Suzuki Satria FU 150 FI Memang Hebat, Tapi Jangan Berlebihan

satria fu 150 fi bdg2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kadang produk motor yang sudah cukup baik, tercederai oleh pernyataan-pernyataan blunder dari orang-orang yang seharusnya menjaga image produk tersebut. Kondisi ini bisa terjadi pada semua merek, termasuk pada satria fu 150 fi yang sebentar lagi akan rilis. Kita ketahui bersama dari beberapa informasi mengenai performa satria fu 150 fi ini, yang memang di atas kertas dan di atas aspal lebih powerfull dibandingkan kompetitor (sonic150r juga mx king). Jadi tidak perlu ditambahi pernyataan-pernyataan yang kesannya berlebihan (dikhawatirkan terdengar menggelikan).

Seperti pernyataan seorang SMD Manager dari sebuah Dealer Suzuki di jawa barat. Beliau mengatakan :

Posisi harga OTR All New Satria Fi memang tidak boleh ada di bawah kompetitornya..
Beliau menjelaskan bertambah banyaknya parts ketimbang Satria Karbu, apalagi jika di bandingkan kompetitor. Memang mewajibkan OTR Suzuki All New Satria Fi lebih tinggi di banding kompetitornya..

“Justru akan jadi tanda-tanya besar jika Satria Fi yang jauh lebih canggih, jauh lebih banyak partsnya dan jauh lebih baik bahan bakunya, tapi harga OTR lebih murah atau malahan sama dengan kompetitor..”
“jangan-jangan ada bahan baku murahan di dalamnya.. ” tegasnya..

“Tapi kita juga tidak mungkin memposisikan OTR terlalu jauh diatas kompetitor, sampai tidak terjangkau..”
“Biarlah nanti konsumen memilih sendiri mana underbone yang superior, dan mana underbone murah..”

Beliau juga menjelaskan, jika sengaja membeli motor kompetitor, lalu di modif memakai parts sekelas racing yang sudah jadi bawaan di All New Satria Fi, sebut saja piston spek racing ringan, ring piston tipis, per klep tahan 14000 rpm, klep in 24 mm dan ex 21 mm (Satria karbu 22/19, Sonic 22/19, MX-King 19.5/17) trip meter, one push start, dll..
Mungkin biaya modif yang harus di keluarkan konsumen hampir 40 jutaan. Memang akan menjadi sangat murah, jika konsumen memahami benefit yang di dapat dari All New Satria Fi..

Untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, Bp. Arris memberi bocoran, OTR All New Satria Fi akan mendekati 23 jutaan saja..
Meskipun sampai minggu ini sudah menerima puluhan inden, tapi sesuai aturan PT.SIS, Dealer yang bertempat di Jl. Ibrahim Adjie 372a (kiaracondong) tersebut sampai saat ini belum berani mengirim unit tersebut ke konsumen..
“Unit sudah ready, semua warna ada. Tapi kalo pengiriman, nanti tunggu tanggal launching saja yaa.. konsumen paham kok..” ujarnya…

[sumber]

Perhatikan tulisan yang dicetak tebal, ini adalah pernyataan yang menggelikan. Menggelikan karena beberapa hal berikut :

  1. Jika harga otr suzuki satria fu 150 fi sekitar 23 juta berarti, harga net motor saja (off the road) paling-paling hanya sekitar 14 – 15 juta
  2. Dan harga mesinnya saja paling separuhnya, yaitu sekitar 7 – 8 juta
  3. Kalau diambil half-cut dari engine nya saja (silinder+piston+ring piston+head+tb+radiator), paling mahal sekitar 4-5 juta.

Jadi kalau ingin mengambil produk kompetitor, misalnya sonic150r kemudian ingin dimodifikasi dengan piston spek racing ringan, ring piston tipis, per klep tahan 14000 rpm, klep in 24mm dan ex 21mm (plus trip meter, one push start, dll), tidaklah perlu harus merogoh kocek sampai 40 juta. Kalaupun harus mengadopsi half-cut satria fu 150fi pada sonic150r, biayanya tidaklah sampai 10 juta (half cut komplit + ecu racing + jasa), itupun dipastikan powernya jauh di atas satria fu 150 fi, karena sekarang kapasitasnya menjadi 175 cc dengan power 25 hp.

Suzuki satria fu 150 fi memang sudah tepat, dengan potensi besar akan mampu mempertahankan market share bebek ayam jago. Tidaklah perlu dibumbui pernyataan, yang awalnya bertujuan menyanjung tapi ujung-ujungnya malah terdengar menggelikan. Semoga saja suzuki semakin jaya, semakin bertaji menghadapi persaingan dengan kompetitornya. Motogokil mendukung penuh kebangkitan suzuki, kayaknya tertarik meminang yang satu ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

33 Komentar

  1. pertarungan real nanti di pasar sesungguhnya.
    dan brand honda jauuuh lbh kuat dr suzuki.
    jd spek mesin doang bkn jaminan menang kompetisi

  2. Ini yang saya suka dari blog ini, benar2 pencerahan dengan memakai data dan keadaan sebenarnya dilapangan. Bukan sekedar asumsi pribadi belaka. Keep posting pak guru

  3. sy ini pengguna brand suzuki, tp kl bece lebay gini sy pun jd antipati. yakin ajalah kl produk bagus pasti d cari konsumen. yg penting seles pintar ngejualnya.

  4. saya penggemar suzuki dari taun 90an mulai jmn crystal,tornado gs,rgr 150,satria 120,shogun110,fu sampek thunder 125 pernah punya tapi klo menyanjung sijuki gak selebay laskar sungjuki. wat te pak memalukan apalagi pake kata ada ABS versi murahannya hadeehhh!
    #tepok pantat

  5. menurut sy masih wajar kok…slogan iklan yg paling menggelikan itu siapa hayo yg mulai ? awal Beat bersaing dgn Mio muncul : Matic Ya Honda, MX135 muncul : dicounter dengan slogan : Motor Ya Honda…besok mungkin akan ada : Motor Sport Ya Honda…

  6. matiin vn gampang buanget kawak 150 dohc 18ps harga awal ambil untung tipis 20 jt..lah tanpa saingan berarti (ncb dijual lbh mahal -> sengaja laaaaah harga ga ngelawan, sukses lahhhhh ym jual mesin bebek sohc 5 speed 23 jt) kwkkkkwkkkk untung gede mennnnn

  7. 40 jeti mending gw beli ninja 150rr yg kecepatan’a sudah di pastikan jauh diantara 2 merk itu kualitas jgn di tanya ngomongin rangka plus elasan sudah pasti jauh beda welahwelahwelah ngigo kang manajer’a ngomonk’ ketinggian bisa” konsumen jd males krn kesombongan’a dia bicara sungguh sangat di sygkan 🙂

  8. dari awal klahiran Satria FI smua sdh tampak lebay. Screenshot muncul utuh lagi parkir manis dr bln okt-2105. Hingga ke hasil balap internal, fitur dll. Puncaknya ketika ada yg buka kl suzuki bingung kasi bandrol brapa buat Satria FUFI, krn Sonic kemurahan hasil subsidi silang dr NCB.
    Pertanyaannya :
    1. Harga Sonic terbnetuk dari Satria Euro 3, AHM ga pernah blg Satria kemurahan
    2. Sebelumnya ada statement Satria FU FI produk dewa, material no 1, radiator segede gaban, vendor terpilih bukan abal2. Sonic produk kualitas ampas, Kl memang begitu ya sudah bikin produk ampas aja biar harga sekelas sama sonic, koq malah nuduh disubsidi silang dari NCB?

    Padahal brand Suzuki bt saya masih pabrikan yg waras, jarang BC, produk masih memuaskan. Tp krn hal di atas, agak ilfil juga ya.

1 Trackback / Pingback

  1. Sonic150R + Halfcut Engine Satria FU 150 Fi, Maknyoooss | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan