Spesifikasi CB190R Di Bawah Ekspektasi. Kemana Arah Market Sharenya ???

CBF 190R

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ahirnya wujud asli cb190r tampak dengan jelas beserta dengan spesifikasinya. Motor ini telah dirilis di thailand dan membuat jagad maya permotoran di Indonesia lumayan gempar. Ternyata wujud yang kemarin sempat muncul sebagai spyshot bukan modifan, tetapi nyata, dengan style yang cukup memukau, kekar dan berotot.

Akan tetapi ketika melihat spesifikasi yang diberikan….lho kok cuma segini ? Tidak sesuai dengan penampilan dan namanya “CB190R”. Berikut spesifikasinya :

Jpeg

Spesifikasi ini sangat jauh di bawah ekspektasi motogokil, karena melihat dari namanya, seharusnya performa cb190r berada di atas cb150r. Bahkan melihat dari pwr dan twr-nya, cb190r akan sangat mudah dipencundangi oleh sonic150r. Atau justru performa sonic150r dan cb150r nya yang ketinggian ?

Jika diperhatikan spesifikasi engine-nya, cb190r ini tidak segaris dengan cb150r, akan tetapi justru segaris dengan verza dan nmp150 fi. Nah sekarang mari kita bandingkan performa dari cb150r, nmp150 fi dan cb190r.

Jpeg

Artinya jelas cb190r punya tujuan lain, karena tidak masuk ke dalam motor sport high performance. Tujuannya adalah menggantikan nmp (new megapro pgm-fi) sebagai pembendung byson injeksi dan juga gixxer150r yang sama-sama berpendingin udara dengan transmisi 5-speed. Jadi seharusnya harganya tidak boleh melebihi cb150r, akan tetapi masih masuk akal jika di atas nmp150 fi. Sekarang mari kita perhatikan perbandingan penampakan gixxer 150r, byson 150 fi dan cb190r.

Gixxer 150r dan byson 150 fi

gixxer150 n byson150fi

Jika motor ini dilawan dengan menggunakan nmp 150 pgm-fi, sama-sama air cooled, cr=9.5:1, 5-speed dan monoshock.

New Mega Pro FI Blue

Ya jelas nmp kalah sangar, dan pada segmen ini justru penampilan yang ciamik/muscle menjadi pertimbangan utama yang sangat menentukan. Dengan kata lain pada sektor ini buka menjual performa, akan tetapi menjual tampang, alias penampilan. Lain halnya jika dilawan dengan cb190r dengan penampilan seperti ini.

 

honda cb190r repsol

Baru keduanya harus mengakui bahwa cb190r lebih macho dan lebih powerfull. Tinggal nanti harganya sesuai apa tidak dengan fitur dan performa yang diberikan. Kalau sesuai tentunya cb190r layak menggantikan new megapro fi yang saat ini penjualannya semakin lesu.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

27 Komentar

  1. klo masuk sini jadi blunder “kok sohc ?” kalah marketing.. tapi klo honda pinter bikin mindset “ini motor tangguh segala medan, sang penjelajah” imho tetap aman diatas harga cbsf tapi jangan sampe melebihi cbr150 . tapi jangan bohongin kualitas partnya dong klo ini dimasukin sini dan mw gantiin tiger

  2. Sekmennya untuk rider mature om… lagian motor ini perawatannya sangat mudah (gak mikirin air radiator bocor) mengedepankan torqi buat touring dan stop and go lebih enteng.. cocok untuk tanjakan dan jalan lapang.
    motor ini diset untuk marathon bukan untuk sprint :mrgreen:

  3. Kemunduran spec mesin ini sih.
    mungkin “iseng” ngetes pasar laku apa enggak, coz didaerah banyak yg fanatik brand tp ngak ngerti mesin…. Xixixixixixixi

  4. apa mungkin harganx sbanding dngn byson fi dngn model n part xg sama kyak d gambar? hmmm pdhal udh siapx barter ma NS aq klw spekx sma ma ns..eh trnyta. …ah sudahlah

  5. rusak gen cb krn mesin sohc dan 5speed… ntar rusuh dah antar fbh, mesin bebek kok jadi motorsport….

    wek wek wek

    salam susah netral

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan