[Modifikasi] GSX R150 Ketinggian, Dipendekin Saja

gsxr150-cebol-1

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Namanya juga motor masal, pasti saat dibangun disesuaikan dengan kondisi “rata-rata” di tempat akan dipasarkan. Begitu pula dengan suzuki gsx r150, disainnya disesuaikan dengan kondisi jalan, pengendara dan aspek lainnya yang khusus untuk Indonesia. Sehingga untuk negara lain bisa saja berbeda, karena kondisinya juga berbeda.

Repotnya jika kondisi yang dimiliki oleh seorang rider diluar range “rata-rata” tadi, maka harus dilakukan penyesuaian yang cukup banyak. Termasuk pada ketinggian jog (seat height), posisi stang (ergonomi) dan lain sebagainya yang bisa menjadi kendala seorang rider saat menunggangi sebuah motor, dalam hal ini gsx-r150. Dan kebetulan seorang owner yang juga rider, bersedia berbagai trik untuk memendekkan gsx-r150 jika dirasa masih ketingian [sumber]. Berikut trik nya…

Perhatikan komparasi ergonomi suzuki gsx-r150 yang orisinil dan hasil modifikasi

suzuki-gsx-r150-lowered

Hasilnya adalah :

  1. Jog boncenger (pillion) lebih rendah dan lebih datar
  2. Jog rider rebih rendah
  3. Stang lebih tinggi

Sepertinya tujuan modifikasi ini adalah kenyamanan. Karena dengan jog boncenger yang lebih rendah, menjadikan boncenger lebih mudah untuk menaikinya. Begitu pula dengan permukaan yang lebih datar boncenger tidak mudah tergeser ke depan saat pengeremen/deselerasi, sehingga mengurangi beban rider.

Perubahan posisi seat height dan ketinggian stang memberikan pengaruh penting terutama pada rider. Jog yang lebih rendah menjadikan rider bisa lebih percaya diri, karena kedua kaki bisa menjangkau tanah dengan cukup baik saat berhenti atau saat atret. Sedangkan posisi stang yang tinggi menjadikan pengendalian lebih santai. Hasil ahhir dari modifikasi ini menjadikan gsx-r150 tidak lagi bergaya full racing, akan tetapi menjadi lebih santai, atau agak touring. Tapi kok jadi agak mirip hayabusha, ya ?

Ubahan yang dilakukan, hampir sama seperti motor lainnya dalam proses memendekan seat height. Yaitu :

  1. Memendekkan jog, dengan mengubah posisi lubang link (dijauhkan, atau link diperpanjang) pada monosoknya
  2. Memendekkan bagian depan dengan menurunkan segitiga stang (triple clamp) secukupnya
  3. Menaikkan stang, posisinya menjadi upper yoke.

Berikut ini gambar ubahannya

gsxr150-cebol-modif-parts[sumber]

Ternyata untuk memendekkan motor yang menganut suspensi dengan link, sama caranya. Seperti yang pernah motogokil ceritakan untuk nvl dan new cb1150r. Kalau untuk mendekin bagian depan, hamapir sama semua untuk motor sport dengan suspensi teleskopis, yaitu mengendorkan baut-baut tripple clamp kemudian mengatur ketinggian batang sok, selanjutnya dikencangkan. Yang agak repot mungkin adalah memindahkan stang dari posisi under yoke, menjadi upper yoke, karena harus dicopot dulu, sebelum dipindahkan.

Sementara sampai disini dulu mas bro pemirsa motogokil tercinta. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

27 Komentar

  1. Misi pak dosen..
    Mau nanya oot di luar post ini dong…

    Bisa sharing ga detil cara meningkatkan VE pada motor yg karbu standarnya tipe vakum. Tanpa merubah karbu ya…

    Soal nya kayaknya butterfly valve nya cukup mengganggu deh…

    Berharap pertanyaan ini dijawab dgn satu post artikel biar kebaca.

    Terima kasih, semoga selalu dalam keberkahan. Aamiin

1 Trackback / Pingback

  1. [Modifikasi] GSX R150 Ketinggian, Dipendekin Saja — motorgoodness – QWongDjowo

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan