Bahayanya Mengguakan Velg CW (Casting Wheel) Imitasi

Velg CW Motor

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Penggunaan velg cw semakin banyak, hal ini terkait dengan trend yang berlaku pada masyarakat umum, bahwa velg cw lebih keren. Hampir semua motor baru mengaplikasikan velg cw, dengan berbagai corak dan warna. Selain tampilannya lebih keren/sporty, velg cw memiliki keunggulan yaitu lebih kuat dan cocok untuk penggunaan ban tubeless.

Melihat pasar yang cukup besar, maka banyak produsen yang mencoba peruntungannya dalam bisnis penjualan velg, baik yang branded maupun yang imitasi (abal-abal). Jika velg yang bermerek, apalagi kelas internasional, kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi. Karena sebelum dipasarkan telag melalui pengujian dan pemeriksaan (QA/QC) yang teliti. Serta harus lolos sertifikasi internasional seperti ISO, JWL, VIA ataupun TUV.

Sayangnya velg-velg dengan kualifikasi seperti itu mahal, karnanya banyak rider yang mencoba mencari alternatif lain yang lebih murah. Jika velg yang lebih murah tersebut punya merek sendiri nggak masalah, akan tetapi jika velg tersebut merupakan imitasi/tiruan dari velg branded itu yang susah. Karena penampkannya sama persis plus segala emblem sertifikasi yang tertera di bagian velg-nya. Jadi perlu keahlian khusus untuk membedakan mana yang asli mana yang palsu.

Dan jika terlanjur beli velg palsu, maka kita harus lebih waspada. Karena ketahanan velg palsu lebih rendah dari valg asli. Velg palsu mudah retak bahkan pecah, jika terkena hentakan, misalnya kejeblos lobang di jalan. Berikut ini contoh velg palsu yang pecah, akibat kejeblos lubang

velg imitasi

Nah sekarang bayangkan jika saat riding malam-malam, di mana lubang di jalan tidak begitu keliahatan. Kemudian kejeblos dan mengakibatkan velg pecah seperti itu, wah pasti gembos bannya. Iya kalau ada bengkel buka, kalau nggak ada, mana lokasi terpencil….siap-siap aja ndorong motor sampe pagi.

Berikut ini video pengujian yang memperbandingkan antara velg asli dan palsu.

Jadi sekarang, untuk bagian-bagian fital di kendaraan kita, pilih yang ori, yang bagus. Dan jangan tergiur barang/part abal-abal yang murah, yang kelihatan sama tapi kualitas jauh berbeda.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.

17 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan