Head Cylinder Engine Sonic 150 Reborn Mirip Head CBR250R. Kemajuan Apa Kemunduran ???

new-sonic150-reborn-draft[sumber : warungasep]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada bocoran menarik dari kang iwb, bahwa head cylinder yang akan digunakan oleh sonic 150 reborn (k56) bukan head dari cb150r (k15). Akan tetapi head ini benar-benar baru, dan mirip dengan head dari new cbr250r. Sekarang mari kita perhatikan persamaan yang signifikan antara bocoran head k56 dan head cbr250r.

head cbr250r n sonic150 reborn

Perhatikan lingkaran merah di gambar sebelah kanan, menandakan bahwa head tersebut memang calon head nya sonic150. Kemudian perhatikan lingkaran kuning di gambar kanan dan bandingkan dengan yang kiri. Pada posisi itulah ditempatkan poros/as dari roller rocker-arm. Dengan konstruksi seperti head cbr250r maka komponen-komponen nya adalah seperti gambar ini

cam cbr250r

Lalu apakah langkah honda menggunakan konstruksi ini memberikan keuntungan atau malah kerugian ?? Karena ini merupakan teknologi terbaru yang diterapkan di cbr250r dan mungkin juga di motor sport honda lainnya, maka pastilah lebih powerful di bandingkan konstruksi lama (k15 dan k45). Seperti yang juga diterapkan pada cbr400

Honda-400-head-rra

Jika memang demikian apa keuntungan sonic150 mengaplikasikan head model seperti ini ? Menurut ane dengan kapasitas silinder yang cukup kecil (150cc) untuk ukuran motor high performance, maka konstruksi head seperti ini sangat cocok untuk mendapatkan performa yang optimum dengan tetap mempertahankan sifat motor honda yang irit. Bagaimana bisa ?

  1. Camshaft lebih enteng dibandingkan model lama (k15), karena bubungannya cuma 2 sedangkan k15 ada 4. Dengan camshaft seperti ini maka kerugian mekanik untuk memutar camsahft akan jauh berkurang. baik karena bobotnya yang lebih ringan maupun luas daerah gesek bubungan dan rockerarm yang juga berkurang.camsahaft k15 n k56
  2. Menggunakan RRA sehingga lebih minim gesekanfriction area

Kira-kira itulah keuntungan konstruksi head k56 dibandingkan k15/k45. Jadi power yang dihasilkan oleh ruang bakar dengan kapasitas 150cc, akan lebih besar terukur pada poros crankshaft, karena rugi-rugi gesek berkurang.

  • Kalau mau tahu perbandingan gaya yang digunakan untuk memutar camshaft satu bubungan dan dua bubungan, mirip seperti memutar roda cb150r dan nvl. Roda nvl terasa lebih berat karena velg dan bannya lebih besar.
  • Sedangkan penggunaan roller rocker arm akan memberikan pengurangan gaya gesek yang signifikan. Perbandingannya laksana mendorong peti dengan roda dan tanpa roda, peti dengan roda akan jauh lebih mudah didorong dibandingkan peti tanpa roda.

Bocoran lainnya dari kang iwb adalah konstruksi bore x stroke, yang menurut intelnya borenya berukuran 56 mm. Jika ini memang benar maka stroke nya akan berukuran

Stroke = 150 x 1000 /(3.14 x 56 x 56 /4) = 60.88 mm

Menurut ane ukuran ini sangat janggal dengan kebiasaan honda dalam merancang bore x stroke untuk motor sport (high performance) nya. Kalaupun stroke nya panjang, biasanya konstruksinya tetap overbore, seperti tiger dan cbr250r. Atau minimal mendekati square, yaitu new megapro. Jadi menurut ane, konstruksi engine akan tetap overbore seperti bocoran terdahulu, dengan bore yang memang lebih kecil dari k15, yaitu di kisaran 60 s/d 62 mm.

Jadi dengan stroke yang lebih panjang, rugi-rugi gesek yang lebih minim, bobot bodi yang juga lebih ringan dibandingkan k15, maka meskipun power k56 nantinya “disunat”, akselerasinya akan tetap lebih nendang dibandingkan cb150r. Yang sedang pilih-pilihi bebek super, mungkin bisa mempertimbangkan sonic150 reborn sebagai pilihan lain dariĀ  satria fu dan mx king serta tormax150. Manurut ane dengan konstruksi rra, overbore dohc dan stroke yang panjangnya diantara satria fu dan mx king, performa sonic150 tidak akan mengecewakan.

Sekian, mohon maaf kalau ada kurang dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

36 Komentar

  1. Gerombolan fby bakal pusing ini…

    Kalo udh prnah nyobain cbr250 mesin jomblo pasti ngerti deh tarikan awal karakter mesin ini (RRA).. mx king moddiiiaarr Koen ‘su..

  2. ekekekkkek…

    rasa sohc pekoksirup tentunya …

    dohc wala_wala cap cino …

    muehehe

  3. kemunduran ini ….

    mosok dohc modiarrr drag lawan sohc opersirup …

    ekekekekekek

  4. wah saya kira sblumnya bore stroke, 59,0 X 54,0. trnyata meleset.
    klu gitu mirip GL max neotech bore 56,5 dikasih kruk as tiger stroke 62,2 dg bobot dikurangi biar seimbang dg borenya. klep ttp aja krn dah gde in out 30,5/25.(155cc).itu dah ngacir kok bkin galau motor sport 150cc

    • wah persis motor ttangga sebelah gl max neotek dikasi bandol tger ttp awal berat atas sippp,,stelah dbelah lg bandol dikurangi bobotnya lngsung ngacir atas bwh bagus, top speed lumayan FU kteteran gan, boleh share rumusnya gan?? 082331123123

  5. sepertinya honda gusar juga vixion bisa efisien
    jadi dibikin mirip konstruksi sohc 4 valve vixion
    cuma tetap mempertahankan konstruksi dohc jadi busi tetap di tengah

    harusnya bisa lebih efisien dari vixion, tinggal ukuran bore x stroke

    bro motogokil, kalo liat bocoran redline 9500, kebiasaan honda limiter berarti 10000 rpm
    dengan limiter segitu biasanya max rpm @ 21 m/s sekitar 11000

    kira2 stroke nya berapa ya kalo max 11000 rpm??

    atau jangan2 sama dengan mx king? secara limiter juga 9500??

    • saya rasa biaya produksinya bro..krn mbutuhkan material roller yg kuat meskipun ptaran roller sedang brkisar 4500-5500 rpm aja, selain itu brtambahnya jmlah komponen.

  6. Motor harian tetap enak overstroke. Mudah,murah,awet. Pecinta CB jadul aja motornya pada overstroke smua rata-rata. Colek dikit, ngacir. Mau topspeed tinggal mainin rasio gir depan blakang sama rasio gir transmisi. Mesin gak perlu ngeden ribuan rpm.

  7. 1 lagi keuntungannya !!!! Sudut klep makin sempit, lift noken as bisa diubah setinggi tingginya tanpa takut klep tabrakan, dan dual spring per valve nggak perlu takut floating terlalu banyak

  8. 1.Penggunaan Fork RRA membuat derajat sudut dan jarak antar klep in vs klep ex menjadi sempit. Alhasil kubah ruang bakar utk CR tinggi bisa didesign dgn volume sempit dan piston dome cekung. Silahkan tunggu aja nanti kalau ada foto rilis resmi dr AHM di engine cut waynya.
    2.Dgn Fork RRA, penggunaan lobe cukup single/cam dan memudahkan dalan maintenance. Rasio lift Fork RRAnya 1:1,8 artinya : size dimensi cam lobe imut dibanding cam pd Tappet Shim type.
    3. Efisiensi volumetrick & mecahniccal lebih jos.
    4. Realibillity dan Maintenabillity lebh oakley.

    Wabillahi taufik Walhidayah.

    Wasallam….

  9. IWB boleh nyebar teliksandi dimana2x. Tapi IWB kan bukan the 1st test rider and the 1st person yg blepettan oli meng dis assy & dis assy ini mesin, hahahahaha…………

    Wassalam lagi

1 Trackback / Pingback

  1. Satu Lagi Upgrade Pada Engine K56 Dibandingkan Engine K15 | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan