Trend Positif Performa Marquez dan Skenario Gagalnya Rossi untuk Merebut Juara Dunia MotoGP 2015

mm jl vr dp indy 2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Race motogp indianapolis 2015 tadi malem “katanya” cukup seru. Alhamdulillah ane nggak nonton, gara-gara ketiduran. Ada yang bilang membosankan dan juga yang bilang mendebarkan. Yang pasti semua yang naik podium bergembira. Rossi sudah memenuhi targetnya untuk podium, Lorenzo juga memenuhi targetnya untuk finish di depan Rossi. Begitu pula dengan Marquez yang mampu podium satu, “lagi”. Dan memang Marquez harus selalu podium satu jika mau mempertahankan juara dunia.

Ada yang menarik dengan dinamika performa marquez tahun 2015 ini. Mendekati ahir paruh musim pertama, performanya meningkat signifikan. Dan di awal paruh musim kedua ia mampu menjaga performanya untuk terus dominan di semua sesi. Jika dicermati di setiap keberhasilan marquez memenangi suatu race, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan acuan bahwa marquez akan menang, yaitu :

  1. Pada latihan bebas (free practice) performanya semakin baik
  2. Pada kualifikasi (qualification) menempati pole position, atau minimal di grid-1
  3. Dan topspeed pada saat kualifikasi paling tinggi diantara pembalap grid pertama (1-2-3)

Itulah indikator trend marquez dalam balapan semalam dan juga sebelumnya ketika memenangi race. Dan indikator ini tentunya juga berlaku untuk semua pembalap, yang memiliki indikator ini kemungkinan besar akan juara race, jika tidak terhalang oleh crash atau kondisi lainnya.

Sekarang mari kita lihat performa marquez sebelum race

fp 1234 indy 2015 small

Terlihat laptime marquez dari fp1 s/d fp4 semakin baik. Dan laptime terbaiknya tidak singkron dengan topspeed nya. Saat topspeednya tertinggi 347 kpj, malah tidak bisa posisi-1. Tapi ketika topspeednya 342 kpj malah bisa menempati posisi-1.

Begitu pula saat kualifikasi

q2 indy 2015 small

 

Saat kualifikasi marquez menempati posisi-1 sekaligus mencatatkan topspeed tertinggi  (343.6 kpj) diantara pembalap di grid 1. Meskipun bukan yang paling tinggi, tapi kondisi tersebut menunjukkan bahwa marquez dan rc213v-nya cepat (lap tercepat) dan kencang (topspeed tinggi).

Oleh karena itu wajar saja jika balapan tadi malem marquez juara, toh tidak terkendala crash yang biasa menimpa marquez. Dan inilah hasil race semalam

result race rider indy 2015

Dan posisi pembalap, tim dan konstruktor sementara

outstanding indy 2015

Kandidat juara dunia tetap dipegang oleh Valentino Rossi dan Lorenzo, sedangkan Marc Marquez menjadi kuda hitamnya.

Performa marquez semakin baik setelah menggunakan sasis versi 2014 (3 balapan terahir) dan jika kondisi ini terjaga (konsisten selalu podium-1), dan podium-2 sering diisi oleh lorenzo atau pedrosa, maka poin akhir marquez bisa saja mengungguli rossi dan lorenzo. Apalagi jika podium-2 dan podium-3 diisi secara bergantian oleh rossi-lorenzo dan pedrosa, maka kemungkinan marquez juara dunia semakin membesar.

Skenario ini sangat mungkin terjadi karena :

  1. Lorenzo memiliki kesempatan yang sama dengan rossi untuk menjadi juara dunia, sehingga lorenzo tidak akan membiarkan rossi menang darinya begitusaja. Meskipun ia tidak podium satu, ia cukup puas jika finish di depan rossi
  2. Pedrosa sudah tidak mungkin juara dunia, maka kemungkinan besar ia akan membantu marquez memenangi setiap race. Dan jika performa pedrosa salalu top, bisa jadi ia akan selalu menempati podium-2 sedangkan podium-1 dipersembahkan kepada marquez.
  3. Belum lagi performa dovizioso dan iannone yang kadang menyodok merebut podium-2 dan 3, akan semakin mempermudah marquez untuk mendekati poin rossi dan lorenzo.

Semoga pagi ini terinspirasi untuk selalu menjadi lebih baik, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

19 Komentar

    • Klo melihat tahun kemenangan markues paling superior yaitu 2014… justru seri2 terakhir markues banyak kekalahan wlaupun ttp podium… apalgi saat itu kekuatan rcv dan m1 masih cukup jauh… nah pada tahun ini, gap kekuatan motor sdh sangat tipis maka bisa jadi sebuah kemenangan hanya akan sangat bergantung dgn kondisi rider dan dewi fortuna… let see…

  1. biar marquez juara 1 terus sampe akhir musim juga oke aja, yg penting podium 2 3 lek Rossi n Lorenzo gantian…itung2ngan yo tetep lek Rossi kok !!! apa saja bisa terjadi kan ? monggo dibookmark wkwkwkwk…fbh fby sing rukun yow…kata fbh, yamaha tanpa Rossi pasti kalah.
    fby balas, honda tanpa Marquez pasti juga kalah.
    dipikir-pikir, masuk akal juga rek wkwkwkwk

  2. Tanpa team order,honda bakal keteteran.sedang yamaha bakal susah pakai taktik team order karena kedua pembalapnya masih sama2 berpeluang juara.tapi,asal rossi konsisten naik podium dan 2 kali juara saja tanpa crash maka rossi berpeluang juara.

  3. Honda tanpa rossi masih bisa ngntar pembalap jadi jurdun sejak.rossi out.
    Hayden
    Stoner
    MM

    Sedangkan yamaho
    Rossi
    Lorenzo ( motor hibah setelan Rossy) ekekee

    Ketauan mana pabrikan dngn motor joz sama mana pabrikan yang hanya ampaz. gak.bisa apa2 tanpa rossi.

    Ekekee.

    Silahkan dipelototi.
    Honda jozzz

    • Hahahaha…ente gak malu masukin nama hayden? Ngikutin motogp kan? Stoner? Kenapa pensiun dini? Padahal getol banget skrg jadi tester rider hrc… keluarnya vr dari hrc justru membuktikan jurdun seseorang itu tidak mutlak peran salah satu tp rider dan pabrikan… tim yg sombong itu sekali2 memang harus dikasih pelijaran eh…pelajaran.. hrc tanpa marc? Setelah stoner yakin masih bisa jurdun tu tim?
      Ngoahahahahaha

      • Yamaha tanpa rosi? Masih juara tuh disaat jolor masuk sebelum marberuk masuk… pedrosa udh brpa lama dihrc? Pernah jurdun? Anak kemaren sore ya???
        Ngoahahahahahahaha

  4. Ahh Juara dunia motogp itu hanya piala kosong. Semua bisa diatur sama yg developnya. Dulu yamaha lagi hot R25,Mt250,nva & mx-king, YZR M1 juara terus.
    Sekarang honda louncing new cb150r & sonic150 RCV 213 yg juara.
    Besok2 mungkin suzuki mau launching new satria fu, bisa jadi….
    Naik podium sepertinya bisa cincay lah….Xixixixixixixi

  5. itulah enaknya hrc bro , gampang ntk nentuin rider mana yg prlu di dukung penuh , beda dgn ymh , kedua ridernya sama besar peluang jurdunnya ,kyk buah simalakama ,dukung vr bentar lg pensiun takut jl ngambek lompat ke dct ,dukung jl , ymh tkt mengecewakan sang maestro motogp n ymh ,smntra potensi jl trs di mtgp msh pnjng , akhirnya yamaha bilang ,tergantung kalian berdua ajalah gmna baiknya ,yg pntng dinding triplek jgn hadir lg d garasi ymh ,,,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan