"Exhaust Wrap", Nggak Cuma Buat Gaya, Tapi Bisa Meningkatkan Performa

2010-07-24 11.09.01

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada seorang pengunjung blog motogokil bertanya tentang exhaust wrap, ringkasnya pertanyaan demikian

“Apa benar exhaust wrap dapata menambah VE (volumetrik efficiency), bagaimana penjelasannya ?

Sebelumnya mari kita berkenalan dengan exhaust wrap (pembungkus knalpot) yang berbentuk pita seperti ini

Titanium_Exhaust_Wrap

Exhaust wrap biasanya terbuat dari bubuk batu lava dan diuntai serta dianyam dalam fiber glass, sehingga tahan sampai suhu 2500 ˚ F ( 1371 ˚ C). Aplikasi dari exhaust wrap memberikan keuntungan berupa :

  1. Dapat meningkatkan penampilan (gaya), karena biasanya knalpot yang sudah lama akan tampak jelek, menguning dan lain-lain. Dengan dibungkus oleh exhaust wrap penampilannya akan jauh lebih baik.
  2. Menurunkan suhu disekitar knalpot, hal ini memberikan beberapa manfaat yaitu menurunkan tingkat kerusakan komponen2 disekitar knalpot akibat panas yang berlebihan seperi fairing, kelistrikan, komponen mesin lainnya dan melindungi bagian tubuh/ kaki user dari sengatan knalpot yang sangat panas
  3. Peningkatan efisiensi mesin; dengan dibungkusnya header knalpot maka akan mengurangi transfer panas ke intake manifold. Jika udara intake lebih dingin, udara yang masuk ke mesin semakin padat sehingga VE naik, dan power akan bertambah.
  4. Meningkatkan kecepatan aliran di knalpot; akibat pembungkusan (wrap) di pipa knalpot, panas yang seharus diradiasikan ke udara tetap tertahan dalam knalpot. Meningkatnya suhu akan meningkatkan tekanan gas buang, perbedaan tekanan yang semakin tinggi antara gas di dalam pipa knalpot dan udara luar, mangakibatkan aliran gas semakin kencang. Meningkatnya kecepatan gas buang meniggalkan pipa knalpot, mengakibatkan kevakuman yang tinggi, sehingga pada saat overlap klep-in dan ex, akan memberikan efek scavenging yang dapat peningkatan VE pada kecepatan tinggi. Eveknya sama dengan memperbesar overlap klep in dan ex

[Sumber] .

Kira-kira seperti itu penjelasan kegunaan dari exhaust wrap (pembungkus knalpot) yang umum digunakan pada moge dan mobil performa tinggi. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

27 Komentar

  1. pernah make ginian beberapa lama di leher stenlis,dipake buat harian kena hujan,kotoran,lumpur pas dibuka karatan -___-

  2. [guyonan] kalo dipasang kek gambar HD di atas sih ok ok aja,
    hahahaha kalo dipasang di CB Glatik ya lucu ngelihatnya,,,tambah sumpeg…sumpah luuucuu …

    • nah ini makin panas makin kencang, kecuali kompresi tinggi yang diseting bisa minum premium, krn sisa gas panas hasil pembuangan masuk lagi keruang bakar pada saat overlap akan meningkatkan suhu ruang bakar ditambah kompresi tinggi sudah lebih mudah panas akibatnya bisa menurunkan titik bakar premium dan jika ketemu material yang membara spt klep out, bensin bisa terbakar tanpa ada percikan busi , jika timing tidak tepat gejala ngelitik/ knoking/detonasi bisa saja terjadi.
      jadi menerapkan ini harus tau karakter mesin dan bahan bakar yang digunakan.

    • tambah berapa hp-nya ane nggak tahu bro, tapi menurut ane tambahan powernya akan terasa di rpm tinggi
      ane nggak buka bengkel, apalagi bengkel balap, cuma sebagai pns, itu juga sdh lumayan sibuk

  3. Ga fair juga nih Om kalau ga nyebutin efek negatifnya. Saya percaya pasti ada efek negatifnya. *sok tau mode:on 😀

  4. sebelum pake exhaust wrap, lapisi dulu leher knalpotnya pake cat tahan panan, skitar 2x lapisan. baru lilit dah exhaust wrapnya, yg temen ane jg udah lama belum ada karat, so far so good. mesin jd adem. buat honda jg oke-oke aja, diluar sono banyaknya pake Honda pd pake perbann ini..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan