[Kreatif] Perawatan Rantai Motor dan Manfaat Sendal Bekas

posisi rantai nvl normal

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat dalam perjalanan sampai ke tujuan

Hari minggu yuk kita menengok dan merawat rantai motor kita.

Salah satu penyebab rantai motor cepat kendor/rusak adalah kurangnya pelumasan. Pelumasan rantai dapat dilakukan dengan berbagai cara dan bahan. Bisa menggunakan chain lube, oli mesin (baru) dan juga gemuk (vet/stemvet). Penggunaan chain lube tidak mampu bertahan lama, cepat habis. Baik karena “nyiprat” terlempar karena gaya sentrifugal saat ngebut, maupun menguap karena panas gesekan rantai dan gir. Penggunaan oli bisa bertahan lebih lama, tapi cipratannya mengakibatkan velg belakang kotor. Nah yang terahir ini penggunaan oli kental (SAE 90) atau vet, seperti yang diperintahkan pabrikan.

Pelumasan secara ideal adalah dengan beberapa langkah yaitu pembersihan, pelumasan dan pengeringan. Berikut langkah-langkahnya lihat gambar di bawah ini.

Pembersihan (Setelah rantai di lepas)

pembersihan

Kalau tidak ada minyak tanah bisa menggunakan bensin atau solar [catatan : tidak boleh dilakukan pada rantai yang menggunakan O ring].

Pelumasan

pelumasan

Itulah cara perawatan rantai yang paling ideal. Tapi jika repot maka bisa menggunakan cara yang lebih praktis seperti ini, tanpa melepas rantai.

perawatan praktis

Kalau mau yang lebih praktis lagi, ya langsung saya dikasih chain lube, oli atau vet ke rantai tanpa harus melepasnya dari sproket dan membersihkannya.

chainlube spray

Lebih baiknya dibarengi dengan mensikat rantai dengan sikat khusus

chain brush

Selain berguna untuk membersihakan, sikat ini juga berguna untuk mengurangi pelumas rantai yang berlebihan sehingga tidak nyiprat ke mana-mana.

Nah jika ingin melumasi rantai dengan gemuk/stemvet, maka sayang jika menggunakan sikat seperti ini. Kita bisa menggunakan sendal bekas yang didisain seperti ini

sendal perata stemvet

Tinggal rantai dimasukkan ke lubang di sendal tersebut, kasih stemvet di sendal. Nyalakan mesin gigi-1, tinggal tambahin stemvet dan sendal di gerak-gerakkan untuk meratakannya.

sendal perata stemvet2

Dengan demikian stemvet yang berlebihan akan nempel disendal, sedangkan yang melekat di rantai secukupnya karena sudah tersapu oleh sandal.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

15 Komentar

    • semisal sebut saja rantai gl 200 tiger,.
      jika salah treatment bisa mrubah tiger manjadi camry
      -camryosak- berisik

      jika tiger mnggunakan gera blakang dan rantai ori nya

  1. Lebih baik perawatan rantai di copot dahulu, krn pembersihan dan pemberian pelumas lebih efektif. Kalo cara di nyalakan dan di masukin gigi 1 berbahaya.. bisa jari tersangkut masuk antara rantai dan gir. Ingat Safety First selalu om motogokil.

  2. pengalaman pribadi ni…
    klo melumasi rantai dgn oli, rantai akan dgn mudah mengikat aka tertempel debu dan partikel patikel kecil nan keras lainnya, sehingga akibatnya malah bisa cepat merusak rantai…

    perawatan rantai paling ideal sampai detik ini yg saya rasakan paling efektif adalah memberi pelumasan rantai dgn menggunakan WD40, gak tau gmn tuh formulanya, dgn menyemprot rantai dgn WD40, selain lgs bisa membersihkan rantai, partikel zat dari formulanya bisa menempel erat dirantai, melindungi dan menjadikan rantai minim friksi, juga ternyata daya tempel partikel zat WD40 tersebut juga bertahan cukup lama dibanding chain lube lainnya, knp WD40, dr berbagai chain lube dan pelicin semprot lain di pasaran, produk merk WD40 paling best saat ini menurut saya, bahkan dgn produk dgn harga diatasnya….
    dan perawatan dari sisi lain juga tentu dari cara pemakaian,
    jika sering menggeber motor dgn jambakannya, tentu rantai cepat kendur…
    jika rantai sering melewati jalur kotor, berdebu, atau sering kena hujan jalan becek gak ada ojek, rantai jika tidak segera dibersihkan, juga berakibat pada rantai cepat rusak….,

    share pengalaman pribadi aja gan, semoga berguna…

    btw artikel bagus, nice info… semangka kakak…

  3. Kalau menggunakan rantai semisal sss n sinnob. Apakah perawatNnya sama dengan rantai biasa? Mohon pencerahannya om.

  4. kalo saya, biasa bersihin nya pake wd40 pas malam hari, diamkan sampai pagi. baru pas pagi nya kasih oli mesin yg encer ato chain lube. kalo pake vet debu nya nempel mas. cepet kotor.

1 Trackback / Pingback

  1. [Belajar Sepeda Motor] Rantai dan Segala Permasalahannya. Bagian-1 | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan