[MotoGP] Kemungkinan Rossi Juara Dunia Semakin Kecil

Rossi-Lorenzo Grandfinal

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah kualifikasi selesai tadi malam, lorenzo menempati pole position, diikuti marquez dan pedrosa, semua rider baris depan berasal dari spanyol. Posisi yang saling bertolek belakang antara rossi dan lorenzo ini semakin memperkecil peluang rossi untuk juara dunia di tahun 2015 ini. Apalagi di antara rossi dan lorenzo terdapat 8 pembalap spanyol, semakin memepersulit rossi maju kedepan.

Beberapa hal yang menyebabkan peluang rossi semakin kecil adalah : 

  1. Lorenzo yang menempati pole position. Dengan posisi ini otomatis tidak ada yang menghambatnya. Karena sesuai kebiasaan, start lorenzo selalu sangat baik, bahkan pada posisi-3 pun, ia bisa langsung memimpin balapan, apalagi pole position. Marquez di posisi-2 jangan diharap start nya bagus, seringnya malah jelek, bahkan kadang jelek sekali. Pedrosa di posisi-3, dulu terkenal sebagai starter terbaik, tapi tahun ini tidak, meskipun demikian masih lebih bagus dari pada marquez. Jadi dari awal lap lorenzo sudah bisa membangun gap dengan rossi
  2. Terdapat 8 pembalap spanyol di antara lorenzo dan rossi yaitu : marquez, pedrosa, aleix, pol espargaro, vinales, barbera, bautista dan elias. Tentunya tidak mudah melewati meraka, karena bagi mereka sirkuit valencia sudah menjadi tempat bermain dan berlatih dari kecil, alias kandang mereka. Apalagi mereka harus menampilkan performa terbaiknya di depan pendukungnya yang datang dari kampung, sehingga mereka akan memiliki motivasi lebih untuk tampil sebaik-baiknya. Apalagi melewati marquez, pedrosa, espargaro cs dan vinales bukanlah perkara mudah. Pasti ada yang dikorbankan, mulai dari waktu, tenaga dan durabilitas ban.
  3. Laptime antara lorenzo dan rossi terpaut lumayan jauh. Jadi jangankan rossi di grid paling buncit, jika rossi diposisikan pada grid-4 pun agak susah menyusul lorenzo. Apalagi di depannya ada pedrosa dan marquez.

Jadi meskipun rossi sudah berhasil mendahului separuh rider motogp di setengah balapan, maka kelompok rider terdepan sudah sangat jauh. Dan tentunya ban rossi pun sudah sangat kelelelahan, durabilitas sudah jauh menurun jika dibandingkan balapan normal. Karenanya rossi punya ide akan menggunakan kompon keras pada saat race nanti. Hal ini disebabkan untuk cepat mengovertake “banyak” pembalap di depannya, mau tidak mau rossi harus mengeluarkan jurus :

  1. Latest braking
  2. Fastest out from corner

Maka ban motor m1 milik rossi akan sangat menderita. Motogokil yakin rossi mampu melakukannya, karena memang itu salah satu keahliannya. Akan tetapi ban memiliki durabilitas yang terbatas, sehingga tidak bisa dipaksakan.

Tapi segala perkiraan dan kemungkinan yang dipikirkan manusia, bukanlah menjadi penentu. Yang menentukan adalah Tuhan, Allah Yang Maha Kuasa. Mereka punya rencana, kita punya prediksi, tapi yang terkuat adalah Tuhan punya taqdir. Semuanya akan tunduk pada taqdir Allah SWT, baik sukarela maupun terpaksa, suka maupun tidak suka. Bisa saja karena sebab tertentu justru rossi bisa juara dunia, kita lihat saja nanti.

Kita nikmati saja race motogp 2015 di valencia nanti malam. Semoga seru dan menghibur, ahir kata wassalamu’alaikum wr wb.

9 Komentar

  1. Startnya rossi juga bakal ikut menentukan jalannya lomba om….buat para pembalab spnayol ane rasa pol dan vinales bakal ngasih jalan buat rossi,karena pol tungganya juga yamaha smentara vinales mrpkan fans beratnya rossi

  2. Sad Ending bagi fans Rossi ..
    Mending g perlu nonton MotoGP, melihat Vale start dari posisi paling belakang rasanya Gak tegaaa.., penyiksaan batin itu namanya .. 🙁 nunggu hasil dari media aja dan SEMOGA JOLOR NDELOSOOR …

  3. Marquez gak bakal menang. Lorenzo pasti dilolosin sama marquez. Ya maklum rekan senegara. Yang jurdun udh pasti lorenzo.

  4. Ah bukankah kita semua sama2 mengharap belas kasih dari sang pencipta,
    Saya kira artikel mainstream sudah lazim membahas skenario sprti apa sehingga JL wc dan sprti apa hingga vr yg wc.
    Lupa ya ada sisa skenario satu lagi, bhw kduanya mungkin ndlosor,
    Lalu dgn surplus 7 point maka vr tetep wc.
    Tp jika itu trjadi, maka gp 2015 akan menjadi salah satu fakta / sejarah terunik dalam gelaran GP spanjang masa, 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. [MotoGP] Semua Berjalan Normal, Tidak Ada Keajaiban. Lorenzo Juara Dunia MotoGP 2015 | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan