Konstruksi Engine Satria FU 150 FI Berubah ???

suzuki-satria-old n new

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Gambar full dan clear dari next satria fu 150 fi sudah gamblang. Sangat jelas penampakannya yang tidak kalah bengis dibandingkan sonic150r. Nuansa yang disajikan lebih futuristik dibandingkan satria fu karbu yang beredar sekarang ini. Beberapa upgrade ditampilkan pada gambar tersebut, diantaranya facelift headlamp, aplikasi radiator dan penggunaan selang rem brembo.

Itulah informasi yang dihadirkan dalam tampilan yang cukup jelas tersebut. Lalu apakah dari tampilan tersebut bisa diperkirakan performanya, yang “katanya” memiliki power 18 ps ? Bisa bro, lagi-lagi dengan melihat dimensi diameter leher knalpotnya (header muffler). Perhatikan diameter masing-masing motor di atas (judul) kemudian bandingkan. Atau bandingkan proporsi diameter leher knalpot terhadap dimensi engine atau motor secara keseluruhan. Sekarang mari kita perjelas

komparasi diameter header muffler FU fi n karbu

Terlihat bahwa proporsi diameter leher knalpot terhadap engine satria fu karbu lebih besar dibandingkan next satria fu fi.

Lalu apa konsekuensinya ? Konsekuensinya pastilah mempengaruhi performanya. Jika memang benar diameter satria fu fi lebih kecil dibandingkan dengan miliki satria fu yang sekarang, maka :

  1. Power maksimumnya akan diletakkan di putaran engine (rpm) yang lebih rendah
  2. Diameter klep ex akan ikut mengecil, begitu pula dengan klep in
  3. Diameter piston lebih kecil, dan inilah yang menjadi penyebab utama penurunan ukuran diameter lebar klep, saluran dan header knalpot.
  4. Agar power tetap besar pada rpm yang lebih rendah, maka volume silinder harus dipertahankan sekitar 150 cc dan torsi diperbesar pada rpm tersebut. Dan satu-satunya cara yang paling efisien untuk memperbesar torsi adalah memperbesar diameter cranksaft dan memperpanjang langkah piston, alias strokenya diperpanjang.
  5. Karena satria fu fi nantinya mengejar efisiensi penggunaan bahan bakar, lulus standar euro-3 dan mampu bersaing di dunia balap nasional, maka merubah konstruksi engine dari overbore ke square atau overstroke adalah langkah yang paling tepat. Karena memposisikan satria fu seimbang dengan sonic150r dan mx king 150, tinggal finalisasi tuner saja yang nanti akan menentukan hasil akhir.

Jadi untuk mendapatkan power sebesar 18 ps dengan konstruksi yang mirip dengan sonic150r meskipun sulit, tapi masih memungkinkan. Konsekuensinya adalah harus sedikit lebih boros dibandingkan sonic150r. Kalau tidak maka suzuki harus meningkatkan teknologi materialnya yang akan diterapkan di satria fu fi ini, sehingga rugi-rugi mekaniknya lebih kecil dari sonic150.

Bagaimana menurut bro-bro yang ahli mesin, apa betul penglihatan dan analisis motogokil ???

Jika ada salah dan kelirunya, mohon maaf dan koreksinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

34 Komentar

  1. Kenapa harus ikut2an overstroke? Kalo cuman ngejar ekonomis, orang yang beli FU dari dulu ga pernah ngeluh boros karena tau dapet kompensasi kenceng kok 😆

  2. Setuju. Menghadirkan mesin baru yg irit percuma saja, sia-sia. Kenapa?

    Satria itu terkenal kencang (dan boros). Sekalipun mesin FI nanti bisa lebih irit dari Sonic, image borosnya tidak serta merta hilang. Mirip kasus Mio.
    Emangnya Suzuki sanggup investasi riset dan lini produksi mesin anyar untuk market under 10 rb unit/ bulan?

    Menurut Blog Fifauzi, Suzuki Satria FI pun sebetulnya hanya memperpanjang nafas sampe 2017. Bersiaplah kehilangan salah satu pabrikan jepang yg kita semua cintai…hiks..

  3. mungkin ada benarnya jika satria fu 150 fi menerapkan konstruksi engine square atau overstroke, karena kondisi di negara kita di mana2 macet dan butuh stop and go, kalau masih memaksakan overbore mungkin akan susah mendapatkan top maksimalnya.
    (ini menurut pendapat saya)
    #CMIIW.

    • kurang pas mas, tidak semua indonesia jalannya macet dan butuh stop n go lo….
      mungkin anda perlu jalan2 keluar dari kota anda biar paham bahwa yang perlu motor bukan hanya orang kota…

      • setuju bro,, ane aja jalan 130an di dlm kota msh kurang greget rasanya, klo di luar kota malah sering kena salip mobil .. wkakaakkkkk 😀

  4. kalau overstroke mungkin tidak
    yang paling mungkin adalah menaikkan cc nya jadi 155/160 dengan stroke up
    power pasti naik
    untuk mengimbangi konsumsi bbm, klep diperkecil
    perkiraan power sekitar 16-16,5 ps namun dengan torsi sekitar 15 nm

  5. Sering kali ulasan analisa kertas burem pak dosen di counter sama Blogger senior yg pak dosen kagumi,sekali bahas ulasan strategi market semua mengena blogger junior.

  6. bukane masih overbore to lek…
    kalo masalah diameter leher knalpot…biasanya kan yg injeksi lebih kecil dr yg karbu…misal supra125 vega shogun dll
    kalo material kan dah scem(cmiiw) jd kl power lebih besar dr sonic masih memungkinkan….
    dan ingat suzuki jarang pelit masalah power kl rivalny dah head to head soal cc,model dan harga…..
    misal…shogun 110,shogun 125,nex,shooter,

    • mudah2an masih overbore, supaya pencinta satria fu tidak berpaling
      diameter knalpot turun bukan karena injeksi, akan tetapi karena penurunan ve (berimbas ke penurunan power)
      mungkin dulu begitu (rata2 power motor suzuki lebih besar dari kompetitor), namun sekarang ketika pasar menginginkan motor yang irit, bisa jadi pakem suzuki akan berubah,
      namanya juga jualan, kan ingin laku?

  7. sepertinya masi sama tenaganya dgn yg dulu, cuma lebih irit yg injeksi…
    lihat aja old vixion jadi nvl, knalpot lebih kecil nvl…

    rahasia pabrikan om gokil…
    semuanya bisa pake yg lebih kecil tapi tetap sama tenaganya, katanya kalo terlalu presisi malah mahal… jadi kedepan yg besar pasti jadi kecil….

  8. Kalo overstroke y bakalan blunder der, pecinta satria udah tau kalo fu karbu itu boros tp tetep aja laku n dicintai anak muda yg justru bermasalah dg isi kantongnya, kenapa bisa bgitu? Bnyak teori, tp yg jelas d sisi marketing satria fu itu sbuah anomali..

  9. Wah sekarang malah banyak dohc overbore yang berpindah ke square.
    *Menerawang konstruksi motor paling efisien untuk harian.

  10. tetep overbore tp mapping ulang+penempatan peak power lebih rendah tp redline ttp msh tinggi.mungkin konstruksi di head nya yg lebih advance,seperti head fu thai beda dg fu indo.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan