"Engine NVL 1PA Diganti RG18", Aneh ???

NVL rg18 vs 1pa 0

Assalmu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dapet kabar dari kang iwb bahwa nvl facelift tidak lagi menggunakan mesin 1pa akan tetapi menggunakan rg18. Menurut bro semua penggantian ini upgrade atau downgrade, atau sama saja ??? Masing-masing jawaban punya konsekuensi yang harus dijelaskan oleh YIMM, terutama bagi rider nvl.

Dahulu, disaat ane menulis artikel yang sedikit mengulas pemberian award “THE BEST ENGINE” bagi engine nvl 1PA, banyak sekali komentar yang memprotes artikel tersebut. Bisa jadi yang menentang artikel tersebut tanpa menulis komentar lebih banyak lagi. Akan tetapi ternyata sekarang barulah terbukti bahwa, ternyata engine  nvl 1pa yang telah dinobatkan sebagai The Best Engine, harus diganti dengan engine model baru rg18. Padahal ane sudah cukup bahagia dengan kondisi nvl ane yang sampai saat ini belum terkena penyakit “ngebul”. Aneh ya…The Best Engine di tahun 2014, pada tahun 2015 sudah diganti.

Aneh karena biasanya engine dengan katagori the best adalah engine dengan disain dan performa terbaik pada kelasnya. Engine seperti ini seharusnya bertahan lama, berumur panjang dan dipakai dalam beberapa varian. Lha mesin 1pa ini baru berumur 1 tahun sudah ingin diganti dengan rg18 ? Tentunya keaehan ini mengundang banyak pertanyaan, misalnya :

  1. Akankan engine rg18 ini lebih baik dari 1pa ? Kalau benar, maka inilah yang diharapkan oleh calon pembeli/rider nvl facelift dengan engine rg18.
  2. Apakah YIMM sudah menyadari bahwa engine 1pa memiliki kekurangan sehingga harus diupgrade menjadi rg18 ? Kalau iya, maka metapa kasihannya konsumen yang sudah terlanjur membeli nvl dengan engine 1pa.
  3. Kalau sama saja, ya nggak mungkin karena kodenya saja sudah berbeda, bentuknya juga berbeda.
  4. Kalau lebih jelek (downgrade) malah jadi lucu, sudah mendapat predikat the best engine kok malah diturunin kualitasnya ?

Seperti halnya penggantian engine old vixion (3c1) menjadi nvl dengan engine 1pa, memiliki perubahan yang signifikan, yaitu :

  1. Power bertambah, naik 1.5 ps
  2. Banyak tersebar berita knalpotnya ngebul, meskipun tidak terjadi pada nvl ane
  3. Oli mesin lebih cepat habis, fakta pada nvl ane.

Begitu pula dengan penggantian engine nvl dari 1pa menjadi rg18, tentunya ada juga perubahan yang signifikan. Kalau dilihat dari bentuk silider blok nya ada yang berbeda yaitu :

NVL rg18 vs 1pa

Pada silinder engine 1pa terdapat 2 air-fin (sirip) untuk melepas panas, sedangkan pada rg18 tidak. Menurut ane suhu ideal pada engine rg18 akan sedikit lebih cepat tercapai, sehingga waktu pemanasannya bisa lebih singkat, alias bensin lebih irit. Tapi konstruksi ini harus ditunjang oleh pendinginan yang lebih baik dari sebelumnya bisa jadi radiatornya lebih besar. Jika tidak maka suhu cairan coolant oli mesin akan cepat panas dan mesin akan cepat overheat. Suhu oli juga akan lebih tinggi sehingga penguapan akan lebih besar dari sebelumnya, dan akhirnya oli akan lebih cepat berkurang daripada engine nvl.

Mudah-mudahan yang terjadi adalah engine rg18 adalah lebih baik dari engine 1pa yang berjulukan “THE BEST ENGINE,” sehingga layak nanti pemilik nvl facelift nantinya menjuluki engine rg18 sebagai “BEST OF THE BEST ENGINE.”

Semoag bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

50 Komentar

  1. IMHO, Penghilangan dua sirip/fin itu untuk menghemat biaya produksi, kan lumayan volume aluminium cair yg untuk dicetak sebagai silinder blok jadi berkurang dikit lantaran gak pake sirip itu lagi, coba kalo misalnya sirip2 fin itu menyumbang let’s say, 40 cc aluminium cair, dikalikan misalnya 100.000 blok silinder, hasilnya ada 4.000.000 cc alias 4000 Liter aluminium cair, dengan demikian pabrikan bisa saving aluminium cair sebanyak +/- 1 truk tangki BBM tanggung O_o!!!!
    it’s unbelievable :O

    • bisa jadi sih… tp menurut ane yang paling masuk akal karena 2015 indonesia kena regulasi gas buang harus euro 3 maka MX king yang sudah euro 3 di common part dengan NVA ini… cmiiw

  2. plg cuma gnti kode yg aslinya ttp 1PA tdk sedikit yg piston macet boring rusak, shg gnti boring baja krn gk ada duit buat beli blok mesin trus motor dijual,,,jd hati2 jk beli motor second vixion. 1PA trcoreng krn rakus olinya jd buat nutupin ya diganti kode aja meski brgnya sama

  3. wuiiih rada lama gak mampir 😀
    lah.. itu itu,, bener kan sohc!!
    sak major change major change nya motor indonesia ae lho sak piro seh,, wong ya berkutat di harga segitu mau ditingkatin apanya coba.
    Sekarang gak diupgrade aja dalam hitungan tahun harga bahan baku part nya ya wis mundak, apalagi tambah diupgrade, cz mesti ada pembuatan mold baru dsb,, lah tp harga gak jauh beda ma keluaran sebelumnya…
    Endingnya mesti ada yg diupgrade ya ada yg didowngrade sekaligus buat ngeluarin major change nya.. kabeh merk podo wae!
    ..
    btw kang, awalnya ta kira krn sudut kamera, tp setelah mantengin gambar lek iwb, hmm…
    ..
    RG18 itu intake sama exhaust manifold nya kok pueendek ya?? 😀
    gak dianalisa sekalian kang?

  4. mungkin untuk melawan kompetitor yang klotok-klotok 1PA terlalu tinggi, ganti yang lain ah ntar menang lagi

  5. Dr gambar stelah ane ukur,besarnya zoom ga sama,jd ukuran real blok ga bs dcompare,,
    jk iya blok rg18 lbh panjang dr pd 1pa mk bisa jd stang nva lbh panjang dr pd nvl buat naikin piston speed buat nambah durabilitas..
    Itupun ‘jika’ lhoooo..
    Tau sendiri kan piston speed vixion series ini rendah bgt,stang super pendek dbanding strokenya,bahkan bebek pun kalah rendah,walau ga pernah punya vixion ane percaya 100% vixion ini paling irit dkelasnya..

  6. Ah….menurut ane mungkin dikarenakan strategy commonpart dengan MX king yang sudah euro 3, sementara 1pa kan masih euro 2… sehingga NVA dan MX king sudah euro 3…cmiiw

  7. @clancis
    maaf bro,santai aja,klo ane salah benerin dunk..
    Yg ane maksud stang itu connecting rod (conrod)
    stroke itu ukuran langkahnya broooo..
    Ane pke istilah umumnya aja yg sering dsebut dbengkel bengkel bro..
    Klo ente sering modif stroke up,ane kira ente ngerti rasio panjang stang : panjang stroke
    qt sharing aja bro baik2,klo ente punya ilmu tularin dunk k ane..
    Klo nurut ente stang sama stroke itu sama jujur ane baru tahu,makasih deh infonya.. Hehe..

    • hadooh. ini mah orang agak2 gilak kek nya kalok bilang piston speed vixi itu rendah, motor standart yg punya piston speed paling tinggi itu vixion tong. tolong di bukak matanya. atau tolong sapa yg ngerti mesin ajarin dong anak ini. ane baca comennya mau muntah.
      bodoh sekali. kalok motor yg piston speednya rendah itu yg punya konfigurasi dohc. makanya waktu di geber di 12ribu rpm ya masih bisa. cobak vixion di geber 12 rpm ya telor ente pada geter, gak lama kemudian mesinnya becopotan. b

  8. pak dosen, punya honda cs1?

    kalo diperhatikan blok silinder RG18 yg tidak memiliki 2 sirip kecil kayak 1PA dan 3C1 bentuknya lebih mirip blok honda cs1

  9. sepertinya saya lebih tertarik fokus blok head NVL facelift lebih tinggi dibandingkan nvl. artinya dudukan camshalf pada nvl facelift lebih tinggi Shg durasi lift klep lebih rendah dan memungkinan overlapnya lebih kecil. Jika dilihat dari pipa leher knalpot NVL facelift lebih panjang, akselerasi akan ada peningkatan. Tunggu aja review test ride blog kondang…… Xixixixixixixi

  10. @rider
    sip bro kata2 ente tepat,setelah ane pikir emg bnr kata2 ente.. Yg ane mksd batas maksimum piston speednya vixion series ddapat pd rpm lbh rendah hahahaha..
    Sori ya bro ane bodoh ente cerdas..
    Malu bgt ane hahahaha..

  11. Best engine sport itu gl series bos bisa ditest klo buat harian tapi bukan buat race long time bisa dipercaya ga neko neko

  12. om gokil, ane liat di warung om ari nva ada sensor o2 di exhaust blok… bedanya sama ov dan nvl apa ya om? bisa dijabarkan sedikit om…

    • betul
      nvl ada sensor o2 di port exhaustnya, sehingga ECU nya juga beda
      karena power nvl lebih tinggi 1.5 ps dari ov maka seting intake dan ECU nya pasti beda dengan ov
      sepertinya untuk nva identik dengan nvl
      bahkan jika standar euro yang digunakan lebih tinggi, bisa2 power nva sedikit lebih kecil dibandingkan nvl

  13. menurut ku sama aja tuh NVL sm NVA kualitasnya.. sy sndiri br beli sktr 3bln yg lalu vixion advance gp skrng udh di km4500an dan trnyata udh ngebul tipis putih dan bau dr knalpot jg mulai aneh. ahirnya berburu ring piston old vixion kode 3c1 dan hasilnya maknyuuss.. kualitas vixion advance sm lighning sm saja menurut ku wlw kode nya berbeda, terutama kelemahan di ring piston dimana ring kompresi 1 dan 2 agak lembek jika di geber diatas 8000rpm yg pd ahirnya oli naik ke ruang pembakaran ngebul deh. padahal motor baru pemakaian normal ndk jos2an oli motul ester 5100. ganti di setiap 1300 smpek 1500km.
    solusi buat vixion yg ngebul sblm parah dan merembet ke lain nya gnti ring piston old vixion kode 3c1. smg brmnfaat.

  14. 1.menurut ku sama aja tuh NVL sm NVA kualitasnya.. sy sndiri br beli sktr 3bln yg lalu vixion advance gp skrng udh di km4500an dan trnyata udh ngebul tipis putih dan bau dr knalpot jg mulai aneh. ahirnya berburu ring piston old vixion kode 3c1 dan hasilnya maknyuuss.. kualitas vixion advance sm lighning sm saja menurut ku wlw kode nya berbeda, terutama kelemahan di ring piston dimana ring kompresi 1 dan 2 agak lembek jika di geber diatas 8000rpm yg pd ahirnya oli naik ke ruang pembakaran ngebul deh. padahal motor baru pemakaian normal ndk jos2an oli motul ester 5100. ganti di setiap 1300 smpek 1500km.
    solusi buat vixion yg ngebul sblm parah dan merembet ke lain nya gnti ring piston old vixion kode 3c1. smg brmnfaat.

  15. KenyataAnNa 1pa ngeBuL kang…
    ente trmasuk bruntung aje kang.. atau Dkata hanya nasib2an..
    klo ente pratiIn gas Dpanteng Drpm atas tu kLuar asaputih tipis..
    waLaupun tidak smpai berkurang oli..
    karena kt tidak tiapHari ngebut2..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan