[DIY] Bongkar New CB150R : Monoshock dan Conrod Prolink

Jpeg
Monoshock ncb150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pabrikan membuat motor dengan ergonomi yang dirancang berdasarkan kondisi rider pada “umum”nya. Sehingga jika ada rider yang berpostur khusus (tidak umum), terlalu tinggi atau terlalau pendek, maka ergonomi dari suatu motor akan terasa tidak pas. Yang paling terasa masalahnya adalah ketika rider lebih pendek dari pada postur umumnya rider di Indonesia, sehingga pastilah motor akan terasa lebih tinggi dan tidak nyaman.

Untuk memendekkan motor khususnya ncb150r dan juga nvl, dapat dilakukan dengan membalik posisi link, seperti yang pernah motogokil ulas pada artikel yang lalu. Barangkali ada yang merasakan ubahan tersebut kurang cocok, dan merasa lebih “sreg” alias lebih cocok dengan mengganti monoshock atau conrod pada prolink ncb150r. Berikut ini motogokil ceritakan pengalaman bagaimana membongkar monoshock dan conrod tersebut. 

Jika link dibiarkan pada posisi standard, maka memendekkan ncb dapat dilakukan dengan mengganti conrod dengan conrod yang memiliki jarak lubang lebih jauh, sekitar 5 mm. Cara melepasnya relatif lebih gampang dibandingkan dengan cara membalik link. Alat yang disediakan sama yaitu 2 buah kunci ring (14 dan 17) dan sebuah pengganjal ban belakang.  Berikut langkah-langkahnya :

  1. Ganjal ban belakang dengan kayu sehingga naik sedikit saja, 1-2 mm
  2. Lepas baut conrod pada frame dan link
Jpeg
Baut conrod

Sayangnya conrod dan bos dilas paten, seperti ini

Jpeg
conrod prolink ncb150r

Sehingga jika ingin, menggati haru membuang link std, kemudian ditempelkan conrod yang baru. Untuk ukuran conros std motogokil lampirkan gambar cetakannya di kertas plus penggaris sebagai pembanding.

Jpeg
Conrod ncb150r dan penggaris

Jadi jika rider jangkung ingin ncb lebih tinggi (lebih nungging) maka jarak antar lubang dibuat lebih dekat. Sedangkan rider pendek yang ingin merendahkan jog ncb150r, maka jarak antar lubang dibuat sedikit lebih jauh.

Jika terasa sulit (bagi tukan las profesional tidak sulit), maka ubahan bisa diarahkan ke penggantian monoshock yang lebih pendek. Dan ternyata pencopot monoshock ncb150r tidak segampang yang dibayangkan (nvl lebih mudah). Memang untuk melepas baut bagian bawah sangat mudah, akan tetapi tidak untuk baut atas, karena baut atasnya tersembunyi di dalam frame.

Jpeg
Baut atas monoshock ncb150r

Untuk membukanya terpaksa kita melepas pangkon atas monoshock yang terbaut ke frame. Berikut langkah-langkah melepas pangkon atas monoshock tersebut :

  1. Siapkan kunci sok 8, 12 dan 22
  2. Buka jog, cover samping kanan [artikel]
  3. Buka shroud kanan kiri dan juga cover dekat kunci kontak [artikel]
  4. Buka baut bintang pengikat pangkon kunci kontak
  5. Kendurkan saja (jangan sampai lepas), baut pengikat  tangki bensin depan
    • Jpeg
  6. Lepas baut pengikat tangki bensin belakang
    • Jpeg
  7. Angkat bagian belakang tangki kemudian diganjal, supaya mudah mengangkat box filter
  8. Lepas baut pengikat box filter udara
  9. Lepas selang blow by dari box filter
  10. Lepas kabel-kabel yang dikaitkan di box
    • Jpeg
      Jpeg
  11. Kendurkan klem pada throttle body (hose yang menghubungkan box filter dan tb)
  12. Lepaskan hose dari tb
  13. Tarik box filter ke belakang dan angkat sedikit, mur pengikat pangkon monoshock akan terlihat

Jpeg

Tinggal buka dengan kunci ring 22, dan monoshok bisa dilepas. Dan lihatlah perbandingan panjang monoshock ncb150r dengan nvl (yss).

Jpeg

Monoshock nvl lebih pendek 2 cm dibandingkan milik ncb150r. Panjang monoshock nvl 30 cm sedangkan ncb 32 cm

Sementara sampai disini dulu artikel membongkar monoshock ncb150r, semoga bermanfaat. Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB

23 Komentar

  1. Kalau mengganti shock dengan panjang berbeda bukannya merubah posisi yg seharusnya ya pak ? Makanya lowering kitnya r15 yamaha ngasih conrod atau link itu ya ? Yg lebih panjang supaya tinggi joknya lebih bersahabat

  2. nanya pak dosen… untuk dudukan shock bawah apa ada speleng/oblak ??? punya ane ada sedikit oblak… kalo behel diangkat kentara sekali degluk2 gitu.. apa emang semua begitu???

    • karena pakai prolink , maka semua yang ada bos-damper karet-baut, bisa menjadi sumber ke-oblag-an
      jadi sumber obalog bisa di link-nya atau di bos sok monoshocknya. Perikasa dulu bagian link, kemudian bos monoshock bagian bawah, selanjutnya baru ke atas

  3. Wah liat2 dulu aja, saya belum punya motornya sih, tapi tertarik klo beli pengen langsung ‘telanjangi’ jga, jadi tertarik baca :p

    Liat di artikel sebelumnya saya agak menyoroti komentar motogokil ‘buku panduan kurang jelas’, apakah bisa sekalian dengan video nya supaya penjelasan sekaligus praktek bisa banyak yg melihat

    Terutama saya yg rencana bila sdh beli nanti pengen beli yg standar terus ingin cat rangkanya jga (entah itu dibongkar sampai tinggal kerangkanya, atau pake sistem tutup koran), apakah ada rencana untuk buat video/artikel nya ?

    Tentang ‘menelanjangi’ new CB150R dan pasang kembali tentunya 🙂

      • Justru saya komentar disini, dikarenakan sudah cari di youtube dan belum ada (atau saya yg salah keywordnya :p )

        Tapi ya sdh ngga pp bila belum ada rencana ke sana, emng bakal bagus bgt klo bisa, tapi klo emng alat dan kameramen nya ngga ada mau gmna lagi 😀

        Thanks buat artikelnya 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Ngebut Naik New CB150R..Tiba-tiba Mesin Hilang Tenaganya. Tanya Kenapa ??? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan