Beda Persepsi Hasil Penjualan MxKing-SatriaFU-Sonic150

 

komparasi-spek-bebek-super-150-cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan

Banyak sudah blogger membahas kedigjayaan penjualan mx king dibandingkan satriafu dan sonic150. Walaupun terkadang ada yang melihatnya sebagai motor yang beda genre, mxking bebek super sedangkan satriafu dan sonic150 ayago, akan tetapi ketiganya sama-sama menggunakan sasis underbone dan mesin tegak 150cc. Sehingga wajar jika banyak juga yang menyatakan bahwa ke-3 motor ini satu kelas, dan layak untuk dibandingkan.

Data penjualan bulan agustus dan september tahun 2015 ini, menunjukkan bahwa mxking masih menjadi yang terbesar dibandingkan satria fu dan sonic150 (jangan dibandingkan dengan supra125 ya..). Berikut ini tabelnya.. 

sonic-fu-mxking total selles aug sep 2015

Jika dilihat dari banyaknya unit yang terjual, yamaha (YIMM) memang bisa bernafas lega. Karena penjualan mxking masih jauh di atas dua ayam jago ini. Akan tetapi jika kita memandangnya dari sudut lain, maka justru yimm harus mulai waspada. Karena hadirnya sonic150 memberikan beban terhadap perolehan market share di kelas bebek super ini.

Sekarang mari kita perhatikan data yang sama dari sudut pandang yang berbeda, yaitu persentasi penurunan market.

 

sonic-fu-mxking selles aug sep 2015

Semua motor mengalami penurunan penjualan di bulan september dibandingkan bulan agustus. Akan tetapi penjualan mxking-lah yang penurunannya paling besar. Hal ini tentunya bukan berita baik bagi yimm. Dan harus segera diwaspadai dan diambil tindakan nyata dalam menggencarkan promosi dari mxking ini.

Dan tentunya jika ditinjau dari sudut pandang ini, penjualan mxking150 menghasilkna persepsi yang berbeda jika dibandingkan dengan persepsi kebanyakan blogger. Karena jika ditinjau dari persentasi market share bulanan, justru mxking turun. Betul begitu bro ??? (terutama buat yang ahli marketing).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

31 Komentar

  1. Sekarang bukan jaman nya SATRIA bergitar ada juga bebek yang ngakunya RAJA yang lebih gila lagi ada ayago yang ngaku ngaku light SPORT
    sekarang eranya matic dengan performa tinggi

    #LAMPAUIDIRIMU

  2. sonic launching agustus ya ? klo di agustus penjualan sonic banyak, apa karena di bulan itu sekaligus ngirim banyak motor ke penginden yg sudah mengular ya ?

  3. Kalo menurut saya sih justru posisi MX King msih aman.. Karna kompetitior jg mengalami penyusutan. Ya istilahnya stagnan lha, CMIIW

  4. Spertinya gak usah dibandingin penjuan mx king ama ayago lain… wong sbelum sonic kluar penjualan fu pun gak mampu nyainging mx series… karena apa?? Karena emang beda segmen, satunya ayago stang jepit, satunya bebek murni, hanya kubikasi mesin aja yg sama.

    Toh selera orang beda2, yang jelas ayago lebih dominan pada performa dan anak muda, kalo bebek meskipun 150cc ya tetep lebih nyaman… tentunya yang pernah naik 3 motor tersebut pasti tau mana yg nyaman buat mereka…

    • lha kemarin kan sudah dibahas
      saat ini power mx king sudah mencapai 29.2 hp dan pengembangannya baru mencapai 60%
      barangkali saat di sentul besar tadi powernya sudah tembus 30 hp, dengan ergonomi yang mantab, tentunya wajar jika jawara

  5. Wow Gen vixion series masih favorit. Pantesan next spec mt 15 urung di rilis.
    seharusnya Yimm mengeluarkan next spec overbore stroke 49,5mm x Bore 62mm supaya tidak mencederai owner vixion ternyata gagal diganti dgn mesin old Byson stroke 58,7mm x bore 58mm 155cc. Secara spec sama dgn vixion, cuma beda diameter piston. upgrade mungkin lc4v, radiator, vva, usd, banana arm, head lamp led koito dll tp harga pasti > NCB 25jt.
    Strategi spt itu Mana ada daya jual “naikin ms” ?? kalo pun ada sedikit, paling cuma incaran part modifikasi owner vixion.

    Mungkin ada lah orang leasing yg curhat ke bro gokil, ms Yimm makin mengkeret dibandingkan Ahm, kekhawatiran nasib Yimm akan sama dgn suzuki. bla..bla..bla

    Kalo menurut ane salah Yimm sendiri. terlalu menikmati penjualan vixion series, ngak move on & salah strategi.

    Herannya Yimm itu “menikmati” tp kenapa ada yg curhat2 ke blog2 supaya dibantu y…. aneh.

    Gimana Yimm mau move on kalo begitu caranya, terus terang Ane nungguin kasta tertinggi spec tzm stroke 53,5mm nya loh. Apa mungin nunggu 20th lagi…. Xixixixixixixi

    Masih mending suzuki fu inj, next specnya stroke 48,8mm x Bore 63,5mm 155cc water cooler. On trek produksi…..

  6. yg dohc overbore pun cm dpt podium ampas kl ktanya tim sawet, ngiahaha… pdhl itu yg old cb…
    perlu krj krs lg nih tim sawet dlm ber-lip-servis…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan