Aktifitas SWAT Honda Dicurigai Kompetitor..Wajar Sih

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sebuah tim sebagai organisasi kecil, tentunya punya tujuan, beitu pula dengan tim SWAT (Sport Winning Army Team). Jika dilihat dari nama tim nya, sangat jelas bahwa tim ini bertujuan untuk memenangkan motor sport honda (ahm) mengalahakan kompetitor, siapa lagi kalau bukan motor sport yamaha. Dan biasanya dari tujuan inilah dirancang beberapa kegiatan jangka pendek, menengah dan panjang.

Menurut informasi iwb, salah satu kegiatan tim swat ahm ini adalah

“Melakukan counter strategi “, tentunya terhadap pergerakan produk kompetitor misalnya melakukan counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat.

Adapun istilah counter strategi secara umum (menurut motogokil) artinya melakukan strategi untuk melawan strategi kompetitor. Jika kompetitor ingin mem blow-up info perilisan motor sport, maka tim swat akan melakukan strategi agar suaranya tidak terlalu kencang. Bagaimana caranya ? 

Caranya bisa berbagai macam, ada yang santun ada yang tidak santun. Yang santun misalnya ketika kompetitor akan merilis motor sport baru, maka tim swat mengatur agar ahm juga melakukan hal yang sama (merilis motor sport yang baru, membuka spyshot, memberikan bocoran dan lain-lain) sehingga perhatian pemirsa terbelah. Dan jika produk ahm lebih value, tentunya sebahagian besar pemirsa akan lebih tertarik kepada produk ahm dibandingkan kompetitor. Dan masih banyak cara santun yang lain seperti pengenalan teknologi produk, peningkatan service after sales dan lain-lain.

Cara yang tidak santun dalam rangka counter strategi juga ada, bahkan banyak, dan sifatnya lebih mudah untuk dilakukan. Cara-cara tersebut seperti yang dikatakan om leo dalam artikelnya

AHM melakukan aktifitas penggalangan (dis-informasi, black campaign, sabotase nama baik)? Saya merasa sulit percaya: Apa iya sampai begitu sih?

Karena kalimat ini masih diberi tanda tanya, maka bolehlah dianggap sebagai dugaan yang jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Bisa saja tim swat tidak melakukannya, tapi sebaliknya melakukan dengan cara yang santun. Kemudian dilanjutkan oleh beliau dengan kalimat yang sifatnya konstruktif, bagus, dan mengarahkan agar semuanya berjalan baik.

Akan tetapi, sayangnya beliau masih terus melanjutkan, sehingga sampai pada kalimat yang menggambarkan kecurigaan atau suudzon yang ditujukan pada tim swat ini

Tapi kalau sumber informasi Kang IWB itu benar, bahwa perusahaan besar harus sampai melakukan tahap penggalangan diatas, berarti terjawab kenapa kok bakar-bakaran berlarut-larut dan semakin menyesatkan.

Menurut motogokil om leo telah sengaja mengarahkan bahwa arti dari counter strategi adalah semua yang bersifat tidak santun (negatif), yaitu dis-informasi, black campaign, sabotase nama baik, sesuai definisi yang diberikannya pada kalimat sebelumnya. Yang mana hasil dari kegiatan ini adalah bakar-bakaran berlarut-larut dan semakin menyesatkan. Beliau sama sekali tidak memberi peluang bahwa counter strategi juga bisa dilakukan secara santun, seperti yang ane contohkan.

Tapi namanya juga persaingan dalam berjualan, jika ahm punya tim swat, bisa jadi semua pabrikan juga punya tim yang serupa. Jika swat melakukan couter strategi, mungkin saja tim pabrikan lain (entah apa namanya ) juga melakukan hal yang sama. Karena ilmu seperti ini bersifat umum, maka siapa saja yang kompeten bisa melakukannya. Jika tim swat dicurigai telah melakukan dis-informasi, black campaign, sabotase nama baik, jangan-jangan seperti itu pula yang dilakukan oleh tim kompetitor.

Sumber-sumber telah motogokil link-kan, silahkan dinilai sendiri apa yang telah mereka tuliskan. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

113 Komentar

  1. Dari pengamatan saya tahun 2009 sd sjrg.malah banyak yim BC dari merek yamaha.sweaar.cek saja total komen di blog otomotif indonesia ini.banyak bgt fby seperti ibarat “LAlat ijo cari koreng”

    • Tim swat ngahem itu anti dari tim Sewot aka BC-an tetangga sebelah kali om. Jika itu yg dimaksud dari thn 2009 sampai sekarang.
      Btw best propaganda adalah seringnya penyampaian berbohong/pengrusakan nama baik yg dibungkus gosip dan berulang2. Maka semua org pasti akan percaya. CMIIW

  2. pak motogokil mau tanya dong tentang dimensi knalpot. apa pengaruhnya lebar silencer terhadap performa. kalau panjang pendeknya kan sudah tau..
    misal silencer lebar tapi pendek (like cb150r) vs silencer panjang tapi kurus (vixion, cs1,dll). atau panjang + lebar vs panjang + kurus. lebih efektif mana jika dipakai untuk harian. (asumsi dimensi pipa header sama).
    terimakasih

    • terus terang belum punya ilmu tentang pengaruh silencer terhadap performa
      yang ane tahu silencer gunanya untuk meredam suara motor harian, kalau di event balap nggak perlu silencer
      sepemahaman ane, baik total volume pipa (header) maupun silencer harus mampu menampung dan melewatkan semua volume gas tanpa perlawanan (kecuali memang diinginkan)
      jadi besarnya volume silencer dan besarnya diameter nya, ada perhitungannya (belum tahu) terkait dengan power maksimum mau diletakkan di rpm berapa

  3. Ekekekek pabrikan besar harus pake team SWAT segala utk mengalahkan pabrik suling..
    Harusnya pakai blogger macam pak dosen ini udah cukup

    • yamehek tu maling teriak maling…..
      bukannya tim bece yakampret yg sering nyerang produk honda….?
      setelah bece yakampret gak mempan dan ms makin kepepet ,eh sekarang malah ngeles dan nuduh yg bukan2…

      moga honda makin jaya

  4. Bukanya mereka melakukan hal yang sama terutama dua pabrikan besar.
    Sekelompok nickname saling mencaci maki, fitnes, menjelek2kan pendapat orang lain, mengiring opini menyesatkan, secara masif dan terstruktur, bingungnya bcnya kadang ngak relevan dgn produk saingannya.

    Ada juga orang dalam/pejabatnya curhat misalnya lesunya penjualan produk mereka yg berdampak pada phk atau
    marah2 produknya dijelek2in, masalah dohc vs sohc, masalah usd, vcd bajakan. Macem2 caranya.

    Banyak pembaca & bloger yg akhirnya bersimpati dan terbawa emosi, pro ke A ke B atau ke C.
    Saya kira dari dulu sengaja disetingan begitu untuk mengadu domba.
    Trik lama jaman kompeni itu sih.
    Netral aja lah jgn mau terjebak….. Xixixixixixixi

  5. Tim BC dah trdengar mulai jaman empu gandring, fan smua dah tahu
    Tp anehnya tim BC mlh mmbantu penjualan kompetitor, smakin di BC smakin laris

  6. Biasalah itu blog sebelah pak dosen. Penulisnya kan seperti yg ente pernah bilang nggak paham dan harap dimaklumi.
    Dosen brilian nan jenius bin nggak pernah salah kok dilawan. Bukan begituh? Ngahahaha

    Seperti komen ane ini kalo dilolosin moderasi syukur, nggak dilolosin juga gpp. Cukup tau aje ngahahahaha

    Any kuesyen?

    • emangnya pernah komen ente nggak lolos ?
      kalau ada komen yang nggak lolos, maka pada saat itu dipastikan yang komen lagi ngigo, ngelamun atau lagi kacau pikirannya sehingga tulisannya ngawur dan tidak santun

      • Ngahahahaha. Ya dari anenya ya susyeh membuktiken pernah ada komen ane yg pernah nggak dilolosin. Lha ngadminnye pan ente pak dosen ngahahaha.
        Lagipula, ane kagak pernah komen ngawur dan nggak sopan santun. Ane pan komen diblog ini bukan dari kemaren sore.
        Dan Lagian seperti yg ane pernah bilang, nggak dilolosin juga gpp. Ane nggak BAPER kok ngahahaha.

        Any kuesyen?

  7. Akan tetapi, sayangnya beliau masih terus melanjutkan, sehingga sampai pada kalimat yang menggambarkan kecurigaan atau suudzon yang ditujukan pada tim swat ini

    Tapi kalau sumber informasi Kang IWB itu benar, bahwa perusahaan besar harus sampai melakukan tahap penggalangan diatas, berarti terjawab kenapa kok bakar-bakaran berlarut-larut dan semakin menyesatkan.

    Menurut motogokil om leo telah sengaja mengarahkan bahwa arti dari counter strategi adalah semua yang bersifat tidak santun (negatif),

    =======

    Atasnya bilang om leo suudzon…dibawah ikutan suudzon ke om leo hahahahhaha 😆

    • coba perhatikan sekali lagi tulisan om leo
      kalau ………benar…, berarti….terjawab
      bagaimana bisa sesuatu yang masih “kalau…benar” dijadikan jawaban
      motogokil bukan sudzon, hanya memperlihatkan saja tulisannya (ini fakta dan nyata) dan memberi sedikit pengantar agar pembaca faham
      kalau tetap tidak faham dan dianggap suduzon ya monggo, tentunya sudah terlihat kemana komentator berpihak

  8. hehehe iki enaknya ngobrol langsung sambil ngopi dan makan ketan bakar.

    kata2 “counter strategi” sendiri memang adalah kata-kata netral. Dia tidak punya konotasi negatif atau positif.

    Kalau mengatakan “melakukan counter strategi dengan mendorong kampanye produk AHM di kelas Xabre” nahh itu yang santun dan bagus. Masuk itu contoh2 dari mas Motogokil. Misalnya “AHM launching X, motard bike dengan kemampuan x,y,z di kelas 150cc”

    Tapi kata “counter strategi” dalam kalimat “melakukan counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat” itu sulit lari dari interpretasi negatif.

    Sumber dari Kang IWB menyatakan itu. Saya justru mempertanyakan.

    Wis to, nanti kalau saya balik ke Indonesia, kita ngobrol langsung lebih enak.

  9. saya tambahin contoh “counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat” misalnya dengan memperbesar gaung:
    1. “harga USD 15 juta rupiah, lalu harga motornya sendiri berapa”
    atau;
    2. “mesin Xabre itu mesin SOHC kuno stock pabrik yang bertumpuk”
    itu bentuk ‘counter-strategi” yang negatif.

    Saya bolak-balik mengatakan: meragukan. Saya justru Husnudzon.

    “TAPI kalau yang dikatakan sumber IWB BENAR, BAHWA perusahaan besar (note: tidak hanya dan harus AHM lho) harus SAMPAI melakukan tahap penggalangan DIATAS, BERARTI terjawab kenapa kok bakar-bakaran berlarut-larut dan semakin menyesatkan.”

    Saya melakukan penyempitan scope perbuatan: kata “DIATAS” merujuk pada dis-informasi, black campaign dll.

    Saya juga dosen, meskipun baru sejak 2006, mengajar di pendidikan kepolisian di Semarang dan Bandung. Sebagai sesama pengajar mari terus kita sebarkan hal yang baik terutama untuk teman-teman biker semua.

    • om LEO panjenengan DOSEN sing pinter tapi ora keminter tur ora ngeyel

      beda sama yg pnya WARUNG

      ngeyelnya minta ampun.,

    • Luar biasaaaaaaahhhhhhhhh…
      Udah di gempur abis-abisan dalam satu artikel…

      Kalau saja mau berfikir jernih… Artikel yang Om Leo buat tersebut justru berusaha agar tetap berprasangka Baik…

      Hebatnya si Om masih bisa jawab dengan kepala dingin, jelas dasar-dasarnya, ga ngeyel dan sok pinter….

      Yang sabar yah Om….
      😀

      • bedanya DOSEN yg DIAKUI dengan DOSEN yg MENGAKUI

        terasa sangat NJOMPLANG om?

        sing duwe WARUNG ora terima karena kasus nmax dgn VVA kalah telak,,.

        siki arep maning

        tobatmu kapan kill

        • wah pendukung om leo serius banget
          om leo nya aja santai
          he he he kasus vva masih inget saja, coba diinget2 siapa yang salah tafsir duluan (monggo dilihat rujukan artikel), motogokil mah cuma ngitik-ngitik

          dan kalau mau tahu siapa yang dosen yang diakui atau bukan tinggal ketik di google
          NIK/NIP (nama)

          yang tobat tuh yang bersalah, ane mah selalu tobat setiap hari, karena memang sangat banyak salahnya
          bahkan saat bikin artikel ini ane dah langsung tobat, karena yakin pasti banyak yang kurang/salah fahan

          sekarang tinggal ente yang tobat karena mungkin telah salah dengan kalimat ini
          ” bedanya DOSEN yg DIAKUI dengan DOSEN yg MENGAKUI ”
          siap tobat nyong ???

    • Coba anda baca artikel nya kembali, jangan terpengaruh oleh hasutan komentator yang tidak kompeten
      Dalam artikel sudah dituliskan bahwa anda sudah benar di satu bagian
      Tapi yang kemudian menjadi hangat dibicarakan adalah ketika artikel tersebut membicarakan
      “penyempitan scope perbuatan: kata “DIATAS” merujuk pada dis-informasi, black campaign dll.” (istilah anda sendiri lho)
      karena info dari iwb sendiri masih anda ragukan kebenarannya dengan kata2
      “TAPI kalau yang dikatakan sumber IWB BENAR”

      Bagaimana mungkin anda berani melakukan penyempitan sebuah kata-kata yang awalnya netral, seperti yang anda katakan sendiri
      “counter strategi” sendiri memang adalah kata-kata netral

      Padahal anda masih ragu dengan referensi yang digunakan. Kecuali anda punya bukti otentik bahwa benar tim swat telah melakukan counter strategi dalam bentuk sempit seperti : dis-informasi, black campaign dll

      Apalagi anda juga mengatakan “counter strategi” dalam kalimat “melakukan counter strategi agar gaung Xabre tidak terlalu mencuat” itu sulit lari dari interpretasi negatif.
      Kalimat ini lebih tendensius lagi, karena anda memahaminya sebagai “sulit lari dari interpretasi negatif”

      Kalau memang ada data otentiknya, its ok, anda berada pada posisi yang benar.

      Kalau mau ngopi2 bareng monggo, ane gampang kok dicarinya, tulis saja nama ane di google
      sepertinya senang ngobrol=ngobrol dengan anda, karena ane juga punya teman yang selalu punya berita dengan kualifikasi A1, barangkali nanti bisa kerja sama

    • Contoh counter strategi..kejadian fork kawasaki er6 patah katanya nge rem mendadak menghindar orang menyebrang dari kecepatan 90km/jam di Losari. dimana berita itupun tidak dibuat oleh yg bersangkutan pemilik er6 tsb. dipasang di sosmed oleh orang yg bukan pemilik dan di estafet kan oleh blogger
      Belum pasti kejadiannya sperti apa,. dan lucunya bloger sdh membuat penilaian sendiri bahwa motor er6 bobotnya terlalu berat, dg itu dihindari rem mendadak

      • yang harus dikedepan kan adalah kejelasan dari peristiwa yg diberitakan. apabila belum pasti baiknya jngn ditayangkan dulu.

        kalau memang benar seperti yg diberitakan, no problem. tpi gimana kalau tdk tepat seperti yg disampaikan.

        fork patah bisa terjadi terhadap motor apa pun, motogp pun dimungkinkan….tdk masalah. sejauh kejadian nya sudah jelas dari yg bersangkutan.

        kalau ditanya ke komunitas er6/ninja 650 apa fork stanchion selemah itu? nanti jawabanny… wah malahan ngerem mendadak diatas 100 -130 km/jam di jalan raya kita gak masalah, bisa di stoppie malahan. kemudian ditanya lgi ke yg suka trackday, dijawab ngerem poll dari 170-180 km tdk ada problem..

        bisa tanya langsung ke komunitas er6/ninja 650 di kaskus atau ke FB club super riders big bike jakarta. mreka banyak punya er6/ninja 650 dan biasa turing dan ada yg trackday.

        point dari semua adalah kejelasan dari kejadian sebenarnya oleh yg bersangkutan. kemudian ada hasil investigasi apa memang ada unsur factory fault, material deformed atau metal fatique, apapun itu namanya yg menerpa motor er6 tersebut.

        • Bener om.
          Suudzon duluan.. padahal sumber ga valid.. tuh gambar kan kan betebaran dmana..
          Dah dijelaskan dengan detil diartikel monkeymotoblog…
          #ahsudahlah

  10. Kaya’a semua’a juga punya tim swat kang gk di roda dua gk di roda empat bahkan di gadget pun ada saya pernah bca black campaign yg di lakukan sebuah perusahaan teknologi komunikasi yg dilakukan di taiwan utk kompetitor’a trs klau bnr terbukti di negri sana om bisa kena denda yg lumayan gede krn dh jelek”in atau fitnah produck kompetitor klau utk di indonesia sendiri gmn tuh kang hukum’a mslh bc kaya gtu ?

  11. Sepertinya ada dendam membara sejak adanya artikel nmax+vva yang pertama kali dipublish blog sebelah.

    Terus dibilang nmax+vva=ngimpi, yang berujung pak dosen dibully berjamaah ngahahahaha.

    Eh itu juga termasuk counter strategi kah?

    • wow nggak juga
      kan motogokil sudah faham siapa dan kualifikasi yang membully, nggak masalah
      karena tertarik dengan statement leopold dan iwb, makanya artikel ini muncul

      nggak apa2 kan sedikit besebrangan, supaya tidak monoton, supaya tidak seperti kerbau dicucuk hidung
      selalu bilang : “iya” dengan apa yang blogger tulis
      kan jadi seru diskusinya, coba kalao motogokil bilang leopold betul, setuju itu benar adanya…..pasti artikel rasanya akan anyep

      strategi ? betul tapi bukan kontra strategi swat
      akan tetapi strategi blogger mengajak komentator berpikir, supaya otaknya anget dan semakin pintar

  12. sebenernya smua pabrikan pasti pny tim strategi masing2, mau swat kek, tim BC kek, pasti ada. Lucunya ada blogger yg slalu mereview smua produk bagus dan mengangkat pabrikan tertentu dgn irama tertentu, tiba2 dia blg “Pabrikan A pny tim SEWOT”. Aneh ya?

  13. ojo ngono mas sampeyan

    melasi sing duwe warung

    mending dajak ngopi aja

    biar relax

    jgn lupa tuh kopinya dcmpur Sianida

    brgkali yg pny wrung bs sembuh sakitnya

    • Meski sama2 bahasa hukum, kl via tulisan tetep ada gap ato disparasi. Kl ngomong langsung kan jelas penekanannya dmana. Wajar aja terjadi.

  14. akan baik kiranya jika komentator2 panas ini bersedia memperhatikan bagian ini
    ..-tidak memberi peluang bahwa counter strategi juga bisa dilakukan secara santun, seperti yang ane contohkan.-

  15. pendapat sy yg bukan apa-apa dan awam ini, apa lgi ketik di google yg ada muncul arena sabung ayam :D, counter-strategi tergantung dari apa yg di counter. organisasi terorist pun mungkin punya tim counter-strategi untuk menjatuhkan hegemoni atau dominasi pihak yg dianggap lawannya. misalkan isis bisa jadi punya tim sperti itu.

    sperti yg sdh disebutkan pk Motogokil diatas, counter-strategi utk meredam ketertarikan/ethusiasme publik terhadap produk kompetitor ada dua cara, yg santun dan yg tidak. yg santun counter dg produk yg dianggap lebih superior, misalkan design mesin, fitur elektronik motor dll. yg tidak santun, menayangkan/memberitakan aspek negatif motor yg belum tentu kebenarannya.misalkan beberapa parts motor yg digunakan grade nya sangat inferior. padahal belum tentu sperti itu real nya.

    Contoh kemarin USD fork yamaha xabre 15jt yg jdi hit. misalkan sy coba menulis tentang USD fork xabre dg cara tendensius menjatuhkan, sedangkan belum tentu kebenarannya. kecuali memang ada maksud mencari pembaca sebanyaknya.

    jdi counter-strategi bisa dilakukan dg cara pantas atau sebaliknya. kembali kepada orangnya ingin lebih mengedepankan yg mana secara etika.

    point nya sikap netral, bijak menghargai lebih penting dimana hal tersebut diperlukan oleh kita sekarang ini. krena sy sendiri seperti yg pk Leo sebutkan, tidak ada hutang apapun terhadap pabrikan motor yg kita miliki, dg itu kita harus kampanyekan. bukan nya gak boleh tapi alangkah bagus nya dg cara yg pantas/santun. kecuali ada hal2 lain.

    sy orang awam, klau salah persepsi harap dimaklumi…peace be upon us

      • intinya misalkan ternyata hal itu gak benar kan jdi repot.

        tapi kembali ke sy, misalkan sy memang merencanakan menulis utk membangun opini yg subjektif atau ingin mencari hit mengumpulkan jumlah pembaca ya bisa aja.

        tapi sy yakin para pembaca melihat suatu hal didasari sikap bijak, respek, tanpa fanatisme atau ke aku an. dg itu bisa meng analisa secara rasional dan dingin, mana yg benar dan mana yg sebaliknya.

      • ngoaahahahahaha

        ini die nih tim SWAT si mmm

        itu awalnya kesalahan dari detik.com

        lalu tersebar lah BC dari tim SWAT yg tersebar juga ke artikel di warung ini (walaupun sudah dihapus)

        😀

    • bela honda ? nggak juga, mungkin ane malah menyelamatkan om leopold
      suatu saat ente akan faham bahwa orang yang berseberangan sering memberikan koreksi yang membangun
      dan banyak (justru) seorang pendukung, pemuja, yang perkataannya menyanjung, tapi pada akhirnya menjerumuskan

    • klo nulis gituan ya kyk ayam Vs telor, tinggal dibalikin, ngapain IWB nulis gituan 😀 😀

      namanya ada sesuatu yang menarik ya wajar di jadiin artikel..sekelebat org ngebaca yang ditulis om leo juga pasti mikir wah.. brarti bener SWAT melakukan yang haram haram, padahal om leo juga mempertanyakan itu bener atau engga, cuma yang lebih panjang dijelaskan yang ” klo tim SWAT melakukan yang haram haram” padahal klo om leo menjelaskan juga dibagian “apakah bener tim SWAT melakukan itu ” dengan memasukkan argumen klo melakukan itu jelas jelas melanggar core value sebuah corporasi besar (gua haqqul yakin AHM punya core value yang terkait yg dibilang harom harom tadi) , dan dijelaskan core valuenya seperti apa, semua bakal mikir bener atau engga tim swat seperti itu, sama sama mikir dan menganalisa. dan klo org yg bener bener kerja di perusahaan yang memegang teguh core value korporasi yang dimiliki, pasti tau konsekuensi pelanggaran core value, kecuali sales kentir tukang BC atau pengangguran mana ngarti Core Value, ngoahahahahahahahahaha 😀

  16. om gokil kau nyelametin om leo. hahaha. Om mending bikin artikel ngaji islam aja deh. misal judul ‘mudorot dan manfaat bikin artikel yang mamancing kontroversi’ walaupun yg bikin artikel dah tahu bakal memancing

    • Bikin dong bro.ditantang yg punya warung nih… ayo omonganmu dan tindakanmu klo gak berguna yg sama saja ta*. Msih mending ta* sapi untuk kompos.tanaman subur.

  17. Menurut motogokil om leo telah sengaja mengarahkan bahwa arti dari counter strategi adalah semua yang bersifat tidak santun (negatif), yaitu dis-informasi, black campaign, sabotase nama baik, sesuai definisi yang diberikannya pada kalimat sebelumnya. Yang mana hasil dari kegiatan ini adalah bakar-bakaran berlarut-larut dan semakin menyesatkan. Beliau sama sekali tidak memberi peluang bahwa counter strategi juga bisa dilakukan secara santun, seperti yang ane contohkan. (motogokil)

    ################

    Inikah bentuk protes dari blogger nganu terhadap artikel Mas Leo? Kok jadi motogokil yang panik yah? Tim SWAT nya nganu saja adem ayem, atau jangan-jangan? Akh sudahlah…

    😆

    • he he he…ente kayak baru main ke motogokil.com aja bro
      ente salah besar, jika motogokil dianggap panik dengan artikel leopold
      malah justru sebaliknya tim (sejenis swat) milik yamaha, mungkin yang panik dengan artikel motogokil
      mau bukti ?
      Coba perhatikan ketika artikel motogokil, menyentil sedikit saja pihak yamaha (motor, tim motogp, blogger pendukung dll) maka komentator (mungkin juga tim “swat” nya yimm) menyerbu motogokil dengan komentar dan hujatan, lihat ..sekarang komentarnya sudah sampai berapa ..
      Tapi coba perhatikan pula ketika artikel motogokil “mengelus-elus” yamaha, sepertinya mereka tenang duduk manis di depan komputer/smart phone
      https://motogokil.com/2015/09/18/mt15-menggunakan-engine-vixion-adalah-sesuatu-yang-sangat-wajar/

      Sekarang sudah tahukan siapa yang panik ?

      • TIM SWAT (sejenis) dari Y ??? emang ada ??? coba dong bukti dan analisanya !!! Dan gimana yang MS 70% masih saja memerlukan TIM SWAT SWAT an segala yah ??? Ingat Y itu kecil loh bagi sebagian kalangan di H, kok masih perlu TIM SWAT Kojel.

        😀

        Akh engkau pelintir saja…, propaganda itu biasa dilakukan TIM SWAT nganu ketika tampak belangnya.

  18. nih blog kahn maunya kelihatan netral, tapi ya sud lah…liat aja produk2 non HOndut yang dibahas dimari, nggak ada benernya, sampe bisa menerawang jauh ke depan bagaimana pabrikannya….mau nggak mau kalo sudah nancep di hati mah susah,sudsah nerima masukan dan susah menerima kebenaran dari pihak lain….
    mau bilang netral kok secara awam condong ke pabrikan terbesar ya…

    Nilai sendiri nih…UDAH TEST DEWEK BLOM?
    https://motogokil.com/2016/02/08/suzuki-satria-fu-150-fi-memang-hebat-tapi-jangan-berlebihan/—

    HEBAT BISA TAU ISI PABRIKAN….

    https://motogokil.com/2016/02/07/ketika-yamaha-mulai-tidak-percaya-diri-dengan-engine-sohc-yamaha-akan-mengeluarkan-engine-yang-dahsyat/

    QUOTE
    Kata siapa membicarakan engine dohc, basi ???

  19. Bakar-bakarannya harusnya bisa lebih seru lagi & semakin panas. Sayang kebanyakan para FB penyerang admin level nya masih dibawah yang punya warung.

  20. Tapi lucunya di kolom2 komengtator blog2 roda 2 kok yg paling banyak BC kok malah suporternya garputala pak?

    Dari mbah darmo sampe sohc superior dkk
    Dari setiap artikel2 yg baru muncul di beberapa blog besar, mereka ini aktif sekali,, dan selalu hadir, lalu komen mereka gak satu dua tapi berkali kali

    • ya dimaklumi saja
      karena salah satu kesibukan mereka memang membuat komentar
      andai mereka mampu mengelola blog sendiri tentunya akan lebih baik dan lebih banyak manfaatnya

  21. Ada kejadian
    Nmax kalah sama old vario 125….
    Hebat,sama old varioh saja nmax kalah gimana sama pcx dan vario 150.
    Konsumen berdecak kagum dan bangga dgn merek varioh.
    Tapi tahu kah konsumen varioh di bore up berapa cc dan ecu di ganti ?
    Tahukah penonton video balapan liar,kalau joki dan rider keduannya.
    Tahukah siapa yg upload video itu..
    Orang team swat honda (baim)..
    Konsumen tahu apa team swat honda?
    Konsumen percaya vixion baru sebulan sudah ngebul ? (Tangki bensin nya di campur oli sama rider nya) siapa ridernya ?
    Konsumen tahu pada januari 2015 mio m3 baru satu bulan launching pelk geol geol kaya angka 8 di bawa sama ridernya kaya kesurupan nyiksa mio m3. siapa ridernya ?
    Calon konsumen dan pengguna/publik ngeri lihat motor baru ngebul dan geol geol.dj tambah opini terselubung aki soak lah,berdecit lah….
    Penggiringan opini publik lihat nmax kalah sama old vario 125,vixion 2015 facelift baru satu bulan ngebul,mio m3 pelek geol geol karena di sengaja.
    Kerjaan siapa itu ?
    Team marsal/marketing sales siapa?
    Konsumen harus cerdas dan jeli tentang video,review blog(ada bloger titipan,anggota sales motor yg anonim bloger,konsumen,atau komentar)

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan