Tikungan yang Paling Asyik, Ternyata Tikungan yang Paling Mematikan

deadly corner

Assalamu’alaikum wR wB

Salah satu kenikmatan yang diperoleh rider (pengendara motor) yang tidak didapatkan oleh driver (sopir) adalah saat cornering, melaju kencang di tikungan. Dan semakin sulit tikungan tersebut, semakin menyenangkan. Apalagi jika kondisinya mendukung, safety gear lengkap, ban motor oke, jalan/track juga oke, kenikmatannya semakin bertambah. Bagi yang pernah melibas jalanan di pegunungan tentunya sangat faham dengan hal ini.

Akan tetapi kadang yang terjadi tidak sesuai keinginan. Meskipun kita sangat mengenal tikungan tersebut, tetap saja tidak ada jaminan 100% bahwa kita akan selamat. Apalagi jika jalan tersebut adalah jalanan umum, yang mungkin saja terjadi sesuatu sebelum kita lewat. Selain tikungan tersebut memang “maut”, bisa jadi terdapat gangguan di jalan akibat pengguna lain, misalnya oli bocor, pasir tumpah, sampah dan lain-lain. Hal ini menyebabkan tikungan menjadi lebih berbahaya lagi.

Berikut ini contoh bentuk tikungan maut yang sangat mematikan

Oleh karena itu, kita harus tetap waspada meskipun kita sudah sangat mengenal track tersebut. Ane sendiri pernah mengalaminya (ndlosor) lebih dari 3 kali di track beberapa tikungan yang sudah sangat ane kenal.

Artikel ini ane buat, juga akibat keprihatinan akan banyaknya kecelakaan yang mematikan yang terjadi pada saudara-saudara kita yang sedang touring ataupun menghadiri kopdar (banyak sekali beritanya via FB).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb

10 Komentar

  1. pernah saking asyiknya nimmatin motor baru ngelibas tikugngan S hasilnya melebar di ujung padahal dudepan ada bus patas 😛 yachh refleknya tekuk makin kedalam hasilnya sol seoatu sampai termakan aspal . masih untung selamet… adrenalin meletup2 setelah itu hanya berani melaju 40-60km /jam 😛

  2. Kalo tikungan sgtu mah ECES… kalo gak percaya liat aja tiap ada lomba “RACE BECAK” tiap nikung pasti roda depan diangkat sblh alias miring buanget 65°-70° dg kecepatan tinggi pula.

  3. Wah fotonya di Nürburgring tuh haha track favorit saya. Kalo di Indonesia mungkin yang asik di cikidang. Apalagi kalo bisa elbow down wah enak banget rasanya, ajib

  4. nurburgring terkenal dengan tikungan high speed plus blind spot nya
    tambah lagi kontur aspal naik turun dan bergelombang

    ngebut disana ga beda ma ngebut di jalan umum

  5. drajat kmiringan jalan/aspal perlu diperhitungkan, krn daya dorong dr belakang akn jd lawan jk jalan berbelok, jgn trlalu miring jk jalan/aspal pada cornering datar bisa2 ndlosor meski gk trlalu kncang

  6. Sma dulu ada tikungan fav, sering nikung 80kpj sampe step kena aspal, memang asyik..
    Aspalnya bagus, tikungan 90• gak terlalu kecil. Asyik banget, masuk tikungan harus pas biar mulus.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan