KKK 01 (Kisah Kecelakaan Ku)

dlosor2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk semua, semoga kita semua selamat di jalan.

KKK ini ane share tidak bermaksud apa-apa, akan tetapi ane sangat berharap jangan sampai kejadian yang menimpa ane terjadi pada bro sekalian. Jadi kita belajar dari kesalahan orang lain. Kisahnya sebagai berikut… Kejadiannya kira2 tahun 1993 atau 1994 (lupa) di Malang, Jawa Timur, saat itu mau magrib agak gerimis. Ane datang dari arah patimura-stasiun kota baru-tugu-splindid. Kecepatan sedang 60-70kpj, pake honda grand black. Nikung kanan di depan stasiun aman, lurus lewat boulevard agak kenceng, nikung asyik di tugu aman, ee…. pas nikung kiri sebelah balai kota, ban belakang motor selip, motor mlintir, langsung dlosor, motor dilepas, orang dan motor dlosor sendiri2.

Alkhamdulillah mobil hardtop di depan ane ngerem ciiiit, hati+jantung ane ndredeg sambil ngeliatin lampu hardtop. Mata sedikit blawur kena sinar lampu agak susah nyari, dimana motor ane?? Pas ketemu cepet ane ambil, langsung cabut, sakit di badan nggak ane gubris, yang penting cepet kabur….malu.

analisis ane : penyebab terjadinya selip

1. Kekencengan, setelah trek lurus (kenceng) dilanjutkan dengan tikungan high-speed (kecepatan sama sekali tidak dikurangi), selanjutnya tikungan patah menuntut pengereman yang agak keras

2. Jalan licin, aspal mulus + hujan rintik2

3. Otak error, mau maghrib, otak dipengaruhi perubahan/peralihan kondisi dari terang menuju gelap. ane tau banget jalan itu beserta tikungan2nya tapi karena otak agak error motor kenceng tapi berasa pelan,

4. Grip ban masih standar, cenderung berbentuk kotak, sehingga saat menikung ekstrim, grip udah kecil banget, nggak sanggup menahan gaya sentrifugal motor saat menikung.

Ke-4 penyebab tersebut bersatu, akhirnya sukses membuta ane ndlosor KKK 01 splindid

Garis orange trek hihg-speed nya, lingkaran merah tempat ane dlosor

Saran dari hasil analisis kejadian

1. Kalo mau maghrib s/d maghrib, mending berhenti nyantai, yang muslim cari mesjid untuk sholat maghrib

2. Hujan rintik2 lebih berbahaya dari pada hujan deras, karena saat hujan rintik2 aspal hanya basah, debu2 tipis + tanah malah menjadi seperti pelicin di jalan. Sebaiknya kurangin kecepatan, dan jaga traksi saat nikung (bisa dirasakan kok)

3. Profil ban sangat berpengaruh, ban kotak nggak cocok buat nikung.

ban standar 2

ban standar (agak kotak)

ban balap

Ban balap (traksi terjaga meskipun miring)

Segitu dulu sharing KKK dari ane, semoga nggak kejadian lagi buat kita semua, semoga kita semua selamat di jalan.

Semoga bermanfaat.

20 Komentar

  1. tetep musti ati2, biasanya setiap rider atau driver berebut milih jalan yang lebih baik untuk menghindari lobang, dan jika terjadi berbarengan maka akan terjadi senggolan.
    Ini juga saangat berbahaya

    • pas sampe rumah baru terasa sakitnya, banyak bagian badan yang besot2 dan bengkak2. yang besot kasi betadine dan yang bengkak kasi beras+kencur atau conterp***t.
      nggak pake banyak istirahat, langsung betulin motor, usahakan nggak ketau temen2 kalo abis ndlosor, biar nggak di-cengngin.

  2. Kebelet pi**s y mas bro…alhamdulillah sehat y, kl ga sehat ga bisa bikin artikel yg bagus dan bermanfaat..cayoo..

  3. jam segitu emang disarankan buat g kluar rumah, minggu kemaren aj kakak yg cwe ndlosor persis menit2 mau maghrib. kl kata org sunda ‘sareupna’, ada yang bisa terjemahin artinya?he..

  4. wah mantap pake grand bawanya style motogp 😀 tapi dari pengalaman pahit pun banyak hal yang didapat. Ane juga pernah jatoh bawa ug4 lagi nikung, kondisi sama cuma hujan rintik2..ban belakang fdr sport xt 130/70. selama ini nikung ga masalah pede2 aja eh ternyata walau profil ban sepertinya cocok (ga kotak) kalau hujan rintik licin juga. bener emang hujan rintik bikin jalanan lebih licin daripada hujan deres

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. [KKK] Kejeblos Lubang di Jalan | motorgoodness
  2. [KKK] Kejeblos Lubang di Jalan – UratMalu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan