Psy War Sport Suzuki 155 CC FI Bagi Rival-Rival nya, Berapa Power nya ??

pompa radiator sport suzuki

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Menurut artikel yang ditulis oleh Mas Taufik, siyalemen sementara menunjukkan bahwa kubikasi calon sport suzuki adalah 155cc. Peningkatan volume silinder ini bisa dilakukan oleh suzuki dengan cara strokeup ataupun boreup. Akan tetapi mengingat torsi bawahnya yang kurang dan konsumsinya yang cukup boros, kalau menurut prediksi ane suzuki akan melakukan strokeup.

Berikut perbandingan bore dan stroke engin satria fu dan calon satria fu fi 155cc :

satria fu 155

Kalau menurut ane sih bagusnya satria fu 155 cc diperoleh dengan stroke-up, sehingga mampu memperbaiki kekurangan versi lama. Dengan melakukan strokeup otomatis torsi maksimum akan dapat diperoleh pada putaran mesin yang lebih rendah. Dengan demikian akan menjadikan akselerasinya lebih mantab dan fuel consumption nya lebih irit. Meskipun demikian peningkatan panjang stroke ini tidak terlalu mengebiri pengembangannya untuk balap, karena batas atas piston speednya masih cukup tinggi, yaitu terletak disekitar 12000 rpm.

satria fu 155 pistonspeed

Baiklah, sekarang mari kita prediksi berapa powernya, dengan asumsi perubahan variabelnya hanya pada volume (cc)

satria fu 155 performance

Dan ternyata powernya 17.05 ps, suatu usaha yang sangat minimalis agar performa satria fu yang baru ini lebih kompetitif, dilihat dari beberapa aspek :

  1. Powernya setara dengan cbr150, otomatis dengan bobot yang jauh lebih ringan satria fu fi ini akan memiliki pwr yang kompetitif. Alias tidak akan malu-maluin jika terpaksa harus adu kebut dengan rival-rival nya
  2. Strokenya lumayan panjang ada diantara cb150r (47) dan vixion (58.7), sehingga akan mampu memberikan fc yang lebih irit dibandingkan klan cbr, meskipun masih sedikit lebih boros dibandingkan klan vixion. Dengan aplikasi FI menjadikan satria fu 155 ini menjadi lebih irit lagi.
  3. Dengan bobot yang ringan dan torsi maksimum yang bisa dikail di rpm rendah, otomatis akselerasi satria fu fi ini tidak akan kalah dari cb150r, nva bahkan mxking sekalipun.

Dan bagi penikmat street performance, tentunya dengan bermodalkan stroke yang lebih panjang, maka dengan mengaplikasi piston bore-up untuk satria fu, akan diperoleh kubikasi silinder yang jauh lebih besar diabandingkan satria fu lama.

Blok-Bore-Up-Kawahara-Satria-FU-66mm Blok-Bore-Up-KTC-Satria-FU-66mm

satria fu 155 kit 66mm

Volumenya naik 30 cc dibandingkan fu karbu, sedangkan aplikasi yang sama pada fu karbu hanya memperoleh kubikasi 167 (naik 20cc). Dengan aplikasi boreup kit ini power yang diperoleh juga melonjak menjadi 19.2 ps, hmmmm mantab. Sudah dapet motor sangat kencang dengan tenaga yang sangat mematikan, mematikan rival-rivalnya, juga mematikan ridernya. Lha wong dengan power yang sekarang saja (16 ps)  sudah banyak yang celaka, apalagi sampai mendekati 20ps…

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

14 Komentar

  1. fxr aja yg cm 150 cc bisa krg lbih 20 ps, apa yg membuat power fxr bisa segitu selain karena kompresi fxr yg lbih tinggi? Kalo masalah lolos euro 3 ato tdk bukan hal yg sulit bg mesin 4tak dengan setting pabrikan, yg susah mungkin kualitas bahan yg nanti berpengaruh pada durabilitas engine jk ingin bersaing harga dg kompetitor, apa iya mesin dg kualitas n power yg sama dg fxr mo dijual sharga vixion ato cb150? kcuali buat yg versi fairing dg hrga lbh mahal dikit kisaran 1jt dibnding cbr lokal ato r15 baru agak masuk akal sdikit banget hehe..tp sapa tau kalo memang ingin perang di segmen sport 150 cc y suzuki butuh sdikit gila, kalo power cm 17 ps apa bedanya ma ymh n hnda yg udah lama jd penguasa di segmen itu, cukup sport batangan spek 19ps dohc liquid cooled n liat reaksi konsumen seperti apa..itu!!

  2. Ngak yakin suzuki pake spek tertinggi stroke 52mm mengingat rivalnya masih kekeh pake spek stroke 47,2mm dan 58,9mm. Stroke 48,8mm aja di atas spek kompetitor kok. Bisa dibantai sport suzuki kalo bener pake stroke 52mm
    Stroke 52mm torsinya berapa? 12,5nm @9500rpm? Dohc Ev 80%?
    Apache rtr 160 stroke 52,9mm kompresi rendah aja 13,1nm @6000rpm.
    Tormax stroke 53,5mm 12,5nm @5500rpm Ev 80%.
    Cbr lokal stroke 47,2mm aja 13nm @7500rpm.

1 Trackback / Pingback

  1. Tantangan Suzuki dalam Membangun All New Satria FU 150 DOHC-Liquid Cooled-FI | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan