Minggu-nya Honda….

honda week in 2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai tujuan

Minggu pertama agustus 2015 ini “hampir” pasti menjadi minggunya honda. Hal ini disebabkan pada minggu ini honda menampilkan performa baiknya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat nasional honda (ahm) merilis dua motor ber-engine k56 yang “katanya” lebih superior dari kompetitor, sekaligus pembuktiannya dengan menyapu bersih podium IP sport 150. Sedangkan di tingkat internasional, marquez berhasil merebut posisi terdepan kualifikasi di indianpolis, US.

Apakah ini menunjukka kebangkitan honda ??? Belum tentu, mari kita lihat ulasan berikut ini.

AllNewCB150R n Sonic150R official ahm comparison small

2 Motor baru  ini digadang-gadangkan lebih superior dibandingkan rival-rival yang sudah ada sebelumnya. Akan tetapi komparasi yang ada (sementara ini) hanya berdasarkan pada hasil pengujian internal ahm, jadi perlu dibuktikan melalui komparasi yang lebih objektif oleh blogger “netral” yang belum “disentuh” oleh pabrikan.

Meskipun demikian, bagi orang awam (calon konsumen) even rilisnya 2 motor ahm ini memberikan “sesuatu” yang mengindikasikan kekuatan motor sport ahm. Apalagi jika kebanyakan orang awam ini kurang update informasinya, dan hanya lihat di tv dan papan iklan, maka akan semakin besar dampaknya.

kejurnas IP 150 honda win

Kelihatannya memang honda (cb150r) merajai lintasan sentul di race-1 minggu ini. Tapi hal ini juga belum bisa dikatakan menang secara mutlak, karena bisa jadi mereka menang karena dukungan dana yang sangat besar. Maklum tim ART (astra racing team), dari namanya saja sudah menunjukkan kekuatan finansial yang berada di balik tim ART ini, jadi wajar saja kalau jadi pemenang. Barangkali jika budget pengembangan motor diberi batasan, hasilnya akan lain.

Kedepannya, kombinasi dari rilisnya all new cb150r dan kemenangan tim art bebasis old cb150r, bisa merupakan ancaman serius bagi tim lain. Karena dalam kondisi standar k56 lebih baik dibandingkan k15. Dan desain head silinder k56 memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan k56. Velumenya juga belum sampai 150cc sehingga dengan upgrade intake dan oversize bisa dapat meningkatkan power k56.

Sedangkan di pentas internasional, marc marquez berhasil meraih pole position, dan sepertinya penampilannga semakin baik. Performa marc marquez menunjukkan trend positif setelah menggunakan sasis/frame rc21v versi 2014. Begitu pula dengan Dani Pedrosa yang kondisi fisiknya semakin membaik pasca operasi tangannya.

motogp qty indianapolis 2015 small

Dominasi honda (marc marquez dan dani pedrosa)  di indianapolis 2015 ini juga belum tentu, karena belum balapan. Jika melihat topspeed dan selisih waktunya dengan peringkat di bawahnya seharusnya mm dapat menjuarai balapan ini. Tapi yang namanya balapan, kadang tidak sesuai dengan prediksi, banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil ahirnya. Bisa saja mm ndlosor seperti balapan-balapan sebelumnya.

Nah sekarang akan menjadi bahasan menarik, akankah minggu-nya honda berahir, dan digantikan minggu-nya yamaha atau suzuki ? Bisa jadi, jika para rival honda menjadikan minggu ini sebagai momentum untuk meningkatkan performanya guna memenangi minggu berikutnya. Dan ini sangat baik, karena terjadi pergantian top position yang dinamis. Konsumen disajikan hiburan yang tidak membosankan, produk yang tidak membosankan dan kualitas yang semakin menyenangkan.

Semoga pagi ini terinspirasi, wassalamu’alaikum wR wB.

14 Komentar

  1. Om motogokil kasih dong ulasan mengenai real top speed new cb150r berdasarkan rasio gear dan perbandingannya dengan old cb dan nva. trims

  2. Wah membaca penjelasan AHM , gw makin PD kalau CB150R old gw pasti lebih kenceng drpd New CB150R

    Liat aja.
    1. Lebar klep di kecilin, lah biasanya kalau bengkel2 pd ngegedein payung klep ini malah di kecilin.

    Tambahan O2 sensor malah susah di oprek, khusus nya ganti ECU, biasanya malah sensor O2 di cabut dan ditutup lobangnya.
    Gw rasa sudut valve ya pasti berubah, lha wong diameter piston ngecil ya otomatis sudut valve ngga bisa lebar. 16derajat jadi 14 derajat, wajar wong makin sempit boringnya.
    system pendingin menjadi built in sangat rawan mampet karena karat jika collant tidak bagus dan tetap ada karat dari radiator. Mobil keluaran terbaru masih teap memakai selang krn pertimbangan karat tadi yg lebih mudah diatasi bila terjadi karat pd WATER PUMP nya.
    Torsi memang lebih besar New drpd Old jadi New sangat cocok kalau tinggal di daerah pegunungan tapi utk jalan rata ya pastinya lebih kencang yg OLD krn Tenaga Kudanya lebih besar.

    Ini pengalaman gw memakai Old CB150R dibanding New CB150R diatas.

    Banyak hal2 yg tidak logis: New Cb150R Vs Old Cb150R

    “Lebih kencang tapi lebih hemat” 😛

    Padahal kapasitas mesih lebih kecil walau dalam bilangan Nol koma…

    Segini dulu menurut IMHO.

  3. jadi cebong yg menang di IP 150 kejurnas bosok?

    jadi si shinchan yg skrng jadi phlawan bertopeng itu motor paling dewa?
    dari bacotan ga beretika lu kaya bgini gw uda nebak kalau dilahirin dari lubang kenalpot nya yahaha pigson yang ngebul.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan