Rame Banget Pemberitaan Tentang Ninja H2R, Sesuatu yang Jauh dari Jangkauan Kebanyakan Biker Indonesia

head h2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ahir2 ini rame banget pemberitaan tentang hadirnya ninja h2r bermesin turbo dengan power mendekati 300 hp. Informasi ini memang sah-sah saja digelontorkan di tanah air, tapi menurut ane “kurang” (bukan tidak) memberikan manfaat bagi kebanyakan biker tanah air. Hal ini disebabkan mulai dari spek, performa maupun harga sangat jauh dari jangkauan biker di sini. Mari kita lihat sejauh mana posisi h2r dengan kondisi di tanah air

Harga

Jika menilik ninja dengan power yang lebih rendah saja, yaitu zx-14, dengan power sekitar 200 hp, hargannya sekitar $15.999 (Rp. 194.6 jt) itu harga di luar negeri. Kalau masuk Indonesia jadi berapa ? Itu baru motor kawasaki dengan power 200hp, bagaimana dengan yang memiliki power 300 hp ? Tentunya part2 nya jauh lebih eksotis dibandingkan dengan zx-14, untuk membangkitkan dan menyalurkan tenaga sebesar 300 sampai ke ban. Belum lagi perangkat kontrol yang terkait dengan efisiensi, performance, safety dll, tentunya lebih mantab lagi. Ujung2nya harganya pasti jauh di atas zx-14, berapa orang di Indonesia yang sanggup dan mau beli motor ini ?

harga zx14

Spesifikasi

Salah satu sepsifikasi moge yang menghambat orang Indonesia untuk memilikinya adalah dimensi. Yang paling berpengaruh dari dimensi bagi biker Indonesia adalah tinggi sadel dan berat. ZX-14 saja beratnya mencapai 250 kg, apalagi h2r yang akan mengaplikasikan turbo untuk mem-boost udara masuk ke silinder sehingga powernya mencapai 300 hp, tentunya kemungkinan besar akan lebih berat. kombinasi tinggi dan berat ini yang menjadi penghalang biker Indoesian untuk memilikinya.

dimensi zx14

Performance

Dengan power 300 hp, di Indonesia, mau dipakai di mana ? Kalaupun mau balapan di sirkuit, siapa yang berani ngelawan ? Lha wong tenaganya di atas motor motogp (sekitar 240hp). Di jalan umum buat sekedar mejeng (JJS), berat bro, belum lagi kalau macet, bikin menderita.

Intinya, motor ini sangat jauh dari jangkauan kebanyakan rider di Indonesia. Mending membahas teknologi yang diterapakan di moge saudaranya yaitu zx-14 (kalau h2r tentunya masih gelap), akan lebih bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan. Atau teknologi turbo yang akan disematkan di h2r, bisa juga menjadi pencerahan buat biker tanah air.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

37 Komentar

  1. terus biker indo ga boleh tau gitu tentang motor2 bagus?

    bosen keles berita tentang bebek metik sama low sport entri kya cebong dkk

    -___-

    • kan motogp ada regulasinya om..? misal cc 800, klo itu dah 1000 lebih, motogp walaupun 800cc tapi bisa 240hp, itu aja udah mau dikebiri lagi..

      Piss

  2. setubuh…. eh.. setuju……
    tp sah sah aja sih nambah pengetahuan… sekurang2nya kita gak ketinggalan informasi otomotif dunia lain.. eh dunia luar…

  3. Yang paling cocok dibahas itu ya keunggulan teknologi CBR series yang sangat cocok dan klopppp dengan kondisi indonesia tercinta…

    xixixixixiixixixixxxiiii

  4. Wew, pdhl hayabusa di pasang turbo banyak tuh di YouTube, salah satu nya akun HayabusaBastard (maaf penulisan kasar) cek deh. Ajigile tuh motor. Bedanya ini buatan pabrik.

  5. mau rame pemberitaan tentang kawasaki H2R, mau rame pemberitaan tentang lamborgini misalnya, atau bugatti misalnya, atau honda cbr1000, atau apapun.
    ya sah sah aja lah…
    yang mampu beli, yang gak mampu emangnya gk boleh tau.

  6. kalo yang ramai di bahas cbr1000rr baru cocok ya om. pernah lho ramai pembahasan tentang cbr1000rr fireblade, si om gak bilang gak sesuai ya om.

    berita otomotif ya bahas segala hal berkaitan otomotif om,, baik itu cc kecil sampe cc besar..
    masalahnya mungkin dalam fikiran om..

    aneh.

  7. Buat kolektor,harga,power,berat bukan masalah,,,wong buat di elus2 aja kok.

    Lagian gk ada produk baru di pasar lokal,,suzuki address?matic entry level ya gitu2 aja,,

  8. “…power mendekati 300 hp. Informasi ini memang sah-sah saja digelontorkan di tanah air, tapi menurut ane “kurang” (bukan tidak) memberikan manfaat bagi kebanyakan biker tanah air. Hal ini disebabkan mulai dari spek, performa maupun harga sangat jauh dari jangkauan biker di sini….”

    Kutipan bang Gokil diatas juga kurang tepat. Motor 300HP adalah satu bentuk pencerahan teknologi dan bisa juga merupakan promo dan milestone pabrikan, karena tanpa turbo angka 300HP ini akan susah diperoleh. Dampaknya ya produk2 pabrik ybs yang versi miniatur bisa tergenjot penjualannya. (Pabrik K fokus ke pengembangan Produk)

    Sama halnya Moto GP (adalah dominan promosinya H dan Y) juga ditujukan utk dongkrak penjualan motor2 miniaturnya spt bebek, matic khususnya. Tema Moto GP sebenernya juga ga nyambung dan ga memberikan manfaat (teknologi beda jauh, harga beda jauh) namun dampaknya terasa….. banyak yg naik bebek dan matic serasa naik CBR 1000RR dan R1 plus knalpot racing. (Pabrik H dan Y fokus ke promo “pencitraan” lewat Moto GP)

    Just opini aja om.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan