Lain di Dyno Lain di Jalan, Ya Wajar Musuhnya Beda

old cb150r vs new CB150r mayor facelift

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tuntas sudah semua informasi yang disampaikan oleh media otomotif mengenai perforna all new cb150r (k56) beserta komparasinya. Komparasi terhadap rivalnya (NVL/NVA) ataupun terhadap pendahulunya (old) cb150r street fire (k15). Bagi owner k15, kedatangan k56 cukup “memilukan” karena cb150r street fire miliknya tiba-tiba mendapat tambahan gelar “old”, alias lama atau tua.

Apalagi melihat perbandingan performa yang disampaikan salah satu tabloid otomotif terbesar tanah air, yang menyatakan bahwa hasil pengukuran performanya, di atas dyno menunjukkan bahwa newcb (k56) menang telak dibandingkan cbsf (k15). Begitu pula dengan komparasi yang diberikan pabrikan, lihat beberapa gambar di bawah ini

Komparasi-hasil-dyno-CB150R-lama-VS-All-new-CB150R-2

Dari pengukuran dyno ini menunjukkan perbedaan power/torsi maksimum yang cukup signifikan, power selisih 1.2 hp sedangkan torsi selisih 2.17 Nm. Dan rupanya dengan data ini sangat penguntungkan bagi promosi new cb150r, karena cocok (bahkna lebih tinggi) dibandingkan klaim pabrikan yaitu

komparasi power torsi k56 vs k15

Padahal jika melihat perbandingan spesifikasinya, bedanya cuma di torsi maksimum, sedangkan powernya mirip. Bahkan dengan bobot yang lebih berat, seharusnya k56 sedikit lebih lemot dibandingkan k15. Dan hal ini diamini oleh beberap test rider pengguna old cb150r. Berikut perbandingan spesifikasinya

specification k15 vs k56 full

Dan perbedaan spesifikasi ini baru terbukti ketika dilakukan komparasi hasil testride antara old cb150r (k15) dan new cb150r (k56). Berikut ini hasil komparasi test ride nya :

Komparasi-hasil-testride-CB150R-old n new

Dan ternyata old cb150r masih lebih kencang dibandingkan new cb150r ketika diuji coba di jalanan (nyata). Dan tentunya perbedaaan hasil ini (dyno dan testride) sudah banyak yang bisa memakluminya, karena memang faktor penentu performa saat di atas dyno dan di jalanan banyak perbedaannya. Yang jelas pengetesan di atas dyno hanya mengukur performa “engine” yang meliputi power dan torsi. Sedangkan pengetesan di jalan benar-benar menguji performa motor secara utuh baik dari akselerasinya, topspeednya aerodinamikanya, ergonominya dan lain-lain.

Kalau mau disimpulkan perbedaan “musuh” dari pengukuran dyno dan test ride adalah :

Yang melawan (musuh) performa saat diukur di atas mesin dyno adalah :

  1. Bobot roller
  2. Rugi-rugi gesek pada bearing di roller dan di motor (ban belakang, rantai, transmisi dan lain-lain)

Sedangkan yang menjadi musuh saat mengukur performa di jalan adalah :

  1. Rugi-rugi gesek (mekanik) di motor
  2. Peningkatan rugi-rugi tersebut akibat bobot motor dan rider
  3. Bobot total yang juga mempengaruhi besarnya PWR dan TWR
  4. Rugi-rugi gesek antara ban dan aspal
  5. Kondisi udara dan angin yang menghasilkan drag force (gaya yang melawan arah maju motor)
  6. Sifat aerodinamis dari motor yang juga menentukan besarnya drag force

Nah dengan perbedaan ini wajar saja jika new cb150r menang di atas dyno tapi kalah saat test ride dibandingkan old cb150r. Menurut ane besarnya roda dan belakang sangat menentukan perbedaan pengukuran ini. Roda yang besar dan lebar serta berat memberikan keuntungan saat pengukuran di atas mesin dyno. Akan tetapi sebaliknya saat berkaselerasi di jalan justru memberikan kerugian.

Dan seperti itu pula yang terjadi saat (dulu) komparasi antara cb150r dan nvl. Meskipun cb150r secara spesifikasi memilki power yang lebih besar, akan tetapi saat diukur di atas mesin dyno justru terbalik, nvl-lah yang memiliki power lebih besar, dengan selisih yang cukup signifikan. Lihat gambar dyno lama, beberapa tahun yang lalu

torsi power nvl

Sedangkan komparasi hasil testride nya adalah :

NVL vs cb150r otomotifnet

Perhatikan bahwa gambar grafik (old) cb150r sama persis antara dua grafik dyno ini, artinya pengujian cb150r hanya saat dikomparasikan dengan nvl. Sedangkan komparasi dengan new cb150r adalah dengan data tersebut (lama). Nah dengan 2 komparasi ini silahkan disimpulkan sendiri perbandingan antara nvl, old cb150r dan new cb150r, baik di atas dyno maupun di jalan aspal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

60 Komentar

    • Blm tentu…. tau supra 125 om?? Tuh model sebenernya gak bagus2 amat… tapi malah laris… tapi emang kebukti mesin nf125 itu tangguh… meskipun body kayak krupuk… hahhaha

  1. All new cb 150 lemoooooooot cuma 130 kpj pigson ngiler edisi kesekian,,,cbsf 150 juoooosh top speed 151 km/jam,,,,,beli yang asli jangan yang tiruan ,,,ngoahahaha
    salam susah netral

  2. Tapi om gokil… tolong dibantu jawab ya.. kenapa mesin cbrold,k45,k15 selalu lemot dan kalah ditanjakan?? Bahkan kalah lawan mx135?? Ada cara buat nutupin kelemahan itu gak?? Selain penggantian gearset tentunya….

  3. DOHC kw , ngaku killer malah ngiler !!
    yang lama saja , ringan , ban cacing , operduor , top sipit 151km/j 11/12 sama NVL ( sama” negak pertamax CB menang tipis /premium NVL menang tipis)

    apa lagi yang baru ,
    all new CIBI150haphaphap !!
    operstruk brooo , DOAH kw

    Ini motor di Por 1meter sama NVA kalo drag coy :v

    • Alah kmaren triak” tampang keren + irit skrg malah triak tenaga besar + tampang seadanya.. dasar pengumpat!

      performa Ocb sm nvl emang 11/12 klo soal balap jrk pendek..

      Tpi jgn sekali” kau blp Ocb pke nvl pas touring.. boro” lu salip, ngejar aja gak bisa wkwk tulul

  4. Wah, scra performa real hasil uji akselerasi otomtif, kalo dbndingkn antra nvl vs new cb kok msh bgusan nvl ya, harusnya produk bru alias new cb lbih baik donk. Gmn mas dosen?

  5. om gokil,
    misal klo roda new cb150 diganti old cb150/NMP/verza, mana yg paling gokil buat pecicilan.? nva, old cb, new cb.?
    rugi di ban new cb udah berkurang tuh. ttp Enakan NVA

  6. Overlap 0°- 5° memungkinkan max speed piston >21m/s sedangkan overlap 58° beresiko rawan tabrakan klep.
    2.Overlap 0°- 5° masih perlu di optimalkan lagi dgn setting ecu unlimiter. Sedangkan overlap 58° ready to race.
    3.Overlap kecil tarikan bawahnya kalem/lemot*
    4.Overlap kecil baik itu cbsf atau new cb baiknya menggunakan silincer cbsf atau sonic ada tahanan backpressure supaya optimal untuk harian. Buat harian Tidak disarankan menggunakan knalpot freeflow krn biasanya minim backpressure, tenaganya ngempos. yg short stroke 47,2mm suaranya knalpotnya kaya setan…. Xixixixixixixi
    5.Overlap besar spt vixion series baiknya menggunakan silincer old vixion krn lbh lancar & tetap ada backpressur dirpm atasnya supaya optimal untuk harian.

  7. selisih power nol koma, torque nol koma, hasil test nol koma, konsumsi bbm beda banyak…rasa sama, sensasi sj yg membedakan…we’re human (bukan robot yg terprogram) jadi tdk akan pernah presisi stiap kali test running wajar klo setiap test hasil beda beda…so please just stop talkin’ ’bout it ! wich one the powerfull ? Just nothing…

  8. Kengerian itu telah datang !
    mesin REAL DOHC 150cc enggine dari honda CB150R dan SONIC150R akan melawan mesin mesin lain kelas 150cc
    ingat ,
    Kengerian itu telah datang !

  9. Terus apa gunanya downdraft intake, roller rocker arm, offset cylinder, speeny sleeve cylinder, molybedenum coating rigid piston, round textured wall piston, small angle valve, high compression ratio? AHM membuat produk hanya untuk dikalahkan kompetitor?

  10. masalahnya motor honda itu susah mau servis injektornya, masi nitip ke beres yamaha…
    percuma donk kalo di kohar… ujung ujungnya ribet servisnya…

    salam susah netral

  11. itu kan operstruk gen anyar minim gesek sana sini dg hasil test kalah tarikan sm operbor gen lawas.
    Pertanyaane.. LHA KOK ISO?? digas po ra kuwi?! hahaaaa…
    jelas” ono blogger sg wis ngulas test ride nya.. lha wong di test bareng” ngono lho wingenane …hahahaa
    ..
    aksel overbore iso menang telak, selisih konsumsi bbm e muncrat” iso dinggo hibah, wuiiihhh… cek gak payu sg anyar ngono maksud e,, lumayan klo strategi itu dibarengin dolar yg kaya layangan melip penjualan New CB150 langsung nyungsep maneh!
    ..
    sudahlah sy paham kok tabloid itu isinya apa .. hahaaa
    (sdh ada blogger yg bandingin real di jalan CB150 gen lama dan baru (sy lbh percaya dia), cz yg ane rasain sama ma yg dia bilang, mungkin karakter bawa motor kita sama)

    • dg selisih bbm segitu, jelas banget lek motor e gak digeber 😀
      ora ono motor sport 150cc konsumsi segitu lek digeber!
      jan pembodohan masal tabloid kuwi ra mari”…

  12. Nah ini tantangan para speedfreaks….
    Apakah paket teknologi 4tak dohc, inj, durasi camshalf honda + ecu unlimiter mampu menggantikan performa 2tak? 7,x detik 201m?

  13. dohc yg terlalu dipaksakan..kl dohc cocokx ya overbore,lemot bawah joss atas.ngapain dohc jd operstruk gara2 ngikutin tetangga.yg old jg gt nyeleneh.dohc operbor tp nafas atas letoy alasan demi akselerasi,penempatan yg tdk semestinya,ah emboh kok ruwet

    • Hahahahahaha….benerkan selama ini bahwa sohc nya sebelah superior… hehehehehe masa topspeed kalah sama sohc… skrg malah ikutan operstruk… kebayang dah topspeednya makin nyungsep….
      Ngoahahahahahahaha

1 Trackback / Pingback

  1. Sesuai Prediksi Motogokil : “Motor Plus Menunjukkan Bahwa New CB150R Menang Mutlak Dibandingkan NVA” | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan