Ternyata Sonic150R Tidak Termasuk Kelas Sport, Menurut AISI

sonic150r n new cb150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pembicaraan mengenai raihan market share (ms) motor sport tanah air sedikit menghangat. Hal ini dikarenakan ms motor sport honda mampu mengungguli motor sport yamaha. Pemberitaan ini cukup gencar di banyak blog, baik blog papan atas, maupun blog pinggiran seperti motogokil.com ini. Dari beberapa artikel yang di publish, tampak ada perbedaan antara data aisi dengan data ahm, ayo ada yang tahu nggak bro ???

Dari data yang tampil di artikel-artikel blog seperti tmc, mansarpost yang sempet dikunjungi, ternyata pada angka perolehan ms sport honda ada yang belum terdefinisi, apa itu ? 

Perhatikan angka-angka distribusi motor sport honda oktober 2015 ini [AISI] ;

Total              =  39.184 unit
New CB 150 =  27.050 unit
CBR               =    6.270 unit
Verza 150     =    4.976 unit
_________________________  –
Sisa               =       888 unit (motor apa ?)

[Sumber : Mansarpost]

AHM biasanya mengkatagorikan cs1 dan juga sonic150r dalam kelas sport. Lha kok unit yang belum terhitung tinggal 888 unit, padahal masih ada yang belum masuk perhitungan yaitu sonic150r, new megapro dan big bike. Dan ternyata jumlah 888 unit yang belum dituliskan jenisnya adalah :

New MegaPro = 879 unit
Big bike            =     9 unit
_________________________  +
Total                 =       888 unit

[Sumber : Bensin77]

Lalu bagaimana dengan sonic150r ? Ternyata meskipun ahm mengkatagorikan sonic150r sebagai motor sport, tidak demikian dengan aisi. AISI mengkatagorikan dalam katagori non sport (mungkin masuk katagori bebek). Dan berikut data distribusinya dari agustus-oktober 2015

fu sonic150 mxking aug-okt 2015

Untung saja aisi tidak mengikuti ahm, memasukkan sonic150r dalam katagori motor sport. Karena jika dimasukkan, maka komposisi market share akan sangat jauh perbandingannya. Perhatikan tabel berikut :

ms with sonic150 okt 2015

Yamaha dan atpm yang lainnya harus segera berbenah dan berinovasi, agar mampu kembali meningkatkan gairah calon konsumen untuk memilihnya. Karena komposisi ini kurang ideal untuk konsumen, akibat dominasi honda yang “terlalu”. Konsumen akan kehilangan pilihan jika banyak kompotitor gulung tikar, akibat rugi karena ms-nya tidak bisa diandalkan dalam menopang eksistensinya.

Semoga bisa menjawab ” Di mana distribusi sonic150r ?”

Lebih kurangnya mohon maaf, wasalamu’alaikum wR wB.

 

16 Komentar

  1. What?? Penjualan bebek MX hampir kena kampleng si ayago sonic??
    Padahal K56F blm nongol tuh..
    Yamaha serius ga sih klo jualan?!

  2. pdhal dl fby pada blg sonic penjualanny pasti nyungsep gr2 di kejurnas dibantai mxking….
    ketinggalan 7 desa 7 kecamatan 7 propinsi!!!
    ternyata yg terjadi sebaliknya!!!!
    wkwk…

  3. fby mesti patungan nih buat bantu YIMM nambah pabrik 2 biji lg.
    biar pabriknya sama banyak, perkara nanti pabrik produksi atau tidak, itu urasan nanti.

  4. makanya yimm klo jualan motor itu kualitas, teknologi dan keinginan konsumen hrs didengar, gak cm bagusin baju (bodi) doang tp kualitas engine dan lainnya jg hrs yg bagus gak spt skrg kualitas ama sis aja kalah, apalagi dg kmi dan ahm.

  5. Klo menurut pengamatan ane yg emg pernah punya 2 merk di atas mulai motor yg rada jadul smpe yg baru, begini :
    1. baik yimm ato ahm, udh downgrade kemana mana. Ni fakta!
    2. kenapa ahm wlo downgrade lbh dipinang konsumen. Ini krn sikap yimm yg gegabah.
    3. yimm bisa melibas penjualan ahm konon dari mana coba? dari old vixi, mio (sblm era sblm smile), jupi-z (burhan ke bawah)
    4. bandingin aja motor tersebut sama GENERASI UPGRADENYA SENDIRI (gak ush sm merk laen)
    5. itulah blunder nya yimm.. gegabah sok udah unggul saat itu, lantas downgrade habis” an ngikutin ahm. Ane aja kaget banget pas nyoba jupi-z 115. Rasanya mau bilang, ini motor baru rasanya kayak jupi burhan di rumah yg mungkin kalo gak dirawat setahun lebih! 😀
    6. ahm msh lbh dipercaya masyarakat krn fanatik sm honda nya. Sedangkan fanatik yamaha rata” hanya org baru di dunia otomotif tanah air, lha baru dapet konsumen hitungan tahun aja udah ngecewain.. ya ditinggal to!
    7. singkatnya gini, LHA WONG SAMA” DOWNGRADE YA PILIH YG PASTI” AJA LAH, YG MBAH ANE UDAH PAKE DARI DULU.. hahaaaa! 😀
    ..
    So, klo yimm mau dapet hati lagi (termasuk ane..hehee), lha itu balikin kedigdayaan mesin mu di era itu. Sdh terbukti masyarakat itu gak buta, tau mesin mu bagus ya bnyk yg beli kok.
    Sama klo menurut ane SALES YIMM kok kalah Proaktif sama AHM ya. Pengalaman mau ambil R15 BENER” GAK JADI & LANGSUNG DI HARI YG SAMA BAWA PULANG CIBI. Pengalaman ane pribadi nih.. Lha masa MX ane lbh dihargai di dealer AHM dari pada pulang ke rumah asalnya.. GUENDENG OPO??!! (niat setia sm yimm malah dilecehin, yo tak pegat sak kall!!)
    ..
    Klo mau akalin kita pake gelaran race gak akan bisa.. Oke dulu jupi-z merajai kelas bebek dan penjualan bagus,, ya itu krn masyarakat tau fakta di lapangan emang yahud ni motor. MX King wlopun udah melibas lawan di race,, ya semua pada tau lah wong power nya segitu lha part ori nya brp persen coba? 😀 hahahaaa… lebih” lg udh banyak yg kecewa dg MX 5-speed generasi sblmnya, yg emg terbukti dihajar adiknya sendiri yg 4-speed << fakta.
    ..
    Sebagai contoh lain klo dari ahm itu nah Megi-New gak laku boss sejak awal rilis. Ane sndiri lbh milih Megi Primus drpd yg baru ni.. performa jauhhh euy! 😀
    ..
    Udah terbukti kan,, masyarakat kita udah pada pinter, berduit, ekonomi meningkat, satu rumah bisa 5 motor. Ya pasti bnyk pertimbangan klo mau beli sesuatu to! 🙂
    ..
    (buat om gokil, klo mau monggo mampir di alfamidi kaliurang, sepertinya ada R25 milik karyawan. Tapi ada yg aneh, gak perlu ane jelasin, tinggal bawa kamera aja lah 😀 . Just bukti lain bentuk downgrade sport masa kini!)

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan