[Kisah-04] Kegilaan Terhadap Sepeda Motor Periode Awal

ndlosor0

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kita terusin yuk membaca artikel kisah ane.

Setelah kuliah ane masih menjadi mahasiswa biasa, ke kampus naik sepeda pancal/balap (Malang kota – Unibraw) atau naik angkot. Memang pada saat itu kesibukan kuliah cuma belajar di kampus, waktu dah habis nggak sempet maen apalagi pacaran, haram. Menjelang tahun ke-3, mulai banyak praktikum, kegiatan kuliah tambah padet lagi. Selain di kampus, ada kegiatan asistensi dengan asisten lab yang terkadang rumahnya sangat jauh, misalnya di kota Batu. Dah nggak mungkin naik sepeda pancal lagi, apalagi semenjak terkena penyakit tipes gara-gara kecapean dan terlambat makan, makin menguatkan tekad untuk minta motor. Padahal saat itu bokap cuma punya satu, yaitu astrea black grand. Mungkin karena kasihan sama ane, akhirnya ane dipinjemin oleh bokap motor yang cuma satu-satunya itu.

Setelah motor di tangan, kegiatan kuliah, praktikum dan asistensi terasa lebih ringan, maklum biasa ngontel, sekarang tinggal ngegas dah jalan. Sementara kegiatan kuliah semakin ringan, maka semakin banyak waktu luang, yang kemudian ane gunakan untuk turing setiap ada kesempatan. Dalam masa ini ane nggak peduli mau sejauh apa kota yang ane tuju, kalo ada niat langsung berangkat. Berikut kota/daerah ane sambangi (dari Malang ke kota tersebut) dalam masa kegilaan periode-1 ini :

Daerah yang pernah dikunjungi

  1. Pemandian air panas Cangar (turing pertama kali)
  2. Bale Kambang (tamasya temen se angkatan)
  3. Gondanglegi (nganter temen ke sangkal putung)
  4. Gunung Kawi (liat tempat pesugihan, sambil temen ngetes ilmunya)
  5. Pasuruan (lebaran ke tempat teman)
  6. Lumajang (KKN)
  7. Jember (Nyari rumah wanita yang ditaksir teman)
  8. Bondowoso (banyak keluarga di sana, inilah kota terjauh ke arah timur dari Malang)
  9. Pati (nganter teman ke Pati, ibundanya wafat)
  10. Rembang (PKL)
  11. Blora ( Katanya wanita blora cakep2)
  12. Madiun (Naksir temen KKN, sayang dah punya pacar)
  13. Semarang ( Mampir ke rumah teman di Ex Brigif Banyumanik)
  14. Jakarta ( Pulkam karena dah lulus S1, paling jauh ke arah barat Malang)

Mungkin bagi bro-bro semua perjalanan tersebut biasa saja karena saat ini memang sudah banyak klub motor dan motornya juga besar dan kenceng. Tapi pada masa itu, ane (lupa) selama dalam perjalan turing hampir nggak pernah ketemu klub motor yang juga turing, mungkin belum musim ya, sedangkan ane dah biasa turing sendirian. Sehingga pada saat itu turing sendirian sejauh itu adalah luar biasa.

Turing yang sangat berkesan

Pernah ada suatu peristiwa yang cukup berkesan yaitu mengantar teman yang kena musibah ke Kota Pati. Suatu hari ane main ke kost2an teman (memang sudah biasa main ke sana), ternyata sesampainya di sana tampak kegaduhan. Selidik sedikit, ternyata temen ane yang bernama Pandu mengalami musibah, ibu-nya meninggal di Kota Pati. Dari perhitungan rekan-rekan yang biasa nge-bis luar kota, diperkirakan jika naik bis maka Pandu tidak akan sempat bertemu jenazah ibunda-nya, alias keburu dimakamkan. Pas mereka diskusi saat itulah ane datang, kemudian menanyakan kesediaan ane untuk mengantar Pandu ke Pati. Wah ane rada ngeper/gentar nih, karena Pati lumayan jauh. Tapi melihat beberapa teman ane (rider juga) pada nggak sanggup, ane yang (dulu) dijuluki “naik motor kaya setan”, akhirnya bersedia, maklum bro nggak ada pilihan lain.

Karena perjalan sangat jauh, maka nggak ada cara lain lagi selain gas-pol. Malang-Batu-Pare-Jombang-Tuban….bensin abis bro, mana pom yang ane lewatin pada trouble lagi. Ada yang habis, pompa rusak, listrik mati…akhirnya ndorong dah, apesnya di Tuban puanass bro. Akhirnya dapet bensin eceran setelah ndorong motor beberapa ratus meter, gas-poll lagi menuju Rembang. Malam dah tiba, gas pol terus sampai Pati, semoga jenazah ibunda-nya Pandu belum dimakamkan. Akhirnya sampai juga setelah isya dan alkhamdulillah selamat serta Pandu dapat melihat wajah ibundanya untuk yang terakhir kalinya sebelum dimakamkan. Ane lemes bro, ngeleset istirahat di rumah duka.

Kecelakaan2 yang dialami

Karena memang nggak bisa bawa motor pelan, maunya full-throttle terus, maka ane akrab dengan kecelakaan2 mulai dari yang ringan sampai yang lumayan berat. Tapi kesemuanya ane syukuri karena masih diberi selamat oleh Allah SWT karena tidak sampai patah tulang. Ane urutkan kecelakaan dari yang ringan sampai yang berat :

  1. Helm kehantam gagang besi kaca spion truk
  2. Ndlosor tiga kali saat menikung, untung nggak kelindes mobil dari belakang
  3. Nabrak bak truk
  4. Nabrak trotoar saat maghrib
  5. Nyerempet orang yang ragu-ragu nyebrang, ane sama motor jungkir balik
  6. Nyerempet anak kecil, sampai ane jungkir balik juga
  7. Ndlosor parah karena ada oli di jalanan
  8. Dan lain-lain, sampai lupa mungkin sekitar 20x ane kecelakaan.

Rekor kecepatan turing

Kecepatan yang ane bukukan memang nggak seberapa jika dibandingkan dengan motor yang ada sekarang. Tapi untuk motor yang cuma 97 cc dengan rasio kompresi 9:1, menurut ane (saat itu) dah lumayan. Berikut ini rekor ane :

  1. Malang – Bunderan Waru : 60 menit
  2. Bondowoso – Malang : 1 jam 45 menit
  3. Malang – Randu Agung Lumajang : 1 jam 30 menit

Pada saat itu ane merasa sebagai rider yang biasa saja, karena ada juga temen yang rider juga seperti ane, hanya saja ane yang paling ekstrim. Tapi setelah sekarang ane pikir-pikir, gila juga ya masa itu, pada masa itu ane biasa :

“Menyalip truk gandeng, dimana bis dari depan sudah cukup dekat. Jika tidak keburu, ane nyelip di sela-sela gandengan, menyesuaikan dengan kecepatan truk gandeng. Begitu bis lewat langsung tancap gas, takut di-pisui sopir truk”

Ampunnn, astaghfirulloh. Alkhamdulillah ane masih diselamatkan oleh Allah SWT. Semoga jadi pembelajaran buat kita semua, jangan ditiru karena itu termasuk yang nggak safety. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

26 Komentar

    • waktu itu ane belum kenal sama istilah safety,
      yang penting pake helm-sarung tangan-jaket-sepatu, berdoa, penuh perhitungan, sisanya biar Allah SWT yang menentukan

      • maklum bro… ane dulu kenal motor karena sangat menikmati motor, naik motor untuk dinikmati sambil nyantai. bukan speed orieted, jika nemu trek yang kosong dan dapat topspeed seperti dapat durian runtuh karena itu adl hal yg sangat jarang :)…. maklum pengikut aliran alone rider… 😀

  1. klu saya sih gk berani ngebut, kcalakaan sudah 5X cukup berat sih tp plg parah patah tulangnya,,klu touring bawa black astrea malang jakarta itu sama dg bw moge malang sampai sabang titik 0. jd sangat jauh

    • maklum bro, dulu mau pulkam yang musti dibawa badan+buku+tool+motor, kalo semuanya harus diangkut, lumayan mahal buat kantong pengangguran
      ya sudah semuanya naik grand saja

  2. sama kek ane, nyalip 2 truk gandeng, gara2 di serempet sport 200cc. berhubung mode mengejar akhirnya terkejar. mungkin saking kagetnya x… hahaha

    kasih jari tengah terus kabur, menghilang dibalik asap. mesin SOHC 200cc cuma mencium asap knalpot 2 tak. (Ninja SS Pinjeman)

    -_____________________-

  3. saya biasa bawa motor agak kencang biasa aja waktu di jalan giliran bawa motor pelan” kecepatan dibawah 80 km malah gemeteran sendiri

  4. kecintaan sejak SMP naik Honda Grand di komplek, kelas satu SMA pakai Yamaha, Kelas Dua SMA (dpt SIM C, alhamdulillah cicipin Ninja 150R (banyak banget belajar tuning mesin, karakter berkendara, jatuh dikecepatan lumayan tinggi alias masa Badung2nya) kuliah semester 4 mulai ganti karisma 125D demi efesiensi hhehe, Banyak kenangan malah sekarang naik Skutik.. Sebenarnya Semenjak SMA sudah mulai Hobi banget namanya motor. Skrg kebanyakan insyaf-nya 😀

  5. di Malang, sering turing malah waktu SMA dan kuliah, sekarang cuma Bekasi Jakarta, dadi pengen ndang mulih nang malang maneh…

  6. Bro gokil mudanya kena sakit gila. Gila mbetot gas. Gila lu brooo… Klo ane purwosari waru 50menit. Lha bro gokil malang waru 60mnt. Mungkin waktu itu jalanan sepi ya. Ane juga sepi sih jam 11 mlm. Mungkin situ lebih gila dari ane.

  7. nitip rekor juga mas..

    jalan pahlawan semarang-tvri jawa tengah pucang gading semarang
    best lap : 7 menit:42,3detik (menerobos semua lampu merah)
    (menurut google map jaraknya :12,1km-18menit perjalanan)
    kondisi track kering jam 02:13 dinihari
    motor : yamaha scorpio z merah marun std
    top speed on speedo : cuma 130km/jam gir 5
    (saya pakai timer stopwatch hp)

    kapan-kapan cetak rekor lagi setelah upgrade mesin.
    ^_^

  8. No.11 ane anak blora mz,tp skrg dsolo,
    prasaan g bnyk y cakep 😀
    Kalo ane wkt awal kuliah malah touring minim 1x seminggu,bolos kuliah,tp ikut bnyak lomba semacam karya tulis ilmiah,uangnya buat biaya touring y sampe nginep hotel.hasilx ipk jelek tp bnyk prestasi jg

  9. ane dulu juga spt itu tp skrg insaf. ada kejadian dulu pernah nyalip bis yg blapan ama truck ane nyalip ditengah2 motor udah gasspol tapi masih kalah kenceng hmpr aja kecelakaan sampe ada wanita di pinggir jalan menjerit jerit dipikir ane bakalan tewas di makan truck ama bis itu astagfirullah..

  10. yg 12.
    Madiun (Naksir temen KKN, sayang dah punya pacar)
    duhhh,..
    😀
    btw skrng udah pacaran sm ibunya anak2 kn/.?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan