[Guyonan] Nggoncengin Orang Ngantuk, Antara Lucu dan Bahaya

sleepie pillion

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan  sampai ke tujuan

Bagi seorang rider tentunya sering juga membonceng ataupun dibonceng. Tidak seperti rider yang konsentrasi tinggi saat membawa motor, seorang boncenger/pembonceng (pillion) jauh lebih santai. Dengan posisi duduk yang santai tanpa harus konsentrasi, maka wajar jika boncenger lama-lama menjadi ngantuk, apalagi kalau ia memang kekenyangan, kurang tidur atau lelah.

Bagi seorang bapak atau ibu yang sering mengantar/menjemput anak ke/dari sekolah, maka kerap menjumpai anak yang digonceng dalam kondisi ngantuk, bahkan tertidur. Situasi ini sangat berbahaya baik bagi si anak, rider juga pengendara lainnya. Oleh karena itu orang yang kreatif kemudian membuat tas/tali untuk mengikat anak saat diboncengn motor, agar saat ngantuk tetap aman. Seperti model berikut 

sabuk-boncengan-anak model depan belakang

Itu kalau yang dibonceng anak kecil, bisa diikat dengan sabuk/tas model seperti di atas. Tapi kalau orang tua bagaimana ? Selain memang tidak tersedia sabuk bagi pembonceng dewasa, kemungkinan besar si pembonceng tidak akan mau menggunakannya, “tengsin” alias malu-maluin. Dan jika benar kejadian, orang tua yang dibonceng ini ngantuk maka akan jadi pemandangan yang lucu jika dilihat dari belakang. Seperti kejadian berikut

Lucu memang dan tampak seperti hiburan. Akan tetapi situasi tersebut sesungguhnya sangat membahayakan, Bayangkan ketika rider mau belok ke kiri, pas boncenger ngantuk oleh ke kiri, maka bisa-bisa motor dan penumpangnya ambruk ke kiri. Iya kalau kondisi jalanan kosong masih mending, jika ada kendaraan bisa parah, apalagi jika sebelah kiri selokan bisa tercebur. Belum lagi saat pembonceng sanggat doyong ke kiri, pas rider nyalip dari  kiri, dan mepet tiang lintrik, bisa-bisa kepala si boncenger terhantam tiang listrik secara frontal, ngeri membayangkannya.

Nah sekarang mohon sharing dari bro semua, kalau pembonceng ngantuk, apa yang bro lakukan ???

Semoga bermanfaat, wwassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

16 Komentar

  1. Buat boncengin cucu, saya pake boncengan khusus anak, udah pake safety harness-nya. Jadi aman walaupun anaknya ngantuk.

    Boncengan ini buatan Ibu2 dari Cimanggis, Depok.
    Saya beli online, produknya bisa dilihat di websitenya: helmiat.com.

  2. Kalau saya mending minggir dulu, sambil memegang boncenger..
    biar dia istirahat dulu..
    duduk-duduk.
    soalnya dulu saya pernah melakukannya.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan