran dibales di Sepang, Ngambek….

    Tapi bagaimanapun tetep lebih senang Rossi yg juara…. Biar cepet tuntas, pensiun…. Ganti tokoh baru…

    hgt

  16. Bahkan dalam dunia sport sekalipun ada “politik”nya, apa yang dilakukan Rossi bener2 cerdik karena memanfaatkan jalur yang ada. Sebenarnya Rossi pun tahu bahwa jika seandainya seluruh dunia mendukung pun tak akan mengubah keputusan Race Director. Jadi apa yang dikejar Rossi? ya penundaan pelaksanaan hukuman! inilah fokus utamanya. Seandainya dalam sidang CAS selain dapat penundaan, bisa jadi juga pengurangan hukuman ini anggap saja sebagai bonus.
    Kenapa pembalap lain nggak pernah ajukan banding ke CAS? Kena hukuman Race Director nerima aja? Kenapa nggak ditanyain ke pembalap bersangkutan? Kenapa nggak nuntut? itu hak dia, dan itu legal. Apa karena pembalap lain nggak ada yang menggunakan “hak”nya menuntut FIM lewat CAS, lantas Rossi juga ga boleh nuntut? menurut saya ini sangat absurd. Salah sendiri kenapa nggak nuntut, kan diperbolehkan. Sekarang Rossi mau nuntut kok pada heboh??? belum tentu juga banding Rossi bisa menang di CAS, siapa tahu justru CAS semakin memperkuat keputusan Race Director/FIM?
    Think smart bro… jangan mudah terpancing, apalagi sampai emosi.

        • Di tulisan anda tertulis jelas :

          “Banyak netizen pendukung rossi yang menganggap lorenzo dan marquez pecundang, padahal mereka termasuk pembalap yang tidak pernah menuntut fim sampai ke CAS. Nah sekarang sudah tahu, siapa pembalap yang pecundang.”

          Maksudnya apa? Anda kok bisanya cuma ngeles sesuai teori anda. Ini hiburan, ini bisnis, biarkan mengalir apa adanya walaupun di dalemnya carut marut.

          Dari tulisan dan komentar anda, anda menunjukkan sikap inkonsistensi.

          • dan kata-kata
            hebat, menangan, jawara, kalahan dan pecundang
            juga merupakan bagian dari hiburan, lihat betapa senangnya para penonton dengan istilah tersebut

        • Banyak netizen pendukung rossi yang menganggap lorenzo dan marquez pecundang, padahal mereka termasuk pembalap yang tidak pernah menuntut fim sampai ke CAS. Nah sekarang sudah tahu, siapa pembalap yang pecundang.
          saya kurang setuju dengan statement jl dikatain pecundang … tapi saya lebih tidak setuju klo vl juga dikatain begitu … kan kalimat delegasinya seperti yg anda tulis di atas kan ? tapi entahlah karena selama ini juga artikelnya miring menyudutkan vl, which is good for jl which about to win this year and im a fan of him … but, u knowlah vl yg secara tak langsung kau sebut “pecundang” itu udah punya rekor 9 kali menang d tiga kelas berbeda … jadi kasihan sama anda yg buat artikel tanpa zona netral di dalamnya …
          jadi klo menurut anda apa yg seharusnya di buat oleh vl sekarang terhadap seluruh event kejadian ini ? monggo berikan jawaban yg sehat dan masuk akal yak …

    • keputusan rossi naik banding ngga salah dan memang sdh di fasilitasi..
      kenapa ngga ada pembalap lain yg di sebut om gokil ikut banding di saat ada masalah di lintasan ..jelas mereka menerima keputusan rd dan tdk perlu banding..
      hasil keputusan rd dan pengamatan om gokil jelas rossi salah.. jutaan mata melihat aksi rossi..!!! jelas itu pelanggaran.. apa yg membuat rossi naik banding..?? ambisi cetak rekor..?? gila hormat..?? ngga suka spaniard juara dunia..?? ngga suka dominasi spaniard di moto gp..??
      ngga percaya akan kapasitas rd..??
      race musim ini banyak aksi kotor rossi.. jegal hattrik marc atw ada intruksi khusus …
      khusus case argentina ane pribadi rossi di lindungi rd.. jelas rossi ngga suka aksi salip marc yg agresif..dngn skill balap yahud jutaan mata tertipu aksi kotor rossi..

  17. yg menjd pertanyaan pak dosen,,,kenapa Marqes mengurangi kecepatan motornya setelah overtake Rossi,,,padahal dengan kondisi motornya saat race, Marqes mampu overtake Lorenzo,,,

    hal ini memang legal,,,tp dari sisi sportivitas ada yg janggal

    dari rekaman terlihat,,,Rossi memberi tanda ke Marqes,,,entah kode apa,,,ini seperti,,,”marqes lo kejar lorenzo sj,,,jangan ngrecokin gua”,,,kira2 kyk gitu deh pak dosen

    balapan di Sepang Mirip di Phillip Island,,,Marquez hambat laju motor di belakangnya ( Rossi n Ianone),,,sampai gap gak sampai 2 detik dengan Lorenzo,,,Marqes lsg tancap gas ngejar Lorenzo,,,

    namun di Sepang sedikit berbeda,,,tanpa kehadiran iannone,,,Marqes sedikit leluasa nahan Rossi

    • bantu jawab, emang tujuannya marquez menghalangi rossi juara dunia (bukan membantu jorge juara dunia), dan itu sah sah saja tidak ada peraturannya. marc pengen jadi best rider ever (kata matteo guerinoni).

      gimana pak dosen?

      • bukan
        menurut ane, marquez memang ingin bermain-main dengan rossi sekaligus bikin marah (provokasi)
        dan itu ia prkatekkan dari teori yang dipelajari dari rossi sendiri, sekaligus balas dendam

        • nah itu pak dosen,,,,balas dendam

          krn bbrp kali dog fight vs Rossi, si Marqes 2/3 ndlosor (DNF),,,yg menyebabkan Marqes tdk bisa bersaing di jalur juara di musim 2015

          harusnya balas dendam dengan cara sportif,,,juara di musim balap berikutnya,,,2016

          ya,,,KALAHKAN Rossi di musim 2016

          tp entah mengapa,,,malah ganggu Rossi saat balapan di Sepang kemarin,,,

          mungkin ini soal kedewasaan,,,atau memang karakternya seperti itu (Marqes)

  18. Rossi hebat krn motor yg hebat, sbnarnya rossi sudah habis tinggal nama besar, Giocomo agustini aja bilang marquez tdk salah, rossi yg trpancing emosi dan brbuat yg mnyalahi aturan, ya iya lahhhh..
    rossi itu sbnarnya gaya mmbalapnya jg curang jk lawannya sulit ditaklukkan selalu mnggunakan kcurangan yg dibenarkan, penikmat motoGP pasti tahu kcuali FB yg sudah buta krn nama besar

  19. Muaakkk liat kelakuamnya si vr..mencla mencle, standar ganda, klo anda ga bisa juara musim ini buktikan musim depan.. Klo ga bisa, memang masanya sudah berakhir.. Serahkan ke yg lbh muda..

  20. MotoGP = Rossi sentris…
    Sepakat sama stoner…mending pensiun dini drpda diperlakukan tidak adil terus menerus…
    rossi is loser…

  21. Ketawa klo baca conen dari fans rosi yg bilang marqwes iri ksrena tidak bisa menyamsi rekor rosi.hahaha…segitunya bela idola sampai persepsi dipakai untuk alasan dan tuduhan.

  22. yg ngaku netral blm tntu bner2 netral kok pak gokil… Kdang sya mrasa mereka yg terang2an mengaku fbh ato fby lbh baik drpd yg ngaku netral, pling tdak mereka tdk MUNAFIK pak. (Gk usah menoleh kiri kanan ya pak.)

  23. Yang lain boleh takluk dan tunduk pada peraturan (RD), tapi tidak berlaku bagi sang dewa. Peraturan yang menghukum sang dewa berarti peraturannya salah, harus diganti / dicabut.

  24. Klo penggemar motogp sejati pasti tau sejarah2nya Vr…

    ibarat pendatang yg pindah2 daerah sllu punya musuh ..peertanyaanya yg salah pendatangnya apa daerahnya kok sllu punya musuh?

    Tp klo fans buta idola ..apapun itu …salah dibenarkan ,benar makin dibenarkan …

    • Hahahaha…punya motor yamaha dibilang fby, punya honda dibilang fbh, punya ninja dibilang fbk…alangkah senangnya jadi pak dosen. Jadi fb di byk merk mainstream. Bikin artikel yg panas dikut dibilang provokator..semangat pak Dosen, semoga makin byk artikel yg kontroversial. Kaum-kaum seperti itu emang harus sering di’jewer’, biar ga berasa paling pinter padahal hanya pecundang yg cuma bisa hina orang tanpa mampu berbuat apa2

  25. Inilah hebatnya Rossi

    Mungkin kejadian memalukan Rossi ini akan diingat terus dan terus…..

    Kalo perlu tikungan ke 14 disircuit sepang dikasih nama One Leg Corner supaya semua rider nanti bisa hati-hati
    melewati corner tsb.

    dan perlu dicatat kalopun nanti banding Rossi di CAS di tolak berarti kebenaran Marquez memang betul adanya dan Rossi pantas mendapatkaaan sebutan The Idiot.

    Salam satu Kaki

  26. Itu adalah haknya. Anda punya hak yang bisa dipergunakan dalam kasus ini ya dipergunakan. Masalah bisa atau enggaknya yang penting sudah mencoba. Thats it

  27. om gokil sekali kali gantian donk yg d bhas si marc, mengenai nationaly order.
    ap bner marc dpt order dr si jolor??
    hal yg d lakuin si marc bukanlah hal yg kecil atw sepele loo… dia dpt mngubah jolor yg kmungkinannya kecil dpt jurdun hingga sebesar ini?!!
    ap iya si marc mlkukan ini dg cuma2, tnpa imbalan apapun dr jolor??
    apa hnya marc gk ingin rossi dpt gelar tll byk hingga dia akn lbih susah utk melampauinya?
    atw jolor akn mbantu marc dpt gelar jurdun thun depan sbgai ganti atw imbalan yg dlkukanx saat ini?!!

    • masalahnya yang dilakukan rossi jelas keliatan
      sedangkan mengenai masalah order bagi marc itu yang masih gelap
      yang dilakukan marc di phillips island dan sepang, bisa dikatakan tidak sportif (kemungkinan besar karena dendam, dan ingin memberi pelajaran ke rossi bagaimana rasanya sakit sebuah kegagalan), karena mengganggu perebutan juara dunia antara jl dan vr
      akan tetapi marc tidak melakukan kesalahan apapun sehingga secara peraturan sulit untuk diberi sanksi.

    • seandainya saya diposisi rossi, saya minta nenen sama nenek nenek hehehe…. makanya saya gak mau jadi fbr ato berandai2 jadi rossi…. satu2nya rossi yg saya suka cuma merk velg almunium di motor saya hehehehe …

  28. Anda berani sumpah kl anda netral….coba ucapkan, n gak usah nyinggung bloger lain ketika anda disinggung hanya karena pasang iklan, dari sekian banyak artikel yang anda tulis, saya sebagai pembaca yg netral bukan fans2 pada siapapun…say bisa menilai anda mempunyai kecenderungan kemana….

  29. DI VALENCIA ,,MUDAH MUDAHAN MARQUES GAGAL DI KWALIFIKASI ,,JADI START URUTAN KEDUA PALING BELAKANG, BIAR KETEMU LAGI SAMA SI ROSSI, ITU BARU TONTONAN PALING SERU SEDUNIA…WAKK..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan