Honda Bisa Saja Mengusai Pasar Motor Sport Kelas 250cc, Kalau Rider Indonesia Mampu Membelinya

honda sport 250

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rumor motor sport 250cc kembali menghangat, dengan munculnya bocoran dari majalah luar negeri sana. Menurutnya honda sedang mempersiapkan motor sport baru 250 cc 4 silinder. Dan kabar ini disambut hangat oleh blogger tanah air, dalam bentuk artikel yang isinya hampir seragam.

Kalau kita mau sedikit mereview beberapa motor sport yang pernah di rilis honda, maka seharusnya honda sangat mampu untuk membangun motor sport baru 250cc dengan mangambil basis motor lama. Jadi kita bisa langsung faham bahwa motor sport 250 cc yang dipasarkan di Indonesia (cbr250r) adalah motor dengan spesifikasi engine yang paling rendah performanya. Sehingga untuk merontokkan rival-rivalnya bukan perkara sulit bagi honda, dengan mangambil basis dengan performa yang ada di atasnya.

Sekarang mari kita lihat rangkuman singkat spesifikasi sebahagian motor-motor tersebut

honda sport 250 spec

Dari tabel ini terlihat, betapapun besarnya power cbr250rr yang 4 silinder, ternyata masih kalah dengan power nsf250r yang cuma satu silinder.

Yang menjadi sesuatu yang sangat dipertimbangkan adalah :

  1. Power yang dihasilkan akankah menjadi sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh owner-nya nanti
  2. Material yang digunakan apakah akan mampu memunculkan performa tersebut
  3. Apakah dengan kualifikasi material yang digunakan, banyak rider di Indonesia akan mampu membelinya

Jadi bisa saja honda menghasilkan motor dengan performa nomer wahid, tapi kalau yang membeli cuma 10 orang, mana mungkin motor tersebut akan dibangun di Indonesia. Paling-paling diserahkan ke importir lokal untuk mendatangkannya dari luar negeri, sehingga harganya benar akan membuat calon rider motor sport 250cc merinding.

Jadi silahkan sekarang membayangkan, kira-kira honda akan membangun motor sport 250cc dengan berbasis engine yang mana ?

Apakah V-twin atau 4-inline?

Atau bahkan tetap satu silinder yang mampu mengungguli baik yang v-twin maupun 4-inline ?

Kalu ane sih mending pilih satu silinder yang performanya setara nsf250r. Motor simpel dan ringan, akselerasi pastinya paling mantab, dan kalau parkir gampang angkat-angkat nya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

54 Komentar

    • Wahh…
      hebat, salah satu merk di sanjung habis-habisan.
      merk lain dikeluarin semua kekurangannya.
      joss…
      blogger paling netral.
      punya cbr150 (pribadi)
      punya nvl (inventaris) :v

      Ustad juga, blognya sering bahas agama.

      Bener-bener joss

  1. Kalau dibilang menguasai motorsport saya ga yakin, tapi kalau menguasai kejuaraan balap ada kemungkinan besar.
    Konsumen dalam membeli barang biasanya menggunakan prinsip price to performance, ga sekedar paling cepat. Selain itu juga konsumen berpegang terhadap value dan durabilitasnya. Apalagi ini kelas seperempat liter, kelas yang sedikit diatas pemula. Disini pembeli masih hitung-hitung motor dari segala sisi termasuk harga.
    Kalau berkaca terhadap fenomena R25 memang performa bisa jadi contoh besaran tenaga menentukan penjualan. Tetapi ada yang lebih dari itu, yaitu value lain seperti buatan lokal yang menjanjikan 3S yang baik, dukungan komunitas secara penuh melalui acara-acara eksklusif, dan yang terakhir memang promosi yang massif karena merupakan motor 250cc dua silinder lokal sehingga mendapat sambutan yang hangat bahkan cenderung panas.

  2. Tapi kompetitor juga punya spek motor yg g bisa dianggap remeh dimasa lalu. bisa2 pada dibangunin dari tidur panjangnya,,,,,

  3. Nah tuh… bukan hanya perkara sohc, dohc, 1 silinder- multy silinder. kualitas part sangat berpengaruh.

    cbr spek nsx mantab, tp masalahx mampu beli ato tidak.

  4. lalu kemana perginya pabrikan” lain, apa mereka gak punya motor sport yang pernah dirilis sebelum”nya…apa mereka gak punya kesempatan menguasai juga….entahlah… :v :v hanya fansboy yang tahu :v

    • maksudnya yamaha dan kawasaki ? mungkin ini yang diprotes fb
      kawasaki dan yamaha sementara ini kan memang menjadi penguasa pasar sport 250, jadi nggak perlu dibahas
      dan mereka berdua kalah modal bro, kalau mau adu otot bikin motor di Indonesia

  5. Yo wes lah,,,,Honda kon ndang gae motor sport 250 cc sing iso nguasai market neng Indonesia. mboh kuwi 1,2,3 ato 4 silinder.

    • Kuncinya cuma 1 Material mesin itu sendiri.. yg membatasi mekanik untuk mengail power mesin yah daya tahan mesin itu sendiri.. motor 1 cyl 250 cc bisa 50hp tapi material harus super, harganya juga super.. trus cara termudah dan tetap menggunakan material super (murah) gimana? Ya naikin cc atau gak banyakin cylindernya

      • mungkin langkah itu yang diambil bajaj, untuk mendapatkan power setara cbr150 tapi harga separuh cbr150, maka bajaj membuat pulsar 180 dengan power 17 hp tapi harganya 16.5 juta. Performa biasa saja, compresi lumayan rendah, rpm juga rendah, kualitas komponen pake yang biasa saja.

  6. Kalau ane pgn sih om nsf versi jalan yah. Tp kalo honda keluarin cbr 250rr gpp keluarin aja tp versi non jalanan jd worthed ada motor buat jalan sehari2 macam nsf dan motor funrace macam cbr250rr. Ini reborn (cbr250rr) khusus buat disirkuit tidak boleh dijalan raya tp dijual untuk umum.

  7. Tatkala seorang nabi sulaiman memohon kepada allah untuk memberi makan semua makhluk yg ada d bumi karena dia merasa mampu d saat itu pula hidangan yg dia sediakan langsung habis d makan oleh 1 ekor ikan maka bersujud lah nabi sulaiman tersadar d karena kan nafsu n ke angkuhan nya

    • bisa…!!! seharga cbr250, power sebesar cbr 250 juga. dan orang yg beli cuma isi premium ron 88. paling banter pertamax, itupun aja jarang. ngarep dapet 250cc murah power 47an hp yg kompresinya 15:1 dan mengharuskan bahan bakar oktan 100 up…???????

  8. kalo menurut ane, semua motor mahal pasti laku om…
    sekarang kan banyak finance untuk kredit kendaraan bermotor. apalagi dealer emang sudah menjalin kerjasama dengan finance.

    jaman sekarang kerjasama antar dealer, bank, finance, dan asu ransi… klop jadi satu…. tanya om kobay aja

  9. Kata siapa mesin superior mesti mahal, gw tantangin kalo ada yang ngeluarin sport spek stroke 52,5mm, 160cc. Harga murah kaya apache 160cc.
    Tinggal dimodif jd 250cc ganti blok, dohc, radiator. Jadi deh nsf250

  10. lu bandingin motor balap ama motor harian.
    ya jauh lah. NSF itu balap only bukan untuk street. itu juga kelas Moto3.

    Kenapa gak bandingin RS2125 ama CBR250RR sekalian? 1 silinder 2 tak vs 125cc vs CBR250RR 4 silinder?

    😉

      • mau debat? silahkan… NSF250 pan motor balap, masa mau pake spec motor balap buat harian? ngaco aja. RC213 RS itu kan street legal powernya gak jauh2 dari powernya Desmosedici RR or H2 Kawasaki or R1M.

        V Engine vs 4 Silinder Inline powernya sama.

        kalo spec begitu mah bisa aja Suzuki bikin spec RGV250 yang pake spec balap. realitanya gak ada.

        kalo kelas 250cc seakan2 honda kuat yang paling kuat sekarang justru KTM bukan Honda NSF250.

        • Artinya bagi developer, menurunkan power tentunya akan lebih mudah dibandingkan menaikkan power.
          Karena pada prosesnya, saat awal motor dikembangkan, power awal jauh lebih rendah dinandingkan saat di race.

        • karena segmen yang ditujukan beda. bukan cuma Honda, pabrikan lain pun bisa cuma masalahnya spek 125cc-250cc maximum power adalah 35hp an untuk street dan rider pemula. (diluar sono).

          kalo spek 125cc pakai spek GP125 ya malu lah 650cc DOHC 2 silinder, powernya sama tuh top speed beda tipis.

          peruntukan nya beda, lisensinya juga beda street dan race.

  11. tuh nti cs1 rebirth reborn di boreup 250 cc. kan strokenya info 53 an. mepet2 sama nsf. terusmesin ditempel ke cbr. huihihihi. bisa gak ya. klo bisa bakal ngeri2 sariawan. hihihi

1 Trackback / Pingback

  1. Ketika Rumor Honda Sport V-Twin 250 cc dengan Power 40 HP Dihembuskan, Banyak yang Mulai Demam | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan