Penyebab Rantai New Vixion Lightning (NVL) Kenceng – Kendor (Ceng-Dor), Dan Cara Mangatasinya

Rantai NVL Merah

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Rantai vixion atau new vixion lightning (nvl) gampang kendor merupakan cerita lama, dan cara ngatasinya gampang tinggal di-setel aja kekencangan rantainya. Tapi yang ane alami dengan nvl ane bukan cuma kendor, tapi kombinasi kenceng-kendor (ceng-dor) yang sangat susah untuk di-setel kekencangannya.

Rantai cen-dor yang ane alami sebenernya dah lama, kira2 ketika umur nvl baru 3 bulan. Setelah servis pertama, rantai dikencengin oleh mekanik deler, ketika di jalan kok rasanya nggak enak, sampai di kampus ane periksa lagi, kok sepertinya kekencengan. Ane stel ulang, dikendorin, saat ban diputar sedikit, malah kekendoran, wah gawat (sadar) rante nvl ane dah kena penyakit ceng-dor nih. Aneh juga, motor kan masih baru, jalanan juga rata-rata, juga belum dipake buat goncengan, maklum masih inreyen.

Analisi ane kenapa rante nvl terkena penyakit ceng-dor, disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor yaitu

  1. Setelan rantai saat awal kurang kendor
  2. Ayunan swing-arm memiliki jarak main yang jauh
  3. Bobot rider yang berat
  4. Jalan yang bergelombang/rusak
  5. Torsi mesin yang besar
  6. Perlakuan rider yang kasar, engine brake yang berat, gas spontan yang sering dilakukan.

Ketika bobot rider berat, maka saat melewati jalan bergelombang motor akan naik turun dan berayun. Jika terjadi harmonisa antara ayunan motor dan betuk jalan yang bergelombang, maka ayunan akan maksimum dan simpangan swing arm juga akan maksimum (bahkan tidak jarang monosok sampai mentok). Jika rantai di-setel untuk kondisi normal, maka saat simpangan swing arm maksimum, rantai akan mengalami ketegangan yang berlebihan. Karena ketegangan terjadi tidak merata, seiring dengan ayunan swingarm, maka akan terjadi peningkatan tegangan yang tidak merata pula pada rantai, sehingga rantai menjadi renggang dengan tidak merata. Kejadian ini merupakan salah satu penyebab rantai cengdor, kenceng-kendor.

Cara mengatasinya adalah dengan :

  1. Membatasi gerak ayunan swing arm, dengan memperkeras pegas monosok
  2. Mengurangi moment tekan pada swing arm, dengan sedikit memajukan poros/as roda belakang, CoG sedikit berubah.
  3. Men-setel rantai lebih kendor dari biasanya (untuk mengantisipasi ayunan swing arm maksimum) dengan dibantu oleh tensioner rantai.

Hal itu diterapkan ketika rantai masih baru, tapi jika rantai sudah terlanjur ceng-dor ya terpaksa tinggal menggunakan cara ke-3, yaitu memasang tensioner rantai. Dan hal ini yang ane akan lakukan ke nvl ane, karena dah mulai berisik, sangat terdengar kalo jalan pas jejeran dengan mobil, suara rantai terpantul body mobil sehingga semakin terdengar. Berhubunga memang karakter nvl memang membutuhkan tensioner rantai, ya sudah, saat jalan2 ke comboran ane cari tensioner rantai tersebut, kira2 barangnya kayak gini.

tensioner rantai

Dan inilah kondisi setingan rantai nvl ane yang optimum (paling ok), saat normal

posisi rantai nvl normal

Dan saat diberi tekanan, kelihatan jauh jarak kekendorannya

posisi rantai nvl tekan

Dapet tensioner rantai warna merah, dan saat dipasang ternyata kekecilan bro, salah ane juga bro nggak bawa motornya (nvl) saat beli tensioner. Posisi baut pengikatnya nggak muat untuk swingarm NVL yang relatif lebih lebar dibandingkan motor2 sport lainnya.

tensioner rantai kekecilan

Ya udah, daripada nggak kepake dipasang di CS1 saja. Rantai CS1 juga sudah ceng-dor, tapi umur CS1 memang sudah lumayan lama, rantai masih ori sejak 2009, udah 5 tahun bro, jarak tempuh 29000 km. Berikut ini alat2 yang dibutuhkan, kunci heksagonal, isolasi untuk melindungi cet swing arm agar tidak lecet kena tensioner.

tensioner rantai merah

Terpasang di CS1

tensioner terpasang di cs1

Sementara rantai nvl ane masih ceng-dor, kapan2 kalo ada rejeki dan kesempatan ane akan beli yang sesuai dengan nvl, baik warna maupun ukurannya. Yang jelas (menurut ane) nvl memang membutuhkan tensioner rantai agar power bisa disalurkan ke ban belakang dengan sempurna.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

38 Komentar

  1. pake yg tensioner 25rb aja om, atau pake yg model klx… soalnya yg tensioner model gt gak masuk di swing arm nvl yg gede….. rante ori nvl punya ane cuma bertahan sampe 30rb km… sekarang udah ganti sinnob… gak berisik n lebih awet kayaknya….

  2. ha ha ada ada saja pak.dosen ini, malah cs1 ahirnya, pak setahu saya memang ada gir set yang dari baru udah kenceng kendor gitu, dulu girset ahm bungkus biru punyanya astrea grand

  3. My CS1 sebulan lagi 5 th km 33rb sudah mulai jajan
    1. Accu mulai tdk kuat utk starter.
    2. Rante minta ganti.
    3. Kampas kopling jg.

  4. rante OV saya tahan 30rb+++ baru ganti, jarang cengdor, padahal pakai ban 120 velg 3.5 inch pak dosen.

    mungkin berat di dosa x 😀

  5. Pake helm fullface yg ngepas bgt di kepala.. Jd ga terlalu kedengeran suara berisiknya.. Untuk setel rantai NVL memang lebih baik dilakukan sendiri dan jgn lupa melonggarkan dudukan cakram.. Jgn mengandalkan bengkel karna ane uda 2x di bikin kesel gara2 rantai kekencengan dan ban terasa miring yg mengakibatkan hendling jd tidak stabil..

  6. iya betul bgd kang ane pengguna tensioner ranti baek d tigi maupun d nvl ane pasang.. keuntungannya kalo lg malas kencengin rantai aja neh rantai tetep bekerja dg baek walaupun kendor karna ketahan alat tersebut,,
    tp perasaan ane tarikan agak lambat ya kang apa cm perasaan aja hehe

  7. duh NVL saya rantai nya berisik bener .apalagi pas masuk jalanan yg berlobang kayak ada bunyi klotak-klotak gitu gak enak banget di denger apa lagi shock belakang terlalu lunak kalau pas jalan si NVL nya terlalu ngayun gak nyaman kayak naik kerobak aja.tolong perbaikin lagi ya new vixion afar lebih nyaman saat berkendara

  8. Gan, mau tanya, setelah pasang stabileser rantai kok malah brisik ya… Ada solusi, pemasangan salah mungkin atau gimana?

  9. w udah ganti rante new vixion dg rante set sss ukuran 14-45-428. kok .masih kenceng kendor iya. w udah bomgkar stel ulang tp msih begitu..
    penyebab ya apa yah ..pencerahan dong

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. [DIY] Penanganan Rantai dan Gir | motorgoodness
  2. Rider NVL Harus Telaten Ngerawat Motornya, 2 Macam Kasus Lagi Mengancam NVL (New Vixion Lightning) | motorgoodness
  3. Gejala Rantai Kendur, Kencangkan Sebelum Merusak Komponen Lain | motorgoodness
  4. Jupiter mx cengdor ? nyata adanya !! – Hanif Mufid

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan