Pengadaan Logistik Samsat yang Aneh

plat nomor pinggir jalan

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada-ada saja masalah dalam mewujudkan motor baru. Dari masalah inden, warna yang diinginkan tidak ready sampai pengadaan dokumen seperti stnk dan plat nomor. Ketika beli motor honda, plat nomor ada, tapi stnk tidak ada, yang ada cuma surat pelunasan pajak. Dan sebaliknyake ketika beli motor yamaha yang ada stnk dan surat peluasan pajak, sedangkan plat nomor tidak ada.

Ketika ane selidiki lebih lanjut, si seller pengatakan bahwa sudah sejak april plat nomor sudah habis, bahannya (plat almunium) tidak tersedia. Kemudian ane coba cek di buku penyerahan stnk dan plat nomor, ternyata bener bro…..berjejer-jejer sampai beberapa lembar kertas folio, motor baru yang belum ada plat nomornya. Bahkan ada juga yang baik stnk maupun plat nomor nya belum turun.

Dan yang bikin mangkel adalah sang seller meminta pemiliki motor untuk bikin plat nomor sendiri. Lha bukannya plat nomor itu hak kita, kenapa suruh bikin sendiri tapi biaya tidak dipotong (untuk bikin plat nomor). Dan yang bikin tambah mangkel bin gondok, ketika ke pembuat plat nomor pinggir jalan, ternyata lebih siap dari pada samsat. Berikut ini percakapan ane (A) dan si pembuat plat (P)

P: ” Mau model huruf yang seperti apa ?”

A: ” Yang biasa, yang standar.”

P: ” Mau yang pakai plat yanag biasa apa yang bagus ? Yang biasa 40 ribu, yang bagus 80 ribu.

A: ” Bedanya yang bagus dan yang biasa apa, Pak ?”

P: ” Yang bagus ada totok (cap) polisinya ”

A: ” Lha memangnya bapak bisa bikin cap polisinya ?”

P: ” Ini asli saya beli dari samsat “

Jiaaah….di samsat keabisan di tukang bikin plat nomor pinggir jalan ready dengan harga Rp. 80.000,- (bahkan di tempat yang lain bisa Rp. 100.000,-). Ya sudahlah minta bikinin yang biasa saja, nanti juga akan dapet yang aslinya….nggak tahu kapan ???

Semoga tidak terjadi di daerah ente bro semua.

Wassalamu’alaikum wR wB.

36 Komentar

    • yang satu kertas buat bikin stnk habis tapi plat nomor ada
      satunya lagi plat nomor habis, tapi kertas stnk ada
      di kantor yang sama, kondisi bisa ke bolak-balik

      eh eh eh plat nomor asli bisa disediakan di pinggir jalan

  1. Aneh tp nyata! saya dr bln April, Bukti pelunasan pajak sama plat nomor blm ada! katanya sich thn skrg blm ada tender.

  2. tetangga ane lebih aneh lagi, beli motor scoopy bulan 5 2014, setahun kemudian baru keluar plat nomor dan stnk nya, itu pun sempat dibikin bingung oleh dealer, yg katanya ngambil sendirilah di kantor samsat, yg ngambil di dealer lah…

    yg lucu kalo ada razia, polisi mau nilang, tapi akhirnya ga jadi…

    mungkin pegawai kantor samsat butuh uang sampingan, makanya dijual tuh plat…

  3. di jawa timur ada yg lebih lucu lagi. bahan baku SIM juga gak ada. saya aja kemana-mana cuma pegang kwitansi pembayaran SIM.

    piye…. opo gak lucu 😀
    sopo sing gak becus nek ngene. gak ada kompensasi keterlambatan pula. dan gak tau kapan SIM saya bisa ada

  4. mungkin uang tender plat udah habis dikorupsi ama oknum pejabat polisi yang udah masuk penjara itu yg diseret oleh kpk ,lupa namanya (ingat kasus cicak vs buaya yang menyeret pejabat polisi bagian lalu lintas era susno duaji)

  5. Tapi nyatanya gak masalah kok om…. gak pernah kejadian dimalang ditilang gara2 plat nomer blm kluar…. sampe sya buat sendiri yo gak pernah dipermasalahkan ama polisi…. toh mereka udah memaklumi….

  6. Lah mongtor Yamaha kebanggaan ane si bebeb ini sudah 2thn lebih sampai BPKB Nnya ajah udah bolak balik ke penggadaian belum juga nonghol tuh plate asli nya,

  7. Jk dijual k pembuat plat pinggir jalan perlembar 25 -30rb, klu d samsat 40rb 2lbr dah untung brp jk 1000lbr, 10 – 20jtheroe

  8. Pengalaman pribadi,,,
    Di TKP saya(kota tebing tinggi,sumatra utara),,,

    saat plat asli blum keluar,
    saya dikasi surat keterangan bahwa boleh pakai plat buatan sendiri(tukang pinggir jalan) smpai plat aslinya keluar,jadi saya pasang deh plat buatan,
    tpi kenyataannya,saat ada razia,malah kena tilang,assseem tenan pak polisi,
    padahal dah saya tunjukin surat keterangan tsb

    #dasar oknum polisi cari duit

    • dan kamu gak berani debat ama polisinya?
      coba deh lain kali kalo merasa benar debatin aja. gausah takut bentakan. selama gak mukul ya cerewetin aja. polisi juga bisa kalahdebat kalo alasanmu kuat

  9. Saya juga pernah ditawari tukang bikin plat nomer pinggir jalan, mau yang ada logonya samsat apa nggak?? Jadinya ada puluhan tanda tanya muter diatas kepala, di samsat kehadisan bahan, tapi dipinggir jalan ini kok banyak????????????????

  10. Kalo di sulawesi, bikin plat sendiri pasti akan ditilang alasanx pemalsuan plat kendaraan,
    Aneh bin nyata, motor saya dah setaun belum keluar STNK, Pajak dan Plat nya..
    Setiap ada sweeping harus berani berdebat sama polisi.
    Apakah gak ada sistem forecast pada jajaran samsat? Berapa jumlah plat yang akan dibutuhkan pertahun…,,, info dari orang dalam sih katanya semenjak Polantas dan samsat sering diciduk kpk dan sering di audit gak ada lagi yang berani tender pengadaan plat,,, katanya sih biar semua rasa gimana susahnya… apakah harus di SWASTANISASI?

  11. kasih ke biro jasa , kelar kok,

    say urus sendiri juga gitu, bilang stock abis,

    2x bolak balik,

    akhirnya minta tllg lagganan biro jasa, pagi kasih, sore dah daept tuh plate

  12. Beli honda beat dari november 2013 gak ada plat nomor sampe sekarang. Ketemu yg lain juga gitu, tapi belinya cash. Kalo yg udah ada plat semuanya ditanya yg kredit

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan