Suzuki Bisa Saja Membuat Satria FU 150 dengan Power 18 PS, Tapi dengan Syarat…

Satria-Fu-Special-Edition

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah komparasi performa dan efisiensi dari 3 bebek super dirilis oleh tabloid otomotif, terlihat bahwa satria fu dengan standar euro-3 tertinggal dari sonic150. Karena satria fu merupakan maskot dari penjualan motor suzuki, tentunya kehadiran sonic150 cukup memberikan ancaman bagi penjualan satria fu. Dan pastinya jika suzuki tidak mau kehilangan pasar bebek super nya (ayam jago), maka harus ada perbaikan pada satria fu, baik dari segi performa maupun efisiensi.

Hari ini ada bocoran dari blogger kondang, bahwa suzuki telah melakukan tes satria fu injeksi. Dan ketika performanya dibandingkan dengan sang pendatang baru (sonic150r), generasi baru satria fu fi ini menang telak dengan selisih jarak yang cukup jauh. Sayangnya jarak dan kronologi pengetesan tidak disampaikan, jika disampaikan tentunya kita dapat memperkirakan konfigurasi engine-nya.

Jika jarak pengetesan cukup pendek 200-400 meter dan satria fu fi ini menang di detik terahir, maka satria fu terbaru ini kemungkinan besar bore x stroke-nya mirip dengan yang lama, hanya saja powernya ditingkatkan. Dan jika satria fu menang dari awal sampai akhir dan terus menjauh, maka kemungkinan kuat selain powernya ditingkatkan, stroke-nya juga mengalami peningkatan, alias stroke-up.

Satria Fu win vs Sonic150

Pada opsi pertama, suzuki sangat mudah membangun new satria fu 150 fi dengan menggunakan bore x stroke yang sama yang memiliki tenaga lebih besar dari sonic150r. Jika konfigurasi awal (satria fu old) adalah seperti ini

satria fu old CRdyn

 

Maka dengan menjadikan CR=11 dan power puncak digeser ke 10000 rpm, power sudah mencapai 17 ps (1 ps di atas sonic150r). Dengan power sebesar ini, dan dengan bobot yang masih sama dengan sekarang, dipastikan satria fu fi akan unggul.

satria fu fi CRdyn

 

Jika melihat ubahan yang dilakukan cukup sederhana, peningkatan CR dari 10.2 menjadi 11 sangat memungkinkan karena sudah mengadopsi pendingin cairan. Dan hal ini juga sesuai dengan standar euro-3, karena kualitas pembakaran yang dihasilkan akan lebih baik. Yang menjadi ganjalan adalah power puncak yang diletakkan cukup tinggi yaitu di 10000 rpm, menuntut fuel consumption yang lebih boros dibandingkan satria fu lama (perhatikan nilai Mf-nya yang lebih besar).

Mengingat tangki bensin motor ayago kecil, maka konsumsi harus cukup irit sehingga tidak sering ke spbu. Agar lebih irit maka power harus digeser ke posisi yang lebih rendah. Agar power puncak tetap cukup tinggi dibandingkan sonic150r, maka perlu dilakukan stroke-up. Dengan demikian power meningkat akan tetapi tidak terlalu boros dibandiingkan sonic150r. Jika mengikuti bocoran bahwa satria fu fi ini nantinya akan memiliki kubikasi 155 cc, maka stroke yang cocok untuk bore 62 mm adalah 51.3 mm.

satria fu fi 155 CRdyn

 

Dengan menurunkan posisi power puncak dari 10000 rpm ke 8800 rpm, meningkatkan CR menjadi 11 menjadi 11.3 (sama dengan sonic150r) dan menurunkan loses-nya dari 36.2% menjadi 34%, maka powernya diperoleh akan tetap 17 ps.

Dari tabel di atas terlihat bahwa naiknya volume silinder tidak serta merta menjadikan satria fu fi 155 cc menjadi lebih boros, hal ini disebabkan oleh rpm power puncak yang lebih rendah dan power loses-nya yang sedikit berkurang. Turunya rpm power puncak merupakan kontribusi dari naiknya stroke. Hal ini juga yang menyebabkan penggunaan harian satria fu 155 ini lebih irit, karena  torsi maksimumnya meningkat dan dapat diraih di rpm yang lebih rendah. Jadi wajar jika nantinya satria fi akan menggunakan ban agak gambot, karena memang torsinya sudah ditingkatkan.

tampak samping bagian depan fu150 fi

Sedangkan turunnya loses merupakan keharusan yang dilakukan suzuki dengan meningkatkan teknologi satria fu fi ini. Dan langkah ini sifatnya umum, yaitu dengan menurunkan loses di camshaft, di piston dan lain-lain. Dan jika sudah demikian, maka tidak heran jika nantinya satria fu 155 fi akan dengan mudah menaklukkan sonic150r mulai dari putaran rendah sampai putaran tinggi (seperti bocoran IWB).

Kalau mau power satria fu fi ini menjadi 18 ps, tentunya dari variabel yang sudah ditentukan di atas harus di upgrade lagi. Upgrade yang harus dilakukan adalah posisi power puncak dikembalikan ke 9500 rpm. Akan tetapi fc-nya menjadi lebih boros dari satria fu karbu, karena nilai Mf-nya sekarang menjadi 3.378 kg/hr (Mf satria karbu 3.212 kg/hr). Jika tetap ingin mempertahankan fc seperti satria fu old, maka cr-nya harus sangat tinggi yaitu 13.7:1. Jadi untuk mendapatkan power satria fu injeksi yang mencapai 18 ps, harus dipilih diantara 2 opsi ini :

  1. Lebih boros dari satria karbu dengan CR=11.3 (bisa minum pertalite)
  2. Atau sama dengan satria karbu FC-nya, dengan syarat CR= 13.7 (harus minum racing fuel).

Kesimpulannya, untuk penggunaan harian, hampir tidak mungkin satria fu injeksi nanti memiliki power 18 ps.

Sekian dulu, mohon maaf jika ada kurang dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

20 Komentar

  1. biasalah..wajar klo suzuki yamaha kawasaki bikin produk yg punya sesuatu lebih( power dll)..
    coz penguasa motor di indo kan honda…
    ibarat kata kyk XL…pasti lbh kreatif…dbanding telkomsel
    ibarat kata suzuki n honda (mobil) lebih kreafif dibanding toyota…
    siapa yg bukan penguasa pasar pasti lbh kreatif bikin produk supaya dilirik konsumen….
    beda ma penguasa pasar…yg leha2….
    dah hukumny spt itu….
    jossss….

  2. isu kok dibahas….. yg pasti2 aja lah……
    kecuali sdh rilis resmi dari suzuki.
    power bukan segalanya bagi konsumen. tengok kasus axelo, shooter, addres . kurang apa bila dibandingkan dg punya honda. tp kenyataannya punya suzuki kurang laku

  3. Suzuki nih dteriakin brulang kali telinganya buntu…
    Suzuki kualitas lbh baik drpd H n Y
    Kekurangan suzuki hanya pada 3S nya,,pelototin tuh suzuki..
    Sparepart dah sulit carinya mahal lagi, mau service beres jg jarang, krn part jarang,mahal dan beres jarang akhirnya hrg purna jual trjun bebas hal ini yg mmbuat konsumen malas lirik suzuki,,jk suzuki bisa benahin itu lambat laun kpercayaan konsumen mningkat, jk tdk bisa mngkin suzuki gk serius di roda 2

    • Suzuki biasanya ngasih spek mesin diatas kompetitor, Harga lbh murah, tp “bermain” di harga spare part lbh mahal.
      Contoh:
      spin,hayate, skywave, stroke 55mm 125cc kompetitor cuma 109cc beat & vario
      Satria fu stroke 48,8mm kompetitor stroke 47,2mm, Yimm baru mau main stroke 49mm BG7.
      sales SIS selalu beralasan kualitas spare partnya diatas kompetitor …bla..bla, padahal kualitas 11-12 dgn kompetitor. Liat produk suzuki harga secondnya jatuh, kondisi ngak keurus pengaruh sparepart mahal, Makanya kurang diminati konsumen.
      Strategi marketing yg kurang tepat ditambah dealer suzuki banyak yg tutup. Paling harga mepet sonic, “bermain” harga spare part lagi…. Xixixixixixixi

      • ane jualan motor, rata2 sama aja tuh harga sparepart suzuki dan merk laen.. mahal dimanenye sih? justru bener kata org suzuki awet2 (terutama motor lansiran 2010 kebawah, 2010 keatas sama aja kaya yg laen, ringkih).. iya motor skrg ringkih semua, mau honda, yamaha, suzuki, kawasaki, kualitasnya gak kaya dulu, gak percaya? makanya beli banyak motor berbagai merk… ente mah bukan pengamat motor, tp pengamat pensboy

  4. Jika dilihat dari kedua kompetitor, FU kelihatan tidak efisien dan terkesan lemot plus boros. Suzuki terlalu lama mengandalkan dan terlena filosofi karbu lebih mudah dioprek hingga diketawain Viar.
    *pasarIndonesia

  5. kalo FU pertahanin over bore kenapa sonic malah memilih square dibanding over bore seperti pendahulunya
    apa mesin turunan cbr terlalu mahal??
    padahal bobot yg ringan gk perlu torsi yg terlalu gede
    CMIIW

  6. honda dan yamaha menurut saya masih wajar dengan membuat mesin seperti itu di kelasnya, pelan tidak, cepat sewajarnya, kalo suzuki satria fi itu sampe 18,5 ps wah, udah ke habisan akal kali takut kesaingan, udah aja pake mesin mobil bodi satria wkwkwkwkwkw

  7. Lawan sonic 150 over stroke jelas menang lah,klo lawan sonic 125 sohc di tune up 150 karbu std aja cr 11,2 apa masih bisa menang ?,jaman sekarang mah jalanan padat over bore kurang efisien cuy

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan