[MotoGP] Mengapa RD Tetap Tidak Menganggap Rossi Menendang Marquez

rossi kick marquez analysis

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kontroversi “rossi kick marquez” masih saja hangat, belum selesai. Apalagi “bara” ini seperti mendapat tiupan oleh suhei nakamoto, dengan tawarannya bagi yang berkepentingan untuk melihat data pengereman marquez. Tapi percuma saja, karena race director (rd) sudah memutuskan bahwa kesalahan rossi hanya berusaha mendorong marquez keluar dari racing line.

Dan menjadi pertanyaan besar, mengapa tidak ada gambar/video yang jelas, yang mampu memberikan alasan bagi rd, untuk menyatakan bahwa rossi menendang marquez. Ternyata menurut motogokil, itu bukan pertanyaan besar jika rossi yang melakukannya. Apa sebab ???

Mungkin para pendukung rossi lupa bahwa rossi mendapat gelar “The Doctor”. Tahu artinya ? Artinya rossi adalah pembalap yang sangat cerdas, karena gelar doctor adalah gelar akademik tertinggi. Dan betapa susahnya meraih gelar tersebut, jika bukan orang yang sangat cerdas dan pintar.

Sejak wawancara awal di sepang, rossi sudah mulai merasakan bahwa marquez ingin “mengerjainya” dengan melakukan balapan yang tidak sportif. Apalagi rossi terang-terangan menyatakannya secara gamblang dalam wawancara tersebut, seakan-akan ingin memprovokasi marquez (seperti yang biasanya rossi lakukan ke pambalap lain). Dan pastinya rossi juga khawatir bahwa di sepang marques akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukannya di phillips island.

Kira-kira jika bro jadi rossi, pembalap yang cerdas, “Apakah akan tinggal diam, jika marquez akan mengerjainya lagi ? Tentu tidak. Apalagi rossi merasa sangat berkepentingan dengan perebutan gelar juara dunia tahun ini. Maka ketika balap di sepang dimulai dan marquez benar-benar mewujudkan kekhawatiran rossi, pastilah rossi harus mengambil tindakan agar ia tidak dikerjai “lagi” oleh marquez.

Tentunya akan sangat memalukan jika rossi sebagai seorang legenda motogp harus dipecundangi 2x oleh pembalap ingusan seperti marquez

Sekali lagi rossi adalah seorang pembalap yang cerdas, ia sudah bisa membaca racing line sampai beberapa tikungan di depan. Makanya kita melihat perubahan sikap rossi yang sangat drastis saat akhir race di phillip island australia, rossi berterima kasih karena marquez berhasil menyalip lorenzo yang secara langsung membantunya memotong poin lorenzo sebanyak 5 poin.

rossi thanks marquez

Tapi setelah rossi mengamati balapan dan data telemetri, maka rossi merubah pendapatnya. Ia berpendapat bahwa marquez sedang “bermain” dengannya, alias mengerjai dirinya. Sehingga pada wawancara pendapatnya tersebut ia nyatakan secara vulgar di depan media masa.

rossi_sepang_3

Dan ternyata apa yang difikirkan rossi benar-benar terwujud di sepang. Lalu apakah rossi belum siap menghadapai aksi marquezz tersebut ? Ya sudah pasti, pasti sangat siap dengan semua kecerdasannya, kepintarannya, keahliannya dan pengalamannya. Lalu apakah kita akan meremehkan kecerdasan rossi dengan mengatakan bahwa rossi tidak tahu letak kamera-kamera yang digunakan di motogp ? Apalagi rossi juga suka mengamati hasil balapannya dengan seksama baik yang berupa video maupun data-data telemetri.

Sekarang mari kita ingat-ingat (karena kita juga penggemar motogp), adakah kamera yang sanggup mengambil gambar dimana posisi “tumit” kaki kiri rossi saat terjadi sepang-clash ??? Sepertinya semua kamera tidak sanggup memberikan gambaran yang “jelas”, dimana posisi tumit rossi, karena :

  1. posisi sangat rapat,
  2. menikung sehingga badan miring, bagian atas menutupi bagian bawah,
  3. tidak ada rider yang tepat di depan atau di belakang mereka, yang mana kamera mereka mampu merekam kejadian tersebut

Karenanya rd tidak berani memberikan vonis terhadap tendangan rossi ini, karena bisa dituntut secara hukum. Kalau motogokil memberikan vonis rossi nendang marquez, ya nggak masalah, lha wong nggak ada pengaruhnya terhadap motogp. Namanya juga nggak jelas, rd bilang nggak nendang, motogokil bilang nendang, probabilitasnya 50:50.

Atau pernahkah kita melihat kamera yang diletakkan di samping ?  Tidak kan, kalau ada kamera di samping motor pasti kejadian ini akan sangat jelas, tidak akan terjadi kontroversi, apakah rossi menendang atau tidak. Tetapi terkadang kontroversi justru menjadi hal yang baik bagi sebuah pergelaran, bukatinya tiket untuk race motogp di valencia sudah ludes, habis terjual.

Semoga bisa memicu brainstorming di fikiran kita, sehingga analisisnya bisa semakin tajam. Wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

54 Komentar

      • Mungkin para pendukung rossi lupa bahwa rossi mendapat gelar “The Doctor”. Tahu artinya ? Artinya rossi adalah pembalap yang sangat cerdas, karena gelar doctor adalah gelar akademik tertinggi. Dan betapa susahnya meraih gelar tersebut, jika bukan orang yang sangat cerdas dan pintar …
        tampaknya anda tidak spesifik dalam arti kata “cerdas” karena kata cerdas dan pintar juga masih polymeaning, dan anda juga mengartikannya secara harafiah dalam kaitannya dengan dunia pendidikan yg mana tidak ada hubungannya sama sekali dengan arti the doctornya VR. btw, situ tau asal muasal sebutan the doctornya rossi ? googling aja, kan bisa pinter mendadak klo udah internetan
        Atau pernahkah kita melihat kamera yang diletakkan di samping ? Tidak kan, kalau ada kamera di samping motor pasti kejadian ini akan sangat jelas, tidak akan terjadi kontroversi, apakah rossi menendang atau tidak.
        tau dari mana motogp gak pernah punya kamera samping ? terus itu gunanya kamera di lintasan ? trus kamera di helikopter ? kenapa gak sekalian aja bikin balap kamera ? naik kamera racing biar semua organ tubuh pada keliatan … kan udah jelas dari artikel2 sebelumnya pinginnya rossi itu mutlak tendang marques, tapi kan gak punya bukti yg mutlak juga, jadi sampai detik ini pun hipotesa yg kamu kembangkan tidak mutlak nilainya.
        Semoga bisa memicu brainstorming di fikiran kita, sehingga analisisnya bisa semakin tajam. Wassalamu’alaikum wR wB.
        brainstorming ? hahaha … hipotesanya aja gak bisa dibuktikan, mau main brainstorming … koplak ini (n___n)!
        tapi gpp yg penting JL udah punya peluang bagus untuk jurdun 2015
        Wassalamu’alaikum wR wB

        • he he he
          terserah ente aja sih
          walaupun keliatannya ente pinter, tapi sepertinya agak sombong sehingga kurang cermat dalam membaca artikel, coba baca lagi kaitannya dengan pendapat rd dan pendapat motogokil tentang rossi kick marquez.
          makasih sdh naggapin dengan serius tulisan ane

          • gaklah kan ane cmn modal googling … kan yg pak dosennya tuh eloe … btw, loe kok gak bisa nemu jalan pikiran gw sih ? coba deh loe pikir, kenapa orang yg fans lorenzo seperti gw kok malah belain rossi yg lagi unggul 7 point dibanding lorenzo, kan seharusnya gw bela mati2an tuh si lorenzo … apa karena lorenzo udah pasti menang ? kan loe tau ndiri jawabannya … trus apa hubungannya dengan artikelmu ? yg terkesan selalu menjatuhkan rossi dan membela marquez ? apa untungnya bagi fans lorenzo seperti saya ? … ini merupakan contoh kecil untuk kasus brainstorming … contoh lebih besar lagi, coba deh next artikel buat tentang penundaan pesta kemenangan yamaha oleh sponsor terbesar mereka, movistar … kan yg menang orang spanyol juga, apa karena rossi bagian team mereka ? jelaslah, tapi gak menjawab pertanyaannya kan … apa karena ini ato itu ? ntar deh klo kamu udah bikin artikelnya biar bisa di coba brainstormingnya …
            pertanyaan saya … kok kamu sepertinya menyudutkan sekali sama rossi sih ? apa karena waktu nunggang NVL kamu pernah kena “kick” sama pengendara berlivery “repsol” trus sakit hati ? kemudian langsung beli yg berlivery “repsol” juga ? biar udah bisa nge”kick” balik ? itu pikiran gw, cara brainstorming gw yg sederhana dan prematur … kan gw cuman modal googling broooohhhh … hahaha
            tapi serius ditunggu artikel berikut ttg pendudaan pesta kemenangan by movistar …

          • ini orang dari tadi ngucap brainstorming brainstorming
            bro yg lu maksud itu adalah brain-washing,

            brainstorming adalah langkah dimana beberapa orang dgn jalan pikiran berbeda dan dipancing untuk mengeluarkan ide nya dalam menghadapi suatu permasalahan.
            FGD adalah salah satu metode penerapan brainstorming

            adapun -brainwashing- istilah yg sbnernya lebih relevan dgn konteks bicara elo yg ngawur itu, lebih ke arah cuci otak, ujung nya bisa ke penggiringan opini, bisa propaganda bisa untuk membuka wawasan/cakrawala berfikir.

            wkwkwk emang deh FBY makhluk UNGU

            btw author blog ini tau bener apa itu maksud dari ungu

            dan gua sedang merendahkan & underestimate elo laurens
            karena lu cuman banyak gaya doang pake istilah (yg kebetulan english) yg bahkan elu sndiri rancu dan ksulitan memaknai.
            intinya sih elo makhluk tong kosong nyaring bunyi nya.

            ingat ,
            ungu adalah hak paten FBY FBJL dan FBR aka locicumi

            FBY DOOO
            do kok dilakukan secara kolektif sih
            parah amaattt

        • baikin dulu kemampuan penguasaan kosa kata elu tolol
          brainstorming itu tidaklah sama dengan brainwashing
          sini gue bisikin
          toefl gue section 1 listening 60
          elu?
          gw yakin stengahnya aje elu megap2 ngjer score 60
          dan itu baru section 1
          section 2 dan 3
          ga tega gua ngliat elu gelagapan plus epilepsi ngliat score guweh

          • ohh, poor me … i didnt keep my eyes open … can i learn from u prof, so i can get my toefl “piece of cardboard” ? … sorry yah prof, kan saya cmn org bodoh yg modal kuota internet doang … klo bandingin saya sama kau yg udah bisa googling beda brainstorming vs brainwashing and punya modal toefl, gw mah gak ada apa2nya … tapi setidaknya gw nothing to lose from kamu … and one thing, theres a big diff. between idiot and moron… and many inbetween, so which 1 are u ? … #sorry gw pake translater, kan gak punya piece of cardboard toefl sama IQ gw lemah …

  1. fakta laptime vr46 vs jl99 gp sepang 2015 :
    Lap 1 :
    46 2’06.943 0.794
    99 2’07.089 0.940
    lap 2 :
    99 2’00.606 0.751
    46 2’01.268 1.267
    lap 3-7 abaikan (duel maut)
    lap 8 :
    99 2’01.708 0.620
    46 2’01.946 6.52
    lap 9 : 99 2’01.500 0.582
    46 2’01.758 6.741
    lap 10 :
    99 2’01.647 0.718
    46 2’02.052 7.282
    lap 11 :
    99 2’01.964 1.108
    46 2’01.792 7.500
    lap 12 :
    99 2’01.990 1.424
    46 2’02.236 8.062
    lap 13 :
    99 2’01.926 1.577
    46 2’02.244 8.533
    lap 14 :
    99 2’02.286 2.066
    46 2’02.334 9.070
    lap 15 :
    99 2’01.791 1.959
    46 2’02.283 9.455
    lap 16 :
    99 2’02.068 1.916
    46 2’02.510 9.854
    lap 17 :
    99 2’02.220 2.461
    46 2’02.763 10.942
    lap 18 :
    99 2’02.651 3.067
    46 2’02.969 11.866
    lap 19 :
    99 2’02.614 3.243
    46 2’03.363 12.791
    lap 20 :
    99 2’03.436 3.612
    46 2’04.000 13.724
    ket: nomor pembalap-laptime-jarak dengan race leader

    • Klo fbr alasannya cuma asumsi dan hayalan.
      Tp faktanya ,klo emang rossilit merasa bs lebih kencang dan merasa dihalangi markes,seharusnya lap time rossi setelah clash jd cepat krn sdh tdk ada lg penghalang. Tp faktanya kecepatan rossiyem ya segitu2 saja. Gak bisa lebih cepat. Ini artinya alasan rossimin bahwa markes menghalangi rossilit
      Utk ngejar lorenzo terlalu dibuat2.
      Yg jelas mental rossi sdh down ketika diajak dogfight sama markes. Karena rossi merasa kalah skill ……. Rossi akhirnya menggunakan sikil alias cara kampungan mental pecundang .
      Utk fbr…Salam pecundang !!!!!

      • yah, begitulah klo gak tau apa2 trus langsung koment ? koment yg bermutu dikit yak, klo gak punya data dan stat janganlah koment yg bodoh2, ntar tambah keliatan bodohnya …

        • eh t0k41
          kalau elo emang makhluk bermutu
          tuh jabatan Mike Webb udah di handle sama elo,
          nah elo siape?
          masuk sirkuit aje kelas sepang sentul kenjeran (saat masih buka) atau sirkuit kelas tarkam elo udah mencret
          koar koar disini
          ayooo brainstorming apa brainwashing

          kencing belom lurus komen disini
          ya gua ketawain
          dan asal elo tau
          kedangkalan dan sikap sok tau elo mbuat gua jadi benar2 ngerendahin elo saat ini
          wkwkkw
          beda bro orang bneren berilmu dgn sok berilmu

          brainwashing aje brainstorming
          kan sampahh,..

  2. kan pas di pres confrence markes udah bilang kalo si rosso emang nendang stang motornya sampe goyang bahkan ujung tumit mengenai handle rem doi yg akhirnya ngunci lalu gubrakk…

    wes paham rung dul?

  3. dulu rossi suka mempermainkan pembalap lain, sekarang giliran doi yg dipermainkan pembalap ingusan..

    puenak tho

    ngoahahahahah

  4. Masih dibahas ternyata? ckckck
    Mungkin saya akan memberi PR untuk blog ini.
    Cari gambar on board/tail camera Marq? Kalo ada mungkin itu jawabannya. Kalo pun gak keliatan yaaaa namanya juga balapan. Liat aja DTM senggolan No prob. tetep gas terus, Nascar kecelakaan mulu tapi gas terus. Mateo aja bilang kalo ada di posisi rossi mungkin akan berbuat hal lebih parrah dari apa yang rossi lakukan

    • itu karena baik rossi dan mateo sama2 udah akan segera tamat
      kalau emang peduli karir
      ga akan seceroboh itu
      ingat orang besar akan sukses jadi makin besar tidak hanya karena dya bisa nuntasin batu gede, yg kecil2 yg kira2 bakal kpleset juga kudu di buat jadi (meminjam istilah penerbangan) -zero accident- no slippery slope
      liat deh orang2 yg komen croboh asal jeplak macam mateo dan the next adalah VR itu akan sgera tamat
      ya ngemeng nya ala orang ayan
      namanya game kompetisi ya ada rule dong
      kalau semaunya, ya bikin championship sndiri

      anda ini komentar nya kok mencerminkan isi otak anda yg sungguh Ungu

  5. rd bilang nggak nendang, motogokil bilang nendang, probabilitasnya 50:50

    😀

    ya nggak bisa gitu . RD resmi diakui motogp.
    pak cakil cuma dosen tua yg pengen kawin lagi.

    tapi hak pak tua jg sih kalo merasa sejajar dgn RD 😀

    vote pak tua buat jadi new RD Motogp !!

  6. @mulan jamilah : Dia bilang posisinya netral kok. Dan dia bilang Rossi memang salah, komen dia bukan semata mata karena dia orang Italy. Kalau suudzon duluan mah gak akan ada perubahan di diri agan. Kita mana tau apa yang ada di hati orang?

  7. kan ada tuh kamera dashboar yang bisa rekam 180° area stir. nyalain aja kan bisa tuh. Ane yakin Dorna pasti takut dan masih melindungi nama besar rossi. Kasihan banget gelar legend jadi sirna gara2 nyemplak Yamaho.

  8. kalo rossi the doctor, marquest adalah the proffesor karena berhasil mengerjai rossi sejak di philips island tanpa publik tahu.. hahaha..
    saya kira komentar yang mengada2 kalo rossi sampai merencanakan untuk menjatuhkan marquest (dengan menendang). palagi sampai mengamati kamera mana yang akan mengekspose aksinya tersebut.. rasanya lebih ke reaksi spontanitas aja.
    sedang marquest jelas lebih powerfull baik di philip island maupun di sepang..tapi tidak punya kans juara dunia tahun ini.. kalaupun marquest juara di sepang (ataupun di valencia nantinya) tidak ada pengaruh apapun terhadap juara dunia tahun ini karena kans nya hanya ada di rossi dan lorenzo. ini artinya apa buat marquest?? monggo di perdebatkan…

  9. Kirain mas motogokil sudah lama nonton motogp, tau latar belakang rossi, alasan dibalik gelar the doctor dan siapa yg memberi gelar….
    Jangan-jangan mas motogokil gak tau bahwa gelar the doctor itu bikinan rossi sendiri? Gelar bikinan sendiri…

    • buahaha…
      yoi bro fby pekok kesohor kaum intele
      bukan intelek ya…

      😀

      super sekali intele nya
      istilah brainwash aja dibaca brainstorming
      sumpah ngakak gue…

      😀

      buahahaha…

    • Dan si emosian itu adalah seorang yg (ngaku) legend pnunggang yamaha : dan kerap dijadikan role model
      Fakta
      Eh malah ngles ngatain fbh,
      Balapan disalip dan diajak battle (mungkin aja biar lebih lama ksorot kamera aksi saling overtake nya) lhakok main emosi,

      Asumsi anda dangkal, sudahlah jangan dustai realita,
      Jagoanmu itu start dari grid bontot
      Mncederai image positif yg sudah lama dibangun justru pada saat critical dan di ujung masa tenar
      Sungguh idol dan yg mengidolakan sama -sama berotak dangkal

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan