Menimbang Urutan Upgrade Performa R15 (Klan Vixion Engine) Untuk Harian

to be racing performance

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tentunya dari sekian banyak biker owner nvl atau r15, ada yang merasa kurang puas dengan performa standar. Namanya juga manusia, ada saja kurangnya. Karena untuk urusan torsi mesin klan vixion sudah digjaya, maka biasanya yang ingin ditingkatkan adalah topspeednya, tanpa harus melakukan banyak ubahan di sektor mesin.  Berikut ini tabel topspeed nvl

5speed NVL

dan juga r15.

yzfr15 stock xls

Ubahan paling sederhana yang bisa dilakukan dengan memperhatikan :

  1. Bentuk kurva power nvl/r15 dan
  2. Bobot rider.

Dari bentuk kurva powernya, menunjukkan bahwa power nvl maupun r15, memiliki band yang lebar dan mampu bertahan sampai 10000rpm. Sehingga tanpa mengotak atik ECU sesungguhnya kita sudah diberikan performa yang cukup untuk di”oprek” street performance.

power torsi NVL potential

Artinya jika kita memperberat reduksi pada rpm tinggi tentunya powernya masih mampu memberikan akselerasi.

Kemudian jika bobot rider termasuk ringan, misalnya di bawah 60 kg, akselerasi standar nya akan sangat mantab (berlebihan sehingga nafas mesin terasa pendek). Dan jika reduksi diperberat sedikit tentunya hanya sedikit berpengaruh terhadap akselerasinya, tapi akan meningkatkan topspeednya. Dari kedua poin tersebut maka baik nvl maupun r15 memiliki potensi untuk ditingkatkan topspeednya dengan amemperberat reduksi akhir nya.

Kita kesampingkan dulu upgrade di sektor engine, yang akan cukup menguras kantong. Dan kita coba dulu upgrade dari yang paling sederhana sampai nanti pada tahap yang lebih tinggi secara berjenjang. Upgrade performa seperti ini akan sangat mudah untuk diamati dan kemudian ditimbang perbandingan biaya/power  (banyaknya uang yang dikeluarkan dibagi dengan peningkatan power yang dihasilkan). Dengan demikian kita akan merasa rugi mengeluarkan biaya, asalkan sebanding dengan peningkatan powernya.

Nah sekarang mari kita lihat tospeed klan vixion

reduksi ahir klan vixion

Jadi, jika owner nvl merasa kurang puas dengan topspeednya, maka untuk meningkatkan topspeed-nya tinggal ganti gir belakang dengan milik old vixion, maka topspeed gigi-5 @10000 rpm akan menjadi 129.57 kpj. Jika dirasa masih kurang maka tinggal ganti gir depan dengan milik r15, maka topspeed-nya akan menjadi 138.83 kpj. Lumayan kan dah bisa ngalahin cbr150 dan r15 standar.

Begitu pula bagi owner r15 yang merasa kurang topspeednya, tinggal ganti gir belakang dengan girnya nvl, maka topspeed gigi-5@10000rpm akan menacapai 138.76 kpj dan gigi-6@9500rpm akan mencapai 150.11 kpj. Kalau ridernya sangat kurus, misalnya berat badannya cuma 55kg, maka gir belakang bisa diganti milik old vixion, sehingga topspeed gigi-5@10000rpm akan menacapai 142.07 kpj dan gigi-6@9500rpm akan mencapai 153.68 kpj. Jika ditabelkan kira2 jadinya seperti ini

reduksi vs topspeed klan vixion

Dengan ubahan ini, akan membuat topspeed nya melampaui rival2nya seperti cb150r, cbr150 ataupun p200ns. Ubahan ini tidak begitu kelihatan, sehingga tampak seperti standar, susah juga dilacak, kecuali jeli melihat angka di gir belakang.

Jadi bagi owner nvl ataupun r15 yang berbadan kurus dengan bobot kurang dari 60kg, nggak usah khawatir tentang bagaimana meningkatkan topspeed, jika dirasa kurang. Mudah saja, dikerjakan sendiri di rumah juga bisa, syaratnya harus ada alat2(tool) yang biasa digunakan untuk mengganti rantai, misalnya kunci ring-14, tang lancip, kunci sok-8 dan lain2. Dan harus disadari bahwa indikator kecepatan akan sedikit berubah dari standar-nya.

Lalu bagaimana dengan owner nvl dan r15 yang berat badannya lebih dari 60kg ? Sepertinya ubahannya nggak cukup hanya dengan mengganti gir, akan tetapi ada beberapa tahap ubahan untuk meningkatkan performa engine-nya. Kita obrolin di artikel selanjutnya saja.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

18 Komentar

  1. kalau bb yg berat standar udah baik krn pabrikan dah ngitung justru itu ketolong sama torsi besar gen vixion lebih terasa powernya..hihi. keseringan akselerasi yg galak maka rantai cepet kendor
    power untuk menggerakkan roda berasal dr torsi nah torsi clan yzf r15 lebih besar yaa wajar masih terasa di semua lini rpm dr bawah sampai limit
    maka motor gen minarelli ini terasa liar di jalan harus hati2 krn asyiknya bejek throtle ..hhehe
    ini mah motor buat mejeng bisa,kenceng ok,irit top
    gak heran clan cbr ngos ngosan dan terlalu maksa melawan si clan yzf ini …wkwkwkw

      • di artikel tmcblog r15 di HAJAR habis oleh CBR150R, malahan tmcblog menghitung r15 ketinggalan 10km dr CBR150R
      • ditest otomotifplus di suramadu r15 KALAH 10x oleh CBR150R.

      ayo nivikoko, triatmono, lovemotobike, kudo78dk, iwebe dibantu nih si rdy. Wkwkwk

  2. Bnyak orang modif bentuk cb jadul pake mesin tiger. Tapi gear nya kecil banget seukuran supra x. Kemungkinan 15 36 an. Ntu motor paling cuman mentok pake gear 4 ato 5 udah ngacir. Gak perlu beli cbr ato r15.

  3. Rdy. elu ngomong ato gumoh ???? ngomong tanpa dasar = menyesatkan . elu bilang clan cbr terlalu maksa melawan yzf ? kenyataanya di irs vixion series yang lu bilang mana berani ikut turun ? alasanya safety. tpi saya rasa bukan karna alasan safety saja melainkan jga dri potensi mesin overstroke yang kurang cukup bisa bersain dgan dohc overbore.itu yang elu bilang mesin minareli hebat dan mesin clan cbr trlalu maksa klo harus ngelawan minarelli ?

  4. ubahan ini pernah ane coba…. tapi pake njmx… gear dpn 15 blkg 42, Gigi kelima jadi cepat nyampe 130kmh… tapi pake cdi dualband….

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan