[MotoGP] Rebutan Racing Line di Apex, Rossi Kalah Tapi Menang

FB_IMG_1435416530368

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mungkin petarungan Rossi vs Marquez kemarin sore, menjadi tontonan yang paling mengasikkan sepanjang race motogp 2015. Apalagi dibumbui dengan sedikit adu nyali di chicane terahir sebelum finish di lap terahir, sungguh menegangkan. Sebelumnya banyak kontroversi mengenai kejadi di sini, akan tetapi racing director telah menyatakan bahwa kemenangn Rossi sah, walaupun harus memotong chicane lewat gravel, dan kasus ditutup.

Meskipun demikian, kita masih bisa mereplay dan mereview untuk mengambil beberapa pelajaran penting dari kejadian ini, yaitu :

  1. VR bukannya sengaja menunggu Marc Marquez (MM), VR sudah memacu motornya sudah mencapai limit, tapi MM tidak rela melepaskannya. Sementara JL membiarkan mereka bertarung di depan. Berikut pernyataan VR :
    • “I pushed from the beginning and had a solid pace so I think overall my first lap was great. I had good speed and saw I could put some distance between Jorge and I. Unfortunately this pace wasn’t enough to get away from Marc. I tried to push at the limit but he came with me.”    Jadi saat ini sepertinya MM sudah mulai mendapatkan performa terbaikknya seperti tahun 2013, dan pasukan yamaha harus segera waspada
  2. VR memberikan pelajaran kepada MM khususnya dan kepada pembalap lainnya, bahwa meskipun masuk gravel, seorang pembalap masih bisa bertahan untuk tidak jatuh. Tentunya dengan mengikuti gaya yang ditunjukkannya, yaitu tetap tegak, tidak ngerem, full throttle. Dan seperti itulah pelajaran yang diakui MM yang diterima dari VR, berikut pernyataannya :
    • “… I learnt some motocross from Rossi today!”
  3. VR tidak merasa mencoba untuk bersenggolan dengan MM, akan tetapi seorang (semua) pembalap akan melakukan apa yang dilakukannya, yaitu jangan mau kalah di chicane kecil ini kalau ingin menang, apalagi di lap terahir. Akan tetapi kondisi sudah tidak memungkinkan sehingga ia harus out, dan itulah pilihan terbaik. Berikut pernyataannya :
    • “I tried to push hard again towards the end and couldn’t shake Marc off, then I got a bit worried because I was really at the limit of myself and the bike. Marc overtook me and from behind I saw he was very fast, but I knew I could go a little faster. I did a very good penultimate lap with a good time. I saw I had a slight advantage but I couldn’t make the same time again. I hoped Marquez wouldn’t recover, but he did. I arrived in the last chicane on the limit, I entered and saw Marc’s bike try but it was too late. We touched so I had to cut the corner and I was lucky to control the bike on the gravel”.

Dari pernyataan terahir, VR tidak merasa racing line nya dipotong oleh MM, justru ia merasa disalip (overtake) dengan sangat cepat oleh MM. Dan VR merasa masih bisa sedikit lebih cepat lagi untuk melibas chicane dan berharap MM mengalah, sayangnya MM tidak mau mengalah dan terjadilah sentuhan tersebut.

Jadi sepertinya memang baik MM dan VR memiliki racing line sendiri-sendiri, akan tetapi karena keduanya ingin memenangi/tidak mau mengalah di chicane terahir (karena jika menang di chicane ini pasti juara), maka mau-tidak mau kedua “pasti” bersentuhan. Mari kita perhatikan reka-reka gambar racing line MM dan VR yang berasal dari potongan slide di chicane tersebut.

slide 01 slide 02 slide 03 slide 04 slide 05 slide 06 slide 07 duarr

Kalau digambar racing line adalah sebagai berikut

racing line vr mm n clash

Karena beberapa belas meter sebelum chicane VR melebar, maka akhirnya MM masuk kedalam sebagian racing line untuk melibas chicane tersebut. Dan mereka sempat hampir sejajar (masih menang VR satu ban), makanya VR merasa sudah disalip (overtake) oleh MM.

clash 02 paralel where marquez

Posisi VR dan MM yang hampir sejajar saat akan memasuki chicane. Maka jika VR ingin menang, ia harus segera mendahului MM tepat di apex tikungan. Sayangnya MM tidak mau mengalah, mengendorkan sedikit saja gas nya, dan ahirnya, duarrr.

clash 04 cut clash 05 cut

Dan VR adalah pembalap yang sangat berpengalaman, ia tahu bahwa posisi MM saat itu lebih kuat. Jika ia memaksa maka akan ada dua kumungkinan crash :

  1. Jika ban depan MM terganggu dan MM crash, maka VR akan ikut terbawa crash
  2. Tapi jika ia yang crash karena tersenggol oleh MM dan ban belakangnya slide, maka kemungkinan besar ia (VR) akan crash sendirian, karena ia akan terbuang secara tangensial menuju gravel sedangkan MM masih tetap di aspal.

Daripada rugi mending ia melibas gravel dengan pertaruhan dan kontrol yang mumpuni, dan akhirnya berhasil, tidak jatuh. Bahkan mampu meninggalkan MM jauh di belakang. Jadi di tikungan ini VR gagal mengalahkan MM, malah jutru ia yang kalah, tetapi karena ia berhasil melibas gravel dengan aman makanya ia akhirnya menang. Mungkin inilah salah satu wujud dari semboyan

“Mengalah Untuk Menang”

Begitulah kira-kira pelajaran tambahan yang diberikan oleh Valentino Rossi untuk kita semua. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

230 Komentar

  1. dari helikopternya om cakil sih udah kelihatan rossi yg didepan.

    btw kalo om cakil mau ndaftar jadi race director saya dukung dgn sms deh. kelihatan banget mike webb masih terlalu hijau dalam menganalisa balapan motogp walaupun didukung dgn kamera yg banyak & canggih.

    om cakil aja dgn video 360p bisa melihat dgn sangat cermat & detail.

      • Wih berarti secara tersirat pak dosen berkate : analisa race director nggak ade ape-apenye dibanding analisa ane yang lebih detail dan benar.

        Di iyakan aje deh buat pak dosen. Udah biasa…
        Harap maklum…

        Hihihihi

        silahken bawah ane kalo mau kalap.

      • Yang gw heran, Livio Suppo yang paling pertama protes aja sejak kemaren udah ga bisa memungkiri lg kemenangan Pak Dokter, nah ini si Iwan Cakil yang bukan Race Director, bukan Pilot helikopter, bukan pembalap , bahkan racing line pun ente ga ngerti kil, tp komentar ente seenaknya aja menyanggah Mike Webb dengan kata “motogp adalah bisnis” setelah kemaren2 ente mencak2 bilang “sesama pabrikan jepang kerja sama”.

        Begini yang lo ajarin ke mahasiswa Wan? what a shame 😆

          • jiaaaahhhh mewek lagi…. kejer artikel yg ga ada mutunya blast……jadi tau kenapa disetiap fanspagge fb…jadi bahan bullyannn….aduh gmn ya generasi bangsa hasil didikannya….wkwkkwkwkw

          • wih nggak mutu ?
            kalau nggak mutu ngapain ente baca ?
            atau ente bisa bikin yang lebih bermutu ?
            kalau bisa ane tunggu, boleh dalam bentuk komentar di kolom komentar ini

            anak didik ane sih nggak ane kasih ginian, bukan bidangnya

            justru artikel yang kayak gini kan bidang ente,
            ente nggak sadar ya ?..artikel ini memang ane persembahkan untuk ente dan kawan2 supaya lebih berwarna
            bukan cuma mengamini berita mainstream, seperti blog2 lainnya

            akankah artikel yang menyinggung yamaha kemudian menjadi tidak bermutu ??

  2. sip pak dosen, ulasan ente cerdas.. gak kayak bloger yamadut yg tampil di tv.. ngomong muter2 gak jelas keliatan banget cetek pengetahuan, dah gitu masih pake gemetaran lg, pantes aja pasukan nasi akingnya dudul semua.. ngahahaha

    • Trus urusan ente apa banding2in…ente udah jadi jagoan,udah paling pinter…paling modal cangkem doank..nenek2 jg bisa..

    • Ente provokator?
      Mau adu domba?

      Ane akui ane lebih banyak bersebrangan dengan pak dosen, tapi ane jijik liat provokator bin tukang adu domba kayak ente.

      Sono minggat…

    • kaya kamu lebih pinter aja… tong kosong… asal ngejeplak.. trans7 engak asal memilih komentator.. ada kriteria tertentu dan kang iwb masuk di situ…
      asal nge just.. paling juga kamu jadi komentator pasti kencing di celana.. dasar fbh celeng

      • ngahahahaha. . . . . maho maho. . gua ngomong apa adanya tuch, biar juragan lu belajar lagi. . . komengtator kayak gitu mah gak layak, ma presenternya aja jauh. . .
        @biker kamsiah
        sono lu yg minggat ke blog juragan lu..!

        • santai bro
          perlu diingat, kita ini bersaudara
          bisa sesama muslim, atau sesama orang Indonesia atau minimal sesama manusia
          oleh karena itu sangat baik kalau kita saling santun dalam berkomentar,
          apalagi ini bulan suci romadlon, sucikanlah hati kita, ucapan kita juga komentar kita

    • anak kemarin sore.. bcara pengetahuan.. emang lo tau ap ?? paling cuma smbunyi di ketiak bapak lo..
      lo dia mmihak.. knpa pbrikan honda maupun pabrik lain slalu mnyertakan iwb dlam pngetesan atau launcing prduk baru..
      dasar fbh.. lo bisanya ap?? sirik aja lo

      • yaelah met2, lu boleh fanatik tapi jgn buta donk.. mentang2 banyak diundang untuk review bnyak produk motor trus ostosmatis jago ngomong apa met..? gak juga keuless.. cuman krna banyak miara kacung yamehek aje tuch, liat pake mata ya met.. isi komentaror blog juragan elu isinya apa? kayak elu semua met..!

    • MM juga punya berjuta cara buat ugal-ugalan bin sradak-sruduk. Dan semuanya itu sah-sah aje kate si dorna.

      Hihihihi

      *kok tumben bawah ane belum ade yg kalap.

          • ya si alay aka arai baru nnton moto gp 2 thun lalu… engak liat rossi jitak motor recik-v honda selama bertahun-tahun….??

          • Siapa yang bilng rossi didikan honda?sana baca lg tentang sejarah motogp.rossi itu didikan dr aprilia,karena ketika rossi maen di klas 125 cc dia pakai motor aprilia,…
            Bca lg woi jgn asal njeplak mulutmu…

          • Gak usah segitu mendewakan kali..ngefans2 aja..

            Tuh pembalapnya adem2 aja…hehehe koq sampe segitu2 nya…

            Namanya perbedaan pandangan, perbedaan favorit ya wajar aja..

            Tapi koq sampe harus leluar kata2 gak ngenakin, kata kasar, kotor, sindir2an…

            Inget bos, ini bulan ramadhan buat yg menjalankan, jgn ampe ilang tuh pahala gara2 ribut kayak begini…

  3. Om… Jika terjadi crash spt yg dibilang di atas, apa yg akan dilakukan oleh race direktor?pasti akan ada penalti buat MM

  4. Race assen memang gas full trotle sampai akhir sangat enak ditonton mau mana yang menang ga usahlah kita ngikut emosi,buat apa komen negatif apalagi dengan teman sendiri lebih baik dukung teman kita gerry salim dengan dukungan positif tentunya

    • la giman cung tiap nyindir langsung kena terasi juragan elu. . . gk kayak dimari ente nyerang admin sesuka hati bebas terasi to..? coba juragan lu mau debat pasti takut keliatan dudulnya.. ingat cung pemimpin yg bo lahir dari tangan pemilih yang bo dan bloger yang bo lahir dari komentator yg bo kek ente..

      • mungkin ni anak haus… kasih kopi kucing mbah darmo cocok ni..
        engak di undang makan kali ma honda ni anak galau trus pake nick name yamaha gitar.. hatinya lebih ngenes waktu engak di ajak yamaha jadi komentator motogp di t7.. mungkin dia galau

  5. Udah gak usah ribut.pokoknya rosi selalu benar yg lain pasti salah apalagi rider repsol.ingat taun kemaren mm senggolan ama lorenzo dan mm kena pinalti.pdhl posisi dah bener si mm

  6. kata race director, dilihat dari sudut manapun posisi rossi berada di depan, jadi dia berhak atas racing line, dan anda tidak boleh memaksa rider lain keluar dari racing line.
    jadi, apakah pak dosen merasa lebih kompeten dari race director dalam hal ini…?

    • anda itu siapa ?

      kan sudah gw bilang race director motogp itu gak ada apa2nya dibanding om cakil.

      mending kita dukung om cakil yg jadi race director motogp

    • Ane heran apakah balapan itu gk boleh overtake jk ada ruang, pdhl rossi bilang melihat roda depan MM..dr puluhan tahun melihat motoGP stelah pensiunnya M Doohan menjadikan Rossi sbg anak emas Dorna yg kbal hukum, jd byk insiden yg mmnangkan rossi,,jd rossi byk juara krn jg trtolong kebal hukumnya

  7. Yg punya warung ini kayaknya psikopat deh atau kena faktor psikologis kayaknya suka mempermainkan emosi netizen.. Aq yaqin artikel ini cm untuk ngejar exist kan blog ini gak kondang..
    Kalo ukuran manusia normal pasti taulah siapa yg juara race director jg bukan orang sembarangan eh malah suuzdon ada bau2 bisnis di belakang hahaha
    Emang background blog ini tumbuh dgn DNA kontroversi.. Udahlah kil cakil mbok legowo akui kemenangan V. ROSSI. jangan mewek gitu

    • inilah bedanya blog mogokil.com dengan blog2 kondang lainnya
      berani menyatakan yang lain dari kebanyakan
      maklum ane kan bebas, nggak ada pabrikan yang bayar, jadi santai saja

      tapi malah jadi menarik bukan?
      bro-bro semua di sini bisa melakukan olah pikir, olah kata dan olah kalimat yang sabaik-baiknya untuk membangun komentar yang se kuat-kuatnya untuk mendukung atau untuk menyangkal

      dan ane mohon maaf, komentar yang berbau merendahkan dengan kata-kata kotor, misalnya ; anj**g, bego, goblok, pekok dan yang sejenisnya akan ane masukkan tong sampah

      jadi yang ane biarkan eksis disini adalah komentar2 yang bagus/ok dan membangun, meskipun menghantam dan mengkritik ane, silahkan liihat komentar2 di artikel kontroversi lainnya

        • saya suka blog ini isinya lelucon . lanjutkan bro jadi blog yg isinya jadi bahan olok2an begini.

          apa gak pada bosen baca blog yg isinya cuma brosur pabrikan yg ditambahi kata juosss terus situ disuruh kunyah2 ?

          • Coba bang ente bikin artikel, saya cuma komentator aja…cuma liat komentar anda sangat merendah kan artikel di blog ini, jadi penasaran…pengen banget liat artikel buatan anda, gak usah yg serius2 kayak di blog ini lah….yg biasa aja…

            Asli penasaran pengen liat artikel bikina orang yg suka hina tulisan orang…di blog nya sendiri pulak….

  8. joss ulasan ente om gokil… klo marc mo lebih licik di kasih tuh rossi gaya khas marc marques ..sliding ban belakang yg di pastikan rossi bakal mental ke gravel..

  9. Saran saya satu biar informasi enggak bias. Download ulang video racenya dan bandingkan race line Rossi dengan lap sebelumnya. Masih sama. Rossi terlihat melebar karena Marquez yang terlalu tajam masuk di tikungan.

  10. posisi rossi di race line emang udah benar, apalagi tikungan kedua di chicane mengarah ke kiri.
    marques yang terlalu maksa dari dalam…
    kalaupun terjadi w-2-w tanpa benturan, posisi rossi lebih menguntungkan untuk masuk tikungan kedua, karena dia akan berada di posisi dalam.
    niat marques yang memaksa masuk dan terjadi benturan itulah yang perlu dipertanyakan, karena marques jelas sudah kalah posisi, satu2 nya cara mendahului rossi masuk ke garis finish adalah dengan mengirimnya (rossi) ke gravel.

    • ente memang bener
      posisi sudah bener baik rossi maupun marquez,
      dan wajarlah kalau ada pembalap di depan melebar ya kalau mau nyalip harus masuk lewat dalam
      kecuali ente mau bilang “kalau rossi sudah di depan jangan ada pembalap nyalip, karena racing line mutlak milik rossi”
      karena rossi sudah kesalip di bagian dalam, maka pasti rossi bakalan kalah, kecuali ia mem push lebih kuat lagi dan marquez mengalah
      karena marquez nggak mau ngalah maka terjadi benturan
      sebenernya kalau rossi tidak terlalu mepet tidak akan terjadi benturan, dan rossi tetep punya kemungkinan menang
      berarti rossi memang niat memblok marquez, karena tahu bahwa jika adu kencang setelah keluar tikungan M1 pasti kalah dari rc213v

      • masa sih…?
        rossi melebar kemana? line rossi udah benar tuh, race line normal.
        marques coba masuk di line attack/defense, tapi terlambat (maksa), alih2 berhasil melewati rossi, ban depannya malah membentur bodi tengah motor/lengan rossi.
        Dan catet ya pak dosen : marques belum melewati rossi, Marques belum menyalip. oke…!! rossi masih didepan.
        (versi kamera resmi motogp tentunya) kalau camera pak dosen tentunya beda. 😛

        • setiap pembalap punya racing line sendiri… marc liat celah sempit di racing linenya … tp rossi keburu nutup racing line marc ..masih untung keduanya ngga jatuh yg paling beruntung ya rossi.. congrat deh buat marc bikin seru moto gp.. btw fby bawa gerombolannya om ..seperti biasa nyerang blogger..

          • Yang nyerang IWB blogger yamadut diatas pasti FBY om..aku yakin..apalagi make nick “gitar yamaha”..beda ama FBH yang santun dan sopan kepada setiap blogger

  11. si marquz ngakunya sdh didepan rossi, begitu diliat dari sudut kamera manapun ternyata rossi masih didepan marquz. btw tu gambar koq nyampe situ aja? gk dilihatkan marquz jg melebar menyentuh rumput..mbeee…

  12. Utk masuk ke high speed chicane, posisi racing line rossi lebih tepat. dri posisi out ke in, mengarah ke apex pertama chicane.

    Marquez posisi nya lebih ke dalam yg sebenernya kurang ideal utk masuk ke chicane dg kecepatan segitu.harus hard braking dari posisis dalam. tpi marquez gak ada pilihan lain kalau mau overtake rossi di chicane. yaitu mencoba masuk duluan dari sisi dalam.

    Seperti di foto, ban motor rossi udh masuk duluan. yg lebih dulu yg lebih ada hak argumen nya.

    Pastinya fight yg seru.

    • komentar apa ente ?
      sebenernya bisa dilihat niatnya kalau masing2 menuliskan niatnya dengan sejujur-jujurnya
      ane saja nggak tahu niat ente nulis komentar seperti ini maksudnya apa…
      pura2 bodoh kah?

    • yang pasti niat tiap pembalap saling mendahului.. kemudian jadi juara.. klo mo liat iring2an noh..ente liat laron aja di bawah lampu..

  13. saya cuma mengingatkan opini pak dosen tentang race argentina,jadi woles aja pak dosen…saya emang BODOH,beda sama pak dosen yang berpendidikan sekelas race director

    • lha ente nyuruh sesuatu yg nggak mungkin,
      ya tau niat kan hanya orang yg bersangkutan dan tuhan
      ane nggak bilang ente bodoh, bisa jadi ente lebih pinter dari ane
      tapi komentar ente konyol

      setelah kejadian argentina, dan dianggap legal oleh RD, case close

  14. .Nih kita ambil nukilannyaJika pada kondisi tersebut, manuver rossi adalah legal, maka semua pembalap dengan posisi yang sama seperti rossi juga boleh/legal melakukannya. Sengaja atau tidak sengaja (siapa yang tahu niat seseorang?)kita garis bawahi sengaja atau tidak sengaja?Wahbisa bisa subyektif dong…toh bagi motogokil pengalaman Race Director sepertinya tidak ada gunanya..toh race director khan sudah melihat dari semua sisi, terutama teknis..maaf yee..seperti kata komentator pertama mempersalahkan masalah yang sudah clear mah percumah..seperti mengasini ikan asin aja jadinyaByOnceon29/04/2015 pada 8:30 am1.ya tapi race director kan nggak tahu niat setiap riderniat rider tersebut sengaja atau tidak sengaja, kan cuma rider dan Tuhan yang tahurd hanya memberikan keputusan berdasarkan data, video dllBymotogokilon29/04/2015 pada 10:41 am1.nek menurut jengengan berdasarkan rekaman ulang ler rossi niku sengaja ap g pak dosen?ByDela regane larangon29/04/2015 pada 10:57 am1.he he heitu masalah niat di hati, siapa yang tahu???kebetulan ane belum tanya sama rossi, gimana kalau ente yang tanya langsung ke rossi ???nanti hasilnya di-share di sini

  15. Ini mantep artikel hot pesenan ane
    Ternyata yg kalap melbihi kapasitas

    Nick ku slamet wes dikloneng

    Ganti ae jadi bokir

    Luwe sip to bokir ..bocah kentir

    Ekekekekekkek

    “Salam SEMPAKIN DIDEPAN. …………………JURANG”

  16. Siapa yg punya tabiat nyeruduk , pedrosa fan bautista pernah gagal lanjut race, lorenzo hampir diseruduk kmaren sayang mm yg jatuh, rossi diseruduk di argentina mm yg jatuh, pas saat latihan bebas di TT assen kmaren MM hampir menyeruduk driver lain…itu sudah jadi trek record marquez dan di assen kmaren jelas nyeruduk vale, untuk vale tidak jatuh, kalau jatuh yg diuntungkan lorenzo karena MM pasti didiskualifikasi.
    Rossi pemuncak klasmen dn MM kalah poin jauh, jelas MM punya motivasiniat membuat jatuh rossi, karena sakit hati sm balapan di argentina. Tp the doctor is truelymotobike legend ngak segampang itu menjatuhkan vale dan M1nya yg srpwrti Dewa

      • ampun dah dosen satu ini.
        anda benar dosen kan…?
        dengan logika apa anda berfikir ada rider yang suka dan bahkan minta diseruduk rider lain…?

        besok lusa anda saat riding dengan nvl anda, coba minta rider honda untuk menyeruduk anda…, kemudian bikinkan artikel bagaimana rasanya diseruduk ya…!!

      • atau malah vr sengaja datang minta disruduk ??

        Pernyataan macam apa ini PAK DOSEN?? HAHAHA mana ada pembalap yg mau diseruduk dari belakang. Kacau juga nih, mengeluarkan pendapat boleh saja tp harus realistis.

        • Sah sah aja sih dari jaman stoner dulu doi bilang bahwa rossi itu sbnarnya licik tp namanya dah bangkotan di motogp yah cincay lah sama kelicikannya.. karna mainnya sah menurut rd

          • balik lg deh ama pernyataan Pak Dosen kita “atau malah vr sengaja datang minta disruduk ??

            gak usah lo bawa2 sifat seseorang dah,
            sekarang emang enak banget yah disruduk dari belakang?
            apa mungkin lo g*y mainnya seruduk dari belakang..hahahaha 😀

            #tepokjidat

  17. Dalam tehnik balap ada defensive line, tujuan utk menutup celah lawan meng overtake. rossi bisa aja ambil racing line agak ditengah. membuat marquez semakin sedikit line nya menuju entry chicane. mungkin dg kecepatan tinggi seperti itu, rosdi lebih memilih racingline yg agak diluar supaya entry ke apex pertama chicane lebih smooth.

    Ini yg dilihat marquez sebagai celah utk masuk duluan ke chicane dg brake late hard braking. tapi posisi motor rossi sdh lebih duluan masuk. Wktu terjdi kontak, rossi gk bisa memaksa motornya utk tetap berada di racing line chicane. karena bisa mengakibatkan benturan yg lebih keras. rossi menghindar dg cepat menegakkan motornya, melebar ke gravel.

    Walhasil seperti keputusan race director. rossi lebih duluan. jdi lebih berhak menang.

  18. Ternyata cuma sebatas ini kemampuan analisa sang dosen…. wkkwkw… gak mementingkan fakta (gambar + video heli) tapi malah mentingin opininya sendiri… sama dengan menghasut donk…. dosa atuh hahhaha

  19. Asal pakdusen tau…. setiap pebalap itu punya racing line berbeda… jadi gak mesti racing line harus seperti gambar sampean… jadi analisa sampean adalah analisa sepihak yang dipaksakan…. dan menuju penghasutan publik…. wahahaha

    • lha siapa yang maksa
      membaca artikel ini juga nggak dipaksa, sukarela
      mau dibaca sukur nggak dibaca yang nggak masalah
      namanya juga analsis pribadi, terserah ane lah
      kalau ente mau juga menganalisis silahkan di tulis supaya para komentator tau kemampuan analisi ente, bukannya ente pinter ??
      ane tunggu analisisnya…

      • yang namanya dosen tidak seharusnya komentar begini.
        sama sekali tidak terlihat kalau anda ini dosen, blogger atau semacamnya.
        kalau ini analisis pribadi dan anda tidak ingin dibaca dan dikritik/dikomentari, sebaiknya jangan diposting ke dunia maya yang bisa diakses dan dibaca semua orang.
        cukup tulis diatas kertas buram dan simpan dilaci.

        note: harap jangan direplay “ini hak saya dan terserah saya karena ini blog saya”.!! 😛

        • Wah kali ini komentar ente rada ngawur bro nob, buktinya ente bisa komentar di sini, betul ????
          Hanya saja baik ente maupun ane juga bebas beropini dan berpendirian. Kebetulan ane punya opini sendiri, lalu kenapa ente maksain ane harus ikut opini ente?
          Lucu ente

        • Kenapa harus maksa pendapat ente nob, aneh…hehhee

          Bikin aja analisa sendiri, publish…suka2 lah…

          Loq nyuruh orang ttup mulut wkwkkww

          Ancur ente

          • baru tau om, dia mah prajurit veteran perang babat jilid 1,

            dimana kerajaan majapahit kalah,

            dan sekarang lagi mulai serangan sporadis ke blog-blog bersama veteran perang babat 1 lainnya

  20. yaelah met2, lu boleh fanatik tapi jgn buta donk.. mentang2 banyak diundang untuk review bnyak produk motor trus ostosmatis jago ngomong apa met..? gak juga keuless.. cuman krna banyak miara kacung yamehek aje tuch, liat pake mata ya met.. isi komentaror blog juragan elu isinya apa? kayak elu semua met..!

  21. Kalau rossi misalkan ambil devensive line dg racing line yg agak ditengah pas datang ke chicane. akan membuat speed motor jdi gak halus dan cepat manuver kanan/kirinya (flip-flop) di chicane.

    sudut masuknya jdi tajam dan harus hard braking. speed motor jdi berkurang. dimana momentum kecepatan entry motor di utamakan utk akselerasi cepat keluar dri chicane.

    Kalau racing line yg diambil rossi, memungkinkan motor masuk ke chicane dg speed yg tinggi dan trail braking. walaupun resikonya akan memberikan celah bagi marquez menyodok.

    Hanya sekedar pendapat aja

    • Komentar lo bikin pak dosen ngumpet bro, ilmu dan nalarnya ga sanggup buat menganalisa 3 tulisan lo. Makanya dari tadi si dosen malah sibuk megcounter komentar non-teknis sambil mempertontonkan kepecundangannya, seperti anak kecil :mrgreen:

      • bukannya ngumpet bro,
        justru seperti inilah komentar2 yang ane harapkan
        komen bagus nggak usah ditanggapi cukup dibaca dan difahami,
        lagian hampir sama dengan analisis ane

        bukan komen si anu begini, begitu
        pak dosen begini, begitu kayak komen ente ini
        menyembunyikan ketidakmampuan diri dibalik kepintaran orang lain,

        kalau berani tunjukkan kemampuan ente, buat analisis yang beda dengan artikel

        sekarang coba gantian ente yang komen seperti bro arena, bisa ???

      • Yg asik kita diskusi dg kepala dingin aja bro @regis laconi

        Ane idola in rossi.krena belum ada pembalap se sukses dia dg umur yg cukup tua utk seorang pembalap. rossi sukses juara dunia dg honda dan yamaha. Jga dikelas yg beda,gp500 dan motogp. gp500 yg motornya paling liar torsinya. dimana pembalap lain gak akan ngalamin lgi eranya. rossi akan berhenti jga krena faktor usia.

        Jdi ane jga senang dg marquez yg nekat, dg nyali dan talenta yg tinggi di umur segitu. marquez kedepannya akan diatas klau gak ada problem. bagusnya ada pembalap muda lgi yg muncul utk bersaing

  22. kalo kejadian itu tidak melibatkan rosiyem katakanlah mr P gitu dan terjadi bukan di akhir lap, normaly stelah lewat gravel mr P akan masuk track dan ambil posisi dibelakang marques. semua pembalap pasti berfikiran sama kayak ane, kecuali mr P..
    ngahahahaha. . . . ayo cung mewek lagi..!

    • Normaly setelah melewati gravel rider harus kembali ke posisi semula sebelum masuk gravel. Sederhananya kalo pas insiden Marq berada seperempat ban aja dibanding Rossi maka Rossi setelah masuk gravel harus nungguin Marq ngelewatin dia, cek deh rule motogp

  23. Foto yang markes melebar kok gk diksh lihat,sama foto pas masuk tikungan dr depan,disitu kliatan rosi lebih miring dr markes,,markes mah pmbalab konyol,manuver celeng&senggolan maut gk berlaku buat rosi..jangan karena ente fbH,sehingga otak anda jadi picik,,…netral lho ,,..ane fbs lho om,lihat aja…komen ane sblum2e..thanx

  24. bukankah ini cara “kotor” yang udah biasa dilakukan marques saat duel dengan pembalap lain?
    cara overtake kotor dengan mendorong/membenturkan ban depan ke bodi/motor rider lain agar rider tersebut out dari race line.

  25. Insiden MM seruduk VR sebelumnya prnh trjadi pada seri ke-2/3/4 (lupa) thn 2015 ini juga. Tapi MM terjatuh akibat nyenggol ban blkg VR.
    Hanya yg mnjadi sorotan race kmrin, adlh insiden terjadi pada lap dan tkungan trakhir mnjelang finish.
    Intinya: Apa motivasi manuver MM sehingga begitu ngotot dan bisa mencelakai lawan di tikungan terakhir pula pdhl MM menempel ketat VR??
    Menunjukkan kpd HRC yg gagal men-developt chassis 2015 kah?
    Last, Point MM jadi Jurdun tertinggal jauh dgn bbrp kali DNF.

  26. mas iwan ane jadi inget insiden rosiyem sama sete dulu.. yang nyruduk sapa yah? yg maksa masuk sapa yah? yg juara sapa yah?

  27. meskipun ane kurang setuju dgn isi artikel ini , tapi ane salut sama pak dosen berani beropini di dunia maya yg kalo salah dikit aj bisa2 di bully abis2an dan anehnya pak dosen masih nyempetin ngebales komen dr pengunjung warung satu2 wlwpun balesanny bisa dibilang gak memuaskan mnrut ane dan terkesan keras kepala .. walawpun ane kurang tau mksud dan tujuan awal pak dosen nulis ni artikel ntah krn murni nympein uneg2 atau ad hal lain ? who knows ?

  28. Pembalap setingan mah emang gitu..racing line berantakan asal seruduk.. Pantes dikasi sasis presisi malah jeblok hasilnya… Racing line kemarin dari segi posisi pak tua lebih menguntungkan dari pembalap setingan. Kalo maksa ke tikungan selanjutnya alamat jatuh salah satu atau keduanya. Habis race sok akur tapi mewek di wawancara ngoahahah makin keliatan lah setingan semua sifat2nya

      • Saat semua motor setara seperti sekarang keliatan kan bedanya.. Kemaren ketolong motor doang yang pengembangannya 1 step diatas rival2 ngoahahaha

        • aduh boss jangan kelewatan keanapa mendewekan rossi, saya suka banget sama rossi…cuma ya namanya balapn kadang menag kadang kalah biasa

          coba tengo lagi ke belakang, rossi sempet kan gagal total di ducati, nah sekarang ducati malah naik daun sama pembalap2 yang kelasnya mah kalahhh sama rossi..

          jadi ya gitulah gak selalu motor kenceng itu menang, yah harus se setel lah boss….

          jujur untuk saat ini yang cuma bisa bikin balapan hidup ya kayak cuma marquz sama rossi aja kalo lgi onfire..

          • Gua ga yakin kalo lu FBR, soalnya kalo lu FBR pasti bakal bilang ducati bagus sekarang karena input inputnya Rossi yang dipake sama Gigi D’alligna. Sejauh gua baca komen komen FBR tentang progressnya ducati semua FBR bilang itu faktor input Rossi. Ane rasa ente berusaha jadi serigala berbulu domba coy

        • yach kalu kaalh pengembanga n1 step,dan jadi pemenang

          jgn salahken org laen om,

          org laen juar kelas karena kerja keras dan rajin belajar , kok kita yg keki, mestinya yach kita ikut kerja keras juga

          kalu mental lemah juga ngak bakalan menang mm walu motor hebat,

  29. Race sudah usai, Juaranya rossi dan MM juara 2. Semua pebalap punya naluri untuk bertarung, tiap ada celah sedikitpun pasti dimanfaatkan, jk kondisi rossi diposisi MM rossi akn sprt itu jg. Jd intinya race kmarin masih batas wajar. Bg saya gk mslh siapa yg podium 1 tp sy brharap yg podium 1 Rossi atau marquez bkn yg lain. Jk ada stoner jg.

  30. Naaahh!!! artikel begini donkz sering di bikin! seru!! enak baca artikelnya jg komentnya! salut dech cara ngejawabnya jg Mr Gokil! intinya tdk mainstream!

  31. Maklumin aja om dosen..

    Mbah rossi dah 2tahun di tabokin ama bocah ingusan93

    Jadilah fans nya sensitif bingitz.. hihihi

  32. masih rame….. xixixi…

    kalo ane punya pendapat begini….
    rossi masuk cichane pake cara slow in – fast out
    sedangkan marq fast in – fast out…

    slow in – fast out
    misal mau masuk tikungan ke kanan,
    rider melebar ke sebelah kiri (ambil posisi) sambil mengerem
    lalu motor diarahkan ke kanan sambil bersiap memutar handle gas saat berada ditengah / dalam tikungan…

    fast in – fast out
    misal mau masuk tikungan ke kanan
    rider hanya mengurangi kecepatan dgn cara mengendurkan gas,
    posisi motor lebih awal miring ke arah tikungan (dibandingkan s/i -f/o)….
    dan tangan rider siap siap melintir gas lagi….

    melihat layout chicane, kanan kiri kanan
    jelas sekali rossi akan pelintir gas dalam dalam setelah melewati 1st corner chicane….

    cuma pendapat ane ajah… hehehe

    • maquz melebar gan, krn dia coba overtake diluar racing line. kelihatan sampe nyentuh rumput, maka dari itu dia memanfaatkan rossi untuk menahan laju motornya istilahnya gaya sruduk.

  33. Asyik baca blog ini. Ga mainstram..informatif apa adanya..lbh beranilah. Contoh aja kayak kasus sunatan powr R25.. Diblog ini dibahas tp 2blog teratas didiemin, ga bertanggung jawab meluruskan informasi salah yang sudah terlanjur dipublish.. Makanya blogger kayak gini sering diserang sama fanboy akut (alias sales? ) yang ngomongnya sudah kurang ajar tidak berpendidikan.

  34. Saya yakin sampean Pak Dosen bukan fannya Marquez tapi fansboy buta merek honda, apapun Honda ngak boleh kalah.

    Saya yakin kalau Marc pindah ke Yamaha atau tim lain suatau hari nanti pasti anda tidak akan mendukungnya, seperti halnya Rossi yang sudah lama tidak di Honda.

    Seandainya Rossi di Honda pasti dengan teknologi helikopter drowne yang pak dosen miliki akan dengan segala sudut memberikan opini ke publik bahwa Rossi menang secara mutlak.

    Silahkan di bookmark

    • he he he
      terserah ente bro, bebas beropini yang sehat
      tapi kira2 percaya nggak ente, kalau di blog ini banyak juga artikel yang menuliskan keunggulan yamaha dan kejelekan/cacat produk honda ??
      coba2 liat2 ke artikel lama…

      • mungkin markonah msih pnarasan m mbah rosi diseruduk ko g jtoh yahh2 g kaya daped dsuduk lngsung kya gangsing tuh si recixv trus lorencong mental k gravel yg pling ksihn aprillia.y bautista yg lngsung ksungkur ..yg ada markonah ngdumel2 dsruduk ko mlh gue yg apes m kalah ..nghoahaha

      • markonah msih pnasaran kli m mbah rosi dsruduk ko g jtoh2 yah gx kya pdrosa dsuduk lngsng kya gngsing tuh si rcvit hohe lngsung k gravel bautista lngsung k sungkur k tanah..apes tenan dsuruk mlah gue yg sue yg klah kta marcq ngdumel dlm hti ..

  35. The Power is Honda in this blog…is everything…dg segala alasannya tpi hanya Tuhan dn admin nya yg lebh tahu alasan utama gak mainstream nya ni blog…biar bagaimanapun tak acungin Jempol utk “BEDA” nya…TVone emg beda, Motogokil.com emg beda…seeepp pk dosen lanjutkan!!!

  36. udah tak cek…tiap artikel yg jga mengungulkan produk motor selain Honda baik dri Y mo pun S…klo dri perkiraan lebh bnyak ngecapin no 1 utk H nya…utk Y lebh dikit pa lgi S krn lgi gk eksis beuttt produke…paling cma Satria150 ajeh…gak ap2 pk dosen…toh ini blog anda sendiri…mau seenak udele dewk berkarya/nulis itu hak bpk…lanjutkannnnn tak dukung ben rame dunia perblogeran…klo gak ad lu gak seru pakkk…hehehe

  37. He…he….he….. Memang sepertinya Markes sudah niat mau mendorong Rossi sampe keluar lintasan….,toh kejadian seperti ini bukan baru sekali ini…. tapi lagi2 yang mau dikadalin adalah mbahnya kadal maka yang terjadi adalah Markes ndlongop gak percaya ketika itu justru jadi keuntungan Rossi yg jadi “terpaksa” motong jalur hingga lebih dekat ke Finish….. dan yang bikin kesel Markes lagi adalah Rossi malah nengok kebelakang seperti ngece….seakan berkata he..he…he…. syukurin lu emang gue bego apa? lu tuh anak kemarin sore yg bego….
    Alhasil Race Direction pun menyatakan Rossi sah jadi juara… dan kita jadi terpingkal-pingkal dibuatnya….
    Bahkan dg lugunya Markes bilang bahwa hari ini dia dapet pelajaran Motokross….
    Oaallaaahhhh Markes…Markes….arep ngadali kok malah dikadalin lho….. Wkwkwkwk……

  38. wah pak dosen nih suka memutar balikan fakta.. dia di dis karna kesalahan dia sendiri.. terlmbat masuk pit mlebihi batas waktu yg di tentukan…

  39. kalo menurut saya sih kedua rider gak ada yg salah, karena masing-masing rider sudah punya racing line sendiri.. mm ambil dari dalam sedangkan rosi ambil agak melebar dari luar jadi ketemu di titik racing line yang sama.. jadi wajar jika terjadi benturan.. untungnya gak ada yng dlosor.. :mrgreen:

  40. salam awal akhir sip om. nasehat tuk yg komen kurang bagus sip om. tapi isi artikelnya ko ya ngomporin gitu ya om? jadi gmna gitu. kan om sendiri bilang ni blan suci. mbok artikelnya. ah sudahlah….

    • yach tergantung komentatornya aja om,

      khan msh ada om arena sepeda motor dan yg laen yg komen msh netral,

      justru itu khan godaanya,

      kebakar ama artikel apa tidak kita,

      yach walu ngak baek juga bikin artikel yg berpotensi bakar-bakaran,

      artikel sih mungkin normal,

      tapi opini dan analisa pribadinya itu hak seseorang ,

      dan setiap org punya opini sendiri

  41. Nasib bocah ajaib baru 2x jurdun sungguh tragis sampai mewek dikepretin si Mbah…memalukan. Gimana seandainya mereka seumuran yaaak. Apa biar seru motor si Mbah di downgrade lagi seperti 2 tahun yg lalu biar si bocah bisa menang mudah

    • mbah emang hebat, tapi ya gak sempurna amat

      inget yah waktu di ducati 2 musim..gagal total

      tapi emang tetep saat ini yg legend ya cuma mbah Rossi

  42. pendapat orang bisa aja beroo..rossi minta di seruduk..!! ente liat ngga tuh di aspal banyak jejak hard braking di racing line marc.. klo menurut om gokil jelas rossi nutup jalur marc dan ane sependapat.. rossi pintar dan licik.. di saat motor rossi kalah power dia akan nguntit di belakang lawannya.. jelas hindari turbulensi..apa ngga pintar tuh..

  43. MotoGP » MotoGP Assen: Espargaro: Looks like anything goes on the last corner

    In the aftermath of a controversial final turn showdown between Valentino Rossi and Marc Marquez at Assen, Pol Espargaro hopes MotoGP Race Direction will make clear there is no ‘immunity’ when attempting to overtake on the last lap. 

    Marquez tried to pass Rossi on entry to the final chicane. The pair made contact, after which Rossi ran off track before re-joining to claim the race win. 

    Marquez said he “did the perfect last corner” and felt aggrieved that Rossi had cut the track. Rossi insisted he was always in front of Marquez and had little choice but to run off due to the contact, a view supported by fellow rider Espargaro. 

    “If Marquez didn’t touch Valentino, Valentino would not go straight on,” Espargaro said. “What can Vale do? Marquez went out to the kerb [after the contact] because he was so wide. Yeah you can say ‘Valentino was already opening the throttle to go across the [gravel]’ but this is fair game.” 

  44. Carlo Pernat malah bersuara. Dia berkata: “Gambaran ironisnya dari Grand Prix Belanda adalah darah di mata Marquez dan senyum kecut dari Valentino,” kata manajer Andrea Iannone seperti dicomot GPOne, Minggu (28/6/2015).
    Pernat menambahkan: “Marc berpikir ia telah melakukan hal yang indah dan tidak memiliki kesalahan. Tapi Senyuman dari Vale seperti ingin berkomunikasi bahwa Anda tidak sedang bermain Playstation, dan harus berhati-hati. Saya pikir terlalu banyak kontroversi, keduanya sama sama fenomena dan dicintai . Lorenzo tidak begitu, Ia adalah rider bersih. Tapi dalam performa yang buruk dan tidak seperti mereka berdua (Marc dan Vale),” tukasnya.

  45. masih ramai aja nih…..
    hahaha…..

    pak dosen udah baca komentar lorenzo dan stoner belum…? keduanya pembalap juara dunia tuh, dan keduanya sama sama komentar kalau marques itu sembrono.
    mustahil marques bisa menyalip rossi dengan cara dan line seperti itu, di tikungan bolak balik assen.
    kalaupun marques tidak membentur rossi, maka marques akan berakhir di gravel.
    semoga pak dosen paham…….

    dan…..
    dengan logika anda dan cara anda mempertahankan opini anda seperti artikel dan komentar anda diatas, jelas menandakan bahwa anda itu “sakit”.

    • hhahahahah….klo ni dosen selalu mati kutu ama eloooo….temen gua aja yg fannya mm…selalu ngakak baca artikel artikel disini..dan menariknya bloggetr satu ini selalu jdi bahan bullian di beberapa fansfage fb… satu kata emang ” sakit” …. wkwkekke

      • Bukan mati kutu, tapi apa yg dikatakan 2 rider tsb bisa bener bisa salah. Bener karena menurut pengalaman mereka, tapi salah menurut mm. Karena mm bukan seperti mereka.

  46. hanya diblog inilah anda bebas menyerang mendebat bahkan memvonis sang admin..
    ayo pak dosen kasih sambel lagi ya juozz.. biar atas ane tambah kejang

  47. kalo marc meyakini komentar si tonggos sama ular kadut saya yakin marc gak akan jadi baby alien, marc itu pembalap hebat muda dan berbahaya, ngahahaha.. apa yang dilakukan marc dimata mereka berbahaya karena tonggos ma kadut gak punya kemampuan yang setara dgn si baby alien. faktanya “dilihat pake MATA YA RUK..!” siapa pemecah fastest lapnya?

    • Kalo sitonggos kalah hebat dari babi alien kenapa hrc make sitonggos buat ngembangin motor bukan 100% make babi alien dan kenapa juga makansoto masih ngidam berat bawa uler kadut ke hrc??

    • Marquez pecahin fastest lap? Ya jelas dipecahin lah Stoner nya aja udah pensiun –– kalo belom pensiun juga yang ada makin banyak fastest lap atas nama dia kalo pake RCV –– kemampuan Stoner n Lorenzo ga setara Marq? Yakin? Bukannya Marq yang ga setara sama Stoner? Kalo lebih dari Stoner mah RCV 2015 bisa takluk dengan mudah sama Marq, Stoner pake RC213V spek open aja cuma beberapa detik lebih pelan dibanding RCV213V full spec, tapi emang Marq itu full talent gua akui itu, cuma sayangnya dia egonya masih tinggi jadinya dia bakal ngehalalin segala cara, dan VR pun bahkan dari muda sampe tua masih gitu juga, so wajar aja fansnya ngikutin Idolanya wkwk

  48. Memang bnyk pertikaian di high speed chicane.

    Rossi melewati chicane assen sdh lebih dri 17 tahun. apa lgi sejak sebelum dia ikut dikelas GP125. jdi layout assen mungkin udh direkam dg bagus oleh rossi di memorinya.

    Rossi sdh antisipasi sebelumnya, apa yg harus dia lakukan misalkan terjdi fight di chicane tsb. Krena itu memang hot spot disaat lap akhir balapan. begitu kontak dg motor marquez, rossi dg cepat menegakkan motor nya kemudian melebar ke gravel. itu adalah manuver rossi utk menghindari benturan lebih keras. misalkan rossi tetap ngotot berada di racing line nya, dorongan dri motor marquez bisa jdi akan membuat rossi crash.

    Rossi udh lebih dulu masuk chicane melalui racing line normal. berbeda klau posisi ban depan kedua motor sama2 sejajar di apex pertama. dan rossi tetap keluar short cut ke gravel karena menghindar setelah terjdi kontak dg motor marquez. mungkin rossi akan kena penalty.

    marquez pun jga sdh memperhitungkan utk coba masuk lebih dulu dari racing line yg agak ke sisi dalam, dg cara brake late. tpi rossi masih lebih cepat sedikit. dan racing line marquez mendatangi chicane agak kurang ideal pada kecepatan segitu.

    Kata rossi saat itu udh diambang batas ” on the limit ” . pilihannya rossi harus masuk duluan.

  49. Walhasil saat ini rossi yg ber hak, sesuai keputusan race director yg lebih ahli tentunya. krena pertimbangan rossi masuk lebih dulu, dan gak dibolehkan mendorong pembalap lain keluar dari racing linenya

    Laen waktu mungkin gilirannya marquez yg duluan

      • Waktu lorenzo dg marquez di jerez. marquez attack dri sisi kiri dalam yg terbuka dan masuk corner berbarengan dg lorenzo yg kemudian membentur motor marquez dan keluar ke gravel. manuver marquez saat itu gak salah. Karena masuknya bisa bersamaan. lorenzo memakai racing line normal yg arahnya menuju apex yg ditengah corner. tpi keburu marquez masuk ke posisi sampingnya dan terjdi kontak. krena marquez melakukan overtake dri sisi dalam, maka motor marquez pasti akan lebih melebar keluar di cornernya, menjauhi apex.

        Persis kejadian antara doohan dan alex crivile di jerez jga. tpi crivile gak membentur motor doohan yg udh di posisi dalam. crivile tetap masuk corner berbarengan handle bar to handle bar dg doohan. hanya aja wktu keluar corner crivile terlalu kuat buka throttle yg menyebabkan ban belakang slide dan motor jdi highside.

  50. Klo ane mengartikan kalimat rossi bukan sebagai kalah di tikungan, tp saat itu marc dan motornya dlm kondisi yg lebih baik dr vale dan motornya yg sudah di batasnya.

    Liat hasil investigasi di ridertua.

    Rossi masih dalam posisi unggul. Menurut ane vale sengaja agak melebar jadi di tikungan kekiri berada di posisi dalam, tp marc lebih cepat dr perkiraannya sehingga terjadi senggolan.

    Btw makin banyak isi kebun binatang akhir2 ini di kolom komentar pak dos. Jgn dilestarikan, biarlah tempatnya dihutan atau setidak2nya tetap di kebun binatang.

    • se 7 om, tapi agak susah kayanya, pak dosennya ngak mau,

      kecuali Blog spt Mario devan am aPak RT pak tua,

      tegas memberangus binatangp iaran yg kabur,

  51. ini blog seperti jamu aja buat para petinggi b*ruk yahama, gimana enggak bray.. cuman anak ingusan, anak kemaren sore aja dah bikin ayan para petinggi nasi aking.. disinilah tempat anak2 yg pemberani, berani menyuarakan isi hati dg lantang tanpa takut oleh belenggu kepentingan bisnis pabrikan… buat kaum sales nasi aking yamadut SELAMAT MENIKMATI YA… ngahahaha
    *maaf pak iwan bkan maksud mau mengejek tapi itu bentuk rasa syukur dan nikmat atas kebebasan dalam beropini diblog ini.. hihihi

  52. Disini bebas berpendapat dan berargumen termasuk jika pengen mengkritik maupun menyerang admin…

    Tapi mbokyo kalo mau beropini itu pake otak ye jangan pake dengkul

    Kecuali kalo ente para pemburu nasi aking yahomo bolehh lah wong otaknye didengkul semua hehehehehe

  53. Betul bro, Rossi itu adalah Juara Dunia terakhir utk GP500 2-tak, dan Juara Dunia pertama untuk MotoGP 4-tak. baik utk teamnya Honda dan juga untuk Kejuaran GP keseluruhan. Serius, ga ada yg akan bisa menyamain ini.

    • Iya pak…ane jga tdinya gak yakin waktu balik lgi ke yamaha, rossi akan bisa bersaing ke posisi depan.krena bertambahnya umur akan pengaruh ke nyali /keberanian. Krena utk berada di level atas perlu nyali tinggi. wayne rainey bilang secara tdk langsung sperti itu.
      Rainey pensiun krena crash yg menyebabkan lumpuh, dan duduk di kursi roda. Doohan pilih pensiun krena ngalamin big crash th 1999. badannya bnyk yg patah. wktu itu doohan masih potensi utk rebut juara yg ke 6X nya.
      Pastinya rossi mau pensiun jga dlm keadaan sehat sentosa.

      Beda dg pembalap muda yg lebih brani dan ” hungry to win “

  54. Hahayy.. nyalip? so pasti *)anak ingusan pun tau itu.
    Nih ye.. rossi gk pake lama buat sekedar nyalip balik MM dan clean :).
    Knp MM smp nunggu akhir2 lap, brusaha overtaking+cornering+braking yg mmBAHAYAkn lawan??
    Nah.. BAHAYAnya itu yg bikin kontra cuy!. Bisa bikin CEDERA lawan (rider siapapun)!.
    *)kagak usah bahas gaya VR muda dagh (OOT!)

  55. Hahay.. Nyalip? So pasti *) anak ingusan pun tau itu.
    Nih ye.. VR gk pake lama buat nyalip balik MM dan clean :).
    Knp MM smp nunggu akhir2 lap brusaha overtake VR. Trlebih lgi cornering+braking dlm insiden itu jelas mmBAHAYAkn lawan (Rider siapapun)?? IMHO
    Nah.. “BAHAYA”nya itu yg bikin kontra a.k.a nofairplay cuy!. Bisa bikin CEDERA.
    Kagak ush bahas teknik VR Muda lagh (OOT!.)

    Lalalalala..

  56. bnyk amat klonengan yg pnya warung di blognya sendiri ngoahaha.
    seolah olah orng lain yg memberi dukungan ngiahaha… basi kil trik ente

1 Trackback / Pingback

  1. [MotoGP] Apakah Livio Suppo Membaca Motogokil.com ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan