Yamaha Mengeluarkan YZF R25, Honda Malah Mengeluarkan CD 110 Dream, Kompetisi yang Kelihatan Aneh ???

r25 vs cd110

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Beberapa hari yang lalu di India telah dirilis honda cd 110 dream. Jika melihat konstelasi motor sport di india, tentunya agak lucu yang mana yamaha india  mendatangkan r25 (import dari Indonesia) sedangkan honda india merilis cd110. Lucu jika dilihat dari gengsi, harga dan performa karena nggak imbang. Tapi mungkin honda melihat dari aspek lain yang menomor satukan fungsionalitas dan efisiensi, atau dengan kata lain motor ini khusus buat dagang-usaha-cari duit, performa dan gengsi nggak penting.

Harga motor sport kecil ini sangat murah (8 juta-an), tenaganya juga lumayan di atas bebek 110 cc. Jika cd110 dream ini dirakit oleh AHM, kira-kira apa yang terjadi ?

Sebenernya AHM sudah punya sport yang cocok buat dagang, yaitu verza 150. Tapi harganya bagi masyarakat ekonomi rendah masih relatif mahal yaitu 16.700.000 (spoke wheel) dan 17.550.000 (casting wheel). Meskipun motor ini cukup keren dan powerfull, akan tetapi  selain masih cukup mahal (bagi ekonomi rendah), juga masih lumayan bongsor dan berat. Nggak cocok buat kebanyakan rider+pedagang pada kelas ini yang seringnya ukuran badan rada pendek.

verza

Bagi seorang pedagang di kalangan ekonomi rendah (pedegang somay, bakso, sayur, bubur dll), tentunya performa secukupnya saja yang penting bisa bawa rombong. Juga nggak perlu kenceng-kenceng, namanya juga jualan bawa rombong, biasanya justru jalannya pelan-pelan, sambil memanggil para pelanggan. Jadi kapasitas mesin nggak perlu besar, juga nggak perlu rem cakram, tachometer dan lain-lain. Justru yang diperlukan adalah kuat ngangkut rombong (doble shokbreaker), irit dan harganya murah (cicilannya terjangkau). Berikut tampang CD110 yang memang pas-pas an

Honda-CD-110-Dream

Perhatikan spek-nya

Spec-Sheet

Dengan torsi maksimum yang terletak di 5500 rpm (8.91 N.m) membuatnya mudah bergerak dengan bukaan throtle sedikit saja, sehingga bisa irit (katanya 74 km/l). Fitur ini sangat penting bagi pedagang ekonomi lemah, sebagai ongkos produksi, sehingga meringankan pengeluarannya.

Bandingkan jika jualan dengan menggunakan motor high-end (cbr250, ninja2t, ninja250, vixion, cb150r dan lain-lain). Motor2 ini torsinya lemah di rpm bawah, sehingga relatif lebih boros (apalagi cc-nya besar) jika untuk jalan pelan-pelan sambil bawa rombong yang berat, karena rpm harus sedikit tinggi 7000-8500 rpm agar torsinya mencukupi.

cbr250r-jualan-sayur ninja 2t buat dagang

Kalaupun mau, mungkin cd110 bisa dimodif agar lebih keren dibandingkan motor2 ini. Karena mesinnya sudah tegak, sedangkan motor2 ini mesinya masih tiduran

ksr110 and msx125

Ketika pedagang ekonomi lemah mau upgrade kendaraannya dari bebek + rombong menjadi sport+rombong

bebek buat dagang

Maka cocoknya memang cd110 dream, karena lebih murah, lebih bertenaga, lebih irit dan lebih kuat karena suspensi, frame dan roda2nya kelas sport.

Jadi yang disasar cd110 dream, memang bukan pasar segmented high-end seperti konsumen motor sport 250 (yzf r25), tapi pasar low-end yang low banget, karena harganya yang lebih rendah dari bebek di Indonesia. Dan ini bisa mempengaruhi peta market-share motor sport nasional.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

50 Komentar

  1. dan yg jelas, slh satu alasan lain motr ini mugkn> brpotensi akan di gemari adalah lbh mudah utk isi bnsin
    (utk spbu komersil kelas prtamina yah)
    ktanya spbu lain yg asing mski sport msti turn dri kndaran bru di isi
    😀

  2. Ini emang cocok buat ane… Nambah armada bakso nih…
    Mantab bener honda!

    Btw tuh yg jualan bakso keren boss

  3. sbnarnya GL Max neotech itu tinggal revisi body dah bagus, meski mesin jadul tp bandel..kkurangannya tanki gmpang bocor

  4. Wkwkwkwkwk… Maklum honda kan fekok permanen masalah sport dual silinder 😀 … Apa lagi ahm bikin tutup tangki rata aja belajar ama minerva ___ ngoahahahaha… Bikin dohc pun gadungan akhirnya njebluk massal sebelum RUN !! Akakakakakakakakak…..

  5. kan udah ada thunder 125. kalo bicara torsinya kuat pa kagak. di sini di pake buat angkut2 jerrycan 20ltr isi bensin bisa sampai 20 jerrycan.. kalau pake yg lain kan gear belakang bisa di besarin. ah tp disini vixion byson scorpio tiger nmp biasa dipakai buat jual sayur

  6. Wah sayang plg g djual dsini,ane mau nambah koleksi,mesin revo injeksi mau tak taruh d rangka honda win y ringan.
    Mbuh manusia kurang dan kurang, 😀

    • Pngn buat motor irit,ringan tangguh melibas jalan bebatuan kecil 60kmpj,ktm sport fairing bs menang krn g eman2 makenxa.

      • ngoahahahahaha….. vixion pun tetap tak tergoyahkan … mo irs .. mo moyong gp jawara ….. tetep trio konde nyungsep dengan 1 vixion …… kenyataan konsumen gak butuh motor oprekan !! keluar pabrik njebluk massal buat apa dibeli …. 😀 wkwkwkwkwkwkwk…. # maklum kualitas dohc nya dibawah mio j wkwkwkwkwkwkwkwwk…

  7. wah desainnya megapro first gen (warisan gl pro)…
    motor heavy duty yang mentingin fungsionalitas… cocoklah sama harganya

  8. Jangan Lupa :
    Kalau membeli motor / kendaraan baru (Khusus Cash) minta harga OFF THE ROAD saja, jangan mau / tolak bila dikasih harga On The Road.
    Karena tidak ada kewajiban konsumen membeli kendaraam On The Road.
    Bila Main dealer atau Dealer ybs menolak agar diadukan kepada Produsen kendaraan tsb.
    Karena tidak ada instruksi produsen kepada Main Dealer dan Dealer untuk menjual On The Road.
    Pengurusan dan pembuatan BPKB dan STNK di Samsat kepolisian sangat mudah sekali, dalam waktu 3 – 5 hari BPKB dan STNK sudah jadi.
    Dan yang pasti harga kendaraan dapat dihemat antara Rp 500,000 – Rp 1000,000.
    Ayo kesadaraan konsumen harus di perkuat !!! IMHO.

  9. mas gokil, di warung e ipan koq powernya cb150 lbh unggul di bndg nvl ?? koq sama hasil yang dulu beda ?? emg ada faktor2 yang mempengaruhi ya om ?? koq hasilnya sama yang dulu bisa beda ??

  10. CD 110 motor yg fungsional bt komuter dan usaha… cm klo buat di indo bakal gak laku krn selera konsumen disini jauh lebih sensi soal “style/ gaya” dibanding india, bahkan utk motor entry level sekalipun..model & gaya jd faktor utama dlm jualan motor di indo..lihat motor serupa spt thunder & win, meski murah tetep gak laku.. liat foto diatas jual sayur pke mtor CBR, meski tidak mewakili populasi tukang sayur & terkesan anti-mainstream, pling ga sedikit contoh dalam hal preferensi konsumen indo thdp mtor yg bisa berperan sbg transportasi skaligus ‘lifestyle’.

  11. bgusnya motor ini dimasukin ke indonesia aja.. cocok buat orng gak mampu dan tinggal desainnya disesuaikan dgn selera orang indonesia aja

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan