Kawasaki Pengen Ngirit, Ninja250 RR Mono Berbasis Mesin KLX 250 UpGrade

[Sumber : tmcblog]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Baru saja kawasaki ninja 250 rr mono dirilis, baik penampakannya maupun spek nya. Dan ternyata spek bore x stroke persis dengan mesin klx 250 (72 mm x 61.2 mm), hanya saja kawasaki meng-upgrade posisi rpm power maksimumnya dan CR-nya. Sebelumnya pada mesin klx 250 pada 7500 rpm dengan CR=11:1, powernya adalah 21.7 hp.

performa engine klx250 std

Kemudian pada mesin ninja rr mono dengan menggunakan basis mesin yang sama di-upgrade dengan menaikkan kompresi menjadi 11.3 :1,  serta dengan meletakkna power max nya di 9500, maka powernya menjadi 20.61 kW (28 ps).

spek ninja250 SK stock v0

Bener2 difersifikasi engine yang murah-meriah, sekarang mari kita lihat piston speed-nya

spek kawasaki ninja250 rr mono pistonspeed

Jika diperhatikan posisi redline speedometer-nya yang berada di 10500 rpm,  dimana piston speed-nya 21.42 m/detik, sudah melebihi batas maksimum harian. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas ring-piston dan silinder rr mono ini tidak main2, kelas atas bro (mungkin sudah dilapisi nikasil).

speedometer kawasaki250 rr mono

Dengan capaian rpm yang tinggi ini maka topspeednya juga akan jauh lebih tinggi dari klx250, perhatikan tabel berikut

topspeed kawasaki ninja250 rr mono

Demikian performa dari ninja250 rr mono, gimana bro ? tertarik ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

24 Komentar

  1. Askum…
    Bro tanya donk…
    Itu bore lebih gede kok torque lebih rendah dari CBR yg borenya lebih gede ya?
    Trus pencapaiannya max torque juga menang CBR di RPM lebih rendah?

    • wa’alaikum salam wr wb.
      ukuran bore cbr 250 adalah 76mm x 55mm, jadi borenya lebih besar cbr250 dari pada rr mono.
      tapi karena cbr250 sepertiya bukan buat balapan (perhatikan ergonomi-nya) maka kailan torsinya berada di rpm yng lebih rendah.

  2. kompresi tinggi + stroke panjang apakah pasti = akselerasi mantap ?
    Apakah top speed akan jd korban?
    & gimana jika kompresi diturunin jd 10,x ?

  3. bener2 motor sport yg sangat longstroke yg haram aplikasinya utk gen sport…..kata sebagian orang, kecuali cbr250 dengan stroke 55mm.

  4. Karena beda peruntukkan kawak pasti menyesuaikan dengan karakter habitat alaminya. Regardless berapapun max hp / torque antara klx vs rr mono
    – klx itu habitat alaminya dilintasan light off-road/jalanan jelek. Powerband diset sempit antara max torque-max hp agar mudah mengail tenaga. Klo nggak salah klx max torque di 7000rpm, max hp di 7500rpm cmiiw.
    Powerband sempit mirip motor kompetisi on-road bedanya diset dirpm atas yang setinggi-tingginya (putaran bawahnya loyo).
    – rr mono habitat alaminya on daily road. Powerband diset agak jauh antara max torque-max hp. Gunanya untuk memperpanjang nafas pemakaian harian.
    Mau tenaganya sama / beda, mau gedean tenaga klx atau gedean rr mono selama basis mesinnya sama ya top speed klx gak akan bisa melebihi rr mono.
    Bayangkan kayak apa jika klx std mampu lari 153kpj dengan ban standar paculnya. Gak ada fairing + posisi setang tegak agak sulit buat nunduk hehehe..

  5. Apa mungkin nyampai mas dengan harga sebegitu kawasaki memberi spart yang speknya lebih tinggi dari motor harian biasa,terus dimana ambil untungnya?

  6. kalo di jalanan sih imbanglah, gimana jokinya aja
    kalo di sirkuit gimana duit
    jadinya UUD (ujung-ujungnya duit)
    kalo power dan torsi di jalanan kaga begitu ngaruh, liat aja truk tronton di salipin ama matik/bebek. padahal trontonnya torsi segede gajah bengkak…. (ahihihihih)
    jes kidding

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan