[MotoGP] Apa yang Menyebabkan Nakamoto Yakin Bahwa Rossi Menendang Marquez ?

sepang clash n nakamoto

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam wawancaranya kemarin, Suhei Nakamoto begitu yakin bahwa jatuhnya marquez disebabkan oleh tendangan kaki rossi yang mengenai handle rem depan, sehingga ban depan terkunci, dan ahirnya marquez crash. Berikut ini penuturannya :

The data from Marc’s bike shows that even though he was picking up the bike trying to avoid contact with Valentino, his front brake lever suddenly received an impact that locked the front tyre, which is the reason for his crash. We believe that this pressure was a result of Rossi’s kick.

Jadi ada data yang bisa dijadikan rujukan bahwa hal tersebut memang terjadi. Dan ia mempersilahkan siapapun untuk melihat data tersebut. Seperti yang ia katakan dalam kalimat selanjutnya

The data acquisition from Marc’s bike is available if anybody from Dorna, the FIM or media want to check.

Dan kenyataannya brembo memang selalu menyimpan data setiap pembalap mengenai pengereman, jarak pengereman, gaya grafitasi kecepatan awal dan kecepatan ahir serta lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk riset (kepentingan brembo sendiri) dan tujuan sampingannya adalah untuk keperluan investigasi seperti kasus sepang-clash ini. Dari banyak data tersebut, kemudian brembo mampu mendeskripsikan kerja pengerman untuk setiap sirkuit, seperti sepang ini.

brembo sepang

Dengan data yang lumayan lengkap seperti ini

brembo sepang2

Dan coba perhatikan turn 14 (tempat terjadinya clash), kecepatan awal 225 kpj dan kecepatan ahir 168 kpj. Jadi pada kecepatan diantara itulah terjadinya clash antara rossi dan marquez. Dalam kondisi kecepatan di atas 150 kpj, menikung kemudian ada impact di stang, maka kemungkinan besar akan crash. Jangankan tendangan ke handle rem (brake lever), tendangan ke stang pun bisa membuat rider jatuh.

Jika nakamoto mengatakan rossi menendang handle rem, apa memang bisa ? Bukankah handle rem dilindungi protektor ?

brake leaver marc

Kelihatannya, meskipun ada protektor, masih banyak area terbuka yang memungkinkan kaki rossi masuk dari samping-depan bagian atas. Karena protektor hanya melindungi sedikit bagian ujung dari handle rem, itupun hanya untuk melindungi dari sentuhan dari arah depan, bukan atas-depan. Dan memang kebiasaannya pembalap kalau sedang menikung di apex tidak pernah memegang/menekan handle rem, coba lihat penampakan berikut

cornering brake leaver marc normali off

cornering brake leaver marc normali off2

Mungkin atas data dan kelaziman balapan seperti inilah, makanya nakamoto tidak bergeming dan tetap menyatakan bahwa marquez jatuh akibat tendangan rossi.

Itulah ilustrasi tentang data pengeraman (sumber : brembo), brake lever dan protektor yang menjadi “artis figuran” dalam drama sepang-clash. Silahkan dianalisis sendiri mengenai peran dari artis figuran tersebut dalam mensukseskan hit dari drama yang sempat membuat dunia olahraga heboh. Bagi yang berkecimpung di dunia balap mungkin analisisnya bisa lebih tajam mengenai hal-hal berikut :

  1. Apakah seorang pembalap hanya disenggol dengkul saja (kepalanya) bisa jatuh saat menikung ?
  2. Apakah kaki rossi bisa menyentuh brake lever di motor marquez ?
  3. Apakah data pengereman dapat diakses secara bebas ? Bagi yang memiliki data brembo dari motornya marquez sudi kiranya untuk berbagi.

Sekian dulu bro semua penggemar motogp, fbr dan fbm, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

42 Komentar

    • Tanpa data2 dari Brembo pun.. bad manner dari rossi yg melebar menutup jalan dengan Amat sangat sengaja dan norak (Krn klihatan bukan tindakan profesional).. apalagi bbrp saat sebelumnya dia menengok k blakang bbrp X memastikan Mark ada di posisi yg dia inginkan.. dan.. Ciaattt!!! Bayangkan bro..seorang VR46.. jurdun 9x..??!! Whattahellllll..

  1. gue bingung

    logika nya handle rem posisi nya sejajar sama dengkul rossi

    n dengkul itu lebar ga mungking masuk ke handle rem yg udah dilindungin protector

    n logikanya emang ada nendang pake dengkul ?

    lama2 otaknya fbh beneran di dengkul kali yak

    :v

    • nih FBr kok Dhhhungu amat ya. Dengkul kok nendang. kaki nendang baru bener…. Dengkul ada bagian dari kaki. Kaki ujung milik rossi masuk ke stang ngenai handle rem .

      • ni lagi “kaki masuk”

        :v

        rossi pake sepatu balap bos, ukuran sepatu orang eropa di jamin gede2

        emang muat gitu kaki yg udah dipakein sepatu bisa nyempil ke tuas rem yg ada pelindungnya gitu?

        :v

        logikanya dimana coba :v

    • Woi fbr pekok tolol bukan dengkul Rossi replek tendangan cepat bagian setang kanan markues.melainkan bagian ujung sepatu balap kaki kiri Rossi yg menendang replek cepat kilat yg mengenai hadle rem stang knan Markus kamu picing matanya vidio DRI berbagai angel BSA KT lihat lol

      • tendang stang apa rem nih?

        setang masih bisa masuk di akal, tapiii ini motor motoGP yg grip nya jempolan
        tuas rem yg ada pelindungnya kepencet? helooooo mending ente kuliah dulu n ambil jurusan logika :v

        tendangan? mana coba? skrinsut coba sini
        yg ada kaki rossi jatoh gr2 reflek karena dengkul rossi ngebentur marques
        intinya 50:50 disini, rossi salah, marques apalagi

        mentang2 ga dapet apa2 malah ngerecokin orang yg lg berebut jurdun !
        udah dikasih sinyal sm rossi padahal pake tangan biar jalan duluan !

  2. sekalian tambahin data nya om..
    – ukuran no sepatu rossi..
    – berapa ukuran sisa Handle guard/Pro Guard
    ko’ gambar guardnya beda2.. ada yg pake 93 dan tidak..
    trus posisi motor marques berada kurang dari 1/2 motor rossi.., seorang dalam kecepatan tinggi yg pake wearpack & helm fullpace nendang kebelakang..

  3. Gak masuk akal blasss,,,yang jelas tuh markes di giring sama rossi ke piggir markes panix mau nubruk rossi trus dia ngerem ngedadak ahirnya ndlosor begitu yang sebenernya soal kaki rossi yang ke angkat itu hanya reflek karna mau ketabrak marces

      • wajar lah tong clingak clinguk

        orang marques yg nyeruduk dengkul rossi malah marq yg jatoh :v

        justru kalo ga clingak clinguk baru deh gue berani bilang:
        “oke itu rossi sengaja jatohin marques”

        • ini lagi fby lol pake logika terbalik..

          yg bener ancang2 dolo ruk baru ciaaattt2…

          dasar kacung berlaga sok pinter melebihi wasit nih jongos

  4. penasaran sama aksi rossi yg sempat menoleh hingga 2x ke arah marquez sebelum kejadian, kira2 punya rencana apa tuh si mbah rossi..

  5. ‘refleks’ itu adalah gerakan spontan yg tidak direncanakan….

    tapi di video terlihat rossi sempat menoleh hingga 2 kali kearah marques dan setelah itu….

    ciiiaaaaatttt….gubrakkkk

  6. lg nongkrong sama ponakan gw yg cowo (kelas 2 SMP) dan kbtulan fans JL,
    gw kasi baca ginian -artikel trkait sepang clash-
    trus gw kasi tw si ponakan
    lihat dek
    locicumi
    mereka mulai epilepsi
    ponakan gw cuman ngrespon ga papa uncle, mereka rata2 udah tua,
    skalian biar cepet berkurang juga kalangan orang gak berguna dan suka bikin rusuh di muka bumi

    gile ni bocah level omongannya uda setingkat Thomas Jefferson aje nih
    ngoa hahaha

  7. Misal, andaikan, jikalau, andaikata, Marc begitu disalip Lorenzo lsg berusaha kembali menyalip Lorenzo! namanya jg balap kan? ini mlh sama Rossi! heran dech! itu si Nakamonyet knp ga ngebahas masalah itu! eehh… iya! nich org jg ternyata lbh pintar dr RD n FIM ternyata!

  8. Ada yellow flag bro! mosok ga tau! blm sempat mau nyusul dah digerocokin MM! ga usah disuruh jg pasti Rossi akan berusaha nyusul Lorenzo! mosok mau ngalah! wong skrg jg ngotot smp ngadu ke CAS! trs sesudah MM jatuh knp ga mendekat? dah kejauhan jaraknya! akibat perbuatan SPORTIF dr MM.

  9. The data acquisition from Marc’s bike is available if anybody from Dorna, the FIM or media want to check.
    kok gak dari awal ngasih datanya sih … terkesan di simpan2 kek ilmu jurus terakhir ? ini nakamoto goblok apa dungu sih ? klo sedari awal dikasih ke RD gak bakalan gini ceritanya … sepertinya yg punya blog ngotot seribu cara meyakinkan para pembaca klo emang terjadi super kick dari VR, klo dari pandangan saya (sama kek pandangan RD) semua hipotesa yg disajikan disini terlebih dari artikel2 yg sebelumnya tidak memberikan bukti apapun … kenapa ? lha, semuanya juga nyomot dari internet alias sumber lain … dan semua sumber itu juga udah dicek oleh pihak RD dan dorna selaku penyelenggara motogp … jadi masih terlalu prematur bagi yg punya blog keknya untuk kasih artikel dengan seribu statement yg terkesan mutlak … tapi entahlah, mungkin doi punya masalah pribadi sama rider lain ( kena kick munkin) … 😀

  10. yoo wajarlah kan bos honda…yang gak wajar itu kalo yang ngomong kek gitu lin jarvis :v :v….RD nya aja kurang yakin hahahaha piss

  11. soal tendangan itu gw msih gk yakin rossi ngelakuin itu,, tp yg jlas gw liat rossi sengaja mlebar dan braak marqes jtuh. rossi pnybap’y gw spkat sm om gokil.

  12. Sang legenda ingin menyaingi legeda sepak bola yang terkenal dengan gol tangan tuhan, dan ia pun membuat “tendangan the doctor”

  13. Lu pikir RD mau bikin punishment “mark jatuh krna di tendang rossi” helloooo?? Meskipun semua setuju itu tapi ya gak bakalan kalimatnya Begitu to Maasss.. rodo cerdas to yoooo yo.. mau ditaruh Dmn muka Vr?? Haha yawis Cuma jatuh Krn senggoilan bla bla.. lgpla RD kn Bini’nya Vr.. mau bawa bedil jg gpp tu Vr.. saahhh.. wkkkwk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan