Sok Depan Patah atau Velg Ban Depan Ambrol, Inilah yang Terjadi pada Rider

moge sok depan patah

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ramai lagi kasus sok depan patah dan velg ban depan ambrol, yang dialami oleh beberapa motor. Jika kejadia tersebut merupakan akibat dari tabrakan yang parah, tentunya sang rider akan terlempar terlebih dahulu kedepan, menabrak sesuatu yang ditabrak motornya. Jadi celakanya rider bukan diakibatkan oleh patahnya sok depan atau ambrolnya velg ban depan, akan tetapi lebih diakibatkan oleh kecelakaan itu sendiri. Dan kerusakan sok depan atau velg, juga merupakan akibat dari kecelakaan, jadi baik rider maupun motor sama-sama rusak karena kecelakaan, dan tidak ada hubungan antara keduanya.

Lain halnya jika rider celaka karena sok depan patah atau velg ban depan ambrol. Kecelakaan ini ini mutlak karena kerusakan bagian depan motor, seperti tampak pada gambar judul di atas. Kecelakaan akibat sok depan patah (sepertinya) akan berakibat lebih parah dibandingkan velg ban depan ambrol, karena jarak jatuhnya lebih tinggi. Tentunya hal seperti ini jarang sekali terjadi, kalau ane belum pernah (dan mudah-mudahan tidak akan pernah) mengalaminya. Lalu bagaimana kondisi rider ketika saat berkendara, tiba-tiba velg bannya ambrol atau sok depannya patah ???….Berikut ini ilustrasinya

Velg ban depan ambrol

Jika rider mengalami kejadian ini, maka rider akan langsung nyungsep. Karena posisinya masih agak tinggi, ada kemungkinan rider salto untuk melindungi wajah dan kepalanya. Kira-kira kejadiannya bisa digambarkan dengan kondisi yang lebih ringan, yaitu rider sepeda pancal :

crash front tyre lose

Untuk sepeda motor mungkin hampir sama, kondisinya akan lebih parah jika kecepatan jauh lebih tinggi saat kejadian tersebut.

Sok depan patah

Pada kondisi ini, bagian depan motor akan menukik lebih dalam, karena seakan-akan tidak memiliki sok depan. Dan jarak jatuh rider dari kendaraan ke tanah sangat dekat, sehingga rider “kurang” bisa bermanuver untuk menghindari wajahnya dari hantaman aspal jalanan. Kira-kira ilustrasi yang lebih ringan, juga disajikan oleh rider sepeda pancal ini.

crash front fork lose

Untuk kondisi sepeda motor di jalan raya, tinggal dibayangkan saja dengan kondisi yang lebih tinggi, dan papannya diganti dengan aspal.

Gimana bro..kalau belum pernah mengalami yang seperti ini dengan sepeda motor, apakah pernah mengalaminya dengan sepeda pancal ???

Ilustrasi yang lebih lengkap dan lebih greget ada di sini

dan di sini

Semoga bermanfaat dan terhibur, wassalamu’alaikum wR wB.

19 Komentar

  1. Masih mending tvs lah daripada yamaho. Jauh…. yamaho itu cuma menang promosi lewat rossi. Gak ada rossi yamaho bakal gulung tikar. jualan gitar.

  2. Saya pernah mengalaminya sendiri om pakai sepeda pas di turunan jalanan aspal sepeda potong pas leher garpunya saya sampai salto beberapa kali alhamdulillah mobil pas kosong padahal biasanya ramai,saya sangat bersyukur masih bisa melihat megahnya dunia ini

  3. Motor kalo buatan yimm smuanya BUOSOK dan OPERPRET.

    Klan matik: velg geal-geol, cvt berdencit, mesin kasarnya minta ampun kalo kecepatan agak tinggi

    klan sport: velg pecah dan ambrol, skok depan patah, mesin ngebul, rantai dan mesin kemrosok, skok blkang ambles, komstir oblagh

  4. Ahm: mesin klotok2 langsung direcall dan gratis malah diberi voucher gratis

    yimm: mesin NGEBUL? diganti sih tp berupa kata2 smua motor juga ngebul kecuali buatan ahm, suzuki dan kawasaki, skok patah? Katanya biar aman? Velg pecah dan geal geol? Wajar.
    Jadilah pembeli yg smart

  5. itukan kalo shock depan patah dan velg depan ambrol….

    gimana dengan yg rangka motor patah di papua?

    ane ga mau sebut merk ah…. hehehe

    salam susah netral.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan