Performance dan Potensi Engine NMAX 150

combustion nmax 150 engine

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mengamati spesifikasi engine nmax150 yang bervoulme 155 cc tapi tenaganya hanya 11.1 kW atau sekitar 15 ps, maka ane yakin potensinya masih sangat besar untuk digali. Engine nvl dengan bore 57 mm (atau 149.7 cc) mampu memuntahkan power sebesar 16.59 ps, berarti engine nmax150 dengan volume 155 cc bisa menghasilkan power yang lebih tinggi lagi.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita prediksi variabel-variabel apa saja yang menentukan power nmax150…

Sesuai dengan data di brosur :

  1. Power 11.1 kW @ 8000 rpm
  2. CR = 10.4

Maka variabel lainnya dapat diprediksi, seperti tampak pada tabel ini

nmax 150 power stock

Tampak pada tabel tersebut, parameter penentu performanya di seting sangat standar, bahkan ada yang dibawah standar. Parameter tersebut adalah :

  1. Efisiensi volumetrik 85% masih bisa dioptimumkan. Caranya adalah mengganti klep in dengan diameter yang lebih lebar. Bisa pakai klep yang digunakan R15 saat omr dengan diameter 22.5 mm, masih sangat aman karena bore nmax 150 lebih besar dari r15.
  2. Putaran mesin pada power puncak disetiing pada rpm yang lebih tinggi, yaitu 10000 rpm, setara dengan nvl. Upgrade ini dapat dilakukan dengan cara mentuning panjang header knalpot, dan sedikit oprekan di camshaft intake high-rev (enak banget ya, yang low rev biarkan standar)
  3. Seting-an AFR standar hampir mendekati ideal yaitu 13, dan dapat diperkaya untuk mendapatkan power maksimum yaitu disekitar 12.6. Untuk mendapatkan AFR sebesar itu harus di-tuning dan menggunakan ECU racing serta mengatur ulang mapping pengapian dan injeksinya
  4. Rasio kompresi dapat dinaikkan dari harga standarnya 10.5 menjadi 11 (ya harus minum pertamax+).

Jika variabel-variabel tersebut sudah ter-upgrade, powernya akan melonjak menjadi 21 ps. Waw mak nyos bro, siap ngepretin motor sport nih.

nmax 150 power SP

Dan dengan power sebesar ini, sangat mengasikkan jika rasio standar dilengserkan diganti dengan rasio racing (lebih berat). Atau roda diganti dengan ring yang lebih besar dan lebar, bisa mengaplikasikan velg variasi skutik umumnya. Kalau sudah demikian maka motor sport cbr150, cb150r, nvl,r15 atau p200ns standar, bahkan yang kelas 250cc akan bisa dilibas.

Apalagi kalau sudah ada bore-up kitnya, misalnya menggunakan bore 66mm (seandainya bore-up kit vixion bisa digunakan, mantab banget), maka powernya bisa melonjak lagi secara drastis menjadi 27.2 ps. Dengan power sebesar ini, sepertinya nmax 150 nggak ada lawannya dikemacetan ibukota, karena pwr sudah mendekati r25 yaitu 0.214 ps/kg. Jika tidak hati-hati maka nmax bisa loncat dan wheelie.

Kira-kira seperti itulah potensi yang terkandung dalam engine nmax150. Monggo bro kalau ada rejeki di dp, mumpung belum naik. Insya Allah (menurut) ane nggak bakalan rugi, performa standarnya sudah cukup oke, kalau mau di-oprek kohar juga gampang.

Mohon kereksi kalau ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr wb.

 

 

38 Komentar

  1. Kalo ane msh blm bgtu minat krn desain bokong dan stop lamp nmax tdk memikat sama sekali. Malah mirip astrea 800, bagasi jg gak besar (helm full face bisa masuk kalo naruhnya dibalik;) bisa lecet/beset helmnya)

    • Kalau mau BC lebih kreatif coy, desain itu selera, bagi ane udah proposional, katakanlah benar jika itu benar. Dari pada soktau akhirnya dibully deh kayak….. ahhh sudahlah… 😀

  2. sutandar aja bosss… inget anak istri di rumah, power 15 Ps on crank buat skutik dah cukp buat harian kok, inget BBM juga mahal…

  3. tumben nih ada yang merekomen banget ini produk apa karena ada Vva-nya.
    sebenarnya kalo spec udah overbore stroke 47-55mm penggunaan vva ngak terlalu penting.
    overstroke 4 tak mah ngak usah gede2 powernya, sesuain sama diameter piston aja.
    ntar overheat lagi, trus ngebul2 & makan olie…….xixixixixixi

  4. makan oli….. bukn e cos dinding d sekeliling piston yg brgesekn dg dinding silinder nya ntu kontur e ad jegongan yg keisi oli…jd haus oli deh tuh…

  5. Semenjak ada seamless gearbox spec motogp berubah RCV213 pake stroke 49,5mm sedangkan M1 pake stroke 50,5mm @250cc/silinder loh, sengaja mendekin stroke supaya punya power besar. Akselerasi liar tapi tetep terkontrol dgn bantuan SSG.
    Lah ini real SSG alias Metik strokenya panjang2, buat apa?…..mikir, Xixixixixi
    Mendingan nungguin tvs dazz inj stroke 48,8mm dibore up 150cc kayanya ajib powernya.

  6. tumben komen ane kena kick batok bayangan mulu nih bro…
    ane cuma mau bilang klo fby itu gak bakal beli metik, mereka ogah pake daster katanya…

    🙂

    apalagi sampe kudu ke salon waxing bulu kaki sama medicure…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan