Dilema Blogger Diantara Pabrikan, Salesmen, Fansboy dan Konsumen

blogger position

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Semenjak kegiatan nge-blog menjamur, terutama blog otomotif, khususnya roda dua, keberadaan blogger semakin diperhitungkan. Apalagi dikaitkan dengan bisnis roda dua di tanah air yang omzetnya mencapai puluhan triliun rupiah, tentunya blogger punya peran penting di dalamnya. Terbukti ada beberapa blogger yang sempat mejadi narasumber pada suatu acara tv nasional, saat membahas permasalahan roda dua.

Menjadi seorang blogger otomotif tentunya tidak mudah, tetapi juga tidak susah. Tergantung apa motivasinya, jika hanya sebagai penyampai informasi pabrikan yang bersifat resmi, tentunya mudah saja, tinggal di broadcast berita dari pabrikan. Akan tetapi jika motivasinya adalah ingin memberikan informasi yang mampu memberikan pencerahan kepada pembacanya, tentunya menjadi blogger adalah sebuah tantangan besar. Mengapa demikian ? Karena seorang blogger dengan motivasi seperti ini harus ..

  1. Mereview suatu produk otomotif berdasarkan informasi yang benar, baik dirasakan sendiri, informasi resmi maupun informasi dari sumber lainnya. Untuk mendapatkan informasi seperti ini blogger harus berjuang membangun link dengan informan. Bahkan untuk keperluan tertentu blogger harus menghadang bahaya dalam melakukan perjalanan ke tempat tertentu, testride, yang juga memerlukan biaya, waktu dan tenaga.
  2. Untuk memberikan penjelasan terhadap suatu sistem, blogger harus banyak mencari informasi, membaca dan belajar agar informasi yang diberikannya mampu memberikan pencerahan kepada konsumen/calon konsumen
  3. Blogger harus tahan terhadap tekanan komentator yang terkadang merangkap sebagai sales  atau sebagai fansboy suatu produk tertentu. Sehingga seorang blogger seharusnya tetap mampu memberikan gambaran positif dan negatif suatu produk dengan adil, meskipun ada komentator yang tidak suka.
  4. Blogger harus tahan terhadap godaan pabrikan sehingga mampu memberikan penjelasan yang transparan, meskipun informasi itu berupa kekurangan produk tertentu. Dan lain-lain

Jika hal ini tidak dilakukan oleh seorang blogger, maka ia tidak akan mampu memberikan informasi secara komprehensif dari suatu produk, kepada pembacanya. Blogger hanya akan memberikan informasi positif suatu produk, tanpa berani memaparkan sisi negatifnya. Padahal sisi negatif ini kadang sangat fital dan membahayakan konsumen. Atau sebaliknya, blogger hanya bisa memberikan kritik pada kejelekan suatu produk tanpa mampu memberikan solusi.

Terlepas dari itu semua, blogger adalah manusia biasa. Bisa benar, bisa juga salah, begitu pula dengan ane sebagai pengasuh motogokil.com. Hanya saja (menurut) ane sebaiknya diusahakan jangan sampai terlalu salah (meminimalisir kesalahan). Dan kalau sudah berada dalam kebenaran, maka janganlah terpengaruh oleh tulisan-tulisan komentator yang ingin menyelewengkan dari kebenaran. Karena memang mereka memiliki kebiasaan, tabiat atau tugas seperti itu, cukup dimaklumi saja.

Kalau blogger salah, ya wajar, namanya juga manusia. Akan tetapi kesalahan (atau apa yang dianggap sebagai kesalahan) harus segera diklarifikasi. Harus direvisi supaya info yang diberikan menjadi lebih akurat, benar dan lebih mencerahkan pembacanya.

Tulisan ini ane buat, bisa jadi “menghantam” ane sendiri sebagai blogger, nggak masalah, anggap saja introspeksi. Dan ane mohon maaf jika dalam tulisan ini terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan. Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum wR wB.

 

25 Komentar

  1. namanya manusia pasti ada sisi subjektif nya Om…
    cuma jangan kebangetan prejudice nya…

    mantap dah ..udah direvisi…
    coba baca dari sisi psikologi massa
    liat beda efeknya .. alinea sebelum direvisi ama sesudah…


    Sekarang sudah tahu kan keanehan rumor “aplikasi vva pada nmax150″.

    Gambar lainnya yang bisa dijadikan referensi ada juga di blognya mas taufik, silahkan dilihat. Dan kalau masih kurang yakin, coba bayangkan bagaimana vva diaplikasikan pada sistem sohc, dengan volume head yang imut. Atau agar tambah yakin coba browsing di internet, di sistem apa vva diterapkan, sohc atau dohc?

    Sekaligus bisa mendapatkan gambaran, apa maksud dan tujuan dihembuskannya rumor tersebut. Tujuannya tidak lain adalah supaya nmax 150 terlihat begitu superior, sehingga akan memikat para calon membeli, skutik lover yang gampang galau.

    Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

    bandingkan ama edisi revisi


    Sekarang sudah tahu kan keanehan rumor “aplikasi vva pada nmax150″.

    Keanehannya adalah bahwa vva yang ditunjukkan dalam gambar tersebut adalah vva untuk engine dengan sistem dohc, sedangkan nmax150 enginenya sohc.

    Jadi “ngimpi” jika vva-dohc mau diterapkan di engine-sohc.

    Lalu bagaimana dengan pernyataan pembesar yamaha di Iwata yang menyatakan nmax150 sudah mengaplikasikan vva ? Pernyataan ini bisa jadi benar, tapi bukan dengan vva seperti yang ada pada gambar di atas.

    Lalu vva yang mana ? Ya vva yang cocok dengan engine nmax150. Jika engine nmax150 sistem klepnya sohc, maka vva yang diaplikasikannya juga harus jenis vva untuk sohc. Jika ingin tahu detilnya dapat melihat di artikel ini.

    Lebih kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

  2. Kan ane udah pernah bilang, nggak akan ada asap kalau nggak ada api.

    Coba deh diperhatiken, mayoritas diblog-blog ngotomotif yg debat / ribut / cucuk-cucukan itu kebanyakan antar sales dan fansboy. Dan itu menurut ane sah dan wajar2 aje.

    Sedangkan di sedikit blog (termasuk dimarih), debat/ributnya malah antara ngadmin dengan komentator.

    Tanya kenape? Ngoahahahaha

    Ealah…

  3. makannya ane males jadi bloger apalagi jd bloger sebagai profesi utama/ bloger bayaran isi artikelnya : semua produk bagus, paling murah, paling value, paling powerfull padahal ada unsur tipu2 yang penting amplop tebel……. xixixixixixi

    mendingan independent bebas kritik pabrikan, sekalian sharing ilmu. kan enak tuh kita yang pressure pabrikan……xixixixixixixi

  4. menurut ane. Admin ra usah tanggapi komen2 yang bc ato ngejek. Komen aja wew, wow, gitu ya, oke, sip. gitu aja. Admin kasih penjelasan kala tentang info teknik doang aja. Sekali lagi om gokil ojo lemes tetep samangat. Dan klo bisa blognya info gak cuma tknik ja. tapi dilengkapi kayak tmcblog. Ane rasa pasti lebih menarik. Bhkan lebih lngkap blog punya om gokil. Ada teknik dan info lain malahan. Keren toh

  5. Yap, mending jadi blogger biasa aja lah. Ada lohh blogger yg suka pake kata2 yg terkesan provokasi dan sering dicacimaki pembacanya sendiri malah sekarang dia gk keliatan batang hidung nya lagi

  6. Mending gak usah nanggepin/jawab/balas komentator fans boy karna kerjaannya memang bgtu (BC mulu) terutama fans boy militan… Smuanya juga dah tau namanya siapa. Krn kalo ditanggapin maka respon dia akan smkin agresif dan akan dianggap benar oleh dia dan gerombolannya lebih bahayanya pembaca yg laen jg akan menanggap demikian.
    Kalo tdk ditanggapi kan enak dan akan sangat kliatan siapa dia sebenarnxa dan akan malu sendiri.

  7. Klo saya pribadi melihat blog ini mmg agak mnjurus ke honda,ya tapi itu hak pribadi,tetapi saya paling gak suka sama blogger yang lebay thdp merk tertentu selalu wah memberitakan klo menyangkut merk yang dia “suka” apalagi kendaraannya jg merk tsb.ada juga blogger ngemis dan repost..”kapan diundang…” kapan bisa dapat unit test ride” silahkan nyari penghasilan dengan jd blogger tp jangan jd blog terkesan bayaran…klo da seperti itu ya gak jauh beda dengan pejabat pembohong di negara kita ini.saran saya merk bukan H dan Y jgn memanfaatkan rivalitas mereka demi hits..

  8. Ada juga kok blogger papan atas yang ga pernah klarifikasi power R25 sebenarnya. Sudah mempublish power waktu test ride, ternyata setelah disebar konsumen ternyata power disunat. hal ini yang ga pernah dipublish oleh blogger tersebut. You know who I mean..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan