Vario 150 cc, Hmmm…..Bisa Menggoda Hati Sport Rider, Memang Matic, Tapi 150 cc Bro..

Vario150ESP ISS

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Varian baru scootic dari honda ini benar2 mengampil alih perhatian, membenamkan berita matic2 lainnya. Bentuknya yang menurut sebahagian blogger biasa2 saja dan juga menurut blogger lainnya banyak terdapat upgrade di sektor stoplamp, roda dan headlamp. Akan tetapi yang sungguh menarik menurut ane adalah mesinnya yang sudah berkubikasi 150 cc, identik dengan mesin pcx150. Dengan muntahan power 13.6 ps  yang setara new megapro ataupun byson, menjadikan vario 150 ini begitu menggoda, terutama bagi rider2 motor sport seperti ane.

Seorang rider motor sport, pada suatu saat/kondisi akan juga naik scootik seperti vario ini. Dan yang dirasakan adalah kenyamanan,

  1. Yang biasanya nunduk kini rileks,
  2. Yang biasanya tangan pegel pegang stang dan tarik tali kopling, kini nyantai
  3. Yang biasanya kaki beraksi, kini bisa santai selonjoran
  4. Kalau geser2 di parkiran relatif lebih enteng.

Pokoknya rider motor sport akan merasakan begitu nyaman ketika nyemplak matik, hanya dua kekurangannya dibandingkan motor sport, yaitu kurang stabil handling-nya dan kurang kenceng speed-nya. Sehingga jika ada matic dengan power setara byson/new megapro, hmm…. tentunya begitu menggoda iman, untuk meminangnya. Karena power sudah tersedia tinggal mengupgrade handling-nya.

Dilihat dari bentuknya yang sangat identik dengan vario 125, menjadikannya lebih ringan jika dibandingkan dengan pcx150. Dan tentunya hal ini memberikan konsekuensi pwr dan akselerasi yang lebih besar dibandingkan pcx150. Kombinasi dari bentuk bodi dan mesin menjadikan vario150 merupakan versi bore-up dari vario125.

Baiklah, mari kita lihat bentuk bodi dari vario 150 dan vario 125

Comparasi Vario150 n 125

Bisa dikatakan secara siluet nggak jauh beda, dan besarnya pun hampir sama. Sekarang mari kita lihat spesifikasi engine dari pcx150 yang juga merupakan engine vario150, kemudian kita bandingkan dengan engine vario125.

PCX150 n Vario125 Spec

Jadi jika dilihat dari engine-nya, memang vario150 merupakan versi boreup dari engine vario125. Jika bore vario125  52.4 mm maka vario150 58 mm. Artinya secara kasat mata besarnya engine vario 150 akan sama dengan vario125, sehingga dengan sangat mudah ahm menyematkan engine pcx150 ke dalam frame vario125, dan jadilah vario 150.

Untuk lebih meyakinkan bahwa hal tersebut sangat mudah dilakukan ahm, karena frame dari pcx150 yang mengusung engine 150cc nggak beda jauh dengan frame vario yang mengusung engine 125 cc.

FRAME PCX150

frame pcx150

FRAME VARIO125

frame vario125

Dan hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi bro yang baru saja beli vario125. Nggak perlu berkecil hati, karena jika ingin upgrade menjadi 150cc, tinggal mengadopsi blok silinder, piston dan injector pcx150. Sisanya tinggal fine tuning, dan serahkan semuanya pada mekanik handal, insyaAllah beres.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

18 Komentar

  1. paling ga suka ama shockbreaker matic yang cuma sebelah, masih mending kalo di tengah, ini nggak lagi… jadi buat orang yang ukuran nya OVERSIZE kayak ane (183cm/99kg), naek matic model gini, bagian belakangnya selalu geal-geol, bikin ngeri sendiri…

  2. jika dilihat dari desain velg vario 150cc kayanya lebih ke akselerasi rpm rendah menengah dan pengurangan deselerasi krn memang mesin metik minus engine brake, handling lbh ringan cocok buat dalam kota.

    buat yang seneng touring mesin overstroke 57.9mm tetep pake opsi velg WTF palang 5 krn karakter mesin overstroke torsinya besar dirpm rendah tp lemot di rpm atas, sedangkan gaya sentipetal yang dihasilkan kedua roda membantu memaksimalkan topspeed dan bisa lebih irit bbm untuk trek luar kota.
    buat speed lover stroke 53,5mm – 55mm tetap yang terbaik. xixixixixixixi

  3. Bodinya cocok untuk orang indonesia jd kliatanya bakaal laris manis karna gak jauh beda yg vario 125, kl mau bongsor dan eksklusif tinggal ambil pcx. Jos strateginya ahm

  4. yah memang tak bisa dipungkiri ke depannya motor dengan kopling dan transmisi manual serta semi manual akan ditinggalkan karena ke-praktis-an nya tidak lebih baik dari motor matic…

    coba deh om gokil lihat motor KYMCO RACING KING 180, speknya dan penampilannya .. ane pengen tau pendapat om gokil…

    • Ya syaratnya kalo WSBK atau motoGP sudah pakek matic, motorsport dan perkoplingan bisa jadi punah.

      Sebelum mesin matic bisa menyaingi akselerasi dan respons sistem kopling, ya mesin sport akan selalu ada. Masa iya R1 mau jadi motor matic?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan