Punya Uang 200 Juta, Beli Superbike Seken Atau Nikah (Lagi) ?

Superbike vs wifes

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada sebuah artikel yang memberikan suatu anjuran bahwa seorang biker sejati, paling tidak bisa membeli sebuah superbike. Dan ketika tahu harga superbike di Indonesia yang paling murah…..200 juta bro. Itu juga seken, kalau baru mungkin bisa dua kali lipat, belum lagi pajaknya yang seharga motor baru komuter. Ternyata untuk jadi biker sejati (kalau menurut artikel tersebut) mahal juga ya.

Sebenernya tidak ada urusan sama motogokil, biker tajir yang mau beli superbike seharga ratusan juta. Hanya saja kalau dibayangkan motor harga ratusan juta, tapi jarang dipakai, seringnya malah di pajang di ruang tamu atau di garasi. Mau menggunakannya juga males, jalanan panas macet lagi, kalau memaksa menggunakannya di siang hari malah menyiksa. Paling-paling hanya bisa digunakan hang-out malam hari atau hari libur. Itu juga kalau jomblo, kalau sudah punya anak-istri malah lebih nggak sempat lagi make superbike.

Nah sekarang bandingkan, dengan menggunakan uang 200 juta (atau lebih) untuk hal lain yang juga menantang kejantanan seorang pria. Jalan-jalan ke desa, silaturohim ke pak ustadz, tanya-tanya :

Ada nggak perawan/janda sholihah yang sudah siap menikah ?

Kalau rezeki, ya pasti nggak kemana. Uang 200 juta sangat cukup untuk meminang seorang perawan/janda desa yang sholihah. Kira-kira perinciannya :

  1. Pesta nikah 10 jt (sederhana)
  2. Beli sawah 100 jt, disewakan bagi hasil
  3. Buka warung meracang, atau buka usaha konveksi/modes, atau ternak kambing dan usaha lainnya 50 jt
  4. Sisanya buat membangun rumah di tanah mertua, sederhana cukup buat suami-istri

Bagaimana bro ???

Yang pertama, hanya bisa menyenangkan/membahagiakan sang biker (seorang diri). Hampir tidak ada manfaatnya selain masalah kesenangan dan kebanggan. Memeliharanya hanya akan menambah pengeluaran.

Yang kedua, banyak sekali orang yang berbahagia, kita, mempelai wanita, keluarga mempelai. Apalagi jika mempelai janda yang ditnggal mati suaminya dengan beberapa anak, batapa bahagianya ia dan juga anak-anaknya (anak yatim), karena sekarang mereka lengkap (ada kepala rumahtangganya). Memeliharanya dengan akan memberikan keberkahan rezeki, membangun silaturahim yang luas, dan mengembangkan penghasilan.

Nah itu bagi yang jomblo, bagi yang sudah punya satu istri, 200 juta bisa juga digunakan untuk menikah lagi. Ini benar-benar menjadi tantangan buat lelaki sejati sekaligus rider sejati. Kira-kira begini komparasi tingkat kesejatian seorang biker sekaligus seorang lelaki

  • Bisa  membeli sebuah superbike, apakah berani menikahi seorang wanita.
  • Bisa membeli beberapa superbike, apakah berani pula menikahi beberapa wanita (2,3 atau 4)

Atau malah bisa membeli banyak superbike, tapi tidak berani menikah, atau takut menikah lebih dari satu. Atau biasa disebut biker yang sangar di jalan tapi letoy di rumah, takut sama istrinya. Jangankan menikah lagi touring aja bisa tidak jadi karena dilarang istri.

nggak boleh touring

Semoga terinspirasi di malam jum’at ini. Wassalamu’alaikum wR wB.

70 Komentar

      • Asalnya ada blogger keluar dr forum krn mrasa forum tsb telah di sponsori oleh ‘H’ , lalu forum tsb bnyak mmberitakan ‘H’ tanpa mmbahas kekurangannya. Blogger yg keluar (misal ‘3’) berkurang pmbritaan thd merk ‘H’ , krn akses berkurang . Lalu tanpa dikira ada kmentator bernama ‘ayumi’ yg menyerang dg sebutan ‘blogger ternak’ thd forum tsb.
        Disi lain blogger ‘3’ yg keluar tadi disangka adl kmentator ‘ayumi’ tsb . Pdhl ‘3’ mlh bersumpah bhwa dia bukan ‘ayumi’ . Lalu si ‘ayumi’ menghilang , tp pd wktu bersamaan juga mulai ada FBY dan FBH , dan mereka ahirnya berperang di dunia maya blog . Boleh dibilang itulah perang komentator ‘H’ vs ‘Y’ yg disebut , ‘perang barathayudha’ – jilid 1

  1. Saya bukan melarang beli superbike.. Tapi maaf, sekali lagi bukan sok jadi ustadz, silahkan hayati makna surat At-Takatsur.

    Bagi seorang mukmin, tak ada alasan untuk beli motor > 250 cc. Karena secara fungsional sama dengan motor2 < 250 cc. Maka membeli Superbike jatuhnya seperti beli jam Rolex, hape Vertu, dsb –> bermegah2an atau bermewah2an

    Kecuali 200 juta untuk beli mobil baru .. harga mobil segitu wajar dan tidak termasuk mewah. Atau untuk menikah lagi, silahkan saja asal mampu.

    • kalo gitu rumah cukup lantai semen yaaa..jangan di keramik…toh fungsinya sama saja…

      hp jangan beli yg android ya, beli saja nokia senter, kan sama saja fungsinya…

      pemikiran anda ini aneh, patokan belebih2an itu yg seperti apa??? alm uje bawa moge itu berlebihan dong? anda kan menganjurkan beli motor cukup <250cc saza, padahal alm uje itu orng yg ilmu agama nya ckup lah kalo mnurut saya.

      liat mbah dukun satar, kalo dia sehari2 naik mocil, apakah laku dagangannya??? apakah mudah menarik pembeli.

      mbok ya mikir to mas…mas…

      • Maksudnya dia. Bukanya gak boleh hidup pakai android. Tapi kalau memang gak penting alias hanya buat gaya ya memang jatuhnya ke kelalaian. Skrg tergantung anda kira kira anda butuh moge atau ga ? Anda sendiri yg bisa jawab

        • makanya di artikel sedikit ane gambarkan kondisi “Si Moge”, yang dibeli dengan harga ratusan juta, tapi jarang banget dipakai
          dibeli cuma buat kesenangan, kebanggaan dan pajangan

        • iya, makanya saya tekankan. patokan berlebihan itu yg gmn??? soalnya berlebihan menurut kita blm tntu menurut orang lain sama.

          kaya motor 250cc, sekarang mana spesial lagi.

          pengen punya? ya pengen, tapi apakah istimewa dan berlebihan? kayanya engga.

          • Silakan jika bisa bersodakoh minimal seharga superbike itu,

            ato jika bisa bikin sesuatu yg bermanfaat bg ummat…

            Uje punya moge,
            aa gym juga punya moge…
            Dan banyak ustad2 lain yg juga punya harta yg tinggi….
            Apakah ana iri,..?
            Ngga….

            Sebagai bukti, kalo sebagai ulama pun bisa “kaya” tanpa harus curang……

            So beli superbike, supercar, bahkan super plane?

            Jika bisa bermanfaat, jika bisa bersodaqoh seharga barang itu…?

            Kenapa tidak…?

  2. baca baca di blog mbah dukun sih beli moge bisa buat investasi om….beli nya sekarang sekitar 400 jt an,tahun depan bisa jual 700 jt :mrgreen: …. Tapi ya itu berlaku buat si mbah dukun yg dagang moge…buat org lain bisa saja cerita nya beda 😀

  3. Ya mending beli moge lah.. kalo Bosen atau butuh uang. Bisa dijual, kalo nikah lagi mana bisa kalo sudah bosen dijual atau digadein kalo BU
    ngoahaha, pertanggung jwabanya berat coy…
    Isterimu mw diajak nikah dalam keadaan sederhana. Hidup belum sepenuhnya bahagia, begitu punya duit baru 200 juta bertingkah nikah lagi…
    Pada intinya sih terserah ente

    • nikah lagi bukan bertingkah bro, tapi itu Sunnah Rosul bro
      kalau ente nggak mampu nggak masalah, tapi jangan membenci Sunnah, bisa2 ente keluar dari golongan Rosul SAW

      • Sunah rosul banyak bro, minum pake tangan kanan sambil duduk, mau makan baca doa, masuk rumah kaki kanan dulu, mandi ketika mau sholat jum’at, mencukur kumis dan memelihara jenggot..dan msh ribuan amalan sunah yg lainnya…sudahkan kita melaksanakannya..???

        Jangan ingetnya Kawin Lagi…dari 9 istri nabi cuma 1 yg perawan yaitu Aisyah ra. Yg lainnya adalah janda2 itupun tujuannya adalah untuk melindungi para janda tersebut.

        Lha klo kita pinginnya kawin lg tp maunya yg kinyis2 dg alasan sunah rosul…hadewww..

        • Setuju sm mas @inyong_bae
          Sunnah rosul itu bnyak macamnya,jgn kawin lg yg ada dipikiran,emng tujuannya sunah padahal sebenarnya itu cm nafsu klau mau kawin lg bg yg sdh punya istri,kecuali klau istrinya sakit2an dan mandul br bs nikah lg….

          • Tapi betul kata om gokil. Poligami itu sunnah. Memang kaalau belum siap ya jangan dikerjakan. Karena memang ada ilmunya untuk melaksanakan poligami bukan buat nafsu semata. Ada manfaatnya poligam asal tau ilmunya. Tapi antum jangan benci poligami bagaimanapun itu sunnah nabi

  4. Tergantung, 200jt ny itu uang lebih ato uang pokok? Wakakakkkk…
    ..
    klo 200jt uang lebih, ya gpp lah beli superbike. Manfaat nya ada kok :
    1. Meningkatkan skill, baik yg engineer maupun just rider aja.
    2. Investasi, ya walopun harga kedepan kbnyakan turun, tp gak jauh kok klo superbike. Knp dibilang inves, lha krn trgantung cara rawat dll, bnyk kn yg terhitung spesial harga melambung tinggi pasca discontinue. Bisa disewain buat fotografi, motor show display sponsor tertentu, komunitas big bike jg sering dpt undangan even” yg dpt menimbulkan bisnis di dalamnya.
    3. Buat aset, sapa tau anak kita mau jd pembalap. Dg modal superbike, skill mereka akan lbh mateng.
    4. Hobi, ini urusannya sm psikologi. Alaaahhh.. Klo ditanya jawabanya “krn gue suka!” gk bisa digugat tuh 😀 . Bikin adem ayem jg klo hobi tersalurkan dg baik kn 😛
    5. Gk penting sih, tp buat bbrp org malah jd modal utama. Prestige. Ini semacam job artis yg mesti ditimpali something yg entertain lah, makin high makin gede penampilan kita makin gede kontraknya gitu kata mereka. (buat ane sih gk ngefek :D)
    .
    .
    tp ya sekali lg point” ini dipertimbangkan klo 200jt itu duit lebih. Berati gk trmasuk tabungan, kebutuhan pokok, infaq, sodaqoh, duit haji & kewajiban” mengeluarkan duit yg lain

  5. Lebih baik buat investasi tanah atau usaha yang baik untuk masa depan anak dan istri yang berjuang bersama dari titik rendah daripada 200 juta untuk memenuhi nafsu syahwat milih2 perawan baru yang masuk saat saya sudah berada.

    Pertanyaan gampang, om gokil bersedia ga anaknya nanti dipoligami suaminya?

    • malah ane kalau punya anak perempuan akan menganjurkan untuk mendukung poligami
      karena dengan poligami akan banyak calon perawan tua yang akhirnya punya suami
      asal ente tahu, disekitar ane ada minimal 4 perawan hampir tua, bukan jelek akan tetapi terlanjur mapan dan jarang ada pria yang pd mendekatinya.

  6. Waduh… klu punya uang 200jt trus nikah lagi atau beli moge ??? Menurt sunnah sih boleh tapi klu ane nggak deh gan lebih menghargai perasaan & hati perempuan pasangan,, klu moge itu yg bener2 hoby sama uangnya berlebih, punya moge biasanya udah punya mobil , mendingan buat yg lebih bermanfaat bagi keluarga, bikin butik buat istri sisanya buat suami buat usaha lebih sip & disayang mertua…hhhhhhh

  7. wuaduhhhh mas dosen iki, jian marai cenat-cenut…
    nek punya uang sgitu yo mending inves tanah/usaha n buat sodaqoh n amal jariyah, sing cetho marai ayem wae….

    200jt jaman skrg tu klihatanya gede, tp kalo dah diblanjakan,, haduhh… pasti cpt huabiss kalo gak punya menejemen yg bgus, apalagi kalo punya istri muda, wis opo-opo dijaluk!!!

    bagi yg mmg punya jiwa n ilmu yg kuat, silahkan poligami, gak harus punya 200jt, asal bisa ngidupin dg taraf wajar, apalagi bs cari istri yg kedua2nya punya warung makan sendiri wis mathuk tenan….
    tp wlopun punya >>200jt tp ilmunya gak cukup, wis dijamin bakal mumet ndase kang…

  8. ” nikahilah olehmu wanitu itu 2, 3, 4 ,

    dan jika kamu merasa tdk mampu berbuat adil ( materi),

    cukuplah 1 bagimu”

    jadi jika punya duit lebih, lebih yach , 200 jt misal

    dan ngak merasa ngak mampu berbuat adil,

    sumbagin buat sodagoh, misal kasih nafkah janda miskin,

    fakir miskin

    nabung buat di akhirat nanti,

    semoga yg pynya warung punya duit lebih 200 jt

  9. punya duit 200 jt , lebih yach

    investasi buat akhirat aja, bagi yg mau

    pasti dapet bidadari cantik di surga,

    itu dah pasti,

    tapi memang setan bakalan goda sich

  10. terserah yang punya duit lah mau beli sbk ato ngga,
    kalo masalah sunnah mah, sunnah itu bukan cuma poligami kok, masih banyak yg lain

  11. He he he
    Sebenernya ane cuma mau kasih sedikit perhatian buat yang takut kawin lagi, entahlah apa saja alasannya
    yang pasti adalah ia takut sama istrinya…iya kan ????
    Silahkan buka-buka sejarah para Shahabat RA betapapun hidup mereka serba sederhana, tapi istri mereka rata-rata lebih dari satu
    Itu artinya beristri lebih dari satu adalah suatu keutamaan

  12. beli moge 400cc sisanya beli kontrakan 3 pintu meskipun bukan daerah strategis

    poligami gak deh biarpun dikata nyunah tapi masa orang indonesia taunya sunnah itu doang? malu sama yahudi

  13. Meskipun boleh untuk nikah lagi.
    Tp ana ga mau….

    Mendingan itu uang ana belikan superbike, jika ana sudah bisa sodaqoh minimal 15jt per bulan….

    Menikah itu berat tanggung jawabnya….

    1 aja ana sampai mengeluarkan air mata akan ujiannya….

    Apalagi 2..???

    Jika jd milyuner pun ana takut untuk nikah lg…..

    Ana bikin panti asuhan…
    Ana bikin panti jompo…
    Sekolah gratis…..
    Rs gratis…..

    Jika bukan karna takdir Allah…
    Karna hanya DIA yg bisa memaksakan kehendakNya….

    Maka ana tidak akan, dan tidak mau menikah lagi, sekaya apapun ana.

  14. wah kayaknya pak dosen mau nikah lagi nih, selamat ya mugi barokah,
    tapi mau opini sedikit nih pak dosen, utk kelas dan levelnya Nabi SAW dan para sahabatnya pada zaman itu, memang tidak diragukan lagi, sehingga levelnya jelas beda dengan kita2, yg notabene jauh lah dibanding mereka, jadi sepertinya untuk sunah nikah lebih dari satu, itu bukan merupakan anjuran utama untuk umatnya saat ini, sepertinya sunah menikah lebih dari 1 adalah amalan khususon untuk Nabi SAW dan sahabatnya, yang sepertinya untuk ukuran kita2 ini, umat zaman kini, agak susah mewujudkannya….bukan tidak bisa dan tidak mau (pasti banyak maunya), tapi jelas beda maqomnya…cmiiw… 🙂

  15. Menurut ana.
    1 istri = 1 negara

    2,3,4 istri berarti = punya negara lebih dari 1 dengan 1 kepala negara.

    Berani…..?

    Kalo aku sih yesss jika Allah memaksa….

    Tp I will say no, with big N and O….

    jika itu dengan kemauan ana….

    Cukup disantuni saja,…..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan