MT-15 Upaya Yamaha Mengkombinasikan Style Byson dan Engine Vixion

MT-15 came from

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Adanya asumsi bahwa menurunnya distribusi/penjualan vixion di bulan oktober 2015 kemarin adalah karena banyaknya calon konsumen yang menuggu datangnya motor sport baru yamaha mt-15. Kemunculan bocoran spyshot yang tersebar di dunia maya, semakin membuat calon konsumen penasaran. Karena mt-15 “terlihat” memilki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh new vixion advance (nva).

Secara sekilas, penampilan dari mt-15 sangatlah berbeda dibandingkan nva. Pada MT-15 sangat kental aura street fighter-nya, dengan beberapa part yang kelasnya di atas nva. Part-part tersebut diantaranya : 

  1. Sok depan yang sudah USD
  2. Swing arm yang sudah tipe banana
  3. Jog belakang (buat pembonceng) yang pendek
  4. Penampilan headlam yang “sangar”
  5. Dan lain-lain

Langkah yang diambil yimm memasukkan mt-15 ini sangat tepat, mengingat market-share motor sport yamaha di Indonesia yang mulai sedikit menurun. Dan jika diamati tipe motor sport yamaha selama januari-september 2015, yang paling jeblok penjualannya adalah byson.

sport smt 1 2015

Dan menurut motogokil, kecilnya ms byson akibat kalah teknologi di sektor engine. Sehingga jika dibandingkan saudaranya sesama 150cc (nvl, mxking dan r15), performa engine byson paling rendah. Sangatlah kontras dengan penampakan tubuhnya yang kekar dan gagah.

power sport yimm

Jangankan dibandingkan vixion, jika dibandingkan dengan bebek super mxking, performa byson sudah kalah jauh. Tentunya ini juga menjadi salah satu penyebab lesunya penjualan byson. Padahal sebelumnya penjualan byson cukup bagus, berkat penampilannya yang macho, gahar dan kekar.

Nah dengan mengambil keunggulan byson di sektor style dan dikombinasikan dengan keunggulan vixion di sektor performa engine, maka menjadi lengkaplah apa yang dinginkan konsumen pada mt-15. Penampilan macho, gahar dan kekar ada di mt-15. Power dan torsi yang mumpuni juga ada di engine mt-15, mau minta apalagi ? Mungkin yang terahir adalah masalah harga…

Kalau melihat part yang disematkan di mt-15, sepertinya harga akan di atas nva, sekitar 1-2 juta.

Sekian dulu, ulasan singkat mt-15 yang patut ditunggu oleg rider berjiwa fighter. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

22 Komentar

  1. artinya ymh kabulkan permintaan fby, model byson, mesin vixion,

    tapi tetep aja segmented,

    akan tetep saling memakan produk ymh,

    produk ahm mungkin kemaken sedikit,

    konsumen sekarng mayoritas cari yg praktis, matic.

    mungkin kalu tuh motor dikeluarken 8 thn lalu,

    penjulan bisa banyak

  2. kalo menurut ane bakalan laku keras mengulangi kejayaan vixi.
    krn MT-15 itu membentuk segmen pasar baru (ini kelebihan yamaha dibanding honda yg sll bertelor belakangan). MT-15 gak ambil pasar Byson maupun Vixi, motor ini berbeda sama sekali dari kedua nya (kalo diliat konsep MT Series di atas nya).
    ..
    Dulu vixi bisa menggebrak pasar, obrak abrik klan gl/megi gara” dia memang motor dg segmen baru. Udah injeksi, deltabox, desain totalitas futuristik (saat itu), begitu juga byson, motor touring murni berbadan kekar dg harga terjangkau (merk liyo ra ono sing duwe) yo pasti langsung banyak yg kepincut 😀
    ..
    MT-15 menurut ane akan mengulangi kejadian itu, apalagi nanti didukung versi fairing nya dari R15 v.3 (yang bocorannya major change), Nmax ws murah meriah dg performa ajib buat yg demen matic premium. So serasa jangkep bener kebutuhan rider indonesia dari pasar 150cc.
    ..
    lumayan kan 2016 di dalem perang 150cc, di luar perang motogp jilid 2.. hahaaaaa 😀
    Seru ki bakale! 🙂
    Ane sbgai mantan pengguna yamaha dukung 100% klo yimm mau berbenah, buat yg suka touring ngebut naik gunung turung lembah hahahaaa… pasti tau alasannya, cz gak ada motor yg se-balance & se-easy riding klan yamaha di indo selama ini. 🙂

    • ane mantan pengguna yamaha,
      – komstir gmpang oblak, mesin berisik, ngebul dan haus oli, kurang nyaman
      + tenaga lumayan enak, nikung stabil. model body dan cat bagus, over all bagus, kecuali mesin dan kekuatan rangka.
      ane pengguna honda
      – model biasa, bodi dan cat kurang bagus
      + mesin manteepp, nyaman, shock lembut, rangka dan mesin tokcer, over all bagus kecuali model body dan cat

      • Shock klo sport bukannya lbh lembut yamaha ye? 😀
        kalo matic iya,, honda lbh lembut.
        di rumah ane ada sport & matic dr 2 pabrikan tsb :p
        (wlopun bkn pny ane, setidaknya gak jarang ane make jg)
        ..
        nambahin kekurangan honda :
        entah drmn faktor nya, tp setau ane performa nya labil (ni bukan ane aja yg bilang). Entah, contoh nya pagi mesin enak banget, alus, tarikan rapet nampol… eehh sore langsung mbeleret kabeh.. masalahnya kadang sebalikanya, jd susah nyimpulin kenapa sebabnya..
        ..
        klo yamaha setau ane wolupun yg dibilang di atas bener.. tp stabil,, mau dihajar red line melulu.. ya segitu aja perform nya.. gak lebih gak kurang..
        ..
        mungkin ada yg bisa antu jawab knp alasannya? ane blm paham 😀

        • mgkin balik ke perawatan juga si, alhamdllh ane ngk prnah brmasalah mesinnya klo buat honda, cuma di body aja si honda kurangnya, selebihnya masi ok, yg ane kecewain dri yamaha, udah perawatan kelas wahid, masi aja mesinnya cepet bermasalah wlopun scra performa cukup memuaskan, cm kalo sering rusak, lama2 jengkel jga..

  3. Ane pengguna cb150 kualitas cat dan body memang buruk dan sudah mulai agak pudar dibagian tangki untuk mesin enak halus tidak ada gejala klothok kltohok rantaipun juga masih aman.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan