Tutup Tangki TVS RTR 200 Miring Kanan Adalah Suatu Kelebihan

TVS-Apache-RTR-200-fuel tank

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu yang baru dari motor TVS Apache RTR 200 adalah tutup tangki bensing yang tidak senter, tetapi agak ke kanan. Inovasi ini sesungguhnya bukan sesuatu yang baru, karena sudah diaplikasikan pada beberapa motor klasik.

gas tank offset cap

Tapi bagi kebanyakan biker muda di Indonesia saat ini, penempatan tutup tangki bensin menceng kanan ala tvs rtr 200, tidak umum, alias aneh.

Menurut motogokil, justru penempatan tutup tangki agak ke kanan ini adalah suatu kelebihan dari disain tvs rtr200 ini. Karena biasanya biker Indonesia (mungkin juga seluruh dunia) penggunaan tangan kanan lebih dominan (jarang yang kidal). Sehingga saat isi bensin pun, membuka tutup tangki dengan tangan kanan. Jadi dengan meletakkan tutup tangki agak ke kanan memberikan kemudahan ketimbang tutup tangki di tengah.

Dan kebetulan di Indonesia mengisi bensin tanpa harus turun dari motor adalah suatu fitur keunggulan, seperti yang dipromokan pada zx130, nmax, pcx dan yang lainnnya.

 

ngisi bensin nmax

Jadi merupakan kebiasaan sebagian biker biker motor di sini mengisi bensin sambil tetap menunggangi motornya.

ngisi bensin3

Sehingga jika ingin membuka tutup tangki bensin dengan tangan kanan, harus sedikit memiringkan badan ke kiri.

Jadi dengan tangki yang tutupnya agak ke kanan, membukanya dengan tangan menjadi lebih mudah. Dan memang seharusnya suatu disain terbaru harus punya nilai lebih. Dan nilai lebih dari tutup tangki tvs rtr 200, selain eksklusif juga memudahkan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

14 Komentar

  1. Penasaran mo testride om. btw rangka ternyata masih satu batang dibagian tangki cuma cradle depan yg 2 biji misah (pegangan mesin plg depan), pengen tau nyaman gak yah?

  2. Perlu tuh dicoba biar ngak penasaran, btw mesin apache ini masih konvensional silinder.

    Ada kelebihan tersendiri dibalik katanya “kekurangan” konvensional silinder Ini.

    Optimalisasi ukuran header dan perberat reduksi akhir bisa diterapkan buat nyari akselerasi & topspeed maksimal…. Xixixixixixixi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan