Ada Yang Salah pada Bocoran Spesifikasi Satria FI. Sepeda Motor Berbahan Bakar Afgas

satria 150 FI

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran mengenai spesifikasi satria fu fuel injection telah tersebar ke mana-mana. Mulai dari blog pinggiran sampai blog kondang. Banyak sekali pembaca yang merasa takjub dengan bocoran ini, karena spesifikasinya yang bombastis, dahsyat dan mencengangkan untuk sebuah motor bebek ayam jago.

Sesungguhnya spesifikasi yang diberikan sebahagian besar cukup menggiurkan, dan hal tersebut memang pantas, untuk membendung serangan sonic150r. Diharapkan dengan spesifikasi tersebut, peminat motor ayam jago akan menahan diri (dari membeli sonic150r) dan menunggu kemunculan satria fi ini. Dengan demikian suzuki dapat mencoba mepertahankan hegemoni motor ayam jago yang powerfull seperti yang telah didudukinya selama ini.

Akan tetapi menurut motogokil, ada bagian dari spesifikasi tersebut yang terlihat ganjil bahkan bisa dikatakan tidak masuk akal. Baiklah sekarang mari kita perhatikan bocoran poin-poin sepsifikasi tersebut…

spec of satria fu fi 150 overkill

Kesemua poin spesifikasi terlihat wajar, kecuali poin 14 dan 16. Dua poin ini akan sangat erat kaitannya dengan performa engine satrai fu fi (jika benar). Bisa dikatakan 2 poin adalah spek yang “overkill” bagi sebuah motor bebek ayam jago. Karena jika kita melihat spesifikasi dari suzuki gsx r1000 tahun 2015, rasio kompresinya hanya 13:1.

gsx r1000 specification CR

Mungkinkah besarnya rasio kompresi (CR) satria fu fi lebih tinggi dari gsx r1000 ?

Dan jika memang rasio kompresi tersebut dikatakan sebagai rasio kompresi statis, maka dengan VE standar motor sport sebesar 85% diperoleh CR dinamis satria fu adalah 11.6. Dengan besarnya CR ini, maka nilai oktan yang dibutuhkan untuk engine satrai fu fi adalah di atas 104 (atau malah mungkin sekitar 106 ). Lihat tabel hubungan antara nilai oktan dengan CR.

CR vs OCrating vs Eff

Dan jika kita melihat ketersediaan bahan bakar di Indonesia, maka paling tinggi yang disediakan pertamina adalah pertamina racing fuel dengan nilai oktan 100.

OCrating fuel

Jadi untuk memenuhi kebutuhan engine satrai fu fi dengan CR 13.5 dan VE 85%, dibutuhkan bahan bakar sekelas avgas/avtur, dengan nilai oktan di atas 104 (coba lihat link ini). Alamaaakk ini motor apa pesawat ???

Begitu pula dengan posisi peak power yang katanya di 13000 rpm, wuih..terus powernya berapa ? Sekarang coba bandingkan dengan posisi peak power dari gsx r1000 yang hanya diletakkan pada 11500 rpm. Padahal pada motor superbaike dengan harga ratusan juta, tentunya teknologi dan kualitas metalurgi komponen mesinnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan motor lokal.

Dan jika dua poin ini diterapkan, maka power satria fu fi akan mencapai 26.4 ps (artikel mengenai ini menyusul). Performa yang sungguh dahsyat untuk motor bebek standar 150 cc, karena setara dengan cbr250 versi 2013. Performa ini sangat jauh di atas rival-rivalnya yang hanya sekitar 15-16 ps, sepertinya tidak mungkin akan dilakukan suzuki, kecuali suzuki membuatnya khusus untuk balap OMR.

Jadi menurut motogokil, dua poin tersebut mungkin salah tulis alias typo. Menurut perkiraan motogokil CR sekitar 11.5 dan peak power di sekitar 11000 rpm. Itu juga sudah sangat mantab, tiada tandingannya di kelas 150 cc. Perkiraan powernya akan mencapai 18.8 ps. Dengan berat yang hanya 105 kg, tentunya pwr akan sangat mematikan, pantas saja saat pengetesan gigi 1-3 motor seperti mau wheelie terus.

Kesimpulannya 2 poin penentu performa di atas, tidak mungkin. Tapi dari kesemua poin spesifikasi yang dibocorkan, suzuki satria fu fi ini sangat layak untuk ditunggu. Sangatlah mungkin (sesuai dengan kebiasaan suzuki) satria fu fi nantinya akan lebih powerfull dibandingkan sonic150r maupun mxking 150.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

23 Komentar

  1. Semoga SIS melek supaya mesin serupa di tanem motor sport fairing kalau bisa di atas spek diatas. Biar josss meramaikan pasar sport 150cc yg semakin gila2an.
    Soale ngeri power segitu bobot cuma 105kg dan body underbone..

  2. itu dari data artikel **b ya pak?ane juga gk percaya liat nya.dan nunggu artikel bapak.ee akhirnya muncul juga.ane setuju ama pean pak.tpi mnurut saya ada kecendrungan mngarah overstroke.seperti para kompotitor..atau mungkin tetep overbore tpi rasio gear transmisi 1 2 dan 3 d rubah jdi gear ringan spya akselerasi bisa untuk mnyaingi fu+sonic.

  3. kompresi sgitu mungkin pke bensin pertamax pak. pernah dengar mazda skyactiv? mungkin kyak gitu saef fi ini. tau sndiri kan mazda suzuki udah lengket kyak toyota daihatsu. di mazda punya bongo, az1, vx1, dll suzuki ada carry, capucino, ertiga dll

  4. Bicara pakem noken as mesin high performa:
    Durasi noken as suzuki mirip honda <250° sedangkan kawasaki biasanya mirip yamaha >260°.

  5. Karena bocorannya pake stroke 48,8mm Ane prediksi kemungkinan borenya 63,5mm @155cc.
    Jd performanya imbang dgn sonic stroke 57,8mm dohc @150cc.

    Tinggal yamaha belum ngeluarin mesin next spec engine.

    Banyak pilihan yg performa sepadan:
    stroke 49,5mm (all new), dohc/sohc lc4v @150cc.
    Stroke 57,9mm (basis Byson fi), sohc lc4v @150cc
    Stroke 58,7mm (Basis Byson karbu), sohc lc4v @155cc

  6. bagus ya motogokil 🙂 dulu satria yg powernya 15-16 ps akselerasinya yg smooth alias lemot. Sampe dibikinin artikel satria fu benar benar motor yg sangat berbahaya. Lebay bgt sumpah. Jadi banyak pemikiran negatif thdp FU. Skrg sonic yg power lbh besar jg akselerasi dewa yg lbh mematikan buat alay seruntulan malah biasa aja wkwkwk. Sampah

1 Trackback / Pingback

  1. Bocoran Terbaru Spec Satria FI Lebih Realistis dan Sesuai dengan Coretan Motogokil | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan