Akibat Penerapan Euro-3 Performa Drop, Tapi FC CB150R Naik Sedangkan New Vixion Turun

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Semakin hot komparasi antara all new cb150r (ncb) dan new vixion advance (nva), apalagi setelah tabloid otomotif juga mengeluarkan hasil pengujiannya. Pengujian sebelumnya oleh motor plus menahbiskan ncb sebagai pemenang mutlak dibandingkan nva. Dan ternyata tabloid otomotif juga menjadikan ncb sebagai pemenangnya,…tumben biasanya sebaliknya ?

Akan tetapi kemanangan ncb pada komparasi ini sangat tipis, atau bisa dikatakan “beti”, alias beda tipis. Berikut hasil pengujian di atas mesin dyno dan test ride baik akselerasi, topspeed dan fuel efficency.

Komparasi-hasil-dyno-All New CB150R-VS-NVA

Kedua motor dari klan yang berbeda ternyata drop performanya dibandingkan generasi sebelumnya. Bedanya adalah ncb mesin nya baru, sedangkan nvl mesinnya masih serupa dengan generasi sebelumnya yaitu nvl. Kemungkinan besar penerunan performa kedua motor ini akibat penerapan standar emisi euro-3, sehingga AFR dibuat semakin miskin (irit) sehingga pembakaran semakin sempurna dan emisi gas buang semakin ramah lingkungan. Dan hal seperti ini wajar, seperti yang juga dialami oleh satria fu euro-3.

Jika kita gabungkan dengan test ride sebelumnya, yang juga dilakukan media tabloid otomotif pada generasi  cb150r sf dan nvl (euro-2), maka hasilnya bisa ditampilkan sebagai berikut.

NVA vs New CB150r performance

Dari tabel di atas terlihat bahwa topspeed kedua motor turun dibandingkan generasi sebelumnya, hal ini wajar karena adanya sistem menekanan emisi. Akan tetapi ada keanehan yaitu ncb semakin irit (kmpl-nya naik 18.6% dan ini wajar) sedangkan nva justru semakin boros (kmpl turun 2.6%, tidak wajar, seharusnya semakin irit). Entahlah, mungkin ada perbedaan dalam metode pengukurannya.

Ada satu lagi yang cukup menggelitik motogokil yaitu, gambar kurva torsi nva yang dibandingkan dengan ncb, sama persis dengan milik-nya nvl (saat dikomparasikan dengan nvl). Coba bandingkan gambar tersebut dengan gambar ini.

torsi power nvl

Padahal dari komparasi test ride (versi otomotif sendiri) hasil dari nvl dan nva jauh sekali perbedaannya. Sedangkan jika kita lihat perbandingan hasil pengukuran yang dilakukan motor plus, performa nva dan nvl berbeda (power maksimumnya selisih sekitar 0.47 dk), lihat gambar berikut

Komparasi-hasil-dyno-power NVA-vs-NVL mplus

BTW menurut testimoni test-rider yang pernah nyoba cb150r-new cb150r dan nvl-nva, motor baru lebih powerfull dibandingkan yang lama. Nah sekarang semakin gamblang apa saja yang dilakukan pabrikan terhadap motor-motor terbaru mereka. Dan juga semakin banyak info, yang bisa dijadikan pertimbangan mana yang lebih falid, pengukuran yang dilakukan motor plus atau otomotif.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

 

27 Komentar

  1. ada lg yg sdikit ngganjel :
    NVA dari 200 > 400km percepatan meningkat sekitar 12,5kpj
    NCB dari 200 > 400km percepatan meningkat sekitar 19kpj
    tapi waktu tempuh 200 >> 400km sama” 7 detik
    ..
    pertanyaannya :
    itu penyimpangan speedo ato penyimpangan data? melihat timing dan percepatan di jarak 100m yang serupa namun angka speedo nva justru malah lbh cepat.
    😀

  2. juragan rondo lg gila keknya maka nya kojel2 sambil buat artikel memfitnah honda…

    sayang doi anti kritik jadilah orang picik tuh si momok

  3. tester nya beda
    tester mplus bobot nya cuma 45kg ( waktu tes sonic )
    tester otomotif ( waktu sonic ) bobot nya 65 kg
    entah dulu berapa waktu cb vs nvl
    dan bobot racelogic juga lebih berat dari vericom ( racelogic harus gendong aki )

  4. tadi sempet mampir sekali ke triatmono
    liat judul aja dah tau, sekilas memang pemuja yamaha
    namun sebenarnya dia itu haters honda
    dia memuja yamaha karena hanya yamaha yang bisa melawan honda
    haters lebih bejat dari fansboy, karena haters gak hanya umbar kelebihan dan kelemahan, namun juga penggiringan opini, fitnah dan pembohongan publik

  5. Ya gitu deh kl YAMAHA, ga mau di kritik.
    Mateo di trans 7 aj sebagai komemtator lengser gara” terlalu sering ngeritik YAMAHA…

  6. Syukurlah Kalo Masi Unggul Old Cbsf, Gak Minder Pegang Old Cbsf, Mesin Keturunan Darah Biru Cbr150r…
    Kalo Yg Baru BorexStroke Ko Persis NMP/Verza, Jangan-Jangan NMP/Verza Ganti Head+Boring Ajah Y Om Gokil???

1 Trackback / Pingback

  1. Ketika Yamaha Mulai Tidak Percaya Diri Dengan Engine SOHC. Yamaha Akan Mengeluarkan Engine yang Dahsyat | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan