" Honda Bikers Day " Memonopoli Atmosfer Dunia Maya Otomotif Indonesia

HBD-2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Gelegar HBD 2015 di Pacitan sudah mulai terdengar beberapa bulan yang lalu. Dan tepatnya kemarin sampai sekarang (21-22 november 2015) acaranya benar-benar meledak, karena dihadiri oleh ribuan biker honda dari seluruh penjuru Tanah Air. Tidak hanya itu, hbd juga di hadiri oleh banyak blogger kondang dan juga kru media otomotif, sehingga sebentar lagi beritanya akan benar-benar mewarnai layar pencari internet.

Bagi honda tentunya ini merupakan keuntungan yang besar, karena publisitasnya akan benar-benar meroket. Bayangkan jika setiap blogger mempablis 2-3 artikel perhari, betapa ramainya berita tentang hbd tahun ini. Belum lagi status fb dan cuitan di twitter semakin membuat gegap gempita pemberitaan yang hadir di depan layar monitor/hp pemirsa. Tapi apakah hal ini baik bagi pemirsa, pembaca yang haus akan berita otomotif ???

Menurut motogokil malah tidak bagus, apa sebab ? Karena pemberitaan dari setiap blogger yang kebetulan hadir, hampir sama semua. Meskipun judulnya agak sedikit berbeda, akan tetapi isinya hampir sama. Ya maklum saja, kan acaranya hanya sekedar pesta para biker honda se Indonesia jadi ya isinya kumpul-kumpul, sambil menikmati acara yang diadakan panitia baik di lokasi maupun dipanggung.

Dengan ramainya berita hbd ini, maka berita yang bersifat otomotif teknik yang lebih tajam dan yang lainnya seakan-akan hilang (mungkin ditunda penerbitannya). Begitu pula dengan berita otomotif dari negara lain yang lebih bermutu juga hanya semilir terdengar. Apalagi berita tentang merek lain, seakan-akan musnah dalam sekejap, tampak sebentar kemudian hilang.

Kalau dalam istilah telekomunikasi, berita hbd 2015 di pacitan ini bagaikan “big jammer” yang mampu membuat informasi lain menjadi kurang  jelas. Salah siapa ? Sebenernya tidak ada yang salah, hal ini karena semua berjalan secara normal. Hanya saja honda berhasil mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya dalam mempromosikan produknya. Sedangkan merek lain-lain seakan-akan kehilangan momentum dalam menggaet “si penyebar berita” untuk membendung honda pada ahir tahun ini.

Tentunya para pembaca tahu, berapa banyak blogger yang kemarin melakukan touring dengan menggunakan vario150, new cb150r dan sonic150r (motor-motor gacoan baru ahm 150 cc). Para blogger dan juga kru media otomotif seperti mendapat sajian “bahan artikel” yang berbeda dengan test ride sebelumnya. Karena kali ini menempuh jarak yang lumayan jauh Solo-Pacitan (kira-kira 125 km), dan yang kemudian akan terjadi adalah ramainya artikel yang isinya testimoni ketiga produk tersebut. Hal ini jelas akan semakin memberikan pengaruh positif terhadap produk honda tersebut dalam hal publisitasnya bagi masyarakat.

Merek lain ? Nanti dulu ya….menyusul.

Sayangnya merek lain belum mau meng-counter even hbd ini dengan even yang seimbang gaungnya, sehingga jagad maya otomotif Indonesia akan tampak lebih dinamis dan berwarna. Semoga saja apa yang dikhawatirkan dari akibat buruk dari monopoli tidak terjadi. Karena bisa dibayangkan, ketika ahm mulai menguasai ms di semua sektor, sekaligus berita-beritanya, alangkah monotonnya produk dan berita yang akan diterima pencinta otomotif di Indonesia.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

17 Komentar

  1. Bene mas.. setaun pisan loo.. saya Gak punya motor Honda.. jg cuman di lewati peserta2 HBD… tp ikut trenyuh..terharu melihat semangat mrk.. menempuh perjalanan ratusan km.. Kadang berbekal nekad.. tidur sembarang tempat.. welldone.. apalagi misale kita punya/ikut klub motor Honda.. bisa bayangne rasane??

  2. saya berkomentar netral saja, HBD ini hanya puncak dari even2 honda lainnya di kota indonesia, yang datang bukan hanya yg punya motor honda, biker Yamaha, Susuki, Kawasaki, Vespa, pun hadir, berharap pabrikan lain bisa mengadakan even serupa, sehingga kesan pemberitaan yang berat sebelah menjadi gak ada

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan