Sonic150R dengan CR=11.3 : 1 tapi "Premium Ready". Kok Bisa Ya, Sesungguhnya Berapa Sih CR Riil nya ???

sonic150r premium ready

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rasio kompresi (CR) yang tertera dalam brosur, kadang tertulis terlau tinggi jika dikaitkan dengan jenis bbm yang digunakan. Pada sonic150 tertuslis cr=11.3 :1, akan tetapi pembesar ahm menyatakan bahwa sonic150 juga all new cb150r (k56) “Premium Ready”, alias aman menggunakan bbm beroktan 88. Tentunya ini menjadikan tanda tanya besar dikalangan biker juga calon konsumen, karena dengan cr setinggi itu seharusnya bbm yang digunakan minimal pertamax+ dengan nilai oktan 95.

Pendapat ini mungkin mengacu pada tabel rasio kompresi dan nilai oktan bbm yang sesuai yang disediakan pertamina

bensin pertamina

 

Dan pendapat ini ada benarnya jika memang rasio kompresi yang diberikan adalah rasio kompresi riil (dinamis) nya.

Lalu bagaimana dengan sonic150 yang katanya aman menggunakan premium (ron 88) padahalcr-nya 11.3 ??….Mari kita diskusikan bersama

Menurut perhitungan motogokil, engine sonic150r dengan spesifikasi sebagai berikut

sonic150 specification engine

Akan memiliki performa sebagai berikut

sonic150 power stock

 

Jadi menurut perkiraan motogokil CR dinamis sonic150r hanya 9.6. Dan menurut tabel bahan bakar bensin pertamina amannya menggunakan pertamax. Jika menurut grafik di artikel sebelumnya maka posisinya nilai oktan yang harus digunakan terletak antara premium dan pertamax.

CR vs Octane

Memang nilai cr 9.6 belum menunjukkan penggunaan premium sudah mencapai level “awas” meskipun belum menjadi keharusan menggunakan pertamax, akan tetapi penggunaan pertamax akan jauh lebih baik. Mungkin ahm sudah tahu bahwa nantinya premium (88) akan digantikan oleh pertalite (90), sehingga sonic150/all new cb150r berada pada posisi yang pas jiak menggunakan pertalite.

Sesungguhnya ada beberapa teknik yang bisa dilakukan oleh ahm dalam memperamaan ruang bakar, jika tetap bersikeras menggunakan premium. Yaitu dengan cara mangatur ulang waktu pengapian dan penentuan suhu kerja ruang bakar yang lebih rendah.

Apaan lagi nih, settinga waktu pengapian dan suhu ruang bakar ?

Nanti kita bahas di artikel selanjutnya

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb.

 

45 Komentar

  1. nenggak premium klo garansi mesin tidak gugur ane rasa gak masalah..
    klo rider pengen performa optimal tinggal cekoki pertamax

  2. pernah baca di forum mechanical engineering forum fb, ada kaitan erat dengan thermodynamic dan heat transfer. DImana Thermodynamic (study heat and work transfer “quantitatively”) dan heat transfer ( study of “how heat flow”) itu juga menentukan angka kompresi disuatu ruang bakar seperti om bilang masalah suhu ruang bakar,
    Nah loh repot deh tuh, ane aja bukan anak teknik aja langsung bolot jadinya 😀

    • nah itu dia, sebenernya kompresi dinamik banyak yang pempengaruhinya
      makanya penjelasannya akan cukup menguras pikiran
      dan ini pulalah yang menyebabkan seorang mekanik gagal mensetting waktu pengapian racing

      • Kompresi dinamis dipengaruhi valve timing pak… Kapan klep intake close penuh stelah TMB. Di point itu yg dihitung swept volumenya. Semakin bnyk overlap semakin rendah kompresi dinamisnya.krena swept volume makin sedikit dari volume boreX stroke piston di posisi TMB.

        Dg itu mesin spek balap yg overlapnya besar perlu komp statis yg tinggi supaya kompresi dinamis & cyl pressure tdk terlalu rendah. Ini akan pengaruh ke ledakan dan jga efek reversion di rpm rendah.

        Biasanya kalau mau ganti camshaft dg durasi dan lift kategori race profile, dri manufaktur camshaft di haruskan menaikan kompresi.misalkan jdi 13.5:1

  3. Kalo di mobil2 keluaran sekarang sih sdh ada knocking sensor yg bisa ngasi input ke ecu untuk timing pembakarannya. Jadinya mau pake premium apa pertamak gak ada masalah.

  4. Cara kerja knock sensor adalah memundurkan ignition timing. Dg itu tendensi utk bertambahnya intensitas ngelitik/ dettonasi di ruang bakar pd saat kompresi dapat dikurangi dg memperlambat wktu pengapiannya. tpi gak akan menolong jga kalau oktan yg dipakai terlalu rendah

  5. blog2 yg katanya ternama ‘kompak’ belum menelurkan artikel hasil tes ride sonic and cb

    ada indikasi ‘amplop’ belum dibagikan, sehingga sulit menyesuaikan isi berita
    hehehe

  6. bukan su udzon mas gokil
    tapi saya sebagai ‘penonton’ disisi lapangan
    melihat ada pola dari blog2 tsb
    dmana awalx sebelum tes ride
    begitu menggebu2 kompak rilis artikel
    ttg undangan tes ride
    bahkan ada yg lengkap dgn foto postingan undangan tsb
    namun sampai sekarang yg nelurkan artikel belum ada ttg hasil tes ride
    jadi wajar curiga
    mas ‘kobay’ aja udah main terbang tuh dgn sonic

  7. lucu aja mas gokil
    mereka mainya kurang cantik aja
    terlalu kentara bagi penonton awam sekelas saya

    ada yg cuma posting blok mesin, ada yg cuma foto2, ada yg lagi sibuk dikampung, ada2 aja hahaha

    padahal tes ride udah dari kemarin loh
    ngak biasa aja
    tummmbennnn

    • Ngoahahaha iya tho om? Ane gak pantau.. Tp jgn prasangka buruk dl lah, mungkin mo rilis brsamaan ada yg blum selesain artikelnya

  8. Kompresi tinggi minum premium.

    Jika motornye merk Honhon:
    Oh, karena itu sudah dipikirken oleh insinyur honhon. Dijelaskan dengan bahasa teknis yang terukur bahwasannya kompresi realnya cuma sekian-sekian, lalu diyakinken itu sangat aman, telah diprediksi dan merupakan hal yang sangat bisa dan biasa dilakuken.

    Jika motornye merk Yamahmud:
    Dijelasken juga dengan terukur secara teknis, plus dibumbui opini-opini pribadi yang cenderung provokatif.
    *Kok spek dibrosur beda dengan real?
    *Pembohongan publik?
    *blablabla

    Siap-siap dibawah ane ada yang ngamuk

    Boleh dong nggodain fbh mbek. Toh yang punya warung kan hobinye nggodain fby. Betoel?

    hihihihihi….

  9. masalahnya setahu saya knocking sensor itu sensor getaran semacam mic yang dipasang pada mesin untuk mendeteksi adanya getaran ledakan sebelum waktunya busi meletikkan api, apakah sistem pgmfi honda sudah memiliki peralatan semacam itu, apakah untuk pengaturan timing menggunakan alat lain, misal detektor suhu mesin dan kecepatan kruk as misalnya?

    kalau pada blade lama ada hvic yang mengatur timing pengapian berdasarkan cara buka gas…

    • Knock sensor memang sperti itu pak..microphone di cyl head atau bag lainnya. Utk deteksi suara getaran akibat ngelitik atau detonasi didlm ruang bakar.

      Biasanya ECU meretard pengapian atau menambah AFR lebih rich utk menurunkan temperatur di ruang bakar

    • Kasus penggunaan premium pada kompresi statis & silinder pressure yg tinggi dgn Meretard (memperlama) pengapian pada knocking kurang tepat bro, krn kasus knocking sendiri terjadi krn early burning. Lbh tepat Kalo memundurkan dan atau mempersingkat pengapian.
      Memperlama atau mempersingkat pengapian disesuaikan agar pembakaran tetap sempurna / hydro carbonnya lebih sedikit melalui uji emisi.

  10. Pak Dosen sekalian ntar kalo udah ada data durasi bukaan klep dihitung lg kompresi riil nya berdasarkan saat klep in sudah benar2 menutup rapat.

    • kalau dengan data bukaan klep saja kita hanya dapat kompresi riil research
      akan tetapi saat mesin berputar, maka ada efek tambahan yang musti diperhitungkan, yaitu :
      1. Pengaruh design intake dan exhaust header dalam proses pemasukan udara, karena dalam prosesnya alirannya udara memilki kelembamam.
      2. Pengaruh suhu, tekanan dan kelembaban udara luar
      3. Pengaruh suhu mesin dalam mengembangkan volume udara yang masuk
      Baru kita akan dapatkan motored dynamic compression

  11. Maksud saya untuk gambaran aja. berapa cc sebenarnya udara yg terkompresi. untuk penjelasan pak dosen itu untuk tingkat lanjut. bikin yg sederhana saja biar semua paham. jadi kompresi yg diukur saat mesin diam. berapa derajat klep in menutup setelah tmb saat piston melakukan langkah kompresi. lha pasti bisa dihitung kan berapa cc udara+bbm yg dimampatkan. untuk yg njlimet bisa dibahas laen waktu sebagai tambahan. suwun.

    • Hitung kompresi dinamis, kalau lebih mudah bisa pakai calculator khusus mesin yg ada di website2 . Asalkan sdh ada data nya. Sperti, panjang stang piston, brapa derajat klep intake close, volume ruang bakar di TMA, kompresi statis, bore x stroke. kemudian dimasukkan data2 nya dlm calculator

  12. kang mau tanya.. kalo seandainya honda bikin kompresi jadi 10 sekian misalnya 10,4 kira kira power nya jadi berapa.. agak janggal sebenernya kompresi di taikan sebesar itu.. apakah mesinnya memang tidak bisa menghasilkan power yang di inginkan honda ???

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan