Pebedaan Mendasar Antara Engine K15 (CB150R) dan K56 (Sonic150R)

mesin k56 dan k15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Informasi spesifikasi engine motor bebek ayam jago AHM sonic150 sudah pernah dibahas di artikel yang lalu. Diberitakan bahwa bore nya lebih kecil dari pada bore mesin dohc milik cb150r. Bore sonic150 adalah 57.4 mm sedangkan bore cb150r adalah 63.5 mm. Tentunya perubahan diameter bore ini sangat berpengaruh terhadap perubahan karakter engine-nya. Jika cb150r memiliki akselerasi yang maksimum di rpm tinggi, maka sonic150 justru di rpm rendah.

Info tinggallah info, sekarang mari kita lihat secara kasat mata perbedaan kedua engine ini (k15 dan k56). Jika kita jejerkan dengan menyamakan ukuran dari part yang sejenis, maka kita bisa melihat dengan jelas perbedaannya…

engine k15 vs k56

Part yang disamakan ukurannya adalah diameter motor starter (1), kemudian perhatikan bagian-bagian berikut :

  1. Tinggi silinder k56 (sonic150) lebih tinggi dibandingkan silinder k15 (cb150r)
  2. Diameter piston k15 lebih besar dibandingkan piston k56

Akibat perubahan ukuran bore x stroke tersebut, perubahan komponen yang lain di cylinder head kemudian menyesuaikan, lihat gambar berikut

head cyl k15 vs k56 tegak

Perbedaan antara part di k15 (kiri) dan k56 (kanan) adalah :

  1. Payung klep k15 terlihat jauh lebih lebar dibandingkan k56, baik intake maupun exhaust nya
  2. Diameter porting intake dan exhaust juga mengikuti perubahan nomor 1. Terlihat diameter saluran in dan ex dari engine k15 lebih besar dibandingkan k56.

Sedang perbedaan yang lainnya hanya sebagai penunjang, yang tidak dipengaruhi oleh diameter bore masing-masing engine. Perbedaannya adalah :

  1. Pada bagian head k15, camshaft langsung menggerakkan klep, sedangkan pada k56 dibantu oleh roller rocker arm (rra). Penggunaan rra memberikan reduksi friksi sehingga rugi di sektor ini berkurang, dan pada ahirnya engine semakin efisien/irit.
  2. Terlihat tinggi lobe camshaft k56 lebih rendah, akan tetapi belum tentu lift klep k56 lebih rendah dari pada k15. Hal ini bisa terjadi karena peran rra juga, yang dipengaruhi oleh perbandingan jarak antara klep-as roller dan as roller-as rra. Dengan demikan luas daerah yang bergesekan juga dapat direduksi dan lagi dengan kecilnya camshaft akan memiliki keuntungan yaitu power yang dibutuhkan untuk memutarnya juga berkurang. Lagi-lagi hal ini menjadikan engine yang lebih efisien.

Jika dilihat dari konfigurasi bore x stroke, lebar klep, lebar porting, penggunaan rra dan profil camshaft, maka “mangsa” sesungguhnya dari sonic150 bukanlah satria fu150, akan tetapi lebih mengarah pada mx-king. Barangkali dengan aplikasi girboks 6-speed dan konfigurasi reduksinya, diharapkan sonic150 masih bisa bejaban dengan satria fu di putaran mesin 9000-10000 rpm (full throttle).

Sepertinya ahm ingin melakukan “sekali tepuk dua lalat mati”. Yaitu dengan membangun engine yang memiliki torsi besar di rpm menengah sehingga mampu melawan akselerasi mx-king terutam di gigi 1, 2, 3, 4 dan 5. Kemudian dengan kombinasi yang unik di gigi 4, 5 dan 6 sonic150 diharapkan mampu malawan satria fu saat full throttle (gas mentok).

Kira-kira itu yang bisa ane sampaikan terkait denga perbedaan konfigurasi engine k15 dan k56. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

73 Komentar

  1. Engine K15A dengan K56A/K15G memang tidak sama mas.. Dah beda total.. Jika K15A adopsi CBR150 versi Thailand sedangkan K56A/K15G adopsi dari teknologi punya CB250F atau CBR250R..

    • Kalo komen cerdas dikit dong! mesin square itu. beda sama overstroke. Kalo square bore- stroke nya sama. kalo overstroke panjangan stroke nya. ANDA pasti FBY Ya! pantesan katrok!

  2. yg ane msh heran, knp rra nya single lobe?
    di motor” high perform ato racing ada jg yg pake rra ada yg direct, tp klopun pake ya gak single lobe…
    NSF250R malah msh direct, gk pake rra!
    Desmocedici pake rra tp multi lobe!
    ,,,
    masa iya gak ada impact nya 1 lobe handle klep in-ex sekaligus?
    mode ini mentok di cbr500r klo gak salah, tp di atas nya kok gk ada yg pake?!
    ..
    klo murni kelebihannya banyak, lha knp gk dipake di type” high end nya honda?
    friksi sih emg berkurang, tp kok rasanya ngefek klo dipake di rpm tinggi, satu lobe handle 2 per-klep itu apa gak berat ya?!

    • Untuk low rpm, rra menguntungkan karena lebih minim gesekan
      Tapi untuk high rpm diatas 12k, rra justru merugikan

      Ketika high rpm, mekanisme putaran rra ditambah tekanan oli yang tinggi membuat gesekan makin besar ( putaran rra terhambat oleh tekanan oli )
      sementara mekanisme tanpa rra, dengan tekanan oli yang besar di high rpm membuat lobe dan klep sedikit floating dengan lapisan oli di tengah2 ( tekanan oli menetralisir tekanan pegas klep ke lobe )

  3. klo gini ceritanya, bore sonic 150r masih kalah ya sama bore nya cs1 (57 vs 58). bisa dibilang top speed nya 11-12 sma cs1 atau mungkin lebih besar dikit cs1 karena karakter mesin hi revs nya apalagi akan pakai mata gigi belakang yg sma ya dgn cs1 (42). masih agak gak terima jg sih..klo mesinny jdi square gini. sya pribadi lbh snang mesin overbore. tpi insinyur2 AHM pasti sudah mmperhitungkan dgn matang sblum memutuskan pembuatan desain mesin.

    cs125 dan cs150 owner, love overbore!
    “biarin lo start duluan, tapi gw finish duluan..” wkwkwkwk

    • ya begitulah, ane juga kurang sreg dengan konfigurasi engine nya
      tapi mungkin honda punya pertimbangan tersendiri, disesuaikan dengan positioning dan saffety factor, maybe
      tapi karena power/torsinya lebih besar, topspeed nya akan lebih cepat tercapai

    • Bgmn ngitungnya bro?? Kq bisa overstroke kan 57,4 x 57,6.
      Klu over stroke ya bore 57,4 x stroke minimum 59,1. Atau bore 57 x stroke minimum 58,7. Jk bore 56 x stroke minimum 57,7
      Klu ini bisa dbilang square bro, krn tdk mudah bikin part 100% perfect

      • gampang ngtungnya bro, kmbaliin aja sm definisinya fbh, jk angka stroke dibagi angka bore hasilnya lbh dr 1 (satu), maka itu overstroke, dl kn mrka blg gt…

  4. Lihat saja nanti bro, itu pastinya byk yg akan mnyematkan pisto cbr150r (63,5).
    Jd bore x stroke 63,5 x 57,6 maka jd overbore, cc mmbengkak jadi 182cc dohc, gk perlu naik langkah..lumayan kencang tuh, torsi melimpah..

      • Mikiiiiir………….!! klo pikir honda harus mengalahkan satria dan itu satu2nya jualan suzuki, tar klo suzuki bangkrut dan terjadi phk massal ente seneng?
        Honda sdh hampir 70% msnya, sementara suzuki cm 2%.
        bukan tandingannya cuk

  5. bacot sensasi high rpm, nafas panjang bla..bla… mendadak hilang….
    sport itu overbore bukan oversirup pun musnah seketika……
    9,5k udah redline….hahaha…
    overstroke tetangga aja berani 10k….

  6. honda ahm memang payah…..
    suka nemplokin kotoran dimuka fansboy-nya yang udah terlanjur memuja2 mesin overbore cb150 yang memble itu…

  7. ini kemajuan teknologi atau kemunduran ?? dohc tapi … ah sudahlah.. gak enak ngomongnya :v :v….malu sama sohc tetangga :v :v

  8. Sotoy semua……Honda sdh punya pertimbangan sendiri.
    Honda punya banyak jenis dan kpnfigurasi utk diterapkan. gak kayak yahoma yg gak punya banyak model mesin, dan baru riset dohc 150 tp sdh njebluk
    INGAT ,HONDA PUNYA BANYAK PILIHAN.
    GAK KAYAK YAHOMO YG BIKIN MOTO3 AJA GAK SANGGUP

  9. dari stroke nya kliatan, nie motor napas nya pendek2 kek satria 2 tak. mending 5 speed tapi napasnya panjang2.

    kalo ama FU sih tetep pegang FU, apalg kalo long straight sama2 unlimiter.

    kalo ama bebek 2 tak sih tetep pilih bebek 2 tak.

  10. new sonic 150 maupun new cb150 (aka sonic pke body batangan) buat komuter emang sdh kelihatan dri stroke agak panjang (kisaran 57,7 mm) jdi ahaem skrng mau jualan embel2 irit seperti di matik pd middle sportnya ini, sdh gak mau jualan kenceng, emang mau ngebut di mana he2.. 😀

      • ko safety ? kalau mau safety sekalian aja vixion yang akslerasi lebih mantap kan overstroke banget tuh.

        Sama aja isitilahnya begini :

        overstroke = Safety

        gw bukan fansboy ya tp gw rasa ni spek Sonic nanggung, kalau dari spek yang di jabarin di blog blog , bs dibilang Kenceng engga, akselarasi juga engga..

  11. bakalan jadi DOHC rasa SOHC 4v vixion? kenapa dari overbore malah sekrang diset square?? berkurang dong kenikmatan high RPMnya..kalo 11-12 sama CS 1 jelas SOHC overbore CS1 akan jauh lebih potensial buat ngasapin new sonice dan new CB

      • ini bukan masalah DOHC atau SOHC , ini masalah overstroke atau overbore.

        jangan karena kita mendukung suatu pabrikan kita ga bs mikir secara jernih dengan daya kritis kita

  12. kalau penggunaan RRA bisa meminimkan friksi, secara ga langsung meningkatkan torsi buat nutupin kelemahan putaran bawah secara ga langsung jg lebih irit, kenapa ga tetap overbore dohc ? bisa teriak sampe rpm tinggi, dan kelemahan torsi bawahnya juga ketutupan.. selama ini kan biar overbore dengan settingan lain biar torsi kecil, akselnya masih menang kan ?

    • U kasus ini akan sangat berbahaya kalo tipe ayago disetting overbore bray, kecepatannya akan sangat dahsyat di high rpm! Dan resikonya bisa dibayangkan sendiri.. kalo mau lebih oke di high rpm kan ada cb150r dan cbr150r yg jelas2 sport tulen so lebih safety…

      Ingat honda adalah kenyamanan….! Kata si anu

      Ekekekekekek

      • maksud ane, kan bisa di set faktor lainnya, biar lebih banyak common partnya juga ehehe.. lagian katanya cb150 baru jga square mesiinnya ? komen ane barusan kayanya buat komentarin cb150r baru deh cocok ya ?

  13. Mau akselerasi mantap ada sonic

    Mau speed oke di low n high rpm ada cb150r

    Mau yg lebih oke lagi ada cbr150r yg sangat overbore!

    So beda kelas2 dan peruntukannya bro

    • motor nanggung mending beli cbr sekalian…..doch rasa opersirup…….kalo mau ngejar aksel yo beli soch opersirup aja sekalian :v :v serba nanggung…dipake mejeng doang

  14. mesin inferior kan..mana mikir bang org jpg kerjasama aja ga tahu??? ya ampun tahun 2015 gini masih ga ngebaca strategi negara lain..kwkkkkkkkkk

  15. akhirnya AHm ikutin langkah YIMM bikin mesin overstroke, DOHC/SOHC gak ngaruh buat harian kang… malah cenderung boros BBM, coz perlu muter 2 cam,

  16. Desmosedici berbeda om, rocker arm dia buat angkat dan dorong klep, rra di k56a/g itu buat dorong klep, angkatnya pake per klep. CMIIW
    Btw untuk 1 loop noken dgn rra cabang buat presisiin aja jd lebih menyamakan ketika (lift valve) jadi kalo mo modifikasi cam lebih mudah, mirip cbr250r. Ane malah liatnya mgkin yah, kedepannya mo bikin konsep hypervtec generasi awal, dimans putaran rendah cuma 2 klep (in-out), putaran tinggi baru 4klep semua jalan. kan tinggal belah dua rra dgn jalur pin di rra dan gunakan 1 lobe noken aja, Ini Asumsi saja loh, jgn diseriusin. 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Satu Lagi Upgrade Pada Engine K56 Dibandingkan Engine K15 | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan